10 May 2018

Tips Memilih Tas Anak Sekolah, Bukan Asal Keren


Tips Memilih Tas Anak Sekolah, Bukan Asal Keren


Tips Memilih Tas Anak Sekolah

Pernah kalap nggak ketika melihat tas anak sekolah yang dijual di toko-toko? Nggak? Yaah… kok nggak, sih? Saya mah sering.

Hehe… Gitu, deh. Saya sering nggak tahan untuk nggak berkomentar, “Keren banget tasnyaaa…” ketika melihat tas-tas sekolah. Betah deh mengamati satu per satu.


Tas Sekolah Saya Dulu

Mungkiiiin… ini semacam dendam masa lalu. Zaman sekolah, saya nggak pernah punya tas cantik-cantik. 

Tas sekolah saya biasanya lungsuran dari kakak-kakak (nasib anak bungsu) atau malah tas jatah ortu yang dua-duanya tentara.  

Tas jatah itu keren juga sih. Berbentuk ransel atau tas selempang. Warna dan motifnya ya…khas tentara. 

Jadilah saya berpenampilan kontras. Secara fisik girlie banget lengkap dengan rambut ekor kuda berpita cantik tapi menyandang ransel belel atau tas loreng yang gagah. Hehe…. 

Setelah punya anak, rasanya pengen balas dendam dengan membelikan mereka tas anak sekolah yang cantik, trendi, dan kekinian. 

Pengennya begitu siiih. Tapiii… seringnya tidak jadi beli. Sering saya sukaaa banget sama sebuah tas anak sekolah dan berusaha memengaruhi mereka. Eh, jawaban mereka malah begini,

“Ya udah, Mami aja yang pake.”
“Aku nggak suka, Mi. Beda selera boleh, kan?”

Astaga! Tiba-tiba saya merasa kalah dewasa dibandingkan mereka.

Meski anak-anak nggak peduli tren, bukan berarti urusan membeli tas anak sekolah selesai semudah itu. 

Yah, namanya juga anak-anak. Kadang-kadang yang mereka inginkan nggak sesuai dengan kebutuhan. 

Dan saya, namanya juga orangtua. Kadang-kadang yang saya pilihkan nggak sesuai dengan keinginan mereka. Hehe… Solusinya memang harus rembukan dulu sampai tercapai kesepakatan.


Tips Cermat Memilih Tas Anak Sekolah

Berikut ini sedikit tips dari saya dalam memilih tas anak sekolah.

1. Bahan tas.
Ada bermacam-macam bahan tas anak sekolah. Yang paling umum adalah kain, kulit, dan parasut. Meski sama-sama terbuat dari kain, kulit, atau parasut, ketebalannya beda-beda. 

Sebaiknya pilih tas anak sekolah yang bahannya kuat, cukup tebal, dan tidak mudah robek.


2. Ukuran tas.
Sesuaikan ukuran tas dengan kebutuhan ukuran tubuh anak.
Kebutuhannya jelas, buat dipakai ke sekolah. Artinya, untuk membawa buku-buku dan alat tulis. Tak cocok jika memilih yang semungil tas untuk jalan-jalan. 

Ukuran tas anak sekolah yang terlalu kecil bisa membuat buku-buku yang harus dibawa tak cukup dimasukkan ke tas. 

Repot kalau nanti harus membawa buku-buku di luar tas. Risiko ketinggalan dan hilang juga jadi lebih besar, kan?

Sebaliknya, ukuran tas yang terlalu besar akan menyulitkan anak membawanya. 

Ukuran besar juga bisa membuat anak tergoda memasukkan barang-barang yang sebenarnya tak diperlukan. Alhasil, bebannya akan jadi lebih berat.

Padahal, yang berat-berat kan sebaiknya kita serahkan aja pada Dilan.  


3. Model tas.
Tas anak sekolah model koper sepertinya sudah tertinggal jauh di belakang. Hayo, siapa yang pernah mengalami punya tas sekolah model koper seorang direktur perusahaan? Hehe….

Pilihannya sekarang adalah tas selempang dan tas ransel. Mau yang mana?
Dokter, sih, menganjurkan tas model ransel. Tas model ini membuat beban yang harus dibawa tersebar merata. 

Membagi beban ke dua bahu (pada tas ransel) akan lebih baik daripada menumpukannya pada satu bahu (pada tas selempang).

Tips Memilih Tas Anak Sekolah, Bukan Asal Keren


4. Kepraktisan.
Pilih yang praktis tapi aman. Bisa ditutup dengan rapat sehingga barang-barang tidak mudah berjatuhan. 

Ada tidaknya kantong kecil di luar dan kantong samping untuk menyimpan botol minum juga menjadi perhatian saya. 

Menaruh botol minum di dalam tas jelas tidak pratis dan berisiko membasahi buku-buku di dalam tas.


5. Kenyamanan.
Pastikan anak nyaman memakai tas sekolahnya. Jangan sampai model tasnya keren tapi anak yang memakainya merasa tidak nyaman.

Salah satu yang bisa menghilangkan kenyamanan adalah tali tas yang terlalu kecil dan atau keras sehingga membuat bahu terasa sakit.


6. Usia anak.
Pilih tas yang sesuai dengan usia anak. Secara tidak langsung, hal tersebut bisa membuat anak merasa lebih percaya diri saat bersama teman-temannya. 

Kebayang kan kalau tas sekolah yang dipakai anak kita modelnya seperti tas tante-tante?


7. Harga.
Harga mahal pasti berkualitas tinggi? Biasanya benar. Namun, tak perlulah memaksa membeli yang mahal. Yang penting sesuai dengan kebutuhan.


Isinya Buku atau Batu Bata?

Beberapa kali saya bertanya begitu pada anak-anak. Bukan rahasia lagi kan, anak anak sekolah sekarang harus membawa banyak buku dalam sehari. Buku paket, buku LKS, buku catatan, buku PR. Kadang-kadang plus membawa laptop pula. Otomatis itu berpengaruh pada berat.

Sehatkah membawa beban berat setiap hari?
Jelas tidak.

Idealnya, berat beban yang dibawa di dalam tas adalah 10 persen dari berat badan anak.

Misalnya berat badan anak 25 kg. Secara teori, demi kesehatan berat isi tasnya tak boleh lebih dari 2,5 kg. 

Tapi nyatanya, kadang-kadang buku yang harus dibawa beratnya lebih dari 10 persen berat tubuh anak. 

Beban yang terlalu berat ini bisa membuat punggung sakit. Akan semakin berbahaya dampaknya jika berlangsung lama.   
***

Nah, begitu 7 tips  memilih tas anak sekolah ala saya. Semoga bermanfaat 😊


Salam,

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
 


Previous
« Prev Post

Related Posts

Tips Memilih Tas Anak Sekolah, Bukan Asal Keren
4/ 5
Oleh

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)