28 September 2014

Ada Tulisan Saya dalam Buku-buku Antologi Ini


Antologi bersama, kumpulan karya banyak penulis dalam satu buku. Buku antologi pertama saya--sekaligus buku pertama saya--terbit tahun 2006. Judulnya Gue Anak SMA. Setelah itu saya berfokus menulis novel dan kembali menulis cerpen.

Antologi yang saya ikuti bermacam-macam. Ada yang tentang menulis, parenting dan keluarga, pengalaman semasa sekolah dan kuliah (plus tip dan triknya), ada pula antologi fiksi. Ada tulisan saya dalam buku-buku antologi ini. Apa kita pernah satu buku? :)

ANTOLOGI TENTANG MENULIS

WRITING IS FIGHTING 

Penerbit: Halaman Moeka Publishing

Tahun: 2014

Tebal: vi+244 Hlm.

ISBN: 978-602-269-080-1





Menulis sekarang ini ibarat lahan yang siap panen. Lebih banyak ragamnya, tampak lebih ringkas juga perjalanannya. Tapi bagi para penulis Writing is Fighting, tak banyak perubahan. Setiap proyek adalah pembelajaran baru. Terjengkang lima kali, bangun enam kali.
Pengalaman yang tertuang dalam buku ini bukan melulu teknis. Aneka peristiwanya terjadi jauh sebelum blogger menjadi profesi baru yang menggiurkan di dunia kepenulisan, sebelum penulis bisa setara dengan pesohor dunia hiburan, dan demam media sosial mewabah.
Dengan latar belakang genre dan gaya menulis yang berbeda-beda, kelima belas kontributor berbagi cerita yang diharapkan bermanfaat bagi pembaca, baik peminat profesi menulis maupun penikmat buku secara umum.
Ke-15 kontributor  dalam buku ini adalah: Ambhita Dhyaningrum, Aan Wulandari U, Dewi Rieka, Ferry Zanzad, Indah Juli, Iwok Abqary, Nadiah Alwi, Nita Chandra, Nunik Utami, Retnadi Nuraini, Rini Nurul Badariah, Tria Ayu K, Triani Retno A., Yokie Adityo, Yudhi Herwibowo.






RAHASIA PENULIS HEBAT #1

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun: 2012

Tebal: vi+112 Hlm.

ISBN: 978-979-22-7877-4
Salah satu tantangan menjadi penulis adalah mampu menciptakan karakter tokoh yang berkesan dan "hidup" di hati pembaca. Penuli-penulis hebat seperti Ahmad Fuadi, Gol A Gong, Eka Kurniawan, dan sederet penulis hebat lainnya dengan senang hati membagikan rahasia mereka dalam menciptakan karakter tokoh dalam buku ini.

Setiap penulis memiliki rahasia dalam menciptakan karakter tokoh. Ada yang mengalir dalam imajinasi mereka begitu saja, ada yang terinspirasi dari orang-orang di sekeliling, ada pula yang membutuhkan sebuah riset.

Buku Rahasia Penulis Hebat ini tentunya bermanfaat bagi kamu yang ingin mulai menulis atau berprofesi sebagai penulis.

Ada 17 penulis berkontribusi dalam buku ini, yaitu: Ahmad Fuadi, Ali Muakhir, Boim Lebon, Dewi Dedew Rieka, Donatus A. Nugroho, Eka Kurniawan, Fahri Asiza, Gol A Gong, Kinoysan, Kurnia Effendi, Mayoko Aiko, Ollie, Pipiet Senja, Putra Gara, Sefryana Khairil, Sinta Yudisia, dan Triani Retno A

Seluruh royalti buku ini disumbangkan kepada Rumah Dunia, sebuah komunitas belajar (jurnalistik, sastra, teater, seni suara, seni rupa, dan film) bagi masyarakat di Serang, Banten.




A CUP OF TEA FOR WRITER

Penerbit:  Stiletto Book

Tahun: 2012

Tebal: xii+196 Hlm.

ISBN: 978-602-7572-06-5
Belakangan ini, menulis terdengar sangat seksi. Begitu banyak orang yang ingin menjadi penulis. Motivasi mereka pun beragam. Dari mengisi waktu senggang, ingin terkenal, hingga mencari nafkah. Impian untuk menjadi seterkenal J.K Rowling pun melambung. Terkenal, royalti melimpah,tulisan difimkan, diterjemahkan ke berbagai bahasa, dan seterusnya.

Namun, jalan menuju dunia penuh pesona itu tak selalu mulus. Banyak kerikil tajam yang harus dilalui. Ditolak berkali-kali oleh penerbit, dipandang sebelah mata, royalti minim, hingga ditipu penerbit. Ada yang menyalahkan keadaan, ada yang menyerah dan menggantung pena. Hanya mereka yang bertekad kuat yang mampu bertahan. Hanya mereka yang mampu menjaga pijar semangat yang dapat terus melangkah di jalan ini. A Cup of Tea for Writer membagi semangat itu pada para pembaca. Semangat itu akan menyala di hati. Menerangi. Menghangatkan.

Para penulis dalam buku ini adalah Triani Retno A dan Herlina P. Dewi (sebagai penanggung jawab), Adnan Buchori, Haeriah Syamsuddin, Ina Inong, Juliana Wina Rome, Lalu Abdul Fatah, Monica Anggen, Mpok Mercy Sitanggang, Nuri Novita, Ririe Rengganis, Setiawan Chogah, Skylashtar Maryam, Whianyu Sanko, Widya Rosanti, dan Yas Marina. Selain itu, ada empat penulis tamu: Ollie, Dian Kristiani, Ika Natassa, dan Reda Gaudiamo.




CHICKEN SOUP FOR WRITERPRENEURS' SOUL

Penerbit:  Indie Pro Publishing

Tahun: 2011

Tebal: x+204 Hlm.

ISBN: 978-602-9142-16-7
Sebenarnya, tiada "sihir" dalam dunia penulisan buku. Yang ada adalah keajaiban. Sebuat keajaiban dapat lahir dari hasrat, ambisi, serta komitmen yang kuat.

Salah satu keajaiban itu adalah antologi Chicken Soup for Writerpreneurs' Soul: Curhat Seru Wriets Wannabe ini. Bermula dari sebuah training penulisan buku satu hari, kemudian muncul hasrat untuk menghimpun segenap karya kreatif peserta.

Para kontributor dalam buku ini adalah: Rio Purboto, Nelly Martin, Radinal Muhtar Harahap, Vienna Alifa, Veronica Suci Fridani, Asep P. Kurnia, Dini Damayanti, Evanda, Aisya Avicenna, Ayurisya Dominata, Asqarini, Regina Sovie, Windy Indira, Dian Onasis, Suciati Amalia, Fatma Zoraya, Ryeetha, Riri Ansar, Hastuti Utami, Dewayani Prasetyo, Istiarti Hasjim, Retno Winarni, Risma Inoy, dan Titik Setyowati. Penggagas training adalah Ida Mulyani Robbit, sedangkan pemateri adalah Bambang Trim, Dani Ardiansyah, dan Triani Retno A.



MENULIS, TRADISI INTELEKTUAL MUSLIM

Editor: Syamsuddin Kadir

Penerbit:  Youth Publisher

Tahun: 2010

Tebal: x+184 Hlm.

ISBN: 978-602-97924-0-9
"Jika makhluk pertama berupa pena, ilmu pertama ialah bahasa, dan ayat pertama berbunyi 'Baca!', maka menulis adalah tugas peradaban kita. Buku ini menhajak jemari menarikan kebenaran agar ia makin terbaca dan bercahaya. Tabik!" ~Salim A. Fillah, penulis buku Dalam Dekapan Ukhuwah.

"Menulis adalah tradisi yang bisa mengabadikan segalanya. Melalui tulisanlah kita bisa membaca rekam jejak masa lalu sebagai bekal untuk meraih masa depan. Buku ini mencerahkan, apalagi ditulis oleh para mujahid pena. Patut dijadikan sumber referensi utama." ~Kang Arul, penulis produktif dan pengamat cyberculture.

Ada 25 kontributor dalam buku ini, yaitu: Edo Segara, Muhammad Sholihin, Radinal Mukhtar, M. Furqonal Aziz, Yanuardi Syukur, Ahmad Rizky Mardhatillah Umar, Dwi Suwiknyo, Nafiah Al-Mar'ab, Bintang Gatimurni, Triani Retno A, Ifa Avianty, Diah Pratiwi, Akhi Dirman Al-Amin, Marjohan, Tinta Zaitun, Feryanto Hadi, Untung Wahyudi, Naqiyyah Syam, Rahman Hanivan, Fiyan Arjun, Syamsuddin Kadir, Prima Citra Devi, Dewi Rosiani, M, Sahrul Murrajab, dan RH. Fithriadi.




ANTOLOGI FIKSI


BAYANGAN PENARI KECIL
Penyunting: Imran Laha
Penerbit: Human Books
Tahun: 2010
Tebal: iv, 192 halaman
ISBN: 978-602-96751-6-0

Aku senang sekali  saat tahu Mery--teman baruku--ternyata seorang pebalet sepertiku. Apalagi dia lalu mengajariku sebuah tari yang sangat indah. Dia sebut tarian ilalang. Hanya saja, kata Bi Minah Mery sudah meninggal. Ah, aku tidak percaya. (Bayangan Penari Kecil, Ali Muakhir)

Pernah ketemu seorang teman misterius di Facebook? Kalau pernah,  berarti sama seperti Sarah. Sarah mengenal teman misterius itu tidak lama setelah ia punya FB. Awalnya Sarah tenang-tenang saja tetapi setelah teman misterius itu beberapa kali melakukan hal yang mencurigakan, Sarah jadi deg-degan juga. (Suara Misterius, Triani Retno A)

Buku ini adalah hasil audisi di grup Penulis Bacaan Anak. Selain saya dan Kang Ali, dalam buku ini juga ada cerpen karya Ary Nilandari, Tethy Ezokanzo, Indah IP, Indah Juli, Nunik Utami, Veronica W, Dewi Rieka, A. Muti, QS Emmus, dan Zulfairy.

Tiga cerpen dalam buku ini juga dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris, yaitu cerpen Bayangan Penari Cilik, Teman Misterius, dan Kamar Penyihir.



MISTERI KUNCI BERBAU WANGI
Penerbit: Pustaka Ola
Tahun: 2011
Tebal: 144 halaman
ISBN: 978-979-231-7237

Buku ini berisi 13 cerpen karya para pemenang Lomba Cerita Detektif Majalah Bobo tahun 2009.

Cerpen saya di sini berjudul Halaman Rahasia.

Selain saya, di dalam buku ini ada cerpen karya Yuniar K, Ary Nilandari, Sri Ratna Hadi, Yuli Anita B, Rudi Agung P, Rae Sita Pattapa, Eko Hartono, Barbara Eni Priyanti, Dwi Liana Ratih Thoha, A. Fadjar Tri Prasetyo, Sugiyanti, dan Dian Istiaty (aka Dian Onasis).

Cerpen-cerpen di majalah Bobo aja udah keren-keren, apalagi pemenang lombanya, ya? :)

  

HANTU SIUL
Penyunting: Benny Rhamdani
Penerbit: Dar! Mizan, 2014
Tebal: 156 halaman
ISBN: 978-602-242-439-0
 Bayu mencoba bersiul lagi dengan nada sama. Ternyata memang ada yang mengikuti. Bayu mulai merasa takut, teringat perkataan nenek tentang hantu siul. (Hantu Siul, Hana Sugiharti)

Jantung Prilly berdegup kencang. Suara apa itu? Suara kresek-kresek itu terdengar lagi. Kali ini diikuti dengan gorden jendela yang bergerak-gerak ditiup angin. Prilly makin ketakutan. Dia menarik selimut hingga menutupi kepalanya. (Suara Misterius, Triani Retno)

"Dan kamu pikir ini lucu?" pelotot Tya. Dia sudah tidak tahan lagi dengan perlakuan Mia. Tya segera bangkit dari duduknya lalu membalikkan badan dengan kasar. "Persahabatan kita berakhir sampai di sini. Permisi!" (Boneka Persahabatan, Iwok Abqary)

Selain ketiga cerpen itu, masih ada 12 cerpen keren lainnya karya Rifki Feriandi, Pramitha Dea, Febby Lita, Sokat, Bebadra Nayaka, Nelfi Syafrina, Eko Hartono, Elita Sitorini, Akhmad Sekhu, Glory Grant, Dian Onasis, dan Alby Syafie. Buku ini adalah hasil audisi di Fiksiana Community dalam gelaran Festival Fiksi Anak (2013).



LADIES' JOURNEY

Editor: Herlina P. Dewi
Penerbit: Stiletto Books
Tahun: 2013
Tebal: vi+170 halaman
ISBN: 978-602-7572-15-7

Setiap perjalanan menyimpan cerita: kepedihan, kekecewaan, kehangatan, ataupun kebahagiaan. Begitulah kisah-kisah yang terangkum dalam buku ini. Mereka meninggalkan rumah untuk mencari kepastian, mencari cinta, menemukan jati diri, atau bahkan untuk kabur dari hiruk-pikuknya hidup.

Beberapa perempuan menempuh jarak dan waktu, demi cinta. Di sudut Jakarta, Lina harus menabung keberanian untuk kembali pulang dengan sekoper kesedihan. Sementara Clara menemukan dirinya kembali di negeri antah-berantah. Perempuan lainnya sibuk membuang masa lalu dan mulai mengoleksi kepingan-kepingan masa depan.

Kisah-kisah dalam buku ini akan mengantarkanmu menjelajah waktu dan menelusuri kenangan, karena setiap perjalanan menyimpan cerita.


Cerpen saya di sini berjudul "Cinta Berhenti di Sini". Ada 13 orang lain yang diundang untuk menulis dalam buku ini, yaitu Lala Purwono, Icha Ayu, Nimas Aksan, Yuska Vonita, Eva Sri Rahayu, Theresia Anik, Lygia Pecanduhujan, Judith Hutapea, Tikah Kumala, Mpok Mercy Sitanggang, Widya Ross, dan Ririe Rengganis.



Seri Tunas Integritas



SERI TUNAS INTEGRITAS
Penerbit: Komisi Pemberantasan Korupsi RI
Kerja sama KPK RI dengan Forum Penulis Bacaan Anak.

Dalam seri Tunas Integritas ini, tulisan saya ada dalam buku Wuuush! dan Ungu, Di Mana Kamu?






ANTOLOGI PARENTING DAN PEREMPUAN



A Cup of Tea for Single Mom
A CUP OF TEA FOR SINGLE MOM
Penerbit: Stiletto, 2011.
Tebal:
Harga: Rp 40.000,-

Sinopsis
Rasanya tak ada yang ingin memiliki status yang sering dicap “negatif” oleh masyarakat ini. Namun, bagaimana jika akhirnya status ini benar-benar disandang? Masalah apa yang akan dihadapi? Bagaimana dengan kehidupan sosial, finansial, psikologis, dan utamanya anak-anak para single mom?

Tak sedikit single mom yang tenggelam dalam kesedihan dan trauma. Namun, banyak pula yang mampu bangkit dan berjuang sekuat tenaga hingga mengantarkan anak-anaknya ke jenjang kesuksesan. Di buku ini, para single mom dan orang-orang terdekatnya berbagi kisah, semangat, dan harapan.



Dalam Kasih Ibu
DALAM KASIH IBU
Penerbit: Glitzy (lini Gramedia Pustaka Utama)
Tebal: 90 halaman.
Harga: Rp 25.000,-

Sinopsis
Siapakah makhluk paling indah yang pernah hadir di dalam hidup semua manusia? Siapakah orang pertama yang harus kita hormati di dunia? Siapakah yang sejak pagi hingga malam menjelang tak kenal lelah menjaga dan merawat keluarga?

Ibu.

Lima belas kisah dalam buku ini mengungkapkan hubungan antara anak dan ibunya. Anak yang dibesarkan oleh ibu yang bekerja, anak yang dibesarkan dengan banyak saudara asuh, dan anak yang dibesarkan dalam kondisi ekonomi sangat terbatas.

Kenangan seorang anak pada ibunya―dari yang melankolis sentimentil sampai yang membuat kita tersenyum―kekaguman pada keuletan ibu, kemiripan yang tak disadari, hingga pelajaran yang diperoleh seorang anak dari ibunya. Pelajaran yang kerap tak disadar namun sangat bermanfaat di masa dewasa sang anak.


Emak-Emak Fesbuker
EMAK-EMAK FESBUKER MENCARI CINTA
Penerbit: Leutika, 2010.
Tebal: 228 halaman.
Harga: Rp

Endorsment
“Hiyaaa… apa jadinya kalau emak-emak fesbukan? Yang kebayang pasti suasana arisan bakal pindah ke dunia maya. Ternyata? Nggak hanya lucu dan bikin ngakak-ngikik tapi jadi bikin pengen tepuk tangan juga. Kenapa coba? Baca aja celotehan 25 emak yang keranjingan fesbuk ini. Yang jelas, seru! Go, emak, gooo!”
―Iwok Abqary, penulis Gokil Dad, fesbuker stadium akut.

“Kata banyak orang, Facebook merusak iman dan buang waktu doang. Waduh, belum tau die. Coba baca, nih, cerita emak-emak gaul dalam buku ini. Ternyata, banyak banget guna fesbuk, dari tuker resep masakan, silaturahmi sama saudara en sobat-sobat, dagang, sampai proyek nulis buku!”
―Dewi Rieka, penulis Anak Kos Dodol.



Jumpalitan Menjadi Ibu
JUMPALITAN MENJADI IBU
Penerbit: Lingkar Pena Publishing House
Tebal: viii + 212 halaman.
Harga: Rp 34.000,-

Sinopsis
Konon wanita lebih sigap dan mampu ber-multitasking dibandingkan pria. Dibatasi waktu yang tidak pernah melampaui 24 jam sehari, jadilah para ibu dalam buku ini jumpalitan menangani aneka urusan. Dari urusan anak yang mulai puber, anak yang hobi mogok sekolah, gonta-ganti PRT, hingga pengasuh yang hobi pacaran dan membawa kabur anak asuhnya.

Kisah-kisah dalam buku ini adalah kumpulan pengalaman para ibu dari berbagai kalangan, dari ibu rumah tangga, wanita karier, sampai single mother. Repot? Pasti. Stres? Bisa jadi. Tapi yang jelas tak ada bandingannya dengan cinta, bahagia, dan pelajaran berharga yang diterima.

Simak kisah mereka dalam spektrum mengasyikkan: haru biru, menggelitik, ceria, dan penuh perenungan.



Mother Bukan Monster
MOTHER BUKAN MONSTER
Penerbit: Glitzy (lini Gramedia Pustaka Utama)
Tebal: 145 halaman.
Harga: Rp

Sinopsis
Hampir di seluruh pelosok dunia sosok ibu dipuja karena kelembutan dan keindahannya. Dikagumi karena kekuatan dan ketegarannya. Disayangi karena ketulusannya. Tapi makhluk Tuhan yang nyaris sempurna dan ajaib ini juga manusia. Ia bisa tersinggung, jengkel, marah, menangis, bahkan meledak. Namun, marahnya seorang ibu kepada anak atau suami tentu bukan marah yang penuh dendam dan kesumat. Marah karena khawatir, karena sayang, karena cinta.

Buku ini berisi tulisan 15 ibu yang luar biasa ketika menghadapi kehidupan sehari-hari yang penuh nuansa dan gejolak. Dalam tiga bab: My Angel VS My My Anger, Me VS My Hubby, dan Maid in My House, para ibu bercerita dengan gamblang mengenai kemarahan, kekesalan, ketidaksukaan, sekaligus kesenangan dan keceriaan yang mereka alami ketika menjadi ibu dan istri.

Ditulis dari pengalaman asli, kisah-kisah dalam buku ini mampu menginspirasi dan menggetarkan hati.



ANTOLOGI MOTIVASI
Bimillah, Aku Tidak Takut Gagal
BISMILLAH,
AKU TIDAK TAKUT GAGAL
Penerbit: Qultum Media
Tebal:
Harga: Rp 39.500,-

Sinopsis:
Ketika Allah menciptakan siang, Dia juga menciptakan malam. Allah pun menciptakan laki-laki dan perempuan. Itu berarti Allah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan. Demikian pula ketika Allah menciptakan kesuksesan, Dia juga menciptakan kegagalan. 

Setiap manusia pernah mengalami kegagalan ini. Bahkan, para nabi dan orang-orang sukses pun mengalaminya. Namun, apakah mereka lantas diam begitu saja?

Tidak ada yang abadi di dunia ini. Oleh sebab itu, tidak ada kegagalan yang kekal bagi kita. Yakinlah bahwa semua orang pernah mengalami kegagalan dan mereka pasti tidak pernah menginginkan hal itu. Inti permasalahannya bukan pada kegagalan tersebut tapi apakah kita berani menghadapi momok kegagalan ini. Jika iya, pastinya segala ujian tersebut tak akan menjadi masalah. Kesuksesan hanyalah menunggu waktu.

Temukan keberanian para orang sukses menghadapi kegagalan mereka di dalam buku ini.

Catatan: Tulisan dalam buku ini adalah hasil karya para pemenang lomba kisah inspiratif Qultum Media.



Cinta Monyet Never
CINTA MONYET NEVER FORGET
Penerbit: Leutika, 2011.
Tebal:     
Harga: Rp 40.000,-

"Cinta monyet bukan berarti anak monyet yang lagi cinta-cintaan, tapi merupakan jenis cinta yang—kata orang—cuma mampir sekejap di usia yang masih beiia. Nah, karena muncul di usia belia itulah, cinta menjadi sesuatu yang 'ajaib'. Keajaiban ini ditampilkan dalam 15 cerpen yang ditulis oleh penulis-penulis hebat. Mereka punya kisah yang luar biasa soal cinta (monyet). Asyik, kocak, seru, dan (hiks), menyentuh! Aku membacanya berulang-ulang.
―Reni Erina, penulis, penikmat buku dan Managing Editor Story Teenlit Magazine.

"Sebuah buku yang ditulis dengan gaya ringan, tapi isinya sebetulnya tidak ringan, dan sangat berkesan. Isinya fresh, padahal yang diaduk-aduk para penulisnya adalah masa lalu ... kenangan ... nostalgia. Buku ini mampu mengembalikan kenangan cinta monyet Anda. Membuat hari kita menjadi lebih segar dan sangat memotivasi."
―Kuswinarto, Redaktur Pelaksana Surat Kabar Berita Indonesia, Hong Kong.

"Cinta monyet senantiasa membuat kita tertawa geli, ketika kita mengenangnya kembali saat dewasa. Cinta monyet bagaikan bunga-bunga bermekaran di antara kebun ajaib para peri. Aduhai, lucu, kocak, dan sungguh membuat kita ketawa-ketiwi. Kita akan selalu  mengenangnya sampai kapan pun, percayalah!"
―Pipiet Senja, novelis Indonesia.

"Cinta pertama atau cinta monyet, itulah isyarat Tuhan Yang Maha Baik, agar kita setahap demi setahap memahami apa itu cinta. Ulasan-ulasan dalam buku ini demikian jujur, bertabur hikmah di setiap untaian. Padat kosakata, ringan mengalir, melampaui karya para penulis generasi sebelumnya, membuatku menangis dan tertawa dalam satu waktu. Ruarrr biasssaa..!
―Ari Nur Utami, penulis novel bestseller dwilogi Diorama-Dilatasi.



Gue Anak SMA
GUE ANAK SMA
Penerbit: Cinta (Mizan), 2006.
Tebal: 175 halaman.
Harga: Rp 20.000,-

Sinopsis
Bye… SMP! Ada apa di SMA, ya? MOS? Gencetan senior? Guru killer? Hiiiy… syerem! Eits, tapi tenang aja! Soalnya di buku ini kamu bakal nemuin tips & tricks ngatasin masa-masa kritis saat awal masuk SMA.

Buku yang wajib banget kamu baca ini berisi antara lain:

·         Menikmati indahnya MOS, menghindari gencetan senior, sohiban sama guru killer, cara praktis milih ekskul, jadi anak kos yang gue banget, serta seabrek panduan penting buat kamu ketahui dan bisa dipakai buat nolong sohib kamu. Selain penting dibaca sama kamu, buku ini juga kudu dibaca guru en ortu kamu lantaran cuma buku ini yang komplet membahas dunia awal SMA!


Killer, Nyentrik, Tapi Asik
KILLER NYENTRIK TAPI ASIK
Penerbit: Grafindo
Tebal:
Harga: Rp 30.000,-

Sinopsis
Kehidupan mahasiswa tampak begitu menyenangkan. Kuliah tanpa seragam, mata kuliah yang bisa dipilih sendiri, hingga hiruk-pikuk dunia kampus yang terlihat begitu memikat.

Ada sebuah komponen  di dunia kampus yang tak bisa dihilangkan, yaitu dosen. Ada dosen yang killer, jutek, bikin bete dan resah. Namun, ada pula dosen yang baik hati, senang membantu mahasiswa, dan tak pelit nilai. 

Buku antologi ini menghadirkan sosok dosen itu lewat kisah-kisah nyata yang dialami para penulisnya. Hadirlah sosok dosen inspiratif, dosen yang membuat jatuh cinta, hingga dosen killer namun ternyata tetap dikenang.



Skripsi Krispi
SKRIPSI KRISPI
Penerbit: Leutika, 2010.
Tebal: xii +204 halaman.
Harga: Rp 40.000,-

Endorsment
“Buku ini mampu membuat kita meninggalkan kecemasan tentang nasib skripsi yang sedang dihadapi dan merupakan bacaan wajib setiap mahasiswa. Buku ini sanggup memotivasi kita untuk tidak merasa susah sendirian saat menyelesaikan skripsi sebab ternyata sudah banyak yang melewati jalan itu dan bisa menjadi pemenang. Buktikan Anda pun bisa!”
―Ir. Shahnaz Haque-Ramadhan, artis dan alumni Fakultas Teknik UI.

“Bagi para mantan mahasiswa yang sudah lulus sarjana, saat mengerjakan skripsi biasanya memiliki pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan, baik yang manis maupun pahit. Buku ini kaya akan kisah-kisah sukses saat mengerjakan skripsi--walaupun dilalui dengan pahit manisnya---dan strategi-strategi sukses yang digambarkan lewat bahasa yang ringan dan enak dibaca. Buku ini cocok dibaca oleh para mahasiswa yang sedang dan akan mengerjakan skripsi sehingga dapat lebih siap secara emosional.
- Dr. Ir. M. Ruslin Anwar, Dosen Fakultas Teknik UB

Lepas dari isu utama; liku-liku pengalaman oang-orang hebat saat menyusun skripsi, spirit buku ini mengabarkan kepada dunia bahwa seseorang yang mampu melewati titik kritis dalam hidupnya seoalah akan terlahir kembali sebagai pribadi yang lebih bertenaga. Ini adalah buku yang berbagi perihal kecerdasan kegetiran. Anda tak harus berhubungan langsung dengan skripsi untuk menjiwai kisah-kisah bernas perihal skripsi ini.
- Tasaro GK, penulis Novel Muhammad, Lelaki Penggenggam Hujan, mahasiswa yang belum pernah menghadapi ujian skripsi.


Titik Balik
TITIK BALIK
Nonfiksi motivasi
Penerbit: Leutika, 2010.
Tebal: xiv + 179 halaman.
Harga: Rp 38.000,-

Pernahkah mengalami masa-masa berat hingga berada di titik nadir? Terjatuh, terpuruk, dan gagal adalah biasa dalam kehidupan. Yang luar biasa adalah bila dapat bangkit dari keterpurukan dan kegagalan itu.

TITIK BALIK memuat pengalaman hidup yang patut dibagi bersama. Dari cerita seperti inilah seeorang sering menemukan pijar motivasi untuk menjalani hidup. Tak perlu mengalami kegagalan itu sendiri bila kita bisa belajar dari kegagalan orang lain.

Kisahku di Buku Ini
TAK CUKUP DENGAN AIR MATA adalah kisahku yang terpillih menjadi Juara I dalam lomba ini. Berikut penggalan kisah tersebut.

“Siang ini kita makan tumis kangkung spesial, ya?”
“Spesial pakai apa, Ma?” tanya Kakak.
“Pakai kangkung. Hehe …. Mau kan?”
“Mau deh,” jawab Kakak. “Papa nanti siang mau makan pakai tumis kangkung spesial nggaaaak?” tanya Kakak.
“Mau.”
Datar.
“Bener?”
“Ya.”
Masih datar.
“Ada uang belanjanya?” Akhirnya bertanya juga.
“Cari gratisan aja. Petik kangkungnya yang di dekat rumah Ustad.”
Termangu.
“Yuk, Kak. Kita cari kangkung.”

Tanpa mengerti beban pikiran orangtuanya, Kakak bersorak gembira. Langkah-langkah kakinya begitu ringan ketika berjalan menuju tanah kosong di sebelah rumah Ustad. Di tanah kosong yang sebagian digenangi air itu tumbuh subur kangkung liar. Besar-besar. Segar.

Kakak masih berceloteh riang saat ibunya, seorang sarjana yang lulus cum laude dari sebuah PTN ternama, memetiki kangkung liar demi menghemat seribu rupiah bakal membeli dua ikat kangkung untuk menu makan siang. Ya. Seribu rupiah. Bukan sepuluh ribu. Bukan seratus ribu.


ANTOLOGI HOROR


SCARY MOMENTS 1
Penerbit: Indie Pro Publishing
Tebal:
Harga: Rp 40.000,-

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...