10 February 2015

Cireng Punya Banyak Saudara

cireng enakwww.trianiretno.com -- Cireng. Jajanan murah meriah dari Bandung ini sudah meluas ke berbagai daerah.

Bagaimana dengan cireng di Bandung? Di kota asal cireng alias aci digoreng (aci = tepung kanji) ini, kita nggak akan cuma bertemu si cireng, tapi juga bisa kenalan dengan saudara-saudaranya.

Cimol

Singkatan dari aci diemol-emol. Hahah.... diapain, ya, itu? Diemol-emol itu, si adonan aci dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng tapi agak pipih, lalu digoreng dengan minyak yang banyak. Biasanya dimakan dengan taburan bumbu rasa keju atau pedas. Tapi tanpa bumbu macem-macem begitu juga enak, kok.




Cilok
Bukan cinta lokasi tapi aci dicolok. Bentuknya bulat-bulat seperti bakso berukuran kecil dan sedang. Dimakan dengan cara dicolok menggunakan lidi. Biasanya dimakan dengan saus kacang.


cireng enak dan cilok
Cilok dan gerobak yang sangat sederhana.

Cilor
Memangnya martabak doang yang spesial pakai telur? Cilok juga bisa, dong. Namanya cilor. Cilok pakai telor. Bentuknya, ya, seperti cilok. Bulat-bulat kecil seperti bakso. Si bulat kecil ini ditusuk pakai lidi seperti sate lalu dicelup ke dalam telur yang sudah dikocok (seperti telur dadar), trus digoreng, deh. Nggak usah pake bumbu-bumbuan lagi ini mah. Langsung dimakan aja.


cireng enak dan cilor
Cilor

Cilung
Bukan saudara kembar yang terpisah sejak bayi dengan Ciliwung. Cilung ini singkatan dari aci digulung. Terbuat dari tepung aci yang didadar tipis di wajan datar. Ketika si dadar aci itu masih terbaring tak berdaya di wajan, dikasih sedikit mi rebus dan bumbu kacang (bumbu kering). Kalau suka saus tomat atau sambal, tambahkan juga. Setelah itu, ambil dua batang lidi untuk menggulung adonan ini. Jadi, deh, si cilung. 

cireng enak dan cilung

cireng enak dan cilung
Pembuatan cilung. Diperagakan dengan sangat mahir oleh mamang penjual cilung.

cireng enak dan cilung
Cilung.

Gizinya?
Aih, mungkin ada yang bertanya seperti ini. Kalau beli di penjual cireng bersaudara yang biasa mangkal di dekat sekolahan, kelihatannya makanan ini nggak bergizi, ya. Kalau mau lebih bergizi, bikin aja sendiri di rumah. Cilung, misalnya, bisa ditambah pakai sosis atau mi rebusnya udah dicampur telur. Tambah sayur? Coba aja. Nggak ada yang ngelarang, kok.



Begitu juga dengan cilok.Daripada aci melulu, bisa coba-coba diisi sosis, telur puyuh, keju, dan lain-lain. Seperti si cireng aja. Zaman baheula mah cireng cuma ada yang polos sama yang isi sambel kacang. Sekarang, isi cireng udah macam-macam. Keju, sosis, ayam pedas, bakso, udang pedas, dan lain-lain.

Atau... boleh juga seperti ulah anak saya yang memasukkan lotek ke cireng yang dimakannya. Eh, tapi enak, lho.Cobain aja.


cireng enak
Cireng isi lotek.


Warning!

Jangan tanya resep cireng bersaudara ini pada saya, ya.
Saya mah cuma pemakan dan pemerhati, bukan pembuat.
Jadi, nggak kredibel atuhlah kalau saya yang ngasih resep. :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...