Belajar Menulis pada Ahlinya


Kelas menulis online

Kelas Menulis

Saya cukup sering dapat pertanyaan dan permintaan tentang kelas menulis cerpen, novel, atau buku nonfiksi. Baik itu kelas menulis online maupun tatap muka

Saat ini saya sendiri masih belum konsisten membuka kelas menulis berbayar karena masih harus membagi waktu dengan menulis (naskah sendiri atau orderan) dan mengedit naskah-naskah dari penerbit atau individu.

Meskipun begitu, saya terbuka untuk yang mau curhat seputar menulis.Itu pun tidak 24 jam dan tidak sedikit yang akhirnya saya arahkan ke tulisan-tulisan saya di blog ini (di label Menulis).

Jawaban saya sering tidak cukup 1-2 baris, sedangkan pertanyaan yang datang sering sama. Seperti tips menjadi penulis pemula, cara menjadi seorang penulis novel, cara kirim naskah, atau penerbit buku novel untuk pemula.

Betapa banyak waktu terbuang kalau harus bolak-balik menulis jawaban yang sama. Udah gitu kalau via inbox  FB sering hanya dibaca tanpa tanggapan lagi. Memangnya saya koran yang cuma dibaca?

Jadi, lebih baik saya tulis di blog, kan? Hanya curhat, lho, ya. Bukan membaca dan mengomentari naskah. Saya juga tidak bisa menerima permintaan yang terakhir itu. 

Terkait pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya tuliskan di sini: 


Kembali ke pelatihan menulis. Kalau sedang sibuk atau kelas menulis yang dibutuhkan bukan yang saya kuasai, biasanya saya akan mengarahkan penanya yang ingin belajar menulis ini pada teman-teman yang membuka kelas menulis. 


kelas menulis bandung
Saya dan kelas menulis blog untuk pemula.

Teman-teman yang saya rekomendasikan ini punya track record bagus di dunia penulisan. Mereka pun produktif berkarya di media-media ternama. Bagi saya, itu penting banget.

Belajar ilmu hikmah memang bisa dari siapa saja. Namun, belajar ilmu tentang menulis sebaiknya pada ahlinya. 

Jangan belajar menulis novel pada orang yang baru menghasilkan buku antologi bersama. Jangan belajar menulis cerpen remaja pada penulis buku ilmiah.

Pilihlah guru yang tepat.

Kelas Kurcaci Pos

Kelas menulis online ini diasuh oleh Bambang Irwanto. Mas Bambang ini penulis cerita anak yang sangat produktif. Sudah ratusan cerpennya dimuat di media cetak ternama. Pembaca majalah anak-anak seperti Bobo dan Girls pasti sudah tak asing dengan namanya. 

Kelas Kurcaci Pos ini berfokus pada cerpen anak-anak. Ada delapan kali pertemuan online, masing-masing dua jam. Setiap selesai pertemuan, ada tugas yang harus dikerjakan.

Untuk mengikuti kelas Kurcaci Pos ini, silakan hubungi FB Bambang Irwanto. Tak ada persyaratan umur untuk mengikuti kelas ini. Yang penting ada minat, semangat menulis, dan serius.

Kelas ini berbayar. Kenapa berbayar? Hm... ini untuk menumbuhkan keseriusan peserta. 

Ketika kelas ini gratis, banyak peserta yang asal-asalan dan sering tak masuk kelas, padahal Mas Bambang sudah menyediakan waktu khusus untuk membimbing.


Kelas Penulis Tangguh

Kelas menulis online yang ini diasuh oleh Nurhayati Pujiastuti. Mbak Nur ini sudah eksis sebagai penulis sejak tahun 1980-an. 

Prestasinya di bidang penulisan pun sudah berderet-deret, antara lain pemenang lomba cerpen di majalah Anita Cemerlang dan Femina. Novel-novel karya Mbak Nur pun sudah berjibun. 

Salah satunya berjudul Aku Sayang Bunda, yang menjadi pemenang IBF Award 2012 Kategori Buku Fiksi Anak Terbaik.

Penulis Tangguh membuka kelas menulis cerita anak dan dewasa, dengan biaya Rp300.000,00. Pembelajaran berlangsung secara online selama 8 minggu. Waktu belajarnya dari Senin sampai Jumat, dari pagi sampai sore. 

Artinya, pada hari belajar tersebut, peserta bebas mau masuk jam berapa saja. Kelas ini ditujukan untuk menembus media massa. 

Sudah terbukti, lho, murid-murid kelas ini berhasil menembus majalah-majalah keren seperti Gadis, Bobo, dan Femina. Berminat gabung? Silakan inbox FB Nurhayati Pujiastuti.


Rumah Pena

Rumah Pena diasuh oleh pasangan suami istri Agung Argopo dan Achi TM. Achi adalah penulis cerpen, novel, dan skenario, sedangkan suaminya lebih berfokus pada penulisan skenario.

Rumah Pena mengadakan pelatihan menulis cerpen, novel, dan skenario. Untuk kelas privat, biaya kelas menulis cerpen adalah Rp600.000,00, kelas menulis novel Rp800.000,00 dan kelas menulis skenario Rp1.000.000,00.

Jika ingin yang lebih ekonomis, bisa mengikuti kelas bersama yang terdiri dari 10 orang per kelas. Untuk kelas bersama ini, setiap peserta dikenakan biaya Rp200.000,00.

Kelas menulis ini berlangsung dalam empat kali pertemuan (seminggu sekali), masing-masing selama dua jam. Oya, kelas ini bisa berlangsung secara online, bisa juga secara langsung (tatap muka).

Ingin tahu lebih banyak tentang Rumah Pena atau ingin tanya-tanya untuk mendaftar? Silakan meluncur ke Grup FB Rumah Pena, email rumah_pena@yahoo.com, atau ponsel 0856 4337 6193


Griya Kinoysan

Ada banyak kelas di Griya Kinoysan yang diasuh oleh Ari Kinoysan (alias Ari Wulandari) ini. 

Beberapa di antaranya adalah Kelas Penulisan Artikel, Penulisan  Biografi, Penulisan Buku Anak, Penulisan Cerpen, Penulisan Novel, Penulisan Buku Nonfiksi, dan Penulisan Skenario. 

Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Semua kelas ini berbayar, besarnya berbeda-beda antara satu kelas dengan kelas lainnya. Yang pasti, setiap kelas dibimbing oleh ahlinya. 

Tertarik untuk belajar di Griya Kinoysan? Silakan hubungi FB Griya Kinoysan, Twitter @griyakinoysan email: griyakinoysan@yahoo.com, atau ponsel 0815 6818 649.

Oh, belum tahu siapa Mbak Ari Kinoysan ini? 

Mbak Ari sudah menulis sekitar 70 buku, dari buku anak-anak, remaja, hingga buku nonfiksi. Beberapa judul di antaranya adalah Hot Chocolate, Supermarket Supercinta, Jadi Penulis Fiksi? Gampang Kok, Batik Nusantara, dan Herbal Nusantara. Mbak Ari ini juga pernah bekerja sebagai penulis skenario.

 
Belajar Menulis pada Ahlinya
Saya dan Kang Ali sewaktu promo buku bareng di Radio Raka Bandung.

The Winner Class

Kelas menulis ini berada di bawah pengawalan Ali Muakhir. Kang Ali sudah malang-melintang di dunia kepenulisan sejak tahun 1990-an. Karya-karyanya sudah tak terhitung. 

Pada tahun 2009, Kang Ali mendapat penghargaan dari MURI sebagai penulis paling produktif (300-an judul buku cerita anak-anak).

The Winner Class mengadakan kelas penulisan berbayar, di antaranya kelas menulis cerita anak dan kelas menulis naskah komedi. 

Tertarik? Silakan ke fanspage Ali Muakhir.


Kelas Ajaib

Kepala sekolah Kelas Ajaib adalah Benny Rhamdani, penulis yang telah eksis sejak tahun 1980-an dan pernah menjadi pemenang berbagai lomba menulis. Saat ini Kang Benny yang telah menulis 89 buku  ini bekerja di Penerbit Mizan.

Ingin tahu lebih banyak tentang Kelas Ajaib? Silakan meluncur ke blog Galeri Kelas Ajaib atau ke Twitter @bennyrhamdani.


Trimuvi

Trimuvi yang berkantor di Cimahi ini juga bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin menjadi penulis buku.

Trimuvi menyelenggarakan berbagai kelas menulis. Untuk kelas menulis online, ada kelas penulisan buku populer how to, penulisan buku populer self improvement, konversi skripsi/tesis/disertasi menjadi buku ilmiah populer, konversi laporan penelitian menjadi buku ilmiah populer, penulisan buku fiksi anak (first novel), dan penulisan buku nonfiksi anak. 

Selain itu, ada banyak pelatihan menulis yang dilakukan secara tatap muka. Misalnya basic writing skill for executives, advanced writing skill for executives, book writing skill for executives, mastering business writing, spesific report writing, writing for the web, serta online and social media copywriting.

Penasaran siapa yang memberi pelatihan-pelatihan ini? Ada Bambang Trim yang telah menekuni karier kepenulisannya sejak tahun 1994. 

Mas Bambang telah menghasilkan 150 buku dan ratusan artikel di berbagai media cetak ternama. Mas Bambang juga pernah menjabat sebagai editor d Penerbit Remaja Rosdakarya, Direktur MQS Publishing, dan GM for General Book Tiga Serangkai.

Selain Mas Bambang, di Trimuvi juga ada Tasaro GK dan Bambang Sumintono Ph.D.

Tertarik mengikuti pelatihan di Trimuvi? Silakan hubungi telepon/faks 022-86617757, e-mail: muvi@muvigroup.com, web: www.muvigroup.com

 

Rumah Dunia

Rumah Dunia yang berada di Serang, Banten, ini digerakkan oleh pasangan suami istri Gol A Gong dan Tias Tatanka. 

Mas Gong berkarier di dunia penulisan sejak tahun 1980-an dan telah menghasilkan puluhan novel keren. Yang paling legendaris adalah Balada Si Roy

Mbak Tias pun telah menghasilkan banyak buku, termasuk buku-buku yang ditulis duet dengan sang suami, salah satunya adalah Backpacker in Love yang pernah saya resensi di blog ini.

Rumah Dunia mengadakan kelas menulis cerpen, novel, dan puisi secara online dan tatap muka. Untuk kelas menulis tatap muka, ada yang reguler dan nonreguler. 

Untuk yang reguler, pertemuan diadakan setiap Ahad sore selama enam bulan dan cuma bayar Rp100.000,00. Untuk yang nonreguler, dikenakan biaya Rp20.000,00 (pelajar) dan Rp40.000,00 (mahasiswa) untuk sekali datang belajar menulis cerpen atau puisi. 

Selain itu, ada pula crash program yang biasanya perorangan. Pertemuan dilakukan sebanyak empat kali, masing-masing dua jam. Untuk crash program ini, biayanya Rp500.000,00 (anak-anak) dan Rp1 juta (dewasa).

Sementara itu, kelas online diadakan dalam empat kali pertemuan, masing-masing dua jam, dengan biaya Rp1 juta. Langsung dengan Mas Gong dan Mbak Tias.

Tertarik untuk ikut kelas menulis Rumah Dunia? Silakan hubungi Mbak Tias di ponsel 0819 0631 1007. 

Mau tahu lebih banyak tentang Rumah Dunia, Mas Gong, dan Mbak Tias? Tanya-tanya aja deh ke Mbak Tias. Sering ada program spesial lho di Rumah Dunia, seperti belajar menulis sambil jalan-jalan di luar negeri.

Selamat bersenang-senang menulis, ya. 


Salam,

Triani Retno A
Penulis Buku, Novelis, Editor Freelance

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.