31 January 2015

Alexa Rank Menggelembung Setelah Ganti Nama Domain

Sebenernya udah lama, sih, pengin ganti nama domain blog menjadi nama saya. Bukan narsis, sih. Kalau pakai nama sendiri kan jadi lebih mudah diingat dan dicari. Selain itu, terlihat lebih profesional juga. Cuma ya... gitu, deh. Undur-undur terus. Nah, awal tahun 2015 akhirnya saya putuskan untuk ganti nama domain

Temen saya, Haya, merekomendasikan www.jagoanhosting.com. Pas saya buka ke sana... wew! Ternyata lagi ada diskon. Waaah... kebetulan banget, nih.

14 Januari 2015, blog www.takhanyanovel.blogspot.com berganti nama menjadi www.trianiretno.com daaaaan... saya terkejut!



Obesitas!
Meski sudah tahu kalau Alexa Rank bakal menggendut karena ganti nama domain, saya tetap kaget (meski ekspresi kaget saya nggak sedramatis para tokoh di sinetron stripping. Lagi pula nggak ada kamera yang khilaf men-zoom in zoom out wajah saya :p). 

Saya kira, cuma bakal menggendut beberapa ratus ribu gitu. Faktanya, Alexa Rank saya anjlok dari 664.640 menjadi... no rank! Huaaaaa...! Ini mah bukan menggendut lagi tapi super-duper obesitas!

Yang juga bikin saya kaget, komentar-komentar di postingan di domain lama menjadi hilang. Masalahnya, ketika itu saya sedang mengadakan Kuis Kekuatan Super di blog saya. Jawaban yang kemarin ngilang ke mana, ya?

Kemudian saya tahu, jawaban itu tidak hilang, hanya tidak terlihat. Komentar-komentar itu terlihat lagi jika saya kembali menggunakan domain blogspot. Untung, nih, Jagoan Hosting sabar banget menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Jadi, saya putuskan untuk menunda pemakaian alamat baru www.trianiretno.com sampai kuis ini selesai.

25 Januari 2015, saya boyongan ke alamat baru dengan Alexa yang no rank itu.


Tetap Menulis
Kekagetan saya dengan kondisi si Alexa yang mendadak obesitas itu nggak berlangsung lama. Saya langsung browsing, dong. Dari browsing-browsing itu saya dapat info bahwa biasanya Alexa Rank akan pulih dalam tiga bulan.

Ranking yang jeblok itu sendiri terjadi karena si custom domain yang baru itu dianggap sebagai pendatang baru banget di dunia blog. Masih seperti bayi imut yang baru lahir.

Mumpung lagi no rank, sekalian aja deh ganti tampilan blog. Nggak diganti macem-macem, sih. Malah saya pilih yang lebih simpel aja. Menurut informasi yang saya dapat di internet, mengganti template blog bisa bikin Alexa Rank menggendut. Nah, kebetulan kan sekarang lagi obesitas? Hehehe....

Saya juga tetap (berusaha) konsisten mengisi blog dengan tulisan yang orisinal. Beeeugh... sebenernya konsistensi ini yang paling susah. Sehari-hari kan udah sibuk nyari nafkah plus ngurus rumah, anak-anak, dan kucing-kucing. Belum lagi koneksi inet yang kadang bikin males. Penginnya sih tiap hari. Tapi kalau lagi sibuk banget atau lagi nggak sehat, 2-3 kali seminggu kayaknya cukup, ya.

Oya, kenapa tulisan mesti yang orisinal? Naaah, itu karena saya nggak suka kopas sana-kopas sini. Iya tuh, saya sebel banget dengan blog/web yang isinya sama persisss dengan blog/web yang lain. Heu, blogger atau copaser, tuh? Selain itu, ssst... tau nggak sih, Om Google itu suka sama  konten yang orisinal, bukan yang kopas-kopasan.


Alexa Rank Muncul Lagi
28 Januari 2015 pagi, ketika saya membuka blog ini, taraaaa... si Alexa udah mucul lagi, meski belum selangsing dulu. 4.892.581. Setidaknya udah nggak no rank lagi.


Alexa Rank udah muncul lagi :)

Alhamdulillah, ternyata jauh lebih cepat daripada yang saya duga. Sekarang, tinggal "diet" deh supaya si Alexa jadi ramping lagi seperti dulu.



***
Baca Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...