01 February 2018

Buat Karyamu Sendiri, Bukan Memplagiat!



Hari Minggu (28 Januari 2018) saya menginstal aplikasi Wattpad. Untuk menulis di sana? Tidak. 

Dua tahun lalu ketika banyak penulis buku migrasi ke Wattpad (menyusul melesunya penerbitan buku cetak), saya sudah memutuskan untuk berfokus pada menulis di blog dan tetap menulis buku.

Saya hanya ingin membuktikan: Benarkah banyak karya plagiat di Wattpad?

Dan hasilnya: saya mendapati tiga novel dan satu cerpen saya, satu novel putri saya, dan banyak novel teman-teman saya diplagiat di Wattpad (daftar temuan itu saya cantumkan di akhir tulisan ini).

Novel-novel karya Tere Liye dan Boy Candra yang jaminan bestseller itu apalagi. Jiplakan dan ketikan ulangnya bertebaran di sana.

Saking banyaknya cerita plagiat di Wattpad, saya seperti tersesat di belantara karya plagiat.


Karang Ceritamu Sendiri!

Halo, Plagiator. Apa sih mau kalian dengan mengetik ulang atau memplagiat karya penulis lain?

Ingin jadi penulis? Buat karyamu SENDIRI! Hasil pikiranmu, hasil imajinasimu, hasil perenungan batinmu, hasil observasimu. Bukannya mengetik ulang atau memplagiat karya orang lain.

Ingin dapat jutaan follower dan viewer? Karang ceritamu SENDIRI! Bukannya memplagiat. Terpikir nggak olehmu kalau ceritamu yang berjuta viewer itu kemudian dilamar oleh penerbit untuk dibukukan?

Yes, para editor di penerbit memang tidak mungkin membaca seluruh buku yang pernah terbit di Indonesia Raya tercinta ini. Kamu mungkin bisa mengecoh mereka. 

Tapi saya kasih tahu, ya. Dalam surat perjanjian penerbitan ada kalimat bahwa penulis bertanggung jawab atas keaslian karyanya. Kalimat itu tertulis jelas hitam di atas putih dan ditandatangani di atas materai 6000.

Artinya? Kalau naskahmu ternyata plagiat, siap-siaplah berurusan dengan hukum. Belum lagi di-black list penerbit dan menanggung sanksi sosial sebagai plagiator.

Apa? Kamu mengetik ulang novel yang pernah kamu baca karena ingin berbagi isi novel tersebut dengan orang lain yang nggak punya uang buat membeli bukunya? 

Halo, Plagiator. Mengetik ulang karya orang lain dan menyebarkannya berarti mencuri hak cipta dan hak ekonomi pihak lain (dalam hal ini penulis dan penerbit). 

Eh, apa? Kamu sangat suka dengan sebuah novel dan mengagumi karyanya lalu mengetik ulang dan memplagiatnya?

Ya Salaaaam. Iya, kami berterima kasih kamu sudah membeli novel ASLI kamu (kalau kamu beli yang bajakan, ucapan terima kasihnya kami batalkan). Tapi bukan begitu caramu mengungkapkan rasa kagummu. 
Mau tau gimana caranya yang benar? 

Kamu bisa  menulis resensi atas buku itu. Posting di blog, posting di Goodreads, posting di Facebook atau Insagram. Posting resensi di Wattpad pun bisa, kan?

Melanggar Undang-Undang Hak Cipta

Mengetik ulang itu, kamu ketik cerita yang tertulis di sebuah buku. Kamu cantumkan nama penulis aslinya, kamu pasang kaver bukunya. Iya, kamu tidak memplagiat. Tapi kamu telah merugikan penulis dan penerbit  secara moril dan materil. Sama saja seperti yang dilakukan oleh pembajak buku! 


Baca Juga:  
Ketua MPR, "Plagiat itu Rampok!"
Buku Anak Juga Rawan Diplagiat

Memplagiat itu, kamu mengaku terinspirasi tapi adegan, narasi, dialog, dan alur ceritanya sama. Saya temukan ini pada novel Limit karya saya yang diplagiat di Wattpad.

Di awal memang berbeda. Tapi makin ke belakang makin banyak yang plek ketiplek sama. Pembagian babnya pun sama. Itu katamu terinspirasi? Ya Salaaaam!

Mengganti nama tokoh dan seting cerita sedangkan yang lainnya persis sama apalagi. KAMU PLAGIATOR! Ini saya temukan pada novel It’s Not A Dream yang juga diplagiat sebanyak tiga bab di Wattpad.

Novel  yang Diplagiat di Wattpad
Novel asli (kiri) dan plagiatnnya di Wattpad.

Novel  yang Diplagiat di Wattpad
See? Yang berbeda anya nama tokohnya.

Plek sama.

 
Mengetik ulang dan memplagiat karya orang lain sama-sama melanggar hukum dan bisa dilaporkan ke polisi. Sanksi hukumnya jelas: penjara dan atau denda ratusan juta rupiah.  Itu bukan kata saya, tapi kata Undang-Undang Hak Cipta.

Buku-buku yang sudah terbit itu dilindungi oleh undang-undang. Artinya, kamu nggak bisa seenaknya mengetik ulang atau memplagiat. Jika melanggarnya, ada hukuman yang akan menjeratmu.

Wattpad, Buatlah Aturan Yang Tegas

Banyaknya plagiator dan pekarang (pengetik karya orang—istilah ini saya dapat dari teman saya yang juga penulis novel, Cem Acem alias Bacem Wong) di Wattpad sepertinya tak lepas dari longgarnya peraturan di Wattpad.

Siapa pun bisa menulis di Wattpad. Sebuah karya plagiat baru dihapus jika ada yang melapor.

Plagiatan dihapus, akun dihapus… selesai? Sialnya tidak. Tak lama akan muncul akun baru lagi, plagiat lagi, dihapus lagi, bikin akun lagi, plagiat lagi…. Begituuuu… terus sampai sebagian manusia Bumi pindah rumah ke Planet Uranus karena ternyata masih keturunan alien.

Itu kalau dilaporkan. Kalau tidak? Padahal jelas-jelas banyak akun yang mengetik ulang isi buku pengarang lain dan ketikan mereka dibaca oleh ribuan orang. Tidak ada tindakan apa-apa.

Baca Juga:  
Plagiat dan Kejujuran Kita
Hei, Kamu Plagiat!

Plagiator melenggang terus, menikmati pujian dari para pembacanya. Ceritanya keren, Kak. Bagus banget ceritanya Kak. Wooow… Kakak hebat banget nulis ceritanya.

Terus terang, saya muak membaca pujian yang ditujukan kepada para plagiator itu. Dan lebih mual lagi membaca tanggapan si plagiator. Makasiiih. Ikuti terus ceritaku ya….



Dampak buruknya:
  • Wattpad jadi dikenal sebagai web/aplikasi untuk para plagiator. Alih-alih sebagai web tempat orang menyalurkan hobi menulis.
  • Penulis yang benar-benar ingin berkarya di Wattpad, jadi kena getahnya. Ketika membaca sebuah cerita yang memikat di Wattpad, orang-orang jadi ragu. Ini beneran karya sendiri atau hasil plagiat?
  • Secara lebih luas, maraknya plagiasi di Wattpad dan bukan baru berlangsung satu-dua bulan, membuat sebagian orang enggan menulis dan mempublikasikan karya mereka karena khawatir diplagiat atau diketik ulang di Wattpad
Kalimat yang dibuat si plagiator di akhir tulisannya.
  
Saya tahu, banyak penulis bagus di Wattpad. Tak sedikit penulis Wattpad yang kemudian melejit dengan karya asli mereka. Mereka perlu dilindungi. 


Beberapa teman pengarang Wattpad bahkan mengatakan bahwa cerita mereka di Wattpad diplagiat oleh sesama pengarang Wattpad sendiri.

Dear, Wattpad. Tolonglah buat aturan yang lebih tegas dan pro-hak cipta. Misalnya:
  • Untuk membuat akun di Wattpad harus dengan mengisi data diri dan foto asli, verifikasi email, dan sebagainya.
  • Langsung menghapus cerita yang jelas-jelas mengetik ulang karya orang lain tanpa menunggu pengaduan. Caranya? Nah, itu PR bagi Wattpad dan tim IT-nya.
  • Langsung memblokir akun yang mengetik ulang isi buku pengarang lain tanpa menunggu pengaduan (sekarang kan banyak sekali yang jelas-jelas ketik ulang tapi dibiarkan sampai viewer-nya bejibun).
Saya sampai berkhayal Wattpad dilengkapi dengan semacam tools yang akan otomatis menolak naskah yang akan dipublikasikan di Wattpad jika terdeteksi memplagiat. 


Novel-Novel  yang Diplagiat di Wattpad

Berikut ini judul-judul novel (lengkap dengan nama penulis asli, penerbit, dan tahun terbit) yang diplagiat di Wattpad. Jumlah ini saya yakin hanya puncak gunung es. Banyak yang belum terungkap. 

Karya saya dan putri saya yang diplagiat di Wattpad (yang sudah ketahuan).
  • Novel Ailurofil  karya Triani Retno A, diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2016,  diplagiat oleh akun nadillahmanik.

  • Novel Ailurofil ini juga diketik ulang oleh akun Ranirhiana_707. Lengkap dengan memajang kaver aslinya.

Novel  yang Diplagiat di Wattpad
  • Novel Limit karya Triani Retno A, diterbitkan Kepustakaan Populer Gramedia tahun 2014, diplagiat oleh akun Grinstea. Di awal katanya hanya terinspirasi. Tapi saya baca sampai akhir ternyata banyak adegan yang plek ketiplek sama dengan novel Limit.
  • Novel It’s Not A Dream karya Triani Retno A, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, diplagiat oleh akun alikafathul14. Ia mengganti nama Fayya Narita menjadi Jessica, Kriesta diganti jadi Chelsea, Elvin menjadi Kevin, Kenzie jadi Zellen, dan SMA 74 Bandung jadi SMA 10 Bandung. Jalan cerita dan dialog sama persis.
  • Novel Fantasteen: Death Song karya Sarah Ann, diterbitkan oleh Dar! Mizan tahun 2017 diplagiat oleh akun tayora28. Di bawah cerita itu ia menulis peringatan: “Jangan copas, cape nulisnya”. 
Novel  yang Diplagiat di Wattpad
Si plagiator melarang pembaca  meng-copas cerita yang diketiknya.
Seperti maling berkata, "Hei, jangan maling!"
 
  • Cerpen “Cinta dalam Sepotong Kue Gosong” karya Triani Retno A yang dimuat di majalah Say no.06/Mei 2010 kemudian dibukukan dalam Siapa Mau Jadi Pacarku (Penerbit Andi, tahun 2013) diplagiat plek ketiplek oleh akun taridewiyanti. Di ujung cerita, ia mencantumkan pernyataan: “Maaf kalo ada salah kata atau apa lah karena ini cerita yang pertama”.

Berikut ini novel karya teman-teman yang juga diplagiat atau diketik ulang di Wattpad.
  • Novel Kokeshi karya Vina Sri. (Metamind, Tiga Serangkai) diplagiat oleh akun Banniongzz
  • Novel Lho Kembar Kok Beda Netty Virgiantini karya (Penerbit Gramedia Pustaka Utama) diplagiat oleh akun zahra_shafiyah_
  • Novel Yamaniwa karya Netty Virgiantini (Penerbit Gramedia Pustaka Utama) diketik ulang olehakun  Dindall.
  • Novel Summer Triangle karya Hara Hope (Penerbit Gramedia Pustaka Utama) juga diplagiat.
  • Novel My Partners karya Retni SB Penerbit Gramedia Pustaka Utama) juga diplagiat.
  • Novel Pendamping Hatiku karya Nyi Penengah Dewanti. (Penerbit Rumah Oranye tahun 2013) diplagiat oleh akun kasih_amanda13.
  • Novel Mantan Terindah karya Zahara Putri. (Penerbit Euthenia tahun 2015) diplagiat oleh akun IyfaFAa.
  • Novel Hantu Galau karya Mpok Mercy Sitanggang (Penerbit Zettu tahun 2012) diplagiat oleh akun Kinantiadmaja.
  • Novel Janji Pelangi  karya Fahrul Khakim (Penerbit Bhuana Sastra tahun 2017) diplagiat oleh akun nasywaiftina.
  • Novel Cool Boy karya Ainun Nufus (Penerbit Grasindo tahun 2017) diplagiat oleh akun carlygibert.


Baca Juga:
Masalah yang Dihadapi Penulis.
Tips Mengenali Buku Bajakan.


Berkaryalah dengan jujur. STOP MEMPLAGIAT! #AntiPlagiat

Mari #LawanPlagiat



Salam,



Triani Retno A

Penulis, Editor, Blogger

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter