Sehat, Nikmat yang Luar Biasa

 

sehat di masa pandemi

Bulan Desember selalu istimewa bagi saya. Iya, betul. Setiap akhir Desember bilangan tahun usia saya berubah.

Bukan kebetulan, di beberapa Desember saya jatuh sakit. Mungkin karena cuaca bulan Desember yang sering ekstrem.

Mungkin juga karena sebagai freelancer, pekerjaan sering berdatangan pada akhir tahun.

Masa nolak pekerjaan sih? Alhasil, begadang bermalam-malam pun menjadi keseharian saya.

 

Demam Desember

Di sebuah Desember, saya pernah sampai opname di rumah sakit karena tifus. Plus demam hingga 40 derajat Celcius.

Saya pikir itu sudah rekor demam saya. Tapi ternyata beberapa tahun kemudian Allah ngasih rekor baru buat saya. Demam 41’C. Masya Allah rasanya. Amit-amit, jangan sampai terjadi lagi.

Desember tujuh tahun lalu lagi-lagi saya terkapar karena tifus. Dokter menyuruh saya istirahat total satu bulan.

Tapi saya sudah telanjur ada jadwal promo buku. Atas nama tanggung jawab, belum juga sebulan saya sudah pergi-pergi. Tubuh masih gemetar dan berkeringat dingin. Lambung pun masih nyeri hingga berdiri tegak saja tak sanggup.

Promo buku
Tahun 2013. Saya sedang sakit tifus ketika melakukan promo buku ini. Tangan kiri pegang buku, tangan kanan menekan perut yang sakit.. 


Hasilnya? Si tifus mengamuk lagi. Dan saya dimarahi dokter. “Ibu tahu kan, kalau sakit tifus itu harus banyak istirahat biar benar-benar pulih. Atau opname saja, Bu?”

Saya menggeleng. Kapok. Saya memilih patuh saja. 

 

Kenapa Membandel?

Sebenarnya bukan bandel. Saya mah baik hati, penyayang, gemar menabung, dan nggak suka makan asem pedas.

Masalahnya, saya tulang punggung keluarga. Iya, saya single parent. Ada dua anak yang menjadi tanggung jawab saya. Mendidik, mengasuh, membiayai mereka mesti saya lakukan sendiri.

Itu sebabnya saya kerja seperti tak kenal waktu. Pekerjaan apa pun yang berhubungan dengan menulis dan menyunting naskah saya ambil.

Tapi belajar dari pengalaman sakit kala itu, saya lebih hati-hati. Begadang sudah saya coret dari kebiasaan hidup saya.

“Woy, begadang tuh bukan mainan orang tua kayak kita,” ujar seorang teman. “Jaga kesehatan! Mahal banget tuh harganya.”

“Tua? Lu doang kali yang tua. Gue mah awet muda!” Saya tertawa. Tapi saya tahu, dia benar. Harga kesehatan sangatlah mahal.

 

Pandemi Datang

Stres bisa melemahkan imunitas tubuh. Begitu kata para ahli kesehatan. Dan imunitas yang lemah menjadi sasaran empuk virus corona.

Saya sepakat. Tubuh saya sudah berkali-kali membuktikan. Tiap kali stres, kondisi kesehatan saya langsung drop.

Bukannya mau mengundang stres kalau kemudian saya lumayan rajin menyimak informasi tentang corona. Ketahui penyebabnya, lalu antisipasi. Sesimpel itu prinsip saya.

Luar biasa mahal biaya pengobatan kalau sampai positif corona. Apalagi bagi saya yang beli minyak goreng aja bisa lama karena membanding-bandingkan harganya.

Jadi, yang paling baik adalah menjaga kesehatan. Lebih-lebih karena saya nggak mungkin diam di rumah terus.

Beberapa bulan di awal pandemi sih masih bertahan dengan dana cadangan. Tapi dana cadangan ditarik terus tanpa pemasukan, lama-lama ya habis juga.

Sebagian pekerjaan memang bisa saya lakukan secara online. Tapi ada kalanya saya harus ke luar rumah juga untuk bekerja. Untuk itu, harus dipastikan saya dalam kondisi sehat

 

Jaga Kesehatan

Saya akui, tak mudah berdisiplin menjaga kesehatan. Tapi bukannya lantas menyerah tanpa berusaha. Asupan makanan bergizi jadi titik fokus. Bergizi kan nggak perlu mahal. Sesuaikan saja dengan kondisi keuangan.

Konsumsi buah-buahan juga ditambah. Pada masa awal pandemi, sedikit sekali buah yang tersedia di kios buah langganan. Jadi harus cukup puas dengan pepaya, pisang, pepaya lagi, pisang lagi.

Alhamdulillah, sekarang beragam buah sudah kembali mudah ditemukan. Musim mangga jadi saat yang menyenangkan karena ini buah favorit kami sekeluarga. Multivitamin dan madu menjadi konsumsi wajib juga.

Kalau terpaksa keluar rumah, harus pakai masker. Hand sanitizer pun harus selalu dibawa. Pulang ke rumah, langsung mandi dan berganti pakaian bersih. Wajib, nggak boleh ditawar-tawar.

menjaga kesehatan di masa pandemi
Ikhtiar untuk tetap sehat harus selalu dilakukan.

 

Minuman Herbal

Ada satu lagi nih yang juga hadir untuk membantu menjaga kesehatan keluarga. Minuman herbal.

Jahe, kunyit, temulawak, kencur, jeruk nipis, daun sirsak, kayu manis, dan sebagainya. Plus madu atau gula aren agar rasanya sedap dan bisa diterima oleh anak-anak.

Bisa dibuat jadi macam-macam-macam minuman herbal, tuh. Misalnya wedang jahe, jeniper madu, dan kunyit asem.

Yang juga berkhasiat untuk membantu menjaga kebugaran tubuh tapi repot membuatnya adalah wedang uwuh.

 

Wedang Uwuh

Dalam bahasa Jawa, wedang uwuh berarti minuman sampah. Wedang berarti minuman, dan uwuh berarti sampah.

Disebut begitu karena setelah direbut bahan-bahan pembuatnya jadi kelihatan seperti sampah.

Apa saja bahan-bahan permbuat wedang uwuh? Macam-macam. Jahe, cengkeh, kayu manis, pala, serai (sereh), dan kayu secang.  

Semua bahan itu direbus bareng. Kayu secang akan membuat minuman ini berwarna kemerahan.

Minuman tradisional yang satu ini diyakini mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh.

Membuat wedang uwuh sendiri cukup ribet karena bahan-bahannya banyak. Makanya, seneng banget karena PT Konimex mengeluarkan produk Herbadrink Wedang Uwuh.

Wedang uwuh dari Herbadrink ini terbuat dari jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, minyak cengkeh, dan minyak sereh.

wedang uwuh
Komposisi dalam tiap sachet Herbadrink Wedang Uwuh.


Meskipun menggunakan resep tradisional, Herbadrink mengolah rempah-rempah pilihan ini dengan teknologi modern. Jadilah wedang uwuh instan berbentuk serbuk.

Aroma jahe, secang, sereh, cengkeh, dan pala langsung menyapa indra pencium ketika kemasan sachet-nya dibuka. Ada aroma manis menyelinap di antara aroma khas rempah-rempah.

Tinggal larutkan serbuknya dalam air panas atau dingin, lalu aduk sebentar. Aroma rempah-rempahnya pun semakin menguar ke udara.

Rasa Herbadrink Wedang Uwuh ini cukup soft. Pedas jahenya tidak terlalu tajam. Namun, ketika diminum terasa menghangatkan badan.

Kalau sedang masuk angin, kembung, atau kedinginan, enak banget nih minum wedang uwuh. Hangatnya nggak cuma di lidah, tetapi juga menjalar ke dalam tubuh.

Herbadrink Wedang Uwuh ini tidak menyisakan ampas atau endapan di dasar cangkir. Jadi, bisa dinikmati sampai tetes terakhir. 

Manfaat Wedang Uwuh
Manfaat wedang uwuh.


Nikmat Berkhasiat

Alam sudah menyediakan berbagai bahan yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat wedang uwuh, misalnya. Masing-masing memiliki khasiat sendiri.

Jahe, misalnya. Umumnya kita mengenal khasiat jahe adalah untuk menghangatkan badan. Tapi, ternyata jahe juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan. 

Lebih lengkap tentang manfaat rempah-rempah dalam wedang uwuh bisa dilihat dalam infografis berikut ini.

Manfaat rempah-rempah
Manfaat rempah-rempah bagi kesehatan.

 

Nikmat yang Luar Biasa

Kita sering baru bisa memahami nikmatnya sehat jika pernah merasakan sakit.

Padahal, menjaga tubuh agar tetap sehat lebih mudah daripada menyembuhkan tubuh yang sudah telanjur sakit. Juga lebih murah dan lebih menyenangkan.

Kita tidak tahu sampai kapan pandemi covid-19 ini berlangsung. Tapi kita bisa tetap berusaha menjaga kesehatan tubuh. Sehat itu sungguh nikmat yang luar biasa.

Stay safe, stay healthy.

 

Salam,

Triani Retno A

34 comments

  1. Iya bangeeeet, di masa kayak sekarang mah, sehat itu nikmat tiada tara. Jadinya kudu bener-bener jaga kesehatan ya Teh. Salah satunya dengan minun minuman yang jaga kesehatan tubuh. Btw, aku belom pernah deh minum Wedang Uwuh Herbadrink. Enak kayaknya ya, hangat di badan.

    ReplyDelete
  2. Penting banget ya memang minuman herbal di masa sekarang untuk daya tahan tubuh kita agar tetap sehat, saya juga mengkonsumsi herbadrink ini dan selalu nyetok

    ReplyDelete
  3. Kalau malam sepulang kerja saya suka konsumsi minuman hangat. Salah satunya produk herbadrink. Untuk yang wedang uwuh ini juga pernah saya coba. Rasanya enak banget, pas hangatnya. Kebetulan saya suka konsumsi jahe.

    ReplyDelete
  4. Memang nikmat sehat itu adalh nikmat yang luar biasa tapi seringkali terlupakan. Di zaman pandemi ini kita mesti lebih ekstra lagi menjaga kesehatan ya mbak. Aku juga suka minum herbadrink yang sari jahe.

    ReplyDelete
  5. Pandemi dan rasa khawatir memang menjadi masalah bagi kita. Karena bisa menurunkan imunitas tubuh. Dan masa kayak gini, kita perlu ekstra dalam menjaga kesehatan. Minum minuman herbal ialah salah satu cara terbaik agar kondisi badan tetap fit.

    ReplyDelete
  6. Memang Desember tuh masa-masanya dingin, apalagi di Bandung. Udah paling bener deh harus sedia minuman penghangat. Apalagi Herbadrink gini siap seduh, praktis banget. Sari jahenya enak, engga terlalu manis...

    ReplyDelete
  7. Ngakak pas baca, sebenarnya bukan bandel tapi baik hati, penyayang, gemar menabung, dan nggak suka makan asem pedas wkwkwkwk. BTW buat saya yang suka begadang ngerjain tugas kuliah keknya cocok banget ditemenin sama wedang uwuh ini, biar gak masuk angin dan ga gampang sakit.

    ReplyDelete
  8. Nggak dapat dipungkiri, otak adalah pengatur segalanya. Jadi kalo strrs, wajar aja tubuh bisa drop ya, mbak.

    Apalagi kalo sering begadang, pasti makin rentan. Untungnya selalu ada Herbadrink yang menghangatkan ^^

    ReplyDelete
  9. ah bener ya mbak, klo sudah cinta pasti totalitas buat kerja
    btw selama pandemi mamaku suka bikinin wedang uwuh, aku mw kasih tau mama ah, skrg ada herbadrik yg buat bikin wedang uwuh g ribet lagi

    ReplyDelete
  10. Daku juga pernah mbak gejala tifus, dan kudu istirahat. Ya nggak enaknya jadi bobo melulu, mana waktu itu pas kuliah semester akhir. Makanya sekarang kudu jaga kesehatan karena nggak mau terulang lagi

    ReplyDelete
  11. Kesehatan selalu jadi prioritas utama,apapun aktifitasnya

    ReplyDelete
  12. Sehat2 terus gih mbak retno, ak juga minum herbal biar bs jaga kondisi selama pandemi

    ReplyDelete
  13. Ini juga minuman kesukaanku, praktis, enak dan menyehatkan. Pokoknya kudu nyetok terus deh

    ReplyDelete
  14. Tetep jaga kesehatan ya teh.

    Nah iya wedang uwuh herbadrink bagus juga tuh untuk menjaga kesehatan sepeti masuk angin dsb. Bahan rempahnya memilik khasiat yg bagus

    ReplyDelete
  15. Bener buangeett Mba Eno.
    SEHAT itu priceless. Baru kerasa kalo kita (atau orang terdekat) kena sakit
    aku selalu nyetok HERBADRINK sari jahe di rumah
    Suegerrr, enak buat bodi.

    ReplyDelete
  16. Beberapa waktu lalu suami dikasih kayu secang sama tetangga, dari sana saya juga jadi keranjingan wedang uwuh haha.. cuma kayaknya kepengen gitu nyobain dr herbadrink ini, kayaknya powerful banget. Saya kalau rada stress, bawaannya sariawanan.. semoga kita selalu diberikan kesehatan ya mbak.

    ReplyDelete
  17. wah kalo udah herbal gini udah pasti teruji keampuhannya, karena sudah jadi warisan kebudayaan bangsa indonesia.

    ReplyDelete
  18. Mbak itu enak banget wwdang uwuhnya Herbadrink, aku juga suka nyetok di rumah. Praktis sih, swwaktu waktu mu bikin gampang banget

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata kita ulang tahunnya di bulan yang sama Mbak, dan bener tiap akhir tahun gini kerjaan jadi berlipat ganda ngerii ngerii sedap...sehat-sehat ya Mbak itu juga minuman favorit di kantor buat menghalau dinginnya AC

    ReplyDelete
  20. Iya, minuman rempah ampuh banget untuk kesehatan dan kesegaran badan ya Teh apalagi pandemi begini, kudu lebih strong..Alhamdulillah ada yang praktis kayak Herbadrink

    ReplyDelete
  21. Sehat emang barang berharga. Pandemi mengingatkan kita lagi bahwa kesehatan itu yang utama. Untuk tetap sehat biayanya nggak mahal, tapi kalau udah sakit dan usaha menjadi sehat emang mahalnya luar biasa. Cara mbak buat jaga kesehatan tubuh mirip-mirip sama aku. Kalau aku udah rutin sarapan buah. Urusan minum wedang uwuh biasanya kalo main ke warung, tapi seru juga nih bisa seduh wedang uwuh sendiri di rumah pakai herbadrink. Bisa lah dicontek caranya.
    Tetep sehat ya mbak.

    ReplyDelete
  22. Minuman yang pas banget di musim hujan gini. Selain menghangatkan juga membantu tubuh jadi lebih kuat dan tahan dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim belakangan ini

    ReplyDelete
  23. Kita baru merasakan betapa berharganya sehat itu ya ketika sudah jatuh sakit. Oleh karena itu, yuk jaga kesehatan :)

    ReplyDelete
  24. Semangat selalu Mba hebat dalam mengais rezeki demi anak-anaknya :)
    Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan keberkahan ya Mba, aamiin.

    Btw masalah begadang nih yang masih saya sulit hilangkan, lah abisnya waktu saya kerja di siang hari nyaris nggak ada, apalagi kalau udah ada kerjaan wajib, udah deh begadang teroosss.
    Btw Herbadrink ini terkenal banget deh menyertai para insan-insan yang selalu ingin sehat dan bugar :)

    ReplyDelete
  25. Iyes apalg Masa pandemi Blum berakhir y penting banget suplemen kayak herbadrink ya mba... Buat Daya tahan dan bikin hangat badan juga

    ReplyDelete
  26. Sehat adalah mahkota yang hanya bisa dilihat oleh orang sakit, maka jaga mahkota itu selagi kita memakainya :)

    Aku pun doyan herbadrink Wedang Uwuh, hangat dan menyegarkan badan, bahan alaminya kaya khasiat.

    Sehat-sehat selalu mbak Retno.

    ReplyDelete
  27. Saya pun selalu stock herbadrink teh Eno
    Karena saya terbiasa minum anget kalo musim Hujan Seperti sekarang
    Daripada bikin, mending beli yang siap seduh 😀😀😀

    ReplyDelete
  28. Wedang uwuh tuh emang the best! Pas banget cuacanya lagi begini. Yang Herbadrink Ini lebih praktis lagi ya.. mau coba ah.. sehat selalu ya mbak..

    ReplyDelete
  29. Dirimu sungguh warbiyasaakk Tetehhh
    Tetap sehat dan setrooong yaa
    Aku juga nyetok Herbadrink di rumah
    utamanya yg sari jahe.
    kapan2 mau nyoba varian wedang uwuh ahhh
    biar sehaaatttt

    ReplyDelete
  30. betul banget mba, sehat itu penting banget dan di masa kaya gini makin bersyukur ya mba kalo kita sehat-sehat

    ReplyDelete
  31. Saya banget ini. Bolak balik kumat tifus nya. Bahkan dulu pernah sampe harus opname sebulan. Badan habis, rambut rontok hingga harus dibotak agar bisa tumbuh dengan baik dan normal lagi. Makanya saya ekstra menjaga kesehatan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Duuhh mau keluar rumah tuh mikirnya panjang banget. Harus dengan pertimbangkan "sangat butuh" atau penting banget.

    Nanti mau coba ah wedang uwuh ini. Tampaknya banyak kandungan yang bikin badan lebih kuat lagi.

    ReplyDelete
  32. Wah samaan sama anak sulung saya nih Mbak Enno... ultahnya di bulan Desember ya. Anak saya tepat di hari ini tgl 24 Des, ultah ke 15. Btw, Mbak Enno perempuan tangguh ya, semoga senantiasa diberi kesehatan dan kebahagiaan. Dan jangan lupa Herbadrink nya membantu banget ya jaga daya tahan tubuh di masa pandemi gini

    ReplyDelete
  33. Siapkan stok untuk konsumsi sehat dan menyehatkan, pas memulai dengan menjaga diri dan keluarga salah satunya konsumsi dengan sesuatu yang halal dan menyegarkan

    ReplyDelete
  34. Uhh jangan sampai bilang kalau sehat itu mahal ketika sudah mengalami sakit ya mbak..
    Aku juga konsumsi Herbadrink mbak mbak, tapi kadang dibuatin versi emak, itu tanaman toga diiris tipis2, dikeringin, lalu direbus dg air mendidih. Trus airnya diminum

    Tapi emang lebih praktis dg konsumsi Herbadrink sih mbak. Apalgi banyak varianya ya kan

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)