19 December 2017

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung



Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari BandungBolu Susu Lembang -- Salah satu hal yang identik dengan Bandung adalah kulinernya. 

Kreativitas warga yang seperti nggak pernah habis membuat  adaaa...  saja kuliner baru dari Bandung.  Entah itu makanan berat, minuman, jajanan, atau oleh-oleh.

Bicara oleh-oleh, nih. Sewaktu masih tinggal di Banda Aceh dan Medan, saya sering dibawakan oleh-oleh Bandung berupa keripik tempe, keripik oncom, dodol sirsak warna-warni, dan dodol Garut.  Pokoknya, tiap kali ortu dinas ke Bandung, oleh-olehnya itu, deh.


Saking seringnya, itulah yang tertanam di benak saya sebagai oleh-oleh khas Bandung.  Pun ketika saya akhirnya menetap di Bandung.

Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung

Bandung  sekarang tentu berbeda dengan yang dulu. Oleh-oleh Bandung sekarang  bukan lagi hanya keripik oncom dan dodol sirsak.

Kuliner Bandung semakin beragam. Begitu juga penganan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Nggak salah, deh, kalau Bandung disebut sebagai surga kuliner.

Yang terkini dari Bandung adalah Bolu Susu Lembang. Jika bolu-bolu lain menggandeng artis-artis ternama, Bolu Susu Lembang “menggandeng” nama Lembang.

Jika menyebut “Bandung”, orang pasti akan langsung mengaitkannya dengan Lembang. Dan kalau sudah menyebut Lembang, tentu susu sapi segar tak mungkin terlupa. Inilah yang dijadikan kekhasan Bolu Susu Lembang

Grand Launching Bolu Susu Lembang

Minggu tanggal 17 Desember 2017 kemarin Bolu Susu Lembang resmi diperkenalkan pada publik. Bertempat di Mal CiWalk, acara grand launching berlangsung meriah. 

 Grand lauching Bola Susu Lembang.


Berbagai acara digelar. Ada demo menghias masak oleh chef dari Indonesia Chef Association (ICA). Ada lomba mewarnai untuk anak-anak. Ada food style competition yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu pelajar dan umum. 

Ada pula lomba foto produk di Instagram. Tak ketinggalan doorprize berupa voucher belanja, setrika, blender, mesin cuci, kulkas, hingga motor.

Antusiasme masyarakat untuk membeli bolu susu ini pun luar biasa. Booth penjualan dibuka pukul 10 pagi dan sebelum pukul 12 siang harus ditutup sementara setelah terjual 1.000 box dengan harga Rp 29.000 per box seberat 550 gram.

Selesai? Belum. 

Penjualan bolu susu dimulai lagi pukul 13.00. Pada sesi kedua ini antrean lebih mengular. Begitu banyak orang yang rela mengantre agar bisa membeli Bolu Susu Lembang ini. Ketika ditutup sekitar pukul empat sore, tercatat 6.000 box Bolu Susu Lembang habis diserbu pembeli.

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung
Antrean pembeli Bolu Susu Lembang.

Apa, Sih, Istimewanya Bolu Susu Lembang?

Bertanya-tanya seperti itu? Hehe... Sebagai penikmat dessert dan cemal-cemil, saya juga bertanya-tanya seperti itu. Apa keistimewaan Bolu Susu Lembang ini dibandingkan bolu-bolu lain yang pernah saya cicipi?

Ternyata, keistimewaan Bolu Susu Lembang ini justru ada pada kesederhanaannya. Bolu ini mengingatkan pada kelezatan bolu rumahan yang dibuat dengan penuh rasa cinta.

Keunggulan lainnya ada pada kandungan susunya. Susu yang digunakan dalam pembuatan bolu susu ini adalah susu segar dari peternakan sapi di Lembang. Seperti kita ketahui, kesegaran dan kualitas bahan baku menentukan citarasa makanan yang tercipta.

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung
Konferensi Pers.

Sebagai orang yang tidak bisa minum susu (kecuali yang sudah menjadi es krim atau dessert), saya senang, dong. Saya jadi bisa mengonsumsi susu tanpa merasa mual. Terbukti ketika saya mencicipi Bolu Susu Lembang ini

Aroma susu memang masih tercium dari Bolu Susu Lembang ini, apalagi dengan taburan keju parut di atasnya. Namun, di penciuman saya aroma itu lebih lembut karena sudah bercampur dengan telur, gula, tepung terigu, cokelat bubuk, dan bahan-bahan lainnya.

Bolu Susu Lembang ini terasa sangat moist. Lembut dan empuknya pas. Tidak keras juga tidak lembek. Rasa manisnya pun terasa sedikit saja. Rupanya ini berkaitan dengan keprihatinan akan banyaknya anak zaman now yang kecil-kecil sudah mengidap diabetes karena berlebihan mengonsumsi gula.

Bagaimana dengan varian rasanya?  Yang sekarang ada adalah Bolu Susu Lembang rasa original, susu cokelat, dan vanila. Nantinya akan lebih banyak lagi variasinya.

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung
Bolu Susu Lembang. Tercium aroma susunya.

Waah… saya jadi berharap ke depannya ada rasa green tea dan kopi. Atau mungkin akan ada bolu susu rasa cinta yang tak pernah padam dan bolu susu rasa rindu padamu? Eh... hihi....😀

Dengan semua keunggulan itu, wajar jika Bolu Susu Lembang ini direkomendasikan oleh Indonesian Chef Association sebagai makanan sehat.

Sehat Tanpa Pengawet

Memosisikan diri sebagai oleh-oleh kekinian dari Bandung, berarti Bolu Susu Lembang ini tahan dibawa ke luar kota?

Ya. Bolu Susu Lembang ini tidak menggunakan pengawet. Meski begitu, jika disimpan dalam suhu ruang bisa bertahan 3-4 hari. Dengan syarat, tidak terpapar sinar matahari langsung atau suhu yang panas. Sementara itu, jika disimpan di dalam kulkas, Bolu Susu Lembang ini bisa bertahan selama 7-10 hari. 

Sebagai jaminan keamanan dan keyamanan pada konsumen, Bolu Susu Lembang telah dilengkapi dengan izin dari Dinas Kesehatan serta mengantungi sertifikat halal dari MUI.

Alhamdulillah. Enak, sehat, dan halal.

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung
I was there. 😊

Setelah Grand Launching

Setelah kesuksesan grand launching di Ciwalk ini, di mana bisa membeli Bolu Susu Lembang? Apakah harus ke Lembang?

Ternyata tidak. Pihak manajemen Bolu Susu Lembang akan segera membuka outlet di beberapa titik di kota Bandung.
  • Jl. Raya Bojongsoang no. 108 B, Buah Batu, Bandung.
  • Jl. Jendral Amir Machmud no.218, Cimahi Utara.
  • Jl. A.H Nasution no. 105, Bandung.
  • Jl. Raya Jatinangor no. 172.
  • Jl. Malabar, Kosambi, Bandung.
Khusus tanggal 23 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018, ada booth Bolu Susu Lembang di Pintu Utara Stasiun Bandung.

Outlet-outlet ini pun nantinya terus bertambah karena Bolu Susu Lembang membuka peluang kemitraan, tetapi hanya untuk area Bandung.

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung
Food style competition.

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Kekinian dari Bandung
Hasil karya para peserta lomba.
  
Aha. Dengan hanya ada di area Bandung, kekhasannya sebagai oleh-oleh Bandung tetap terjaga.

So, kalau berkunjung Bandung, masukkan Bolu Susu Lembang ini dalam daftar oleh-oleh yang mesti dibawa pulang untuk keluarga tercinta, ya.

Selamat menikmati Bandung. Keep Bandung clean and beautiful.


Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...