25 August 2017

Tips Memilih Gamis Cantik dan Irit



Tips Memilih Gamis Cantik dan IritPernahkah punya pengalaman seperti saya ini? Seharian keliling mal atau kompleks pertokoan untuk mencari pakaian yang cocok. Entah itu gamis, tunik, atau rok.

Borong, Buuu?

Kagak. Sebenernya sih cuma butuh satu pakaian, tapi mencarinya sampai berjam-jam. Sampai betis tukang becak kalah keras. Sampai sepatu mendadak terasa sempit karena si jari-jari kaki mekar kecapekan.

Bagi orang yang (ke)banyak(an) pertimbangan seperti saya, mencari pakaian muslim bukan hal yang mudah. Adaaa saja yang jadi pertimbangan. Dari harga, bahan, model, motif, sampai layanan pegawai toko.

Beneran, saya langsung angkat kaki kalau udah terlibat obrolan begini dengan pegawai toko.

Saya: Mau cari gamis, Teh.
Si Teteh A: Ini, Teh. *sambil menyodorkan gaun panjang yang ketat di bagian dada dan berlekuk di pinggang*
Saya: Ih, itu mah bukan gamis.
Si Teteh A: Gamis atuh. Kan tangan panjang, bawahannya juga panjang.

Di toko lain,
Saya: Teh, tuniknya ada yang ukuran XL? Ini yang M ngepas banget
Si Teteh B: M aja, Teh. Teteh kan bodinya ukuran M. Kalau pakai XL nanti kegedean.

Berburu Gamis dan Tunik di Toko Online

Menyadari gempornya kaki ngider sana-sini demi sepotong pakaian, plus tatapan kesal pegawai toko kalau saya nggak jadi belanja, saya beralih ke toko online.

Jadi gampang memutuskan mau beli yang mana?

Teteeeup… (ke)banyak(an) pertimbangan. Tapi, pertimbangan demi pertimbangan itu justru menyelamatkan saya dari kejadian kalap belanja.

Kalap belanja ini sangat mungkin terjadi, lho. Gimana enggak? Gamis dan tunik yang dijual di toko-toko online itu cantik-cantiiiik semua. 

Butuh ketelitian, kesabaran, dan tips jitu supaya mendapatkan gamis cantik dengan harga irit di toko online.

Tips Membeli Gamis Cantik dan Irit

1. Pahami dulu apa itu gamis.
Seriously, tidak semua pedagang pakaian online mengerti atau peduli tentang gamis syari. 

Ada saja yang menganggap semua pakaian terusan panjang untuk perempuan adalah gamis. Ada juga yang mengejar hasil pencarian sebanyak mungkin sehingga memasukkan kata kunci #gamissyari untuk pakaian jenis apa pun.

Tips Memilih Gamis Cantik dan Irit
Tips membeli gamis cantik dan hemat ala #PejuangIrit


2. Tentukan gamis itu akan dipakai untuk apa.
Apakah untuk sehari-hari atau untuk dipakai ke undangan dan acara-acara resmi lainnya. Model dan bahan gamis untuk pesta lazimnya berbeda dengan gamis yang dipakai sehari-hari.

3. Baca keterangan dengan teliti.
Foto-foto pakaian yang ditampilkan di toko online memang menggoda. Namun, penting banget untuk membaca keterangan yang tercantum secara saksama. Malas membaca bisa bikin menyesal kemudian.

Jika info yang ada dirasa masih kurang, bertanyalah pada si penjual lewat fitur chat.

Idealnya, penjual memberikan info selengkap mungkin tentang gamis yang dijualnya. Bahannya apa, panjangnya berapa, ukuran lingkar dada berapa, ada kancing atau ritsletingkah, ada saku atau tidak.


4. Ketahui jenis-jenis kain.
Ini penting banget, terutama karena di toko online kita tidak bisa menyentuh gamis incaran kita, merasakan adem tidaknya, meraba teksturnya, atau mengecek bahannya menerawang atau tidak, kainnya jatuh atau kaku, dan sebagainya.

Di toko online, kita cuma bisa mengelus foto gamis di layar laptop atau smartphone. Teknologi kita belum sampai untuk membuat barang yang kita sentuh di layar gadget bisa langsung keluar dari layar.

Mengenali jenis kain akan sangat membantu kita mendapatkan gamis yang sesuai. Sekaligus menghindarkan kita dari kekecewaan yang nggak perlu.

Jersey, woolpeach (wolfis), balotelli, katun Jepang, dan satin adalah beberapa bahan yang sering muncul dalam deskripsi gamis di toko-toko online.

Tidak punya bayangan itu kain seperti apa karena ke mana-mana biasa pakai jins dan kaus doang? Gampang. Tinggal browsing. Searching. Googling. 

Aktiflah mencari tahu, karena tahu yang aktif mendatangi tanpa kita cari
hanyalah tahu bulat yang digoreng dadakan.

Bagaimana jika telanjur jatuh cinta dan membeli  sehelai gamis yang  berbahan jersey? Bahan jersey memang halus, adem, dan enak dipakai. Namun, bersifat jatuh dan cenderung nyeplak bodi. 

Wah, nggak syari dong kalau lekuk badan masih tercetak jelas begitu. Agar aman, kenakan baju dan rok panjang berbahan lebih tebal di bagian dalam, baru kemudian mengenakan gamis jersey sepak bola yang cantik ini. Cantiknya dapat, hematnya dapat, syari-nya juga tetap dapat.

5.  Rajin membandingkan harga.
#PejuangIrit harus rajin melakukan hal ini. Tentu saja, untuk mendapatkan barang idaman dengan kualitas sama tetapi dengan harga lebih hemat.

Jangan mudah tergiur oleh diskon. Tetap, banding-bandingkan dulu. Apa benar dengan diskon itu harga jadi lebih murah? Pengalaman saya sih, ada toko yang mencantumkan diskon tapi jatuhnya tetap lebih mahal daripada toko sebelah yang tidak mencantumkan kata sakti diskon pada dagangannya.

Dengan rajin membandingkan ini, akan terlihat gamis yang sama bisa berbeda harga puluhan ribu rupiah. Tak jarang selisih harga gamis yang sama dengan toko sebelah bahkan bisa untuk membeli satu gamis lagi.

Misalnya dua gamis di bawah ini. Yang satu dijual di Shopee di kategori Fashion Wanita, satu lagi di Bukalapak.


Tips Memilih Gamis Cantik dan Irit
Perbandingan harga gamis Madina.

Gamis Madina Syari di Shopee lebih murah Rp 83.000 dibandingkan gamis yang sama persis di Bukalapak.


Tips Memilih Gamis Cantik dan Irit
Perbandingan harga gamis Lavenia.

Gamis Lavenia Syari di Shopee lebih murah Rp 40.000 dibandingkan gamis yang sama di Bukalapak. Oh, saya masih bingung sih mau yang warna apa.

Lumayan, kan, bedanya. Perbedaan harga ini makin terasa karena Shopee menawarkan promo gratis ongkir sampai Rp 40.000.

Shopee bahkan memberi garansi harga termurah dan jaminan uang kembali 2x lipat jika ada barang yang sama dijual di e-commerce lain dengan harga lebih murah. 

Saya nyari-nyari dong di beberapa e-commerce. Tapi ternyata memang tidak menemukan yang harganya lebih murah dan gratis ongkir pula.

Gimana nih, para #PejuangIrit? Sudah siap hunting gamis cantik berkualitas dengan harga irit, kan?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...