06 October 2017

Bakso Boedjangan Bukan Cuma Untuk Bujangan



Bakso BoedjanganBagi penggemar bakso, nama Bakso Boedjangan sepertinya sudah tidak asing lagi. 

Di Bandung saja, Bakso Boedjangan ini bertebaran di beberapa lokasi. Salah satunya di Ujungberung.

Btw, udah pada ngeh kan ya kalau Ujungberung itu nama sebuah kecamatan di Bandung? Jelas ya, tempat ini bener-bener ada. Bukan tempat imajiner.

Bakso Boedjangan Ujungberung


Tak sulit menemukan Bakso Boedjangan ini. Lokasinya di sisi jalan raya, tepat di seberang Kantor Pos Ujungberung dan Kompleks Yon Zipur. Dulunya bangunan ini ditempati oleh RM Restu Mande. 

Lokasinya yang strategis menjadikannya enak buat tempat janjian dengan teman. Buat nyepi nulis, ngeblog, atau melakukan pekerjaan online lainnya juga cukup enak. Musiknya tidak gonjrang-ganjreng, ada wifi, dan ada musala kecil. 

Ketika saya ke sana, kebetulan sedang tidak terlalu ramai. Mungkin karena bukan jam makan. Kebetulan, deh. Jadi lebih leluasa buat foto-foto.
Di dinding sebelah kiri dari pintu masuk, ada “doa para bujangan”. 

Bakso Boedjangan
Hayoooo, siapa yang pernah berdoa seperti ini? 😁

Mau mengamalkan doa (ngawur) ini? Hehe….



Serba Bakso di Boedjangan

Dari namanya, sudah terlihat jelas menu andalannya: bakso.  Ada beragam bakso di sini. Dari bakso kosong alias nggak pakai isi apa-apa, sampai bakso isi mozarella dan bakso isi cabai. 

Menu berkarbohidrat sebagai temannya pun ada beberapa macam. Ada mi kuning, mi hijau, mi hitam, bihun, nasi putih, dan nasi goreng. Harga per porsi bervariasi dari Rp 12.500  sampai Rp Rp 24.500. 

Bakso Boedjangan
Daftar menu di Bakso Boedjangan. 

Minumannya apa? Nggak banyak pilihan, sih. Tapi ada cappucino, green tea latte, es leci Boedjangan, dan es durian kesepian.

Bakso Boedjangan
Masih penasaran sih sama es durian kesepian 😂

Sebenarnya ketika ke sana saya ingin mencoba es durian kesepian. Kasihan kan, dia kesepian gitu. Tapi nggak jadi karena saya masih cukup waras. Makan bakso daging sapi, trus makan durian? Ahaha… badan saya bisa sakit-sakit.

Black Yamin dan Bakso Mozarella

Bakso isi mozarella ini pilihan anak saya. Dia penggemar keju. Kata dia sih uenaaak. Kejunya banyak dan meleleh.

Bakso Boedjangan
Bakso isi keju mozarella.
 
Black yamin juga pesanan anak saya setelah agak bingung mau pilih yang mana.
 
Bagi yang di luar Bandung (atau Jawa Barat) mungkin agak asing dengan yamin, ya. Yamin ini mi yang disajikan dengan kuah terpisah. Di mangkuk kuahnya ada dua butir bakso kecil. Ada dua pilihan rasa untuk bumbu yamin, yaitu rasa rindu padanya manis dan asin. 

Mi hitam ini dibuat dengan menggunakan tinta cumi-cumi. Rasanya? Kata anak saya enak walaupun rasanya agak aneh. 

Bakso Boedjangan
Black yamin. Kuahnya di mangkuk terpisah.
Tapi anak saya menuangkan kuahnya ke mangkuk mi.

Kata saya? Enak di satu suapan pertama, setelah itu cukup. Ini subjektif banget, memang. Lebih karena saya diet rendah kolesterol, sih. Dan cumi-cumi termasuk yang saya hindari.

Saya sendiri memesan mi bakso urat. Rasa mi dan kuahnya standar. Bakso uratnya enak. Berurat tapi gampang dikunyah.

Bakso Boedjangan
Mi bakso urat.

Kenyang Nggak Makan Segitu?
Wehehe… ada yang mau nanya gini? Kebanyakan orang Indonesia kan merasa belum makan kalau belum menyantap nasi. 

Saya sendiri nggak harus makan nasi dan porsi makan saya pun sedikit (teman-teman saya hobi banget nyuruh saya makan banyak biar agak gemukan 😋). 

Dengan kondisi saya begitu, satu porsi mi bakso urat ternyata nggak cukup mengenyangkan. Hihi… Apa saya yang lagi laper ya?

Bakso Boedjangan
Sekadar bukti kalau kami beneran makan di sini. 😁
 
Kalau mau makan yang mengenyangkan di Bakso Boedjangan, pilih saja mi yamin atau nasi. Mi pada yamin lebih banyak dan lebih mengenyangkan. 

Baca Juga: Bakso Pedas Ma Icih

Akses Kendaraan Umum

Kalau bukan pakai kendaraan pribadi, taksi, atau transportasi online, ini kendaraan umum yang melewati lokasi Bakso Boedjangan Ujungberung.
  • Angkot Cicaheum – Cileunyi warna hijau strip krem.
  • Angkot Dago – Gedebage warna pink imut.
  • Angkot Ciwastra – Ujungberung warna biru muda banget.
  • Bus Damri Kebon Kelapa – Cibiru.
  • Bus Damri Leuwipanjang – Cibiru.
Dari arah Cicaheum, posisi Bakso Boedjangan ini di sebelah kiri jalan. Berseberangan dengan Kantor Pos Ujungberung dan Kompleks Militer Yon Zipur.

Bakso Boedjangan
Makanan di Bakso Boedjangan udah bersertifikat halal MUI.
 
Bakso Boedjangan
Bakso Boedjangan Ujungberung.

 Selamat ngebujang, eh, ngebakso 😎

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
www.trianiretno.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...