Ini Fakta Bisnis Sayur Organik yang Sehat dan Menguntungkan


Bisnis Sayur Organik yang Sehat dan Menguntungkan

Tingginya tingkat kesadaran masyarakat tentang kesehatan membuat bahan makanan organik saat ini semakin digandrungi, termasuk sayur organik.
Banyaknya peminat sayur organik membuat banyak pebisnis melirik bisnis sayur organik Tentunya karena melihat peluang yang menguntungkan dari bisnis ini. 

Terlebih kini, pemasaran sayur organik bukan hanya di supermarket kelas menengah atas seperti dulu. Kini, sayur organik pun dijual di pasar-pasar tradisional dan online.
Memangnya apa sih kelebihan dari bahan makanan organik, khususnya sayur organik?

Mengenal Sayuran Organik

Sayur organik merupakan sayur yang ditumbuhkan tanpa menggunakan pupuk kimia sintetis, pestisida (pembasmi hama), herbisida (pembasmi gulma), bibit tanaman yang direkayasa, dan radiasi tertentu untuk membasmi hama.
Pupuk dan pembasmi hama yang digunakan untuk sayuran organik semuanya berasal dari bahan alami.
Berbeda dengan sayur non organik yang kebanyakan masih menggunakan pupuk dan pembasmi hama pabrikan. Hal itu dinilai akan membuat kandungan vitamin dan gizi yang ada di dalam sayur menjadi berkurang. Bahkan, bisa menjadi berbahaya jika kita salah dalam membersihkan dan mengolah sayur tersebut.
Bisnis sayur organik memiliki peluang besar. Pasalnya, sistem tanam sayur organik menggunakan pupuk alami yang berasal dari kompos atau kotoran hewan. Pembasmi hamanya pun alami, menggunakan bakteri pemakan jamur, serangga yang memakan serangga lain, atau memakai minyak khusus tumbuhan.
Cara penanaman yang sangat intensif ini membuat kualitas sayur organik menjadi lebih baik ketimbang sayur non organik.
Namun, untuk membangun bisnis sayur organik perlu pemahaman yang luas, karena hasil panennya tidak selalu berhasil, juga tidak bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Itu sebabnya harga sayur organik juga lebih mahal.

Apa yang membedakan kandungan sayur organik dan sayur biasa?

Selain tidak memiliki residu pestisida sebanyak sayur biasa, sayur organik juga memiliki kandungan nutrisi yang tentunya berbeda.
Sayur organik dinilai memiliki rasa yang lebih enak dan tingkat kandungan nutrisi yang lebih tinggi, seperti vitamin C, mineral tertentu, dan antioksidan.
Jika ingin mencoba merintis bisnis sayur organik, kita bisa memilih jenis sayuran yang mudah ditanam, seperti selada, kangkung, bayam, cabai, dan tomat. Selain itu, sesuaikan juga dengan besarnya lokasi dan lahan media tanam.
Untuk bisa membangun bisnis sayur organik, kita tidak perlu lahan yang sangat luas seperti di persawahan. Kita hanya cukup membuat beberapa media tanam dari paralon atau media lainnya. Sangat mudah, bukan?
Bagaimana dengan penjualan hasil panennya nanti?
Nah, untuk cara penjualannya Anda bisa bekerja sama dengan beberapa e-commerce yang khusus menjual bahan makanan organik.
Salah satunya adalah SayurBox. Situs ini menjual berbagai macam bahan makanan organik secara online. Mulai dari sayur organik, buah organik, kacang-kacangan, hingga madu.
Para petani atau pebisnis sayur organik bisa menyalurkan hasil panennya ke situs tersebut. Dengan demikian, para pelanggan bisa lebih mudah mendapatkan sayur organik.

Kiat Sukses Membangun Bisnis Sayur Organik

Namun, ada hal-hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan sebelum mulai merintis bisnis sayur organik di rumah atau lahan yang ada.
Melihat peluang yang begitu besar, sebaiknya Anda terapkan beberapa kiat sukses berbisnis sayur organik yang bisa Anda baca di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/5-kiat-sukses-bisnis-sayur-organik/
Selamat memulai berbisnis sayur organik, ya. Kalau ingin mencoba bisnis di bidang lainnya, bisa baca blogpost saya sebelum ini:

1. Peluang Bisnis Busana Muslim

2. Tips & Trik Sukses Bisnis Kuliner

Previous
« Prev Post

Related Posts

Ini Fakta Bisnis Sayur Organik yang Sehat dan Menguntungkan
4/ 5
Oleh

1 comments:

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)