26 September 2016

Jam Tangan Pria, Dari Fungsi Hingga Prestise



Jam tangan pria Jam tangan Pria − “Mi, zaman dulu waktu belum ada jam seperti sekarang, gimana caranya orang tahu udah jam berapa?”

Pertanyaan itu muncul dari mulut anak bungsu saya. Kalau sudah begitu, bersyukur banget saya suka membaca segala macam. Jadi, bisa langsung bercerita bahwa zaman dulu orang tahu sudah jam berapa dengan menggunakan jam matahari, jam pasir, dan jam air. 

“Wooo….untung sekarang udah ada jam tangan. Nggak kebayang kalau harus bawa jam pasir ke mana-mana.” Hehe… thanks to technology.


Jam Tangan Pria

Jam tangan pria muncul lebih belakangan daripada jam tangan untuk perempuan. Ketika perempuan sudah menggunakan jam tangan, para pria masih menggunakan jam pasir saku. Ratu Elizabeth I sudah mengenakan jam tangan pada tahun 1571. Huweeew… kebayang nggak, sih, seperti apa jam tangan Ratu Inggris tersebut pada zaman itu?

Namun, karena kepraktisan jam tangan, akhirnya jam tangan pria pun mulai diproduksi pada akhir abad ke-19. Jam saku mulai tersisih dan jam tangan pria semakin populer.

Pada era Perang Dunia I, penggunaan jam tangan di kalangan pria semakin jamak. Para penerbang dan prajurit, nih, yang banyak pakai jam tangan. Desainnya macho dan kuat, mendukung aktivitas mereka di medan tempur.

Dari Fungsi Hingga Prestise

Pada awalnya, jam berfungsi sebagai penunjuk waktu. Namun, dalam perkembangannya kegunaan jam−terutama jam tangan−ini meluas. Bukan lagi hanya menunjukkan waktu, melainkan juga sebagai simbol kekayaan dan prestise.

Lihat saja tiga jam tangan berikut ini.

  • Jam tangan Joaillane 101 Machette. Rantai jam tangan terbuat dari emas putih 18 karat. Berhias berlian sebanyak 576 butir dan bertabur permata. Jam tangan produksi Jaeger LeCoultre, Swiss, ini berharga US$ 26 juta. Kalau dikurskan ke rupiah sekarang, harganya Rp 338 miliar. 
jam tangan termahal di dunia
Jam tangan termahal di dunia, Rp338 miliar.


  • Jam tangan Chopard 201-Carat. Jam tangan ini dilepas dengan harga US$ 25 juta. Dengan kurs Rp 13.000 per dolar, berarti senilai Rp 325 miliar. Arloji produksi Chopard, Swiss, ini berhias berlian kuning 163 karat, berlian merah muda 15 karat, berlian biru 12 karat, dan berlian  putih 11 karat.
     
    jam tangan termahal di dunia
    Jam tangan dengan warna-warni berlian seharga Rp 325 miliar.

  • Jam tangan Patek Phillipe Reference 1527. Harganya lebih murah daripada Joaillane 101 Machette, tapi tetap saja bikin mata terbelalak. Berapa duit? Jam tangan yang dibuat tahun 1943 ini dihargai sebesar US$ 5,6 juta atau Rp 72,8 miliar.
Ah, yang dua termahal itu kan jam tangan perempuan. Memang. Tapi jangan salah. Jam tangan pria pun banyak yang berharga jutaan dolar. Sebut saja misalnya Patek Calliber 89 (US$ 5,12 juta) Patek Phillipe 5004T (US$ 3.985.000), dan Frank Mueller Aeternitas Mega 4 (US$ 2,4 juta).

jam tangan pria
Jam tangan pria yang ini berharga US$ 2,4 juta.

Tips Memilih Jam Tangan

Udah selesai sesak napasnya melihat harga jam-jam tangan itu? Hehe….  Fantastis banget, ya. Tapi…jangan sampai korupsi lho supaya bisa membeli jam tangan super-duper mahal itu.

Tips berikut ini bisa dipakai jika akan membeli jam tangan, khususnya jam tangan pria. 

1. Bentuk pergelangan tangan. 

Pria dengan pergelangan yang tebal karena lemak sebaiknya memilih jam tangan yang bertali lebar. Yang berotot? Pilih yang modelnya macho atau sporty. 

2. Warna kulit. 

Pria berkulit gelap sebaiknya tidak memilih jam tangan yang berwarna terang karena terlihat agak norak. Lebih baik pilih warna-warna seperti abu-abu, kuning gading (krem), atau merah marun. Pria berkulit terang? Bebas, deh, mau warna apa. Yang penting pede.  

3. Jenis kulit. 

Alergi kulit sintetis? Alergi stainless steel? Gunakanlah jam tangan yang tidak memacu timbulnya alergi. Sayang, kan, kalau sudah beli jam tangan mahal-mahal lalu tidak bisa dipakai karena ternyata pergelangan tangan jadi gatal-gatal, ruam merah, atau malah lecet-lecet.
  

4. Orisinalitas. 

Sebaiknya, belilah jam tangan yang ori alias asli. Jangan yang KW. Bukan karena gengsi, melainkan karena jaminan kualitasnya. Jam tangan ori pasti mahal? Nggak juga. Ada banyak merek jam tangan pria ori dengan berbagai harga yang bisa dipilih. Sebut saja misalnya yang dijual di blibli.com. Yang puluhan juta rupiah ada, yang 300 ribuan pun ada. 
     
jam tangan pria
Pilih jam tangan pria yang ori.

5. Kebutuhan. 

Jam tangan untuk pria yang sering berkegiatan outdoor berbeda dengan jam tangan pria yang sehari-hari berada di balik meja kantor.

6. Keuangan. 

Belilah jam tangan sesuai dengan kondisi keuangan. Tidak perlu memaksakan diri membeli jam tangan berharga puluhan juta jika untuk itu harus korupsi. Harga diri dan kejujuranmu lebih mahal daripada harga jam tangan, Mas Bro. :) 

Selamat cermat memilih jam tangan, ya. :)

***

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...