07 May 2014

[Resensi] Fakta Unik tentang Makanan dan Minuman

Ada begitu banyak jenis makanan dan  minuman di dunia ini. Sepertinya, setiap hari ada saja variasi baru dalam pengolahan dan penyajian makanan dan minuman. Alhasil, bisnis kuliner marak di mana-mana. Wisata kuliner pun menjadi suatu kegiatan yang digemari.

Beraneka ragamnya makanan dan minuman itu ternyata menyimpan berbagai keunikan di baliknya. 

 
Makanan dan minuman yang kita anggap lezat, bisa jadi merupakan sesuatu yang ditabukan oleh masyarakat di belahan bumi yang lain. Sebaliknya, yang kita anggap menjijikkan dan tidak layak dikonsumsi ternyata merupakan hidangan yang sangat digemari oleh masyarakat lain.

 Tabu-Tabu di Berbagai Penjuru 
Buku ini menyajikan 98 jenis makanan dan minuman (sebenarnya lebih tepat disebut bahan makanan dan minuman) yang ditabukan dari berbagai penjuru bumi.
Misalnya, ada kelompok masyarakat Somalia  dan beberapa suku di Amerika bagian barat daya (termasuk suku Apache, Navaho, dan Zuni) menganggap makan ikan adalah hal yang tabu. (halaman 35).
Kentang goreng yang menjadi kesukaan banyak orang―termasuk sayaJ saya sangat suka makanan berbahan dasar kentang―ternyata ditolak keras oleh penganut Jainisme (halaman59). Mereka tabu makan kentang karena tanaman ini harus dicabut dari tanah ketika dipanen.
Sementara itu, penganut Yazidisme dan Phytagorean tabu meminum susu kedelai yang segar dan kaya gizi karena susu ini terbuat dari kacang-kacangan (halaman 79).
Masih banyak lagi makanan yang kita anggap lezat tetapi ditabukan oleh orang lain. Sebaliknya, yang kita anggap tabu dimakan ternyata menjadi makanan favorit di tempat lain. Tabu-tabu itu muncul karena berbagai faktor, di antaranya adalah karena ajaran agama dan perasaan jijik terhadap bahan makanan tertentu.
Buku ini ditujukan untuk anak-anak, namun pantas juga jika dibaca oleh guru dan orangtua. Jika Anda orangtua, akan lebih seru lagi jika membaca buku ini bersama anak-anak. 
Ilustrasi berwarna yang ada di setiap halaman buku ini juga menarik dan memperkuat isi yang disampaikan. 

Halaman dalam buku Makanan dan Minuman yang Ditabukan Sedunia
 
Bagi saya, kelemahan buku ini adalah pada daftar isinya. Seandainya daftar isi (kecuali Prakata dan Daftar Pustaka) dibuat secara alfabetis tentu akan mempermudah pencarian kembali (information retrieval)isi buku ini. 

  
Judul : Makanan dan Minuman yang Ditabukan Sedunia 
Penulis : Sabrina Malika dan HS Lintang
Ilustrator : Irwan Nuswantoro
Penerbit : CIF (Penebar Swadaya), 2012
Tebal Buku : 104 halaman
ISBN  : 978-602-97605-4-5
Harga : Rp37.000


***
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...