Umroh, Memuaskan Rindu pada Tanah Suci


paket-umroh-oktober
Untuk periode tahun 2019 – 2020 ini, setelah musim haji selesai, kegiatan umroh dimulai pada bulan Oktober. Jadi nggak heran ya kalau banyak yang mencari paket umroh Oktober.

Waiting List Ibadah Haji

Menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci pastilah menjadi impian umat Muslim. Setidaknya satu kali saja seumur hidup.

Namun, bagi sebagian umat Islam melaksanakan rukun Islam kelima ini tidaklah mudah. Biaya yang dibutuhkan untuk berhaji ke Tanah Suci mencapai puluhan juta rupiah.
Banyak yang harus menabung bertahun-tahun agar dapat menunaikan ibadah haji.
Selain biaya, masa tunggu juga menjadi faktor yang cukup menghambat kerinduan seorang muslim untuk menunaikan ibadah haji.
Kuota haji yang terbatas membuat daftar tunggu jadi panjang. Di Kabupaten Lebak, Banten misalnya. Di sana daftar tunggu calon jemaah haji sudah penuh sampai tahun 2037. Sejumlah 11.806 calon jemaah haji menunggu keberangkatan di kabupaten ini.
Di daerah-daerah lain di Indonesia pun tak jauh berbeda. Daftar tunggu sudah penuh hingga bertahun-tahun ke depan.
Nggak heran ya, kalau yang berangkat haji banyak yang sudah berusia lanjut. Sudah menabungnya lama, eh menunggunya juga lama. Padahal, rasa rindu untuk berkunjung ke Tanah Suci sudah demikian menggebu.

Umroh, Melipur Kerinduan

Panjangnya daftar tunggu untuk bisa menunaikan ibadah haji membuat sebagian orang memutuskan untuk melaksanakan umroh saja dulu. Waktu pelaksanaan umroh lebih bebas.
Meski bukan ibadah wajib, bisa menatap Kakbah dan beribadah di Tanah Suci menjadi semacam pelipur hati.
Umroh pun menjadi pilihan bijak bagi mereka yang sudah pernah beribadah haji tetapi rindu untuk kembali beribadah di sana.
Piihan bijak, mengingat masalah berhaji bukan hanya kesalehan individu. Masih jutaan umat muslim Indonesia berada di waiting list yang sungguh panjang agar bisa berangkat haji.
Untungnya, sekarang ada banyak biro perjalanan yang menawarkan paket umroh. Tinggal pilh mau yang berapa hari, serta mau umroh reguler atau umroh plus.


Tips Memilih Biro Travel dan Paket Umroh

Pernah kan mendengar calon jamaah haji atau jamaah umroh yang ditelantarkan oleh biro perjalanannya?
Ngenes, ya. Sudah uang dibawa lari, impian untuk ke Tanah Suci pun terhambat.
Supaya lebih tenang, berikut ini tips untuk memilih biro travel dan paket umroh.

1. Cek biro travelnya.


Legalkah? Apakah biro travel tersebut memiliki izin resmi dari Kemenag untuk menyelenggarakan perjalanan haji dan umroh?
Selain itu cek juga lokasi biro travel tersebut. Pastikan alamat biro travel itu memang benar, bukan alamat abal-abal atau asal catut.

2. Perhatikan paket umroh yang ditawarkan.


Paket umroh murah. Siapa, sih, yang tidak akan tergiur? Selisih 3-4 juta itu berarti banget. Tapi tetap cermat ya. Tetap cermati fasilitas apa yang didapat dari paket umroh itu.
Sebaiknya jangan sekadar murah tapi nantinya telantar atau tak bisa beribadah dengan khusyuk.

3.  Fasilitas yang ditawarkan.


Mau paket umroh murah ataupun biasa, tetap cermati masalah fasilitas ini. Jangan sungkan untuk bertanya tentang fasilitas yang akan didapatkan.
Seperti berangkatnya nanti pakai pesawat apa, di Tanah Suci nanti menginap di hotel apa dan seberapa jauh jaraknya dari Masjidil Haram.
Menginap di hotel yang tak jauh dari Masjidil Haram akan memudahkan kita untuk beribadah di sana.

4. Kapan berangkatnya.


Nah, ini juga harus dipastikan. Biro travel yang bagus sudah memiliki jadwal keberangkatan. Jadi, kalau jadwalnya masih nggak jelas, sebaiknya mendaftar di biro travel yang lain saja.

Biro travel juga sering menawarkan Paket Umroh Promo. Tawaran seperti ini bisa dijadikan pilihan juga. Tentu saja, setelah memastikan biro travel tersebut tepercaya.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Umroh, Memuaskan Rindu pada Tanah Suci
4/ 5
Oleh

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)