Belajar Bisnis di Aplikasi Siap Kerja QuBisa

 

Aplikasi siap kerja QuBisa

Belakangan ini coffee shop tumbuh subur di berbagai kota, termasuk kota saya. Bandung. Masing-masing berusaha menawarkan kopi yang enak, tempat yang nyaman, dan wifi gratis. 

Fasilitas wifi ini merupakan daya tarik tersendiri. Pelanggan jadi bisa ngopi sambil membuka aplikasi siap kerja atau aplikasi belajar online. Sambil ngopi-ngopi cantik pelanggan bisa tetap belajar untuk meningkatkan kemampuan sebagai bekal berkarier. 

Kopi di kedai mana yang paling enak?

Nah, ini subjektif seleratif. Pastinya sih, untuk meracik kopi yang enak membutuhkan keterampilan khusus.

Terasa lebih enak lagi jika si barista tak sekadar bisa meracik minuman. Pengetahuan yang luas tentang kopi akan menjadi nilai plus dan salah satu cara meningkatkan personal branding sebagai peracik kopi.

Upskilling dan reskilling itu wajib banget supaya kemampuan tidak mandek. Upskilling berarti meningkatkan kemampuan yang sudah ada, sedangkan reskilling melatih kemampuan baru. 

Bahayaaaa Brooo … kalau keahlian nggak berkembang sementara persaingan di dunia kerja dan bisnis tak memberi tempat pada yang lelet.

Menariknya, usaha kedai kopi ini sering digawangi oleh anak-anak muda. Alih-alih berkarier sebagai pekerja kantoran, mereka malah memilih memulai bisnis sendiri. Kemeja, dasi, dan jas yang rapi ditukar dengan t-shirt dan celemek.

Salah satu coffee shop yang beberapa kali saya datangi, misalnya. Pemilik sekaligus baristanya adalah milenial lulusan Fakultas Teknik sebuah PTS terkemuka.

 

Bisnis Kopi

Kalau bukan karena menguntungkan, sepertinya tak mungkin bisnis kedai kopi ini terus bermunculan. Namanya juga bisnis, kan. Bukan kerja bakti.

Untung-untungan? Modal nekat?

Ah, tidak mungkinlah hari begini ada yang mau "bakar duit" begitu saja untuk usaha tempat ngopi. Pasti ada pertimbangan matang. Ada bekal ilmu dan modal untuk memulai usaha.

Terdorong oleh rasa penasaran, saya mulai mencari informasi. Siapa tahu kan, kecintaan pada minuman kopi kelak akan membawa saya memulai usaha kedai kopi.

Rasa penasaran itu kemudian mengantarkan saya ke sebuah aplikasi belajar online. Namanya QuBisa.

Kursus online gratis QuBisa
Aplikasi QuBisa. Tampilannya ramah pengguna.


Semula saya kira QuBisa ini kursus online gratis biasa aja. Kan sekarang banyak tuh kursus-kursus online. Terlebih pada masa pandemi yang “memaksa” orang untuk berkegiatan online.

Tapi ternyata QuBisa ini juga merupakan aplikasi siap kerja. Nah, kan, jadi makin penasaran. Asik banget bisa menambah bekal untuk masuk ke dunia kerja dan memulai bisnis melalui aplikasi seperti ini.

Sekarang mah belajar gak ribet ya. Berbagai kelas gratis ada dalam genggaman tangan. Mengaksesnya pun mudah. 

Rekomendasi kursus online gratis
Mau kursus online apa di QuBisa? Cari aja. Pilihannya banyak.


Meskipun ada filter Kategori untuk memudahkan memilih kelas yang diminati, saya memilih untuk skrol-skrol aja. Anggaplah saya sedang berjalan-jalan kepo di QuBisa.

Rasanya excited kalau menemukan kelas-kelas yang ternyata materinya saya butuhkan. Entah itu untuk meningkatkan skill atau untuk menambah pengetahuan.

Aplikasi belajar online pilihan.
Cara mudah mencari kursus online untuk meningkatkan kemampuan di QuBisa.


Kelas Kopi

Daaan … seneng banget dong karena ternyata di QuBisa ada kursus online gratis tentang bisnis kopi. Seriusan, kelasnya gratis!

Peluang Bisnis Kopi. Begitu nama kelasnya. Ada lima modul dalam kelas ini. Semuanya disajikan dalam bentuk video. Penyajian materi secara audio visual seperti ini merupakan cara belajar efektif. Materi yang disampaikan pun jadi lebih mudah ditangkap.

Kelima modul tersebut adalah Sejarah Kopi di Indonesia, Memulai Bisnis Kopi, Peluang Bisnis Kopi, Tips dan Trik Bisnis Kopi, serta Komponen Penting Memulai Bisnis Kopi.

Sebelum memulai kelas, ada pre-test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan kita tentang kopi.

Setelah menyelesaikan 5 modul dengan total durasi 21 menit, ada post-test. Bisa nangkep materinya atau nggak niiih?

Eh, tapi kalau ada yang belum dipahami, videonya bisa ditonton ulang kok sampai benar-benar paham. Akses seumur hidup!

Pokoknya mah, selama ada kemauan untuk meningkatkan kemampuan, semesta akan membukakan jalan.

 

Memulai Bisnis Kopi

Satu pertanyaan yang selalu muncul saat akan memulai sebuah usaha adalah: berapa modalnya?

Termasuk bisnis kopi. Terbayangnya sih butuh modal besar. Hm … tapi kalau memang butuh modal besar, masa sih pertumbuhan coffee shop seperti jamur di musim hujan?

Pertanyaan itu dibahas juga dalam kelas ini. Tepatnya di modul kedua.

Tidak ada alasan tidak punya modal untuk membuka usaha kedai kopi. Modal dari yang paling murah pun bisa jalan. Punya uang 500 ribu bisa mulai jualan kopi. Punya uang satu juta bisa jualan kopi. Punya 200 juta lebih baik lagi.

Nah, tuh! Jadi bersemangat kan kalau dapat statement seperti itu dari ahlinya?

Aplikasi siap kerja QuBisa
Memulai bisnis sendiri ... mengapa tidak?

Tinggal sesuaikan jenis kedai kopi yang akan kita jalankan dengan modal yang ada. Apakah mau jenis goes resto, mau membuat angkringan atau kedai sederhana di teras rumah, atau kedai kopi yang cozy.

Apa saja peralatan dan bahan yang harus ada pun dibahas di sini. Lengkap dengan perincian biayanya. Begitu pula dengan teknik pemrosesan kopi. Kekuatan promosi dan marketing di era media sosial pun dibahas.

Intinya sih, nggak perlu minder karena bermodal kecil. Nggak perlu putus asa juga kalau nggak punya lokasi yang strategis.

Kalaupun nanti tren kopi kekinian sudah berlalu, bisnis kedai kopi akan tetap memiliki peluang. Pasti tahu kan, kalau Indonesia adalah penghasil kopi terbaik di dunia?

“Syarat utama untuk berbisnis kopi bukanlah modal tetapi mengenal kopi itu dulu. Belajar minum kopi dulu.”

Ahaha, berarti saya sudah berada di jalan yang benar ya. 

 

QuBisa, Aku Bisa Kamu Bisa

Berbagai kursus ada di QuBisa dan mengakomodasi bermacam-macam kebutuhan. Sedang mencari cara meningkatkan personal branding agar karier melesat? Di QuBisa aja.

Butuh kursus untuk upskilling dan reskilling di bidang komunikasi, manajemen, keuangan, industri, entrepreneurship, home business, atau media? Di QuBisa juga ada.

Proses belajar tidak mengenal kata selesai. Akan selalu ada yang baru untuk dipelajari.

QuBisa aplikasi siap kerja pilihan
Seneng nih pakai aplikasi QuBisa.

Kesibukan bekerja sehari-hari bukanlah alasan untuk tidak meningkatkan kemampuan diri. 

Dengan cara belajar efektif seperti yang digunakan di QuBisa, belajar gak ribet. Belajar jadi lebih mudah, menyenangkan, dan bisa diikuti kapan saja di mana saja.

So, untuk Teman-teman yang sedang mencari cara meningkatkan personal branding, yang ingin meningkatkan kemampuan, ingin menambah bekal keahlian untuk masuk ke dunia kerja, ingin memulai usaha sendiri, atau ingin mempelajari pengetahuan baru dengan cara menyenangkan, yuk unduh aplikasi QuBisa di App Store atau di Play Store.

Suka menulis? Aha, ada kabar bagus nih. QuBisa sedang mengadakan lomba blog berhadiah total Rp 10 juta.

Yuk, ah. Tunggu apa lagi? Terus maju dan berkembang bersama QuBisa. Aku bisa, kamu bisa, kita bisa.

 

Salam,

Triani Retno A

76 comments

  1. Belajar memulai bisnis di aplikasi siap kerja QuBisa.

    ReplyDelete
  2. Wah langsung download aplikasi ini ah. Buat ningkatin dan memperkaya soft skill khususnya berkaitan dengan bisnis yang lagi digeluti. Nuhun infonya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa daftar jadi mentor juga tuh di sana, Tick. Kali aja kaaaan....mau nyoba juga :D

      Delete
  3. Wah ternyata di QuBisa ada pelatihan untuk bisnis kopi juga yah. Cocok banget buat adekku yang lagi merintis bisnis kopi. Cusss ah rekomendadiin. Makasih infonya mbaa.

    ReplyDelete
  4. Aplikasi siap kerja qubisa juga pas banget buat para freshgraduate lho, kak. Banyak banget materi yang bisa kita pelajari untuk bisa bersaing masuk dunia kerja. Kayak yang aku pelajari kemarin. Apa penyebab kita gagal interview.

    ReplyDelete
  5. Anakku yang sedang kuliah harus baca artikel ini. Supaya lebih siap menghadapi dunia kerja nantinya. Qubisa memudahkan jalan untuk upgrade skill n reskilling

    ReplyDelete
  6. Moga beneran bisa bisnis kedai kopi, ya. Udah dikuatkan dengan materi dari QuBisa, nih

    ReplyDelete
  7. mantap betul yaa, download ah. siapa tau ada kursus bisnis lainnya.
    makasih banyak infonya kak

    ReplyDelete
  8. Aku juga kemarin sempet ikutan kursus public speakingnya kak, alhamdulillah dapat gratis di QuBisa. kalau di luaran udah dipastiin biayanya berjuta juta ituu. Banyak juga short course yg ada di QuBisa, super komplit yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul... Aku pernah tanya harga ke sebuah kursus public speaking. Harganya bikin aku mundur teratur :(

      Delete
  9. Memulai bisnis selain perlu modal dana, juga perlu menyiapkan skill yang mantap, dan jangan pernah lelah buat terus belajar sih memang

    ReplyDelete
  10. keren ni aplikasi ini.. lanjut mbak bisnis kopi lewat online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya anakku sih yang pengen usaha kopi. Aku ikutan cari ilmunya :))

      Delete
  11. Aku pakai aplikasi QuBisa untuk upskilling dan reakilling, mba. Banyak banget pilihan kursus online gratis, apalagi yang berhubungan dengan pekerjaanku karena ada aplikasi siap kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak,
      Karena banyak pilihan, jadi mau ikutan semua kursusnya. Asik pula belajarnya bisa kapan saja

      Delete
    2. Seneng banget pastinya ya. Aku pun sekarang ikut beberapa kelas lainnya, salah satunya editing video.

      Delete
  12. Akk aq tertohok. Mau dapat kerjaan baru tapi ga update skill dan ga upgrade skill. Cem mana pula itu ya mbak. Cuzz buka Qubisa ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.... Yuk, Mbak, kita puas-puasin belajar di QuBisa :))

      Delete
  13. aku ingin belajar bisnis secara fokus juga sih, menarik juga aplikasi qubisa ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin diulik makin nemu yang menarik di QuBisa :)

      Delete
  14. Beberapa pilihan kursus untuk pengembangan bisnis memang sangat menarik. Saya sudah memiliki beberapa wishlist untuk dicoba. Tapi satu per satu dulu deh. Sekarang lagi matengin materi personal branding sama mempersipakn mental untuk menghasilkan karya. Keduanya hasil belajar di QuBisa juga dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha...iya, satu per satu aja ikut kelasnya biar lebih fokus dan bener-bener paham.

      Delete
  15. Mantapp sih aplikasinya ini, saya udah coba beberapa kursus. Lagi nungguin kursus SEO yang gratisan, kali aja ntar ada haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... semoga ada nih kursus SEO gratis. Aku juga nungguin. Siap nampung ilmunya :D

      Delete
  16. Komplit banget ya aplikasi qubisa ini. Banyak pelatihan online yang bisa kita ikutin. Mengembangkan kemampuan pun jadi lebih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, pas kucek di aplikasi QUBisa ini emang ternyata banyak ya kursus onlinenya. Jadi pengen ikutan, cuma lagi ngencer yang cara meningkatkan progress karirnya.

      Delete
    2. Betuuul. Tinggal kitanya aja, mau mengembangkan kemampuan atau enggak :)

      Delete
  17. Kategorinya banyak ya mbak. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa pilih yang sesuai minat dan bkat atau cuma memang untuk ningkatin wawasan aja

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen cobain juga deh aplikasi Qubiza ini karena pengen ngembangin soft skill juga dari rumah dan tentunya aplikasi ini bisa sangat membantu ya Mbak, termasuk juga kalau mau bangun bisnis pastinya butuh ilmu dan ternyata di Qubiza juga menyediakan kursusnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Cobain deh. Pilihan kursusnya ada banyak banget.

      Delete
  19. Segala macam tema di QuBisa ada ya mbak? Bahkan sampai memulai bisnis kopi pun tersedia. Mantaap deh.

    ReplyDelete
  20. setuju banget
    kebetulan kemarin baca liputan tentang fresh graduate yang minta gaji gede paska wisuda
    lha cuma modal ijazah kuliah mah gak cukup atuh
    harus nambah skill, apalagi sekarang banyak aplikasi seperti QuBisa yangbakal menunjang karir mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku pernah punya pikiran seperti itu, waktu awal lulus kuliah haha.
      Eh pas kerja beneran, baru deh gak bisa ngandelin ijazah atau cuma bisa Ms Office aja, harus punya skill lain

      Delete
  21. Saya ada ponakan masi cari kerjs, jadi saya suruh update skill dulu. Sapa tau tertarik jd barista hehe
    Tq infonya QuBisa , bisa nih di coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja lihat-lihat di QuBisa, Kak. Banyak banget kursus yang bisa diakses buat update skill

      Delete
  22. Banyak yang perlu di persiapkan untuk membuka sebuah usaha ya mbak, penasaran sama aplikasi ini kepoin dulu ah pengen tahu seperti apa fitur di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata orang bijak sih, untuk hasil terbaik memang butuh persiapan :))
      Yuk langsung aja kepoin aplikasi siap kerja ini :)

      Delete
  23. Beruntungnya generasi produktif yang hidup di zaman sekarang. Informasi dan ilmu tersebar gratis, bahkan banyak yang freemium. Belajar bisnis di aplikasi siap kerja QuBisa ini salah satunya. Sayang aja gitu kalo gak dimanfaatkan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul. Ilmu dan kesempatan buat meningkatkan kemampuan bertebaran di mana-mana. Banyak pula yang free tapi rasa premium ya :)

      Delete
  24. di tengah pandemi seperti ini dimana kondisi semuanya dilakukan secara online, keberadaan Qubisa sangat membantu bagi saya yang membutuhkan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan lainnya tanpa harus keluar rumah. termasuk soal belajar bisnis kebetulan sekarang saya sedang belajar bisnis, ini sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu "sisi baik" pandemi ya, Kak. Kita bisa dapat banyak ilmu online, termasuk di aplikasi siap kerja begini.

      Delete
  25. Mba Eno semoga niatnya terwujudkan ya punya kedai kopi. Beneran berarti aplikasi ini siap kerja jadi nggak sekedar kasih ilmu standar tapi banyak nilai plus di aplikasi ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin. Nuhun, Mbak Lida. Sebenernya anak sulungku yang tertarik bisnis kopi. Salah satu caraku support dia, dengan ikutan belajar :D

      Delete
  26. Senengnya skrng sekua serba dipermudah ya mba termasuk mendapat pelatihan yg srperti di qubisa. Saya pun pengennya ikut terus pelatihan di qubisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....iyaaa. Aku sekarang sedang ikut kursus editing video di QuBisa. Pengennya semua diikutin sih :D

      Delete
  27. Waah sampai untuk yang mau berbisnis kopi ada kursusnya/pembelajarnnya di QuBisa ya, wih harus direkomendasikan nih kepada yang mau buka usaha kopi/kafe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Aku juga surprise waktu nemu kelas ini di aplikasi siap kerja ini. Kirain cuma ada kursus-kursus buat yang mau ngelamar kerja atau yang mau upskilling dan reskilling biar posisi di kantor makin bagus. Eh, ternyata ada juga kursus buat yang mau buka usaha sendiri.

      Delete
  28. sekarang banyak yang buka bisnis kopi kalau ada aplikasi yang membantu peningkatan skill gini pasti makin berkembang ya bisnisnya

    ReplyDelete
  29. Makin banyak ya aplikasi yang membantu orang untuk memulai bisnis. Memang kalau kondisi seperti ini, berbisnis sendiri itu lebih bisa mengatur keuangan dibanding jadi pegawai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...dan dengan semua risikonya juga :)Namanya bisnis kan, nggak selalu dapat duit banyak.

      Delete
  30. Aplikasi yang begini yang kucari-cari. Sambil belajar mengolah skill sekaligus siap turun lapangan. Semacam akademi berarti ya mbak? Kalau udah lulus dapat sertifikat nggak sih mbak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kelas gratisnya nggak dapat sertifikat, Mbak. Kalau mau yang dapat sertifikat, ikut kelas-kelas berbayarnya deh.

      Delete
  31. Waah bisa belajar bisnis juha di Qubisa ini. Bisnis kopi cucok juga nih buatku yg gemar kopi dan jadi reseler kopi sangray. Cus ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru tahu Teh Yayu sekarang jadi reseller kopi. Mantep, Teh. Jadi pengen nyobain kopinya euy.

      Delete
  32. Saat pandemi seperti ini kesempatan bagus buat nambah kemampuan. Nambahin skill yang berguna dan langsung bisa dipraktekin ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Daripada rebahan dan hopeless melulu selama pandemi, mendingan belajar di aplikasi siap kerja begini ya.

      Delete
  33. Bisnis kopi lagi ngehits nih. Sekarang mah berusaha bikin kerjaan sendiri ya, karena ngelamar kerja susah dapatnya. food and beverage memang sedang laris-larisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih. Yang penting mendatangkan penghasilan halal dan berkah.

      Delete
  34. Wah mantul nih kelasnya lengkap ya QuBisa ini mbak? Bisa utk buka bisnis juga.
    Wah ada kelas kopi juga, belajar teori dulu ya, nanti pas udah yakin mau buka kedai kopi tinggal beli peralatan bikin kopinya hehe :D
    TFS infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Sambil nabung buat beli peralatan kopinya :)

      Delete
  35. Sekarang memang zaman digital yaa, teh..jadi kudu banget meningkatkan kemampuan dengan belajar online. Banyak belajar membuat kita sebagai pengusaha juga jadi mengenal pasar.

    Bersama aplikasi Qubisa, belajar online menjadi lebih mudah dan banyak pilihan materi sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Len. Banyak banget kursus yang bisa kita ikuti secara online di QuBisa.

      Delete
  36. waaa asyik ya bisa belajar gratis di qubisa, penasaran, abis baca ini mau lihat ke PS, ingin ikut belajar juga, ini bisa untuk remaja kah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat remaja juga bisa, Mbak. Pilihan kursusnya banyak yang cocok buat remaja, seperti public speaking, bahasa Inggris, ngedit video.

      Delete
  37. Keren bgt nih aplikasinya, ini semua kursusnya gratis atau ada yg yg berbayarnya jg kak ... Aku jg kebetulan lg mau upgrade skill

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang gratis, ada yang berbayar, Kak. Kalau yang berbayar, bisa dapat sertifikat :)

      Delete
  38. Menarik banget.. Belajar tentang usaha kopi bisa dilakukan dengan lebih mudah nih... gak harus kesana kemari untuk belajar bisnis kopi ..

    ReplyDelete
  39. Menarik banget belajar mengenai usaha kopi jadi bisa buka kedai kopi deh

    ReplyDelete
  40. Sekarang kalau mau belajar bisnis pun udah aplikasi yang siap ngebantu kita ya kak, jadi gak perlu ribet buat belajar kesana kemari lagi.
    Cukup lewat smartphone di tangan udah bisa belajar, keren deh aplikasi QuBisa

    ReplyDelete
  41. wah keren banget qubisa, salah satu kelasnya untuk pebisnis kopi. Hmmm jadi kepo ada kelas untuk pebisnis apa aja ya?

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)