23 July 2017

Ayam Bakar So Good Ala-Ala Mami



Ayam Bakar So Good Ala-Ala MamiAyam Bakar So Good - Daging ayam tuh makanan favorit banget. Dimasak apa aja, anak-anak suka. Ayam goreng tepung, ayam masak kecap, asam bumbu asam manis, sate ayam…

Salah satu favorit mereka adalah ayam oregano. Kata si bungsu, “Ayam oregano ala-ala Mami.” Padahal, saya pertama kali masak ayam oregano itu karena nggak sengaja. Waktu itu saya mau masak ayam goreng tapi minyaknya habis.

Bahannya adalah ayam fillet dengan tiga sekawan bumbu: garam, lada, dan oregano. Plus sedikit margarin untuk memasak. Memasaknya cepet banget. Jadi cocok buat sahur. Cocok pula untuk menu sarapan anak-anak yang akan berangkat sekolah.

Tapi kan bosen juga kalau ayam oregano terus. Tepatnya, saya yang bosen. Hehe….

Supaya nggak bosen, saya bikin ayam bakar. Punya alat buat ngebakarnya? Enggak. Hehe…. Sebagai gantinya, saya pakai wajan datar antilengket. Saya masak sate ayam pun pakai wajan datar ini. Maklum, ibu kreatif #ditimpuktalenan

Resep Ayam Bakar

Berikut ini resep ayam bakar So Good ala-ala saya.

Bahan
500 gram ayam (6 potong ayam So Good).

Ayam Bakar So Good Ala-Ala Mami
Ayam potong So Good.

Bumbu

  • 7 siung bawang putih.
  • 5 siung bawang merah.
  • 5 butir kemiri (saya suka pakai kemiri karena membuat masakan jadi lebih gurih).
  • 5 cabai merah (atau sesuaikan saja dengan selera. Saya sengaja nggak terlalu pedas karena selera pedas anak-anak berbeda).
  • 2 jempol kunyit segar (hehe… apa sih takaran kunyit? Saya pakai dua potong kunyit, sepotongnya sebesar-sepanjang jempol tangan saya).
  • 1 sdt peres garam.


Bahan lainnya

  • 2 lembar daun salam (saya pakai daun salam segar yang tinggal metik di halaman rumah. Kalau nggak ada daun salam segar, yang sudah kering juga bisa).
  • 2 lembar daun jeruk, diiris kasar.
  • 2 sdm minyak goreng.
  • Air secukupnya.
 

Cara Memasak Ayam Bakar

Tahap 1

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, kunyit dan garam.
  • Panaskan wajan, masukkan 2 sdm minyak goreng.
  • Tumis bumbu halus. Masukkan daun salam dan daun jeruk. Tumis sebentar saja, sampai tercium aroma harum.
  • Masukkan daging ayam potong So Good. Aduk-aduk hingga semua terkena bumbu.
  • Masukkan air secukupnya.
  • Ungkep dengan api kecil.
  • Angkat, tiriskan.
Ayam Bakar So Good Ala-Ala Mami
Bumbu ayam bakar.


Tahap 2

  • Panaskan wajan datar antilengket untuk membakar ayam. Boleh beri sedikit margarin kalau suka.
  • Masukkan ayam yang sudah diungkep, lalu dibolak-balik.
  • Bumbu yang tersisa di kuah ungkep, dioles-oleskan ke daging ayam yang sedang dibakar.
  • Masak hingga bagian luar ayam berwarna kecokelatan.
  • Angkat, hidangkan di piring saji.
Ayam Bakar So Good Ala-Ala Mami
Ayam bakar So Good.


Gampang, kan? Nggak sampai satu jam kok dari mengupas bawang, ngulek bumbu sampai membakar ayam. Ayam potong So Good yang saya gunakan sudah bersih dan siap dimasak. Membantu banget untuk memasak secara cepat. 

Kalau mau lebih praktis, langsung saja masak satu kilogram ayam potong So Good (satu bungkus). Ayam yang telah diungkep dan didinginkan, kemudian disimpan di wadah tertutup. Masukkan ke kulkas. 

Ketika akan makan, tinggal ambil ayam ungkep itu, lalu bakar di wajan antilengket. Yang seperti ini sangat membantu saya ketika menyiapkan makanan sahur dan berbuka puasa kemarin. Tidak pakai lama, makanan lezat dan hangat sudah terhidang.

Ayam Bakar So Good Ala-Ala Mami
Ayam ungkep yang tinggal dibakar.


Ayam Potong yang Terjamin Kesegarannya


Memasak daging ayam sekarang lebih mudah. Gerai-gerai minimarket waralaba yang berada di kawasan perumahan pun menyediakan daging ayam potong beku. 

Daging ayam beku kan nggak enak....

Kata siapa? Daging ayam yang dibekukan secara sempurna tidak akan kehilangan kesegarannya. Rasa, tekstur, dan kandungan gizinya sama seperti daging ayam yang baru saja dipotong. Bahkan, lebih higienis karena pembekuan ini pun membuat bakteri tidak bisa berkembang biak.

Ayam potong So Good sendiri menawarkan delapan keunggulan.

Ayam Bakar So Good Ala-Ala Mami
Alasan memilih ayam potong So Good.

Kunci Masakan Lezat

Kunci masakan lezat adalah pada bahan bakunya. Kalau bahan bakunya segar, higienis, dan berkualitas, rasa masakan pun akan lezat. Dengan bumbu minimalis pun kelezatannya sudah terasa. Dan lezat baru terasa nikmatnya jika halal. 😊

Sudah siap kan untuk menghidangkan kelezatan yang sehat dan halal untuk keluarga tercinta?

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...