Kyla, Bukan Princess Biasa

Novel anak Princess Badung

Princess Badung

Kyla yang lincah dan tak bisa diam diminta menjadi patah alias putri pengipas pengantin. Untuk itu, ia didandani menjadi Princess Jawa kecil. Wow! Kyla senang sekali. 

Namun, masalah muncul ketika Kyla hendak buang air kecil. Saking buru-burunya, sanggul Kyla copot. Kain panjangnya pun berantakan. Gara-gara kejadian itu, Kyla dijuluki sebagai Princess Badung.

Julukan itu membuat Kyla kesal.
“Aku harus memulihkan nama baikku,” tekad Kyla dalam hati. (halaman 13)

Namun, ternyata memulihkan nama baik” itu tak mudah bagi Kyla. Ketika belajar menari Jawa saja ia malah gendong-gendongan dengan sahabatnya hingga sampurnya sobek.

Namun, bukan Kyla kalau menyerah begitu saja. Kyla terus berusaha. Ia bertekad membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi seorang princess yang bukan princess badung. Berhasilkah usaha Kyla?

Yang unik dari novel ini adalah dimasukkannya unsur budaya Jawa. Novel ini tak hanya menghibur, tetapi juga membawa pembacanya mengenal kesenian tradisional Indonesia, khususnya tarian Jawa.


Novel Anak Rekomendasi

Saya sudah lama mengenal nama Veronica W sebagai penulis cerita anak. Namun, saya baru benar-benar jatuh cinta pada karyanya ketika membaca novel Nasi Goreng Meledak

Dari situ saya mulai mengejar novel-novelnya yang lain, seperti Me & Lionel Messi dan Princess Badung.

Nasi Goreng Meledak
Novel-novel lain karya Veronica W koleksi saya eh anak saya 


Kata “princess”, tari Jawa, dan cover yang menggambarkan anak-anak perempuan mengenakan sampur memang sempat membuat saya ragu-ragu. 

Well, saya bukan penikmat cerita putri-putrian ala Cinderella. Namun, saya tetap membeli buku ini berbekal blurb di cover belakang dan keyakinan bahwa cerita princess di tangan Veronica W pasti akan berbeda. Pilihan saya tidak salah. Dua jempol buat saya. #Eh :D

Novel ini cocok untuk anak-anak SD. Dari isi cerita, cover, ukuran huruf, hingga ilustrasi di bagian dalam. Bagus, nih, kalau dikoleksi oleh perpustakaan sekolah. 

Mari kita patahkan anggapan (sebagian guru) bahwa membaca novel adalah sebuah kesia-siaan. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari novel ini. Pelajaran yang disampaikan tanpa menggurui.


Judul        : Princess Badung
Penulis     : Veronica W
Penerbit   : Tiga Ananda, 2013
Tebal        : 64 halaman
Harga       : Rp22.000

Salam, 
Triani Retno A
www.trianiretno.com
***

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.