01 February 2015

[Buku Saya Diresensi] Bila Mencintaimu Indah

Peresensi: Ervina Nurjanah



Bila Mencintaimu Indah, sebuah novel islami yang mengatarkan kita untuk melihat kehidupan yang sarat dengan tantangan. Pesan tentang kehidupan yang dikemas begitu apik melalui kisah tentang seorang reporter muda bernama Keisha. 

Pekerjaannya yang penuh tantangan acap kali mengantarkannya pada bahaya sampai pada akhirnya dia harus kehilangan sahabat dan orang yang dicintainya dengan cara yang tragis. 

 Bagaimana sakit dan hancurnya hati keisha saat melihat Maura sahabat dekatnya terbunuh secara mengenaskan, lalu kemudian Eggy laki-laki yang dicintainya tiba-tiba menghilang tanpa kabar sampai akhirnya jasad Eggy ditemukan dalam keadaan terpotong menjadi enam bagian.


Rasa sakit, kecewa dan marah semua bercampur menjadi satu, membuat keisya begitu tertekan. Terlebih lagi penyesalan dan rasa bersalahnya kepada Eggy, orang yang sebenarnya begitu dia cintai tapi rasa cinta itu tidak kunjung terucap sampai Eggy bertemu ajalnya. Inikah cinta yang dulu kuingkari keberadaannya? Inikah cinta yang dulu tersembunyi entah dimana? Inikah cinta yang tak pernah kuakui? Di mana kamu gy? Keisha memejamkan mata bergulat dengan perasaan perihnya. (Retno, 2013:53) 

Dalam novel ini, penulis berhasil menggambarkan detail emosi yang bergejolak pada diri setiap tokoh, sehingga hal itu dapat membuat pembaca seolah ikut masuk kedalam cerita yang disajikan. Pemilihan kata yang tidak terlalu berat tapi tetap sarat makna juga memudahkan pembaca untuk memahami alur cerita dari novel ini. 

Penulisan cerita pada novel ini juga tidak sembarangan, walaupun novel ini merupakan karangan fiksi namun beberapa data yang terkait dengan cerita pada novel ini juga disertai dengan sumber yang relevan. Jika dilihat dari sisi kepengarangan, Triani Retno A. adalah seorang penulis berpengalaman yang sudah menghasilkan banyak karya baik berupa novel ataupun cerpen. Meskipun latar belakang pendidikannya dari jurusan Ilmu Perpustakaan, namun pengalamannya dibidang kepenulisan dan editorial menjadikan dirinya sebagai seorang penulis yang patut diperhitungkan sehingga tidak akan sembarangan dalam memasukan data pada tulisan-tulisannya. 

Selain dari alur ceritanya, hal lain yang menarik dari novel ini yaitu ulasan mengenai sisi lain dari pekerjaan seorang reporter berita kriminal yang ternyata penuh dengan resiko, tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi oleh seorang reporter pada saat turun ke lapangan. Hampir setiap hari mereka berhadapan dengan bahaya. Ancaman bisa datang dari berbagai pihak yang tidak senang beritanya di-blow up dan tidak menutup kemungkinan nyawa pun bisa dipertaruhkan demi pekerjaannya. Hal ini menjadi salah satu point plus dari isi novel ini, selain menyajikan cerita yang disusun apik dengan rangkaian kata yang indah, novel ini juga memberikan beberapa informasi berharga terkait kriminalitas yang marak terjadi belakangan ini. 

Akan tetapi, ada satu hal yang dirasa masih kurang. Pada bagian akhir cerita, kejelasan mengenai kasus pembunuhan yang terjadi pada Maura dan Eggy terkesan masih belum tuntas. Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai dua kasus tersebut, seolah seperti berakhir begitu saja padahal dua kasus inilah yang mampu memunculkan emosi mendalam pada diri tokoh utama yaitu Keisha. Meskipun demikian, ternyata ada kejutan baru yang dimunculkan penulis pada akhir novel ini, Harry Nasution rekan kerja Keisha yang tadinya tidak begitu banyak diceritakan, pada bagian akhir ini mulai ikut mendominasi cerita. Keseluruhan dari cerita ini dikemas dengan menarik, sehingga pembaca tidak akan merasa bosan karena pada setiap babnya selalu ada kejutan baru yang dihadirkan penulis. 

Akhir cerita yang tidak terduga juga menjadi daya tarik yang luar biasa dari novel ini. Penggambaran dari setiap kejadian seolah begitu gamblang, membuat imajinasi pembaca ikut berkelana mengikuti alur cerita. Ide cerita yang menarik lalu dikemas dengan bahasa yang tersusun apik membuat novel ini bisa menjadi salah satu novel yang direkomendasikan untuk dibaca. Selain mendapatkan hiburan, juga isi cerita yang penuh dengan pesan kehidupan, pembaca pun akan mendapatkan banyak informasi dan wawasan baru dengan membaca novel ini. 


Identitas buku
Judul : Bila Mencintaimu Indah
Pengarang : Triani Retno A.
Tempat terbit : Jakarta
Penerbit : Elex Media Komputindo 
Tahun terbit : 2013 
Edisi : Pertama 
Cetakan : Juli, 2013 
Jumlah halaman : 208 halaman 
Tebal buku : 18 cm x 11 cm 
Harga : Rp 32.800,00 
ISBN : 978-602-02-1425-2


Link Asal
Novel saya di diresensi oleh Ervina Nurjanah di www.slideshare.net. Saya kopas di sini sekadar untuk dokumentasi saya. Terima kasih ya sudah meresensi novel saya ini :)

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...