01 September 2014

Azalia Hishna, Al-Qur'an Cantik untuk Muslimah

Azalia Hishna, Al-Qur'an Cantik untuk Muslimah -- Salah satu keistimewaan Al-Qur'an adalah isinya yang tak pernah berubah sepanjang zaman. Tak ada satu ayat pun yang diubah, dihapus, atau ditambahkan. Pada tahun berapa pun terbitnya, jumlah juz, surat, dan ayat dalam Al-Qur'an selalu sama. Bunyi ayatnya pun sama, tak peduli di negara mana Al-Qur'an itu diterbitkan.

Allah sendiri yang telah berjanji akan menjaga kemurnian Al-Qur'an. "Sesungguhnya Kami-lah  yang menurunkan Al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar menjaganya." (QS. Al-Hijr [15]: 9)



Membaca, menghafalkan, dan mengamalkan kandungan Al-Qur'an merupakan perbuatan yang akan diganjar pahala oleh Allah. Begitu banyak keutamaannya hingga umat Islam berlomba-lomba melakukannya.


Uniknya Azalia Husna

Para penerbit buku Islam, lebih khusus lagi penerbit Al-Qur'an, melihat celah ini. Bukan sekadar kepentingan bisnis tetapi juga kepentingan dakwah. Salah satu penerbit tersebut adalah Syaamil.

Sejak beberapa tahun terakhir, penerbit yang berlokasi di Bandung ini gencar menerbitkan Al-Qur'an yang memiliki berbagai nilai plus. Tentu, yang plus di sini bukanlah jumlah ayat, surat, atau juznya. Nilai plus yang ditawarkan oleh Syaamil Quran ada pada kemasan dan kelengkapan Al-Qur'an terbitannya.

Salah satu produk Syaamil Quran adalah Azalia Hishna. Al-Qur'an cantik untuk muslimah ini didesain sangat feminin, tidak hanya cantik di tampilan luar. Seperti yang saya tulis dalam "Beragam Pilihan Al-Qur'an, Utamakan Manfaatnya", saya kurang tertarik membeli Al-Qur'an yang hanya cantik di kaver tanpa nilai plus lainnya. Kalau hanya kaver cantik dengan warna-warna manis, untuk apa? Isinya toh sama saja dengan Al-Qur'an yang ada di rumah saya.

Al-Qur'an Azalia Hishna berbeda. Selain kavernya yang cantik, nilai plus yang ditawarkannya pun siap mempercantik muslimah yang membacanya.


Nilai-nilai tambah yang ada pada Al-Qur'an Azalia Hishna adalah:
1. Khat vector tajwid Rasm Usmani.
Khat yang tipis dan lancip dengan penulisan yang stabil dan jelas. Ini penting agar lebih nyaman di mata.

2. Standar pewarnaan terbaru Kementerian Agama RI.

3. Tashih Kementerian Agama RI.
Si cantik Azalia Hishna ini sudah diperiksa secara teliti oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kementerian Agama RI.

4. Ayat pojok.
Semula saya tidak mengerti, ayat pojok ini maksudnya apa, ya? Oh, ternyata ini standar untuk mempermudah menghafal Al-Qur'an.

5. Dilengkapi dengan asbabun nuzul.
Kita jadi lebih mudah memahami sebab-sebab turunnya sebuah ayat. Riwayatnya sahih dengan rujukan utama ke kitab Lubabunnuqul Fi Asbabinnuzul (Jalaluddin As-Suyuthi), Asbabunnuzul (Imam Al Wahidi), dan Asbabunnuzul (A. Mujab Mahali).

6. Fadilah ayat.
Termasuk di sini adalah keutamaan suatu ayat, motivasi dari Rasulullah saw., jika melaksanakan amalan terpuji, serta ancaman jika melakukan perbuatan tercela. Jangan khawatir, referensinya sahih dan dapat dipertanggungjawabkan.

7. Hadis tentang wanita dan keluarga.
Sesuai dengan peruntukan utamanya untuk muslimah, hadis-hadis yang dicantumkan dalam Azalia Hishna ini adalah hadis tentang wanita dan keluarga. Sumber-sumber hadisnya pun sahih.

8. Klasifikasi ayat Al-Qur'an.
Indeks tematik berdasarkan empat tema pokok dalam Al-Qur'an, yaitu akidah, akhlak, syariah, dan sirah (kisah). Keempat tema pokok tersebut diklasifikasikan ke dalam 15 bagian yaitu; arkanul Islam, iman, Al-Qur'an, ilmu, amal, dakwah, jihad, manusia, akhlak, harta, hukum, kemasyarakatan, pertanian dan perdagangan, sejarah, dan agama-agama. Dengan pengklasifikasian seperti ini, muslimah akan lebih mudah mempeajari kandungan Al-Qur'an.

9. Blok ayat Al-Qur'an per tema ayat.
Pengelompokan ini akan mempermudah muslimah menghafal ayat-ayat Al-Qur'an sesuai tema.

10. Tanda baca dalam Al-Qur'an.
Penjelasan tentang tanda-tanda baca dalam Al-Qur'an ini akan mempermudah muslimah membaca Al-Qur'an secara benar.

11. Materi-materi dari MTG For Women.

Satu lagi yang tak kalah penting, si cantik Azalia Hishna ini berukuran 14x21 cm. Ukuran yang memungkinkan mata cukup nyaman membaca tetapi tangan tidak berat membawanya.

Dengan semua kelebihan itu, sangat pantas jika muslimah memiliki Al-Qur'an Azalia Hishna.


Azalia Hishna, Al-Quran cantik untuk muslimah.


Referensi
www.syaamilquran.com

Tulisan ini disertakan dalam Lomba Blog
 #PameranBukuBdg2014 Hari ke-7

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...