24 February 2015

Tempat Khitan di Bandung

Sejak awal 2014 anak bungsu saya sudah minta dikhitan. Tapi karena berbagai pertimbangan, saya jadwalkan khitan bulan Desember 2014 pas libur semester ganjil. Jadi, awal Desember saya sibuk berburu informasi tempat khitan di kawasan Bandung Timur.

Di sebuah tempat khitan, mbak perawat yang menerima saya malah "terpesona" pada logat bicara saya. "Ibu orang seberang, ya? Yang punya klinik ini juga orang Riau."

Hihi... entahlah, Mbak. Saya juga bingung kenapa lidah saya ini sering mengkhianati darah Jawa tulen dalam tubuh saya.

Setelah rempong mencari kian kemari, akhirnya... si Adek dikhitan di klinik dekat rumah. Hehehe.... Maklum, musim hujan dan nggak punya mobil. Daripada repot di jalan, mending yang deket rumah aja, deh. 

Lalu info yang saya dapat dari klinik-klinik itu? Nah, saya bagi di sini aja, ya. Mudah-mudahan bisa membantu Teman-teman yang tinggal di Bandung, khususnya wilayah Bandung Timur.



Pondok Khitan

Yang saya datangi pada awal Desember 2014 adalah yang di Surapati Core Blok B No. 1-2 Bandung. Telp. (022) 8872 42 800, 872 42 799. Pondok Khitan ini buka pukul 08.00-16.00.

Metode khitan yang ditawarkan di sini adalah Laser (Rp630.000) dan Alisklamp (Rp1.030.000). Jumlah segitu itu sudah termasuk obat.

Metode laser udah biasa, ya. Kalau alisklamp, katanya sih bekerja seperti klem pada tali pusar bayi yang baru lahir. Keuntungan  metode ini adalah prosedur lebih cepat (hanya 5-10 menit), tanpa jahitan, tanpa perdarahan, hasil lebih baik dan simetris, bisa untuk bayi hingga dewasa, bisa langsung pakai celana, dan bisa langsung beraktivitas.


Anak saya sempat kepengin khitan di sini waktu tahu ketika dikhitan dia bisa sambil nonton film. Aih, dasar bocah. 

Selain di Surapati Core, Pondok Khitan juga ada di sini:
  • Jl. Dr. Junjunan No. 78, Pasteur, Bandung. Telp. (022) 203 9763/4
  • Jl. Terusan Buah Batu No. 227 Bandung. Telp. (022) 8888 1585
  • Jl. Gegerkalong Girang No. 67 (Klinik Daarut Tauhid) Bandung. Telp. (022) 9112 5314

Baca Juga: Tempat Bimbel di Kota Bandung


Klinik Pratama Amanah

Di sini hanya ada metode khitan laser. Ketika saya survei awal Desember 2014, biayanya Rp400.000. Bisa langsung khitan, bisa pesen tempat dulu. Kalau pesan dulu, pakai DP Rp150.000.

Klinik ini terletak di Jl. A.H Nasution No. 126 A (di seberang Jl. Pasir Impun). Telp. (022) 9138 3119. Klinik ini buka 24 jam. Emh... dokternya perempuan. Bilangin aja, sih. Kalau anak yang mau dikhitan udah agak besar, kali aja malu.

Gara-gara ini, anak sulung saya nanya, "Mi, memangnya boleh ya khitan di dokter perempuan?"

Waktu itu saya jawab, "Kalau yang dikhitan masih anak-anak, belum akil balig, boleh aja. Tapi kalau yang dikhitan udah akil balig atau udah dewasa, sebaiknya cari dokter yang laki-laki aja." Semoga jawaban saya bener. *berdiri dan mengumpulkan lembar jawaban, hihi....*



Rumah Khitan Sehati

Ada dua pilihan metode khitan di sini, yaitu konvensional dan laser. 
  • Metode konvensional biayanya Rp350.000,- (paket silver) dan Rp425.000,- (paket gold). Untuk bayi Rp500.000,- dan untuk orang dewasa Rp550.000,-
  • Metode elektrokauter (yang biasa disebut metode laser oleh orang awam seperti saya) biayanya Rp250.000,- (paket silver) dan Rp325.000,- (paket gold). Untuk bayi Rp350.000,- dan dewasa Rp450.000.
Metode konvensional ini lebih mahal karena risikonya lebih besar. Begitu kata si mbak perawat.


Klinik ini buka setiap hari. Nggak cuma ada klinik khitan tapi juga ada praktik dokter bersama dan terapi bayi. Di spaduknya tertulis "menerima pasien BPJS".

Untuk khitan di sini nggak bisa langsung. Mesti konsultasi dulu dengan dokter. Nanti baru diputuskan akan dikhitan kapan. Waktu saya ke sana awal Desember 2014, saya dikasih jadwal ptraktik dokter yang menangani khitan, yaitu dr. Hendro. Pak dokter ini praktik hari Selasa dan Kamis pukul 18.00-20.00.

Khitan di sini juga bisa sambil nonton VCD. Trus nantinya dapat sertifikat, foto, dan suvenir.

Ini alamatnya: Jl. A.H Nasution No. 928, Kompleks Bumi Mas Kencana Blok O. Telp. (022) 6165 3212



Klinik Khitan Seno Medika

Sepertinya, klinik khitan yang berdiri sejak tahun 1975 ini paling top di Bandung, deh.Lokasinya di Jl. A. Yani No. 675-677, Cicadas, Bandung. Telp. (022) 723 2007. SMS 0811 222 4242.

Klinik ini buka setiap hari, termasuk hari libur, mulai pukul 04.00. Biaya khitannya berapa?
  • Klasifikasi umum, usia 4-12 tahun Rp540.000.
  • Klasifikasi khusus, 4-12 tahun Rp820.000.
  • Klasifikasi VIP, 0-12 tahun Rp1.290.000.
Emh...omong-omong itu penulisan kata "di"-nya salah. Harusnya "dikhitan"
karena sebagai awalan, bukan kata depan. #NaluriEditor #Uhuk.

Kata si Mbak yang saya tanya-tanya, sih, kelas-kelas itu berhubungan dengan obat biusnya. Yang klasifikasi umum cuma 2 jam. Makin mahal kelasnya, makin lama daya kerja biusnya.


Kalau mau khitan di sini, daftar dulu 3 hari sebelumnya. Untuk pendaftaran dikenakan biaya Rp30.000. Waktu saya ke sana, memang rame banget sih. Ada yang mau daftar, ada yang mau konsul ke dokter.


Nah, mau khitan di mana?

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

No comments :

Post a Comment

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...