Keahlian dan Tips Untuk Memulai Kerja Freelance Online



kerja freelance online dari rumah


Tips Kerja Freelance Online

Ingin memulai kerja freelance online, tetapi bagaimana cara memulainya? Ada nggak tips untuk memulai kerja freelance online?

Mungkin pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan umum siapa pun yang tertarik untuk terjun di dunia kerja freelance online.

Seperti bekerja pada umumnya, jika ingin menekuni pekerjaan freelance online harus mempersiapkan hard skill maupun soft skill.

Terkait keuangan pekerja freelance, pernah saya tuliskan di sini:

 

Hard Skill

Hard skill atau keahlian teknis yang diperlukan dalam pekerjaan online sangat luas. Tapi lebih banyak berkutat di pekerjaan yang berhubungan dengan internet. Beberapa pekerjaan yang dibutuhkan di kerja freelance online:

  • Programmer
  • Desain grafis
  • Digital Marketing
  • Penulis
  • Virtual Assistant
  • Translator
  • Guru les online

Masing-masing profesi di atas pun sangat luas cakupannya. Untuk menjadi stand out dari freelancer lain, tekuni salah satu bidang dari profesi di atas dengan baik.

Misalnya untuk profesi programmer, bisa ahli program python atau programmer full-stack.

Demikian juga dengan Digital Marketing yang sangat luas cakupannya. Ada Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan Social Media Marketing (SMM) yang masing-masing sangat berbeda pola dan cara kerjanya.

Jadi setiap keahlian harus diperdalam hingga ahli dalam salah satunya, bukan dalam bidangnya secara luas.

Untuk bekerja sebagai penulis freelance, bisa dibaca di sini:

 

Soft Skill

Seperti halnya bekerja di perusahaan, soft skill sangat diperlukan dalam kerja freelance online.

Bekerja freelance memang menuntut kita mampu bekerja sendiri tanpa pengawasan dari atasan. Tapi kita tetap harus memiliki kemampuan berkomunikasi untuk meyakinkan calon klien bahwa kita bisa menyelesaikan project sesuai kesepakatan.

Tanpa kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan memahami permintaan klien, akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan online.

Apabila ingin bisa bekerja di situs platform freelance luar negeri, maka kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris harus diasah dengan baik. Dalam hal ini, berkomunikasi dengan chat, email, atau video call.

Untuk belajar melancarkan komunikasi bahasa Inggris dengan cara murah bisa dengan berbagai macam cara gratis.

Paling mudah dengan menonton tayangan berita dalam bahasa Inggris di Youtube dan mengaktifkan teks otomatisnya.

Selain itu bisa juga dengan membaca novel Inggris online, karena bahasanya mudah dan menyenangkan. Bergabung dengan komunitas online juga bisa dilakukan karena biasanya ada sesi English speaking gratis.

Tips kerja freelance online
Freelancer tetap harus menerapkan disiplin kerja.


Situs Platform Freelance

Meskipun bekerja freelance online tidak harus melalui situs freelance, tetapi ini adalah yang paling terjamin secara keamanan finansial.

Di situs freelance, pembayaran akan terjamin setelah pekerjaan selesai. Meski bisa terjadi masalah, tetapi ada penjaminnya, yaitu situs freelance tersebut.

Beberapa situs platform yang bisa dicoba nih:

1. Upwork

Hampir semua bidang keahlian bisa diterima sebagai freelance di Upwork. Di sisi lain, banyak perusahaan besar seperti Google, Canva, dan Indeed yang menggunakan Upwork untuk mencari pekerja remote-nya.

2. Fiverr

Bila Upwork berfokus pada pekerjaan yang ditawarkan klien, maka Fiverr berfokus pada penjual jasa yang menawarkan paket jasanya dengan bandrol dengan harga tertentu. Hampir semua bidang juga diterima di sini.

3. Toptal

Berbeda dengan 2 platform sebelumnya, Toptal hanya menerima freelance di bidang desain grafis dan programming. Selain itu, tidak semua freelance bisa mendaftar, harus sudah mencapai level keahlian tertentu yang ditentukan oleh Toptal.

4. Freelancer 

Situs Freelancer hampir sama dengan Upwork. Bedanya, tidak ada seleksi untuk calon freelancer yang mendaftar di Freelancer. Di Upwork apabila sudah banyak freelancer di bidang tersebut atau pengalamannya masih kurang, tidak akan diterima. Berbeda di freelancer, semuanya diterima, Jadi persaingan lebih besar, kemungkinan scam dan spam juga lebih besar.

 

Tips Persiapan Sebagai Freelancer

Sebelum mendaftar sebagai freelance di situs-situs platform di atas, sebaiknya seorang calon freelancer mempersiapkan diri dengan baik.

tips kerja freelance online
Mengasah skill untuk meningkatkan daya saing.


Berikut ini beberapa persiapan yang bisa dilakukan. 

1. Mengasah Hard Skill dan Soft Skill

Memperdalam ilmu adalah wajib untuk seorang freelancer karena persaingan dengan banyak calon freelancer dari banyak negara. Agar mendapat proyek dari klien, harus mempunyai keahlian lebih dibandingkan freelancer lain.

 

2. Membuat Portofolio

Untuk keahlian yang membutuhkan portofolio, sebaiknya kumpulkan portofolio kerja sebaik mungkin.

Portofolio saya sendiri bisa dilihat di Rekam Jejak di Dunia Menulis.


3. Pelajari Platform yang Dituju

Setiap platform situs freelance mempunyai cara kerja yang berbeda. Freelancer yang ingin mendaftar di situs freelance tertentu sebaiknya mempelajari cara kerja situsnya. Dengan mengetahui seluk beluk situsnya, kemungkinan untuk mendapat proyek juga lebih besar.

 

4. Siapkan Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup tidak penting untuk pekerja freelance senior. Para senior freelance cukup menunjukkan history pekerjaannya di situs platform tersebut. Lain halnya untuk calon freelancer yang belum ada rating maupun contoh kerja di platform tersebut, daftar riwayat hidup menjadi penting.

Cukup membuat daftar riwayat hidup singkat berisi pengalaman dan skill. Buatlah daftar riwayat hidup yang menarik dengan template gratis di internet, seperti template daftar riwayat hidup dari Canva.

 

5. Gabung Komunitas Pekerja Freelance Online

Di Indonesia, ada banyak komunitas pekerja freelance online. Bila memungkinkan, bergabunglah dengan komunitas pekerja freelance di platform freelance yang akan diikuti. Bertanya bila ada kesulitan, tetapi sebelum bertanya pastikan sudah mempelajari situs yang akan diikuti.



Sumber Foto:
1. https://firstsiteguide.com/wp-content/uploads/2020/03/freelance-main-img-640x400.jpg
2. https://www.freepik.com/free-vector/startup-life-concept-illustration_7117748.htm#page=1&query=Illustrations&position=7
3. https://www.freepik.com/free-vector/online-courses-tutorials_7974238.htm#page=1&query=Illustrations&position=45

1 comment

  1. Penting memang mempersiapkan skill baik soft atau pun hard. Ada sebagian yang resign dari pekerjaan kantoran yang memilih freelancer padahal belum menganalisa kemampuan dirinya. Alhasil jadi luntang-lantung

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, link hidup di kolom komentar dan broken link akan dihapus :)