23 October 2017

Nabung Untung Bersama Sobatku



Nabung Untung Bersama SobatkuUmumnya, yang dianggap sebagai hari kerja adalah dari Senin sampai Jumat. Hari Sabtu dan Minggu libur akhir pekan. Padahal, sih, banyak yang tetap bekerja pada hari Sabtu dan Minggu. Atau justru hari kerjanya adalah saat akhir pekan.

Freelancer seperti saya termasuk yang hari kerjanya nggak jelas. Sering pas waktunya orang lain kerja, saya nyantai. Ntar giliran orang lain libur akhir pekan, saya malah kerja.


Nolak tawaran kerja di akhir pekan? Ahaha… kata Nenek nggak baik tuh nolak rezeki. Lagi pula kan nggak tiap akhir pekan ada kerjaan.

Masalahnya Adalah….

Sebagai penulis, akhir pekan sering menjadi waktu untuk mengisi acara kepenulisan. 

Kenapa akhir pekan? Yaaah… saya sih menyesuaikan diri aja dengan pengundang. Kebetulan seringnya di akhir pekan, baik di dalam kota Bandung maupun di luar kota.

Honor yang saya terima biasanya berupa uang tunai. Dan saya nggak tenang kalau pegang uang tunai dalam jumlah di atas yang biasanya saya pegang sehari-hari. Khawatir hilang atau terpakai buat belanja yang sebenarnya nggak perlu. 

Nabung Untung Bersama Sobatku
Kerja di akhir pekan.

Maunya saya, sih, uang itu langsung saja disimpan di bank. Masalahnya… akhir pekan begitu, kan, bank tutup. Kalaupun ada yang buka pada akhir pekan… duh lokasinya entah di mana. Setor tunai di ATM? Repot juga karena tidak semua ATM bisa buat setor tunai.

Ada nggak, sih, cara yang lebih mudah untuk menabung pada akhir pekan?

Tabungan Online

Eh, ternyata ada, lho. Duh, ke mana aja saya selama ini?
Namanya Sobatku alias Simpanan Online Sahabatku. Sobatku ini adalah tabungan online yang berbasis aplikasi dari KSP Sahabat Mitra Sejati.
KSP Sahabat Mitra Sejati ini dikenal juga sebagai Sahabat UKM dan didukung penuh oleh Bank Sampoerna.

Di Sobatku ini, semua serba online. Untuk menjadi nasabah, kita tidak perlu datang ke bank. Kita cukup menginstal aplikasi Sobatku di smartphone android. 

Setelah itu, langsung daftar deh via smartphone. Masukkan data-data yang diminta dan… beres, deh. Kita udah jadi nasabah Sobatku. Nomor ponsel yang kita pakai akan menjadi nomor rekening kita di Sobatku. 

Menabungnya gimana? 

Ternyata menabung di Sobatku mudah sekali. Bisa melalui transfer bank (ke Bank Sampoerna), transfer sesama Sobatku, transfer ke nomor ponsel, atau melalui minimarket Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia.

Naaah… ini. Alfamart kan buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Jam bukanya pun lebih panjang daripada jam operasional bank. Bahkan banyak yang buka selama 24 jam. 

Membantu banget untuk orang seperti saya yang ingin menyimpan uang  di tabungan saat akhir pekan. Tinggal meluncur ke Alfamart atau Alfamidi terdekat.

Kalau nanti butuh uang yang ditabung di Sobatku, bisa kita transfer ke rekening kita di bank, lalu ditarik via ATM seperti biasa. Bisa pula tarik tunai melalui kasir Alfamart dan Alfamidi.


Nabung Untung Bersama Sobatku
Keuntungan menabung di Sobatku.


Emh… aman nggak, sih, nabung online gitu?

Aplikasi Sobatku ini dikembangkan untuk menjawab perkembangan financial technology (fintech). Jadi, masalah keamanan pun sudah diantisipasi. 

Rekening di Sobatku cuma bisa diakses dengan menggunakan PIN, ada One Time Password (OTP), dan ada security question-answer. Password yang kita kasih ke kasir Alfamart ketika akan tarik tunai, hanya berlaku untuk satu kali itu. Kalau mau tarik tunai lagi, password-nya beda lagi. Jadi, tidak akan disalahgunakan.

Tabungan Jangka Pendek

Menabung di Sobatku itu untuk tujuan finansial jangka pendek. Misalnya nih, saya kan punya rencana berlibur ke Yogya dan Solo sama keluarga dalam beberapa bulan ke depan. Dananya bisa saya simpan di Sobatku supaya terpisah dengan dana-dana untuk peruntukan lainnya. 

Hehe… kemarin-kemarin sempat sih menabung buat liburan. Tapi karena nggak dipisahkan, jadi aja habis terpakai dan rencana liburan keluarga pun buyar.

Uniknya, kalau tabungan di bank ada batas saldo minimal dan tidak ada batas maksimal (alias kita bisa menabung sebanyak-banyaknya), di Sobatku justru sebaliknya.

Menabung di Sobatku ini ada batas saldo maksimal dan tidak ada batas saldo minimal. Saldo maksimalnya adalah Rp 20 juta per rekening. Dengan satu KTP, kita bisa memiliki maksimal 5 rekening. Namun, nomor ponsel yang didaftarkan harus berbeda.

 
Nabung Untung Bersama Sobatku
Perbandingan saldo di bank dan di Sobatku.
 
Yang perlu banget diperhatikan, ponsel jangan sampai hilang, ya. Kalau hilang, segera lapor ke Kontak Sahabat 1500218 untuk memblokir rekening. Kalau urusan ponsel sudah beres, bisa hubungi nomor itu lagi untuk membuka blokiran.

Undian Milyaran Rupiah

Menabung di Sobatku memberi kita kemungkinan mendapatkan uang sebesar Rp 100.000, Rp 500.000, Rp 1 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta, dan Rp 100 juta. Total sejumlah milyaran rupiah.

Kok bisa?

Itu karena kita mendapat poin dari jumlah saldo kita. Makin besar saldonya, makin banyak poin yang diperoleh dan diikutsertakan dalam undian milyaran rupiah

Nah, poin ini kemudian diundi setiap bulan. Khusus untuk grandprize Rp100 juta diundi setiap 3 bulan.

Uang Nganggur? Ditabung Aja

Kalau punya uang nganggur, jangan disimpan di bawah kasur. Tabung aja. Nabung uang nganggur di Sobatku aman, praktis, gratis, dan menguntungkan.

Menguntungkan karena pengelolaan keuangan kita lebih terarah. Menguntungkan pula karena bisa mendapat hadiah sampai ratusan juta rupiah.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, menabung.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.


Salam,
Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...