26 January 2015

Ketika Uban Datang Bertamu


Ketika Uban Datang Bertamu -- “Rasanya seperti baru kemarin….”

Pernah mendengar seseorang mengucapkan kalimat ini? Atau malah pernah melontarkan kalimat seperti ini? Kalau saya sih,cukup sering. 

Rasanya baru kemarin ikut bimbel intensif agar lolos ujian masuk PTN. Rasanya baru kemarin menjadi mahasiswa baru. Rasanya baru kemarin melonjak gembira ketika cerpen  saya dimuat di majalah remaja ternama terbitan Jakarta. 

Nyatanya, waktu bergulir sangat cepat. Tahu-tahu putri sulung saya sudah SMP. Tahu-tahu sudah tahun ke-20 sejak cerpen pertama saya dimuat di majalah. Tahu-tahu saja sudah ada pendatang baru di rambut.
 

Usia dan Faktor Keturunan

Pendatang baru itu bernama uban. Munculnya uban dipengaruhi beberapa hal, antara lain usia, faktor genetis alias keturunan, stres, polusi, dan gaya hidup yang tidak sehat. Seharusnya, sejak jauh-jauh hari saya sudah waspada karena ada keturunan beruban dini dalam keluarga saya.  Menurut cerita ibu saya, bapak (alm) sudah beruban pada usia sekitar 25 tahun. Sayangnya, saya baru ingat itu ketika uban datang bertamu.

Resah? Tentu saja. Normal, dong, kalau perempuan ingin terlihat tetap cantik dan muda meski anak sudah ABG. Yang tidak normal itu, kan, kalau perempuan ingin terlihat ganteng. Hehehe….

Kan, berjilbab. Ngapain bingung gara-gara uban?

Ahaha, mari kembali ke pasal satu bahwa perempuan pasti ingin terlihat tetap cantik dan muda. Begitu juga saya yang selalu menutupi kepala dengan jilbab. Jalan yang saya ambil adalah mewarnai rambut.

Selesai? Masalah uban tertutupi, ya. Namun, muncul masalah lain. Meski sudah berhati-hati memilih pewarna rambut dan tak sering-sering menggunakannya, masalah tetap ada. Rambut menjadi lebih kering dan kasar.


Vitamin Rambut

Tanda-tanda kerusakan rambut ini harus segera diperbaiki sebelum menjadi semakin parah. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menggunakan vitamin rambut. Menurut para ahli perawatan rambut, vitamin rambut ini baik untuk mengatasi masalah rambut kering dan kasar seperti yang saya alami. Vitamin rambut juga bagus untuk memperbaiki rambut yang mudah patah, bercabang, dan kusam.

Dari sekian banyak merek vitamin perawatan rambut yang ada, saya memilih Ellips Hair Vitamin yang mengandung Pro Keratin Complex. Salah satu nilai lebih varian ini adalah—tentu saja—Pro Keratin Complex. 

Keratin ini adalah protein alami yang terdapat pada rambut, kuku, serta gigi manusia. Dengan adanya keratin dalam rambut inilah rambut menjadi sehat dan berkilau. Sayangnya, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi keratin bisa menurun karena faktor usia. Semakin tinggi usia kita, semakin rendahlah produksi keratin alami. Selain itu, gaya hidup yang buruk juga berperan serta dalam menurunkan produksi keratin.

Karena produksi keratin sudah menurun, berarti rambut membutuhkan bantuan dari luar, dalam hal ini vitamin rambut yang  mengandung Pro Keratin Complex. Pro Keratin Complex ini dapat membantu mengembalikan kilau rambut, serta membuat rambut lebih sehat dan lembut.


Perawatan Rambut Sehat

Melihat masalah pada rambut saya, akhirnya saya memilih menggunakan Ellips Hair Vitamin with Pro Keratin Complex yang berwarna pink (Hair Repair). Bukan karena warna ini saya banget tetapi karena vitamin rambut yang ini ditujukan untuk memperbaiki rambut serta menutrisi rambut yang kering dan rusak secara intensif.



Selain mengandung Pro Keratin Complex, varian ini juga diperkaya dengan minyak jojoba, Vitamin A, C, dan E, serta provitamin B5. Inilah yang membuat vitamin rambut ini mampu merawat rambut yang rusak akibat proses kimiawi seperti pewarnaan, pengeritingan, dan pelurusan rambut.

Memakainya pun mudah. Cukup gunting ujung kapsul, lalu keluarkan isinya dan usapkan secara merata pada batang rambut yang setengah kering setelah dikeramas. Pada pemakaian pertama saja, rambut sudah terasa lebih lembut. Dengan pemakaian teratur, rambut menjadi lebih sehat bagai terlahir kembali.


Belajar dari Pengalaman

Adanya faktor beruban dini dalam keluarga besar saya ini tampaknya menurun juga pada anak saya. Saya pernah menemukan dua helai uban di sela-sela rambut hitamnya. Untuk jangka pendek, mencabut ubannya sudah menyelesaikan masalah. Namun, untuk jangka panjang, perlu melakukan beberapa usaha perawatan rambut sehat agar munculnya uban ini dapat ditunda selama mungkin.

Apa saja usaha-usaha itu?

  • Memperbaiki asupan gizi. Sebenarnya ini tak sulit karena anak sulung saya ini termasuk gampang makan dan suka meminum jus buah. Tinggal memilihkan bahan makanan yang baik untuk kesehatan rambut, seperti daging ayam, telur, jamur, ikan, wortel, melon, jeruk, stroberi, dan kacang almond. Makanan-makanan seperti ini kaya dengan vitamin A, B, C, dan E yang bagus untuk kesehatan rambut.
  • Tidur cukup. Kalau sedang asyik membaca novel, menulis, atau musim ujian, ia sering tidur lebih malam daripada biasanya. Kebiasaan ini harus diubah. Misalnya, supaya tidak tidur larut malam saat ujian, belajar harus dicicil sejak jauh hari.
  • Menghindari stres. Beban anak sekolah zaman sekarang cukup berat hingga kerap memunculkan stres. Stres ini harus sedapat mungkin dihindari. Bersantai, refreshing, dan memiliki hobi positif dapat mengurangi kemungkinan munculnya stres.
  • Merawat kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain keramas tiga kali seminggu, juga menggunakan vitamin rambut. Yes, rambut juga butuh vitamin agar sehat, dan lembut. Untuk menutrisi rambutnya, anak saya menggunakan Ellips Hair Vitamin with Pro Keratin Complex yang berwarna hitam (Silky Black) atau kuning (Smooth & Silky). Silky Black ini diperkaya dengan pro keratin complex, kemiri, aloe vera, provitamin B5, serta Vitamin A, C, dan E. Kandungan ini membantu menutrisi rambut, melindungi rambut dari sinar matahari, serta merawat kemilau rambut hitam. Varian Smooth & Silky hampir sama dengan Silky Black. Sama-sama menutrisi rambut hingga membuatnya lebih lembut, mudah diatur, dan bercahaya. Bedanya, Smooth & Silky tidak diperkaya dengan kemiri. 
Dengan usaha-usaha itu, diharapkan rambut menjadi lebih sehat dan uban tak cepat muncul.





Penuaan memang merupakan hal alami. Munculnya uban pun tak bisa dihindari. Namun, jika bisa terlihat cantik dan  muda lebih lama, mengapa tidak? Rambut adalah mahkota. Siapa sih yang tak mau memiliki mahkota yang sehat, lembut, indah, dan berkilau?

Mau tahu lebih banyak tentang perawatan rambut sehat? Mau tahu aja atau mau tahu banget? Hehehe.... Main-main ke www.ellipshaircare.com, deh. Banyak informasi tentang perawatan rambut di sana. 
***
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...