11 November 2017

Pompa ASI dan Manfaat yang Diberikan Bagi Para Ibu Menyusui



Pompa ASI dan Manfaat yang Diberikan Bagi Para Ibu MenyusuiBayi yang baru lahir hanya bisa mengonsumsi satu jenis makanan, yaitu ASI. Untuk itulah para orangtua, khususnya ibu wajib menjaga kesehatan  agar bisa menghasilkan ASI untuk si kecil.

Salah satu hal yang sering dialami oleh wanita yang baru saja melahirkan adalah kesulitan dalam memproduksi ASI. Meskipun ada yang keluar, jumlahnya sangat sedikit


Hal ini sebenarnya bisa diatasi, kok. Di antaranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan banyak minum. Jika dibutuhkan, boleh mengonsumsi suplemen yang bisa meningkatkan produksi ASI.

ASI dan Ibu Bekerja

Bagi ibu yang bekerja kantoran, ada satu masalah lagi dalam memberi ASI untuk si dedek bayi. 

Kebanyakan perusahaan hanya memberi cuti melahirkan selama tiga bulan. Sering, nih, yang satu bulan habis duluan karena waktu melahirkan ternyata mundur dari HPL. 

Saya dulu begitu, tuh. Udah ambil cuti seminggu sebelum melahirkan, eeeh…. lahirnya ternyata telat tiga minggu. Jadinya, tinggal ada sisa cuti dua bulan setelah melahirkan.

Padahal, masa ASI eksklusif itu kan enam bulan. Artinya, selama 6 bulan itu full ASI. Nggak pakai tambahan apa-apa. Kalau sudah lewat 6 bulan, baru bisa diberi ASI plus MPASI secara bertahap.

Kalau udah mesti balik kerja di kantor, gimana dong?

Tetap bisa kok memberi ASI eksklusif dengan bantuan pompa ASI. Banyak ibu bekerja yang memerah ASI dengan menggunakan pompa ASI ini. 

Pompa ASI ini sangat membantu dalam membuat ASI perah untuk dimasukkan ke botol, kemudian disimpan di freezer. Nantinya, ASI ini diberikan pada si bayi ketika ibu sedang ngantor.

Keuntungan Menggunakan Pompa ASI 

Dibandingkan memerah ASI menggunakan tangan, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh pompa ASI ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Lebih higienis.
Faktanya, banyak ibu yang mengesampingkan kebersihan tangan ketika digunakan untuk memompa ASI. Akibatnya, terkadang ada bakteri ataupun jamur yang ikut masuk ke dalam ASI perah yang akan diberikan kepada buah hati.  

Berbeda jika kita menggunakan pompa ASI. Susu langsung masuk ke alat dan botol sehingga lebih terjaga kebersihannya.

  • Lebih mudah dan tidak capek.
Untuk meringankan kerja tangan kita, salah satu jenis pompa ASI yang ditawarkan di pasaran adalah pompa elektrik.

Pompa ASI elektrik ini bekerja dengan baterai, sehingga kita tak perlu menggerakkan tangan ketika memompa. Mudah banget, kan? Kita tak perlu capek-capek dan pegal memerah ASI dengan menggunakan tangan. Cukup dengan memegangnya dan menunggu selama beberapa menit.

Hasilnya jauh lebih efektif dan cepat karena alat ini memang sudah diseting untuk kebutuhan memompa.




  • Bentuknya ergonomis.
Hal ini memungkinkan ibu untuk menghasilkan ASI secara jauh lebih cepat dibandingkan jika hanya mengandalkan tangan.

  • Bisa memerah ASI sambil melakukan aktivitas lainnya.
Keuntungan lain yang bisa didapatkan jika menggunakan pompa ASI elektrik ini adalah kita bisa melakukannya kapan saja dan dalam kondisi apa saja. termasuk ketika tengah bekerja, menulis, atau memasak.

Kok bisa? Bisa, dong. Soalnya, untuk menggunakan pompa ASI elektrik ini memang hanya membutuhkan satu tangan. Cukup tempelkan satu alat saja, maka ASI akan langsung keluar.

Tentu saja, tetap pilih tempat yang tertutup untuk memompa ASI, ya, Bu. Meski memompa ASI untuk tujuan mulia, aurat mah mesti tetap dijaga dari pandangan orang yang tidak berhak.

Berikan ASI Untuk Si Kecil

Pompa ASI manual atau elektrik sama-sama membantu, ya. Ibu bekerja juga tenang karena bisa tetap memberikan ASI eksklusif, dilanjutkan dengan pemberian ASI hingga si kecil berusia dua tahun.

Pompa ASI ini banyak di jual kok di toko online. Jenis dan harganya bermacam-macam. Pilih aja yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Yang paling nyaman buat kita dan … dompet kita. Hehe….

Nah, selamat memberikan ASI untuk si dedek bayi, ya, Bu.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

2 comments :

  1. Ketika bunda punya anak pertama, sempat mencoba alat ini, hanya untuk membiasakannya agar terbiasa. Maksudnya bunda akan menghentikaan pemberian ASI pada usia anak bunda 5 bulan karena bunda harus kembali bekerja. Tapi di kantor tetap memompa ASI dan menyimpannya di kulkas menanti saat usai jam kantor. Memberkan ASI memang sesuatu banget.

    ReplyDelete
  2. untuk harganya berapa mba? saya jadi pengen beli

    ReplyDelete

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...