Pergi Umroh dari Hasil Ngeblog


pergi umroh dari hasil ngeblog


Insya Allah, awal tahun 2020 nanti saya berangkat ke Tanah Suci untuk umroh.
Sekarang lagi siap-siap nih. Dari nyari tempat yang mengadakan manasik umroh sampai nyari tau tentang Paket Umroh & Haji XL biar nggak perlu ganti kartu lagi.

Umroh Gratis

Eh, umroh gratis?
Alhamdulillah, iya. Perjalanan umroh nanti adalah hadiah karena jadi juara 1 Lomba Blog Bank Muamalat beberapa bulan lalu.
Sebenarnya saya dijadwalkan berangkat tanggal 7 November kemarin. Tapi karena pemberitahuan keberangkatannya mendadak, saya minta diundur.
Bukannya mengundur-undurkan waktu ibadah loh ya. Masalahnya kemarin itu saya belum punya paspor. Beberapa kali nyoba daftar secara online di aplikasi Imigrasi tapi penuh terus.
pemenang lomba blog bank muamalat
Dapat hadiah umroh dari menang Lomba Blog Bank Muamalat.
Selain itu, masalah persiapan lahir batin, ilmu, dan materi juga. Iya umrohnya gratis. Tapi kan banyak persiapan di tanah air yang butuh biaya. Persiapan standar aja loh itu.
Bagi saya yang freelancer plus single parent, pengeluaran mendadak gitu lumayan bikin kelimpungan.
Apalagi saldo tabungan baru aja terkuras hampir 20 juta buat keperluan pendidikan anak-anak.

Persiapan Menjelang Umroh

Memangnya pengeluaran standar itu apa aja, sih?

Standar tiap orang pasti beda-beda. Kalau buat saya, yang paling jelas adalah pengeluaran untuk ini nih.

1. Bikin paspor.

mengurus paspor di kantor imigrasi bandung
Antre mengambil paspor di Kantor Imigrasi Bandung.

Untuk bikin paspor, saya mesti membayar Rp350.000. Belum termasuk materai Rp6.000, fotokopi berkas-berkas, dan ongkos bolak-balik ke Kantor Imigrasi.

2. Perlengkapan umroh.


Pakaian dan perlengkapan untuk umroh
Pakaian dan perlengkapan untuk umroh.
Bagi perempuan yang sehari-hari pakai gamis dan kerudung panjang mungkin nggak terlalu repot ya. Tapi saya sehari-hari pakai celana panjang, baju kaus lengan panjang, dan jilbab ukuran medium. Ini artinya saya mesti beli pakaian yang sesuai untuk umroh.
Begitu juga dengan printilannya. Dari kaus kaki (disarankan sama temen supaya bawa kaus kaki dalam jumlah banyak), skincare yang non perfumed, sampai daleman sekali pakai dan vitamin.
Kelihatannya sih “cuma gitu doang” dan harganya nggak seberapa. Tapi kalau ditotal  ternyata lumayan juga nominalnya. 

3. Paket Umroh & Haji XL untuk kelancaran komunikasi.

Uhuhu… mata saya pusing kalo mesti ganti sim card yang ukurannya lebih kecil daripada kuku jari kelingking. Kalau pakai Paket Umroh & Haji XL kan saya nggak perlu ganti kartu lagi karena sehari-hari memang pakai XL.
Bagi saya, kelancaran komunikasi ini masalah penting. Baru kali ini saya akan ninggalin anak-anak selama hampir dua minggu. Biasanya paling lama hanya 4 hari. Itu pun masih di dalam Pulau Jawa.
paket umroh XL untuk kelancaran komunikasi
Komunikasi saat umroh tetap penting.

4. Uang bekal.

Masa sih ke sana nggak bawa bekal uang sepeser pun? Nggak maksud belanja-belanji, apalagi buka jastip. Buat pegangan aja, sih. Nggak mungkin kan saya pegangan tiang.
Kalau belanja pun paling oleh-oleh sekadarnya buat anak-anak. Biar mereka seneng aja pas buka koper ada oleh-oleh buat mereka.

Kalau udah jadi orang tua, pasti paham deh gimana bahagianya melihat anak-anak gembira.

5. Keperluan di rumah.

Sebelum pergi umroh, saya harus membayar listrik telepon, asuransi, tabungan pensiun, dan SPP kedua anak saya.
Selain itu juga mesti menyiapkan sejumlah dana untuk biaya transpor anak-anak serta biaya operasional di rumah.

Paket Umroh & Haji XL

Saya sempat kepikiran dengan urusan paket data ini. Maklum, baru pertama kali akan ke luar negeri.
Pengennya saya sih, ketika di Tanah Suci nanti udah nggak diribetin dengan urusan paket data. Bisa fokus ibadah aja.
Kebetulan banget saya udah hampir lima tahun ini pakai nomor XL. Hm… ada Paket Umroh & Haji XL nggak ya? Tepatnya, yang harganya terjangkau sama saya.
Cari-cari info di website XL … eh, ternyata ada tuh Paket Umroh & Haji XL. Dari informasi yang saya baca sih, mengaktifkan Paket Umroh & Haji XL ini nggak ribet.
Bisa lewat Traveloka apps, Tokopedia, Kaskus, Bukalapak, Blibli, Lazada, Sepulsa, JD.ID, dan Ayopop apps. 

Selain itu, kita juga bisa membeli Paket Umroh & Haji XL ini melalui aplikasi myXL atau  dengan menekan *123*747#. Caranya seperti kalau beli paket data biasa.
 
Paket Umroh & Haji XL
Paket Umroh & Haji XL

Ada Paket Murahnya

Lega banget waktu tau Paket Umroh & Haji XL ini punya beberapa pilihan, mulai dari Rp 149.000.
Bisa milih mau yang 10 hari, 20 hari, atau 40 hari. Saya kan umroh nanti dijadwalkan 9 hari. Jadi, saya akan pilih Paket Umroh & Haji XL yang 10 hari saja.

Untuk yang 10 hari ini ada paket Rp149.000 (telepon dan SMS), paket Rp199.000 (internet unlimited), dan paket Rp299.000 (telepon, SMS, dan internet  unlimited).
Saya akan pilih paket lengkap aja, yang bisa buat nelepon, kirim dan nerima SMS, serta ada internetnya.
Awal tahun 2020 anak sulung saya akan menghadapi ujian akhir. Biasanya, adaaa saja info berupa foto yang dia kirimkan via Whatsapp. Belum lagi kalau butuh pertimbangan ini-itu. Insya Allah karena XL, semua #JADIBISA ibadah dan komunikasi lancar.
 
Paket Umroh & Haji XL
Tidak perlu ganti kartu dulu.
Lega banget nih setelah tau tentang Paket Umroh & Haji XL ini. Diaktifkannya pun bisa di Indonesia, bisa juga di Tanah Suci nanti.
Saya beli paketnya nanti aja, dekat-dekat waktu berangkat. Yang penting saya udah tahu berapa dana yang harus saya siapkan untuk urusan komunikasi ini.
Sekarang saya bisa mempersiapkan kebutuhan lainnya. Termasuk mencari tempat manasik umroh.
Bagi saya, beribadah ke Tanah Suci bukanlah kesempatan yang datang setiap tahun. Saya ingin bersiap-siap sebaik mungkin agar nanti bisa maksimal beribadah di sana.
Salam,
Triani Retno A
Newest
You are reading the newest post

Related Posts

Pergi Umroh dari Hasil Ngeblog
4/ 5
Oleh

1 comments:

  1. Wah, selamat ya, mba. Saya turut senang. Mba Triani keren banget karena ngeblog bisa utk hal2 yang bermanfaat.

    Semoga semua urusannya dilancarkan ya, Mba. Aamiin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)