Belanja Buku Pakai Promo Google Play

penulis buku anak

“Enak ya jadi penulis buku anak kayak kamu, No. Bukunya tipis. Nggak perlu riset kayak aku. Tinggal berimajinasi.”

Komentar itu saya tanggapi dengan tertawa. Jadi ingat, saya perlu buku untuk referensi buku anak yang akan saya tulis. Mumpung lagi ada promo Google Play, nih.

Bukan baru sekali kalimat seperti sampai pada saya. Anggapan bahwa menulis buku anak itu gampang banget. Kenyataannya gimana?

 

Menulis Cerita Anak

Bertahun-tahun sebelum menulis cerita anak, saya lebih dahulu menulis cerita pendek remaja di berbagai majalah, artikel populer, dan artikel ilmiah.

Dengan latar belakang seperti itu, wajar jika pemimpin redaksi sebuah majalah anak-anak di Jakarta pernah menatap saya dengan kening berkerut.

“Anda yakin bisa menulis untuk anak-anak? Latar belakang Anda tidak mendukung.”

Pantang ditantang, saya pede saja menjawab, “Bisa.”

Iya, bisa. Tapi jumpalitan nulisnya. Hehe…. Bayangkan saja, tema serius seperti “korupsi” mesti ditulis dalam bahasa, usia, dan pemahaman anak-anak. Selain itu, tak boleh ada kalimat menggurui.

Keraguan beliau berhasil saya patahkan. Dalam waktu satu tahun, dongeng dan cerpen anak yang saya tulis bermunculan di majalah Bobo, Orbit, dan Aku Anak Saleh. Beberapa tahun kemudian buku-buku anak pun terbit.

Buku anak
Beberapa buku anak karya saya.

 

Menulis Butuh Membaca

Menulis cerita anak sebenarnya sama saja seperti menulis jenis bacaan lain untuk segmen pembaca yang lain.

Untuk menulis buku yang bergizi, seorang penulis tetap harus banyak membaca. Jika diperlukan, tetap melakukan riset dan wawancara.

Simpelnya, kalau kepala si penulis nggak ada isinya, apa yang akan dikeluarkan dari sana?

Seperti teko. Kalau nggak pernah diisi, masa sih bisa mengeluarkan air untuk diminum?

Buku yang dijadikan referensi pun sering tak kalah serius dan tebalnya dibandingkan buku yang dibaca oleh penulis artikel ilmiah.

Buku Referensi

Mencari buku untuk referensi menulis ini yang gampang-gampang susah. Capek juga kalau berkeliling toko buku. Beli di marketplace pun saya beberapa kali mendapat harapan palsu.

Buku yang katanya ready stock tak kunjung dikirim. Pernah tiba-tiba dibatalkan dengan alasan buku sudah habis. Padahal saya butuh buku itu as soon as possible karena sudah dikejar-kejar oleh editor.

Akhirnya saya bergeser ke Google Play. Mencari-cari e-book yang di sana. Senangnya lagi, ada promo Google Play yang bisa saya pakai.

Beli E-Book di Google Play

Sekarang belanja buku di Google Play jadi semakin mudah. Nggak punya kartu kredit atau kartu debit? Tetap bisa, kok.

Caranya dengan mengaktivasi GoPay sebagai metode pembayaran. Cara aktivasinya pun gampang. Bisa selesai dalam hitungan menit saja.

Begini cara mudah mengaktivasi akun GoPay di Google Play.

1. Buka Google Play.

2. Klik tanda garis tiga di pojok kiri atas.

3. Pilih “Metode Pembayaran”, lalu klik.

pembayaran di google play
Cara mengaktifkan metode pembayaran.


4.  Setelah muncul pilihan metode pembayaran, klik “Tambahkan GoPay”.


GoPay di Google Play
Menambahkan GoPay di Google Play


5. Sistem akan melakukan verifikasi akun GoPay.

6. Setelah verifikasi selesai, “GoPay” akan tercantum sebagai metode pembayaran yang kita pilih.

Aktivasi GoPay
GoPay sudah diaktivasi.

 

Selesai, deh. Kalau saldo dalam dompet GoPay kita cukup, kita bisa langsung membeli e-book di Google Play.

 

Cara Membeli Buku di Google Play

Yang menyenangkan, membeli buku di Google Play ini mudah banget. Oya, sebelumnya pastikan Google Play Book sudah terpasang di hape, ya.

1. Masuk ke Google Play. Setelah itu klik garis tiga di bagian kiri atas layar hp.

Google Play Book
Aktifkan Google Play Book.


2. Kalau melihat kupon promo Google Play, langsung saja klaim. Diskonnya langsung dihitung ketika kita check out. Selain itu ada juga promo cashback.

Promo diskon

Banyak promo, loh.

3. Di kolom search ketik judul buku yang ingin kita beli. Kalau belum tahu judulnya, ketik saja nama pengarang atau subjek bukunya. Di setiap buku ada halaman contoh gratis. Lihat-lihat saja dulu sebelum membeli.

cari buku elektronik
Cara mudah mencari buku di Google Play Book.


4. Kalau sudah fix, langsung saja check out. Buku yang kita beli dibayar menggunakan saldo GoPay. Selesai deh.

GoPay untuk beli ebook
Tinggal bayar pakai GoPay, deh.


5. Buku yang kita beli tadi tersimpan di Koleksi. Kapan pun ingin membacanya, tinggal kita klik.  

Koleksi ebook
Bisa dibaca kapan pun dan ringan dibawa ke mana-mana.


Banyak Keuntungan  

Banyak keuntungan yang kita dapat dengan membeli buku di Google Play.

1. Buku terjamin legal.

Semua e-book yang dijual di Google Play ini legal alias bukan bajakan.

 

2. Tampilan halaman.

Tampilan halaman e-book di Google Play ini tak ubahnya buku cetak. Tulisannya pun terbaca jelas. Setiap selesai membaca satu halaman, kita tinggal membuka halaman berikutnya.

 

3. Banyak pilihan.

Ada sangat banyak buku yang bisa kita pilih di Google Play. Tak sempat skral-skrol? Gampang. Tinggal ketik apa yang kita cari di kolom search.

 

3. Pembayaran mudah.

Pembayaran mudah banget karena bisa menggunakan GoPay. Dalam hitungan detik sudah selesai.

 

4. Harga lebih murah.

Mencari buku murah? Harga buku-buku di Google Play lebih murah daripada di tempat lain. Bahkan nggak sedikit yang bisa dibaca gratis.

Kelebihan ebook
Asik banget kan beli ebook di sini?
 

5. Ada promo diskon.

Udah harganya murah, eh masih ada promo Google Play pula. Seperti buku Sirah Nabawiyah yang saya beli ini.

Harga normalnya Rp 107.800. Didiskon menjadi Rp 73.304. Eh … ada promo diskon pula sebesar Rp 40.000 untuk pembelian minimal Rp 70.000.

Buku yang saya beli memenuhi syarat pembelian minimal. Jadi saya cukup membayar Rp 33.304 untuk buku Sirah Nabawiyah setebal 792 halaman ini.

6.  Buku langsung dapat dibaca.

Dalam hitungan detik setelah melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay, kita bisa membaca buku yang dibeli.

Sebagai penulis buku, saya senang sekali bisa mendapatkan buku referensi yang saya butuhkan dengan harga hemat karena ada promo GooglePlay.

Sekarang waktunya saya melahap isi buku ini untuk memperkaya tulisan saya. Tulisan untuk anak-anak Indonesia.


Salam,

Triani Retno A

27 komentar

  1. Belanja buku pakai promo Google Play.

    BalasHapus
  2. Keren sekali Kakakkkkk, prestasinya udah banyak di dunia tulis menulis. Sukses terus ya dan semoga karyanya semakin banyak dan selalu best seller.

    Ternyata kita bisa transaksi di Google Play pake Gopay ya? Jadi tambah mudah aja ya...

    Nice Post 👌

    BalasHapus
  3. Lengkap banget tutorial membeli buku lewat google play kak terimakasih :) , dan setau aku tak ada yang mudah menjadi penulis, mau buku anak atau remaja karena semua membutuhkan ide. namun ketika sekali berhasil menerbitkan buku biasanya jadi semangat aja tuh nulis lagi...heheh

    BalasHapus
  4. waaah menarik nih kak belanja buku bisa pakai promo dari google play
    ada buku yang pengen banget aku beli. tp yg fisiknya masih kosong, cuma ada ebook aja

    BalasHapus
  5. Aku mau belajar nulis buku anak dunk mbak. Hehe.
    Mau roduktif lagi setelah sekian lama vakum. Hmm... diawali dengan membaca buku dulu ya berarti.

    Aku belum pernah sih belanja buku di google play store, jadi penasaran untuk mencoba juga.

    BalasHapus
  6. promo diskonnya lumayan juga ya kak, apalagi bukunya tersimpan di smartphone jadi bisa dibaca dimana saja dan kapan saja saat ada waktu luang. kece nih

    BalasHapus
  7. Tutorial buat beli buku di Google Play ternyata mudah ya, terbantu sekali dengan membaca blog ini. Terima kasih

    BalasHapus
  8. Memang banyak orang beranggapan, kalau menulis cerita anak itu mudah ya, Mbak Eno. Soalnya kan, jumlah katanya ga banyak. Tapi justru semakin sedikit kata, semakin susah hehehe.
    Makanya perlu sekali buku-buku referensi saat menulis. dan bagusnya sekarang kita dipermudah ya, Mbak. Butuh buku, beli saja di goohle play store, bisa bayar pakai gopay lagi.

    BalasHapus
  9. Inilah sekian banyak dari alasan aku senang isi saldo GoPay atau mau dibatar pakai GoPay kalau ada job nulis. Beberapa kali aku beli buku pakai GPlay dan happy banget. Bisa dibaca sambil santai kalau lagi jalan jalan. Nggak perlu bawa buku fisiknya. Hihi

    BalasHapus
  10. Wah saya baru tau kalo bisa belanja e book di Google Play. Selama ini buka Google Play cuma untuk unduh aplikasi. Ternyata banyak fitur menarik lainnya ya

    BalasHapus
  11. Saya kalo berurusan dengan Google Play juga pake GoPay. Udah beberapa kali lho saya beli buku online di google book. Caranya mudah, pilihannya buanyaaakkkk..

    BalasHapus
  12. Patut dicoba nih beli buku di Google Play. Kemarin ini baru scroll-scroll aja milih-milih buku. Makasih nih ada penjelasan langkah-langkah belanja buku...sip...

    BalasHapus
  13. Nah aku pernah tuh mbak, dapat info dari Nings Blogger Surabaya. Waktu itu promo buku 1 rupiah apa ya di google play.

    Eh, pas mau bayar, ternyata metode pembayarannya harus pakai kartu visa atau mastercard. Yawes, gagal. Padahal banyak banget yang mau di checkout 😤

    BalasHapus
  14. Nah aku pernah tuh mbak, dapat info dari Nings Blogger Surabaya. Waktu itu promo buku 1 rupiah apa ya di google play.

    Eh, pas mau bayar, ternyata metode pembayarannya harus pakai kartu visa atau mastercard. Yawes, gagal. Padahal banyak banget yang mau di checkout 😤

    BalasHapus
  15. Haha, aku ikut ngakak Teh pas ada komen soal riset yang ga perlu buat buku anak. Buku apa pun menurutku ya mesti diawali dengan riset, sumber apa pun akan sangat memperkaya konten dan perspektif naskah kita nantinya. Belakangan aku maju mundur nerbitin buku puisi karena referensi soal rayap belum sepenuhnya utuh. Ada satu buku asing yang bahas dengan lumayan lengkap tapi harganya hampir 500k, haha. Alamat deh mengkeret. Aku kadang ya ngintip Google Books, Teh. Beneran banyak buku bagus di sana, tapi baru unduh yang gratisan sih. Makasih ya infonya, lengkap plus langkah-langkah praktis. Memang lebih murah sih bukunya, kebetulan aku mengandalkan GoPay banget.

    BalasHapus
  16. Zaman aku kecil dulu kirain kalau buku anak itu yang nulis anak-anak ternyata gak. Dengan banyak membaca makan banyak ilmu & busa ditungkan ke dalam tulisan ya mbak. Aku baru tau mbak Eno juga menulis buku anak.
    Sekarng enak sih ya kalau butuh bacaan bisa lewat e-bppk belinya di Google Play praktis pula

    BalasHapus
  17. Iya nih, seneng banget sekarang belanja di gplay bisa pake gopay. Hihi. Lebih mudah dan lebih simpel yaaa.. Makin gampang bayarnya, makin semangat beli belinya deh iniiii.. hihi

    BalasHapus
  18. Aku suka salut sama para penulis buku anak. Pasti tetep butuh buku referensi jg ya.
    Ternyata sekarang praktis ya bisa beli ebook di Google play. Aku blm pernah coba tuh Mbak. Makasih sharingnya

    BalasHapus
  19. Kadang saya lebih memilih beli buku di Google Play. Alasannya biar lebih cepet aja bisa bacanya, hehehe. Kalau beli buku fisik, mau cepat ya harus langsung ke toko buku, dan terkadang bukunya gak tersedia di toko. Kalau mau online ya bisa beberapa hari, belum lagi bukunya belum tentu asli.
    Apalagi kalau ada promo seperti ini, wah semakin memilih untuk beli di Google Play aja deh

    BalasHapus
  20. Setuju banget mbak sama istilah, sebagai penulis kita tetap harus banyak membaca, dan juga perumpamaan dengan teko tersebut.
    Aku belum pernah nyobain sih mbak beli e-book di Google Play. Tapi aku coba liat liat deh, kali aja ada yg ingin kubaca nih e-book nya

    BalasHapus
  21. Saya jarang membeli sesuatu di google play, apalagi membeli buku.. game saja saya tidak pernah hehe

    BalasHapus
  22. waaa aasyik nih bisa pakai GoPay di google play, apalagi kalau beli e book ada diskonnya ya langsung deh auto ijo hihi

    BalasHapus
  23. Selama ini saya belum pernah beli apa-apa di Google Play. Alasannya ya itu, kirain cuma bisa transaksi pakai kartu kredit. Ternyata sekarang udah bisa pakai Gopay yaa, praktis~

    BalasHapus
  24. Adanya Gopay ini memang bantu banget kok, promonya banyak dan emang menguntungkan banget. Selain jajan buku, masih banyak sih aku jajan yang lain pakai Gopay. Banyak aplikasi bagus-bagus juga yang bisa pakai Gopay dan dapat diskon pula.

    BalasHapus
  25. aku juga kepengen belajar menulis cerita anak, mbak
    btw beli bukuku di google books juga dong hehe
    ada beberapa judul kayaknya

    BalasHapus
  26. Sejak google play pembayaran lewat pulsa agak susah dan bisa lewat gopay, aku jg tiap purchase lewat gopay sih baik apps maupun koin webtoon hihi

    BalasHapus
  27. Hallo kak. Promo di google play book biasanya sering muncul kapan? Apa di hari-hari tertentu?

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.