20 August 2015

Karyaku: Novel dan Kumcer Dewasa dan Chicklit




BILA MENCINTAIMU INDAH

Penerbit: Quanta (Elex Media Komputindo), 2013.
Harga: Rp 32.800,-

Sinopsis

Keisha Damayanti, seorang reporter di B-TV. Cantik, pintar, dan penuh semangat. Hidupnya penuh gairah. Tapi semuanya kemudian berubah. Keisha harus menghadapi kenyataan pahit. Maura, sahabatnya, tewas dibunuh oleh para perampok.. Eggy, sahabat terdekatnya yang bekerja sebagai pengacara di LBH Ummat pun hilang tanpa jejak.

"Setiap pagi kuhitung hari yang hilang. Setiap hari aku berharap mendapat kabar dari Eggy. Aku selalu berharap Eggy ada di suatu tempat dan dalam keadaan baik-baik saja, cuma belum sempat memberi kabar. Tapi yang kudapati hanya kekosongan. Eggy belum juga kembali. Eggy belum juga memberi kabar...."

Keisha sedih. Kepergian Eggy menyadarkannya tentang banyak waktu yang telah ia sia-siakan. Tentang kesombongannya untuk mengakui perasaannya pada Eggy. Namun, kesedihan itu tak membuat Keisha berhenti.



"Kalaupun hari esok sudah tidak ada lagi, Allah masih tetap ada. Allah tidak pernah tidur, kan?"

Dalam sebuah reportase investigasi mengenai trafficking, Keisha dianiaya oleh sekelompok orang hingga babak belur dan koma. Kejadian itu membuat Keisha trauma. Namun, kejadian itu juga membuka hati Keisha tentang laki-laki lain yang juga mencintainya.

Siapakah lelaki istimewa yang menggantikan posisi Eggy di hati Keisha? Mampukah Keisha bertahan menjadi reporter berita dengan segala risikonya?

Bila Mencintaimu Indah, sebuah novel yang sarat pesan tentang kehidupan.



 



Braga Siang Itu

BRAGA SIANG ITU

Penerbit: Andi, 2013
Tebal: iv+140 halaman
Harga: Rp 35.000,-

Sinopsis

Fei tak berkedip menatap awan kumulus di langit Braga. Semburat warna jingga menjadikan gumpalan awan itu bagaikan es krim vanilla-orange berukuran raksasa. 

Fei menemani Ron, seorang penulis dari tanah seberang, menikmati Braga di suatu siang. Fei selalu mencintai Braga. Namun Braga telah banyak berubah, sama seperti Ben, lelaki yang pernah menjadi kekasih Fei.

“Braga Siang Itu”merupakan kumcer yang terdiri dari lima belas cerpen.Kelima belas cerpen ini berfokus pada masalah perempuan, sosial, dan politik. Konflik yang diangkat dalam cerpen-cerpen ini sebenarnya sederhana, namun dikemas dengan apik dan menarik oleh si penulis. Tujuh dari lima belas cerpen dalam buku ini pernah dimuat di beberapa koran (Tribun Jabar) dan majalah (Sekar dan Kartika).

Baca Juga
Resensi kumcer Braga Siang Itu oleh Atria Dewi Sartika dan Beta Widias.




Ibuku Tak Menyimpan Surga

IBUKU TAK MENYIMPAN SURGA DI TELAPAK KAKINYA



Penerbit : Diva Press, 2012.
Tebal : 334 halaman
Harga: Rp 40.000,-

“Jika Anda bukan pelaku atau korban penyiksaan anak, Anda tidak akan paham apa dan bagaimana sesungguhnya ‘rasa’ itu. Jadikan buku ini sebagai inspirasi semua bunda yang akan bermetamorfosis dari ibu landak dengan durinya yang mudah melukai hati dan fisik, menjadi ibu kucing yang mudah dielus oleh buah hatinya.” (Ir. Shahnaz Haque-Ramadhan, artis dan ibu tiga putri.)

“Bacaan yang sangat menarik. Inilah kehidupan. Banyak hal tak diduga namun terjadi di dunia nyata. Mari hargai setiap kebersamaan. Utamakan rasa syukur, cinta, dan kasih sayang. Anak tidak selalu salah. Orang tua pun belum tentu selalu benar.” (Asty Ananta, artis.)

“Dengan ketelitian dan pemahaman mendalam, penulis bukan saja berhasil menciptakan drama hidup kemanusiaan, namun juga menanamkan tonggak inspirasional….” (Erry Sofid, penulis skenario FTV dan film layar lebar.)

“Saya tak bisa berhenti membaca kisah hidup Amelia dalam novel ini. Seolah saya ikut berperan di dalamnya. Begitu nyata, ceritanya pun dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.” (Achi TM,  novelis dan penulis skenario.)

Masih adakah surga di telapak kaki itu? Di mana surga itu sebenarnya? Siapakah yang berhak masuk ke dalamnya? Masihkah aku bisa masuk ke sana kelak? Atau, tertutupkah selamanya pintu surga itu untukku karena kutukan Ibu?

Novel tentang KDRT

Novel ini adalah salah satu novelku yang banyak diresensi dan dijadikan bahan penelitian  untuk skripsi dan tugas-tugas kuliah. Tak hanya oleh mahasiswa Sastra Indonesia atau Pendidikan Bahasa, tapi juga mahasiswa Psikologi.

Judulnya memang agak "seram". Pihak penerbit memutuskan mengganti judul asli naskah ini "Di Mana Surga Itu" dengan judul Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya. Pertimbangannya judul yang baru ini lebih "nendang".
Novel yang berkisah tentang KDRT yang dilakukan ibu pada anaknya ini membuat saya kebanjiran pertanyaan, "Apa cerita ini dari true story?"

Jawaban saya adalah, ya. Novel ini berangkat dari true story kehidupan masyarakat kita. Silakan lihat ke sekeliling kita. Silakan buka koran, e-paper, silakan baca majalah dan tabloid, silakan lihat tayangan berita di TV. Betapa banyak anak yang mengalami KDRT seperti yang dialami oleh Amelia dan Santi dalam novel ini.

Sebagai penulis, saya memotret realita sosial dan berharap tingkat KDRT ini bisa menurun. Setidaknya, pembaca novel ini tidak melakukan KDRT.

Baca Juga



The Reunion

THE REUNION

Editor: Benedicta Rini W
Penerbit: Andi, 2011
Tebal: viii+256 Hlm
Harga: Rp 53.000,-

Sinopsis

Lily Amelia Darmawan. 27 tahun. Bekerja di majalah LIFE—sebuah majalah gaya hidup berkelas. Single and available. Menyukai laki-laki tinggi–tampan–berkacamata.

Lily adalah manusia, yang menurut tes psikologi, berkarakter cenderung melankolis yang perfeksionis. Meskipun sering mengingkari hal itu, Lily tak bisa mengubah kebiasaannya untuk memperhatikan hal-hal yang mendetail dan berpikir panjaaang dan jauuuh mengenai segala sesuatu, bahkan terlalu panjang dan terlalu jauh.

Ketika undangan reuni akbar SMA-nya tiba, Liy membutuhkan banyak waktu sebelum  memutuskan untuk datang. Lily diserang perasaan cemas, khawatir, minder, dan paranoid sekaligus. Ia merasa tak ada yang bisa ia banggakan.

Perasaan itu membuat Lily menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu tentang teman-teman lamanya melalui search engine dan Facebook. Hasil yang didapatkannya justru membuat perasaan cemas dan mindernya semakin menjadi-jadi. Ketika akhirnya Lily datang juga, itu tak lepas dari dorongan Anna (sahabatnya) dan Pak Jody (atasannya). "Lil,berpikir kejauhan tidak akan membawa kamu ke mana-mana."

Lily kemudian menemukan bahwa dia sama sekali tak menyesal telah hadir di acara reuni itu. Reuni menjadi sebuah charger untuk mengembalikan semangat. Reuni juga kembali mempertemukan Lily dengan cinta pertamanya.

Baca Juga





Kilau Satu Bintang

KILAU SATU BINTANG

Penulis : Teera
Penerbit : Frenari, Agustus 2009
Tebal : viii, 196 halaman.
Harga : Rp 30.000,-

Sinopsis

Susah sekali jadi perempuan. Menikah muda? Jadi bahan omongan. Terlambat menikah? Jadi sasaran sindiran. Sering hamil? Jadi bahan ledekan. Tak kunjung hamil? Jadi bahan gunjingan!

Alia, mantan aktivis kampus yang cemerlang dan mempunyai karir cerah di sebuah biro iklan. Setelah menikah dengan Agus, seorang manajer IT dan tak kunjung hamil, ia pun berhenti bekerja.

Keputusan ini ditentang oleh Sofie, sahabatnya, yang menganggap Alia akan ‘masuk kotak’, terbelenggu dengan kehidupan rumah tangga. Namun tanpa disangka, keadaan ini justru membuatnya melakukan sesuatu yang membawa pencerahan bagi lingkungan sekitar meski banyak menentang.


Endorsment

“Tak banyak orang mau bergelut dengan sampah: bau, becek, kuman, sarang penyakit. Novel ini sarat dengan pesan moral, membawa kita menelusuri lingkungan yang kadang tak pernah mau kita sentuh. Sudah saatnya kita peduli bumi yang kita pijak”
Iwok Abqary – Penulis Novel Gokil Dad, KING.

“Cerita metropop banyak ditulis, namun tidak semua mengusung sisi sosialita yang membumi. Novel ini berpijak pada realita sehari-hari: karir, rumah tangga, hubungan sosial, dan idealisme. Cukup memikat karena membawa hal-hal aktual dengan aliran cerita yang komunikatif”

Kurnia Effendi – Penulis The Four Fingered Pianist, Memoar Hee Ah Lee

“Kekurangpedulain manusia urban pada alam masih jarang diangkat sebagai tema cerita. Di sini letak kekuatan Kilau Satu Bintang, novel yang mampu mengusik ego, seberapa pedulikah kita pada lingkungan sekitar?”

Anindita Siswanto Thayf – Penulis Tanah Tabu.




Men Not Allowed

MEN NOT ALLOWED

Penerbit : CINTA, 2007
Harga: Rp 20.000,-

Sinopsis

Saskia adalah kopi, roti gosong, dan mikir kejauhan. Bersama Milly, Saskia mencari orang ketiga untuk tinggal bersama di Apartemen Merah Delima. Kedatangan Linda menjadi anugerah dan musibah bagi mereka. 

Lalu muncul Reza yang pernah menjadi ‘Pria Yang Tak Berani Berkomitmen’ dalam kehidupan mereka.

Satu dari mereka jatuh cinta pada Reza. Satu sinis dan curiga pada kehadiran Reza. Satu lagi berusaha untuk bersikap netral. Salah satu dari mereka termakan omongannya sendiri. Lalu, maju atau mundur? Pindah ke lain hati? Atau tetap membiarkan tak ada laki-laki dalam kehidupannya?
***

Pekerjaan Saskia memang agak kurang keren di mata kebanyakan orang. Librarian. Tapi jangan salah. Gaji seorang librarian di sebuah kedutaan besar termasuk besar, lho. Saskia yang single pun bisa hidup berkecukupan di Jakarta.

Novel ini bergenre chicklit, tetapi tidak lepas dari nilai-nilai keislaman. Jadi, jangan berpikir kalo semua novel chicklit itu hedonis yaaaa. :)


***
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...