16 June 2015

Mochi Kaswari yang Bikin Nagih



Beberapa waktu lalu saya berkesempatan menjadi pembicara dalam peringatan Hari Buku di SMA PU Al-Bayan, Sukabumi. Pulangnya, saya dioleh-olehi penganan khas kota ini. Mochi.


Hm… Kalau disebut khas Sukabumi mungkin bukan juga, ya. Makanan berbentuk seperti kelereng yang terbuat dari beras ketan ini berasal dari Jepang. Di Indonesia, mochi yang terkenal ya di sekitar Cianjur,Bogor, dan Sukabumi. 


Saya sendiri pertama kali nyicipin kue mochi ini sekitar tahun 1990-an, masa-masa awal saya menjejakkan kaki (kembali) di Pulau Jawa. Tepatnya, ortu saya yang membelikan kue mochi itu di Cianjur.

Semula saya nggak ngeh kalau ini mochi. Makluuuum, yang biasa saya lihat adalah yang dikemas dalam keranjang-keranjang kecil dari bambu. Hehehe…. 

Nah, moci yang dijadikan oleh-oleh buat saya itu dikemas cantik dalam tas kertas tebal berwarna merah bergambar lampion dan ornamen bunga. Di dalam kantung itu ada kotak berbentuk persegi panjang bertuliskan “Mochi” dan varian rasanya. Ada “jendela” transparan di bagian kotak itu hingga beberapa butir isinya terlihat jelas. 

Duuuh… nggak sabar mencicipinya. Tapi yaaa… mau nggak mau saya mesti bersabar. Saya baru bisa menikmatinya keesokan paginya di rumah saya di Bandung.



Enaknya Pol Pisaaan!

Di dalam tas merah itu ada tiga kotak mochi dengan rasa yang berbeda-beda. Ada Mochi Wijen, Mochi Keju, dan Mochi Keju Kacang. Waaaah… belum-belum udah terbayang kelezatannya, nih. Biasanya kan mochi isi kacang aja. Nah, ini ada tiga varian rasa.

Kemasan cantik Mochi Kaswari

Yang pertama saya buka adalah Mochi Keju. Tadaaa…! Lima belas butir mochi berselimut tepung beras langsung menggoda mata. Ukurannya lebih besar daripada mochi yang biasa saya beli di Cianjur (apalagi di pasar deket rumah di Bandung, hehe….). Mari kita coba. Bismillahirrahmanirrahim….


Ajib! Uenaaaak. Meski terbuat dari beras ketan, kulit moci ini nggak alot. Kulitnya empuk dan samar-samar ada rasa manisnya. Di bagian dalam, kejunya terasa banget. Keju beneran, nih. Bukan keju-kejuan, apalagi cabe-cabean. Eh, naha jadi cabe? Hehehe….. Keju di dalam bulatan mochi itu juga banyak. Penuh, deh, si mochi ini dengan keju.

Mochi isi keju. Enak? Bangeeet!

Penasaran dengan rasa yang lain, saya membuka kotak Mochi Wijen dan Mochi Keju Kacang. Sama enaknya. Mochinya sama-sama empuk karena fresh from the oven. Isinya pun sama-sama tebal. Kan ada tuh mochi yang tebal kulit doang tapi isinya secuil. Nah, Mochi Kaswari ini nggak seperti itu. Puas banget, deh. 


Oya yang Mochi Wijen itu isinya bukan wijen tapi kacang. Si wijennya menutupi kulit mochi seperti onde-onde (jadi nggak berselimut tepung seperti Mochi Keju dan Mochi Keju Kacang).

  
Mochi wijen isi kacang

Nggak pakai lama, isi ketiga kotak mochi itu berpindah ke perut saya dan keluarga. Anak-anak paling suka dengan mochi isi keju.



Beneran Bikin Nagih!
“Mami, besok beliin mochi keju lagi yaaaa.”

Hehehe… ini bocah lupa kali ya kalo mochi ini oleh-oleh dari temen saya. Eh, tapi jadi kepo. Di Bandung ada nggak, ya? Saya amati tas dan kotak mochi, lalu kecewa. Ternyata Mochi Kaswari ini tidak memiliki cabang. Artinya, kalau ingin menikmati mochi lezat ini harus membeli langsung ke Sukabumi, tepatnya ke Jln. Bhayangkara Gg. Kaswari II No. 19. Aih… aih…. Kapan atuh ya saya ke Sukabumi lagi?

Penasaran, saya mencari-cari informasi di internet tentang mochi Sukabumi yang bikin nagih ini. Olala… ternyata varian rasanya nggak cuma yang udah saya dan keluarga cicipi ini. Ada juga rasa lain seperti stroberi, blueberry, pandan, dan durian. Harga per kotaknya mulai dari Rp45.000,00.

Cukup mahal ya untuk mochi, apalagi kalau dibandingkan dengan mochi kemasan keranjang bambu yang murah meriah. Namun, mengingat rasanya yang mantap surantap dan asli bikin nagih, harga segitu pantaslah. Berbanding lurus dengan kelezatannya.

Halal?
Naaaah, pertanyaan ini pasti muncul dari penggemar kuliner yang mementingkan kehalalan. Mengonsumsi makanan enak tapi nggak halal, enaknya hanya sesaat yaitu ketika di lidah. Nggak enaknya akan terbawa sampai ke akhirat. Hiiiy, amit-amit jabang berbi.

Untuk Mochi Kaswari ini, tenang aja deh. Mochi ini telah terdaftar di Depkes (DEP.KES. RI . P.IRT. No. 906327201027) dan mengantungi sertifikat halal dari MUI. Jadi, insya Allah halalan thayyiban.

Kuliner enak dan halal.
 
Udah mulai ngiler pengin nyicipin Mochi Kaswari yang telah mulai diproduksi sejak tahun 1983 ini? Buruan gih ke Sukabumi. Hehehe…. Atau coba telepon mereka di (0266) 226-534 atau SMA/WA ke 0852-1001-8060 untuk memesan dan dikirimkan ke kotamu. 

***
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...