11 April 2014

[Buku Saya Diresensi] Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya

Peresensi: Zahra Humaidah



Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya


Membaca novel ini sedikit mengingatkanku pada novel nonfiksi berjudul “A Child Called It”. Berkisah tentang seorang anak yang seumur hidupnya disiksa oleh ibu kandungnya sendiri, baik secara fisik maupun psikis. Meskipun tidak diangkat dari kisah nyata, namun beberapa potong kisah Amelia dalam novel ini merupakan potret dari fenomena nyata yang kerap terjadi namun kita acuhkan. Bayi dibuang di tempat sampah, anak kecil dihukum dengan cambukan dan pukulan. Sebagian dari kita mungkin akan bertanya, orang tua macam apa yang tega berbuat seperti itu?

Namun pergolakan dalam batin Amelia tidak hanya sebatas itu.

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari)

Di bawah tekanan dan siksaan dari ibunya, Amelia diam. Ia masih mengharapkan surga di bawah telapak kaki ibunya.

Novel ini seperti sebuah tamparan buatku.

“Jika aku ada di posisi itu, masihkah aku akan berbuat baik pada ibuku, ayahku? Bahkan dengan memiliki orangtua sebaik yang aku miliki sekarang, sudahkah aku menjadi anak yang baik bagi mereka, menjadi pengantar mereka menuju Jannah-Nya?” 

***

Link Asal

Novel saya ini diresensi oleh Zahra Humaidah di Goodreads. Saya kopas di sini sekadar untuk dokumentasi saya. Terima kasih sudah meresensi novel saya, yaaa :)

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments :

Post a Comment

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...