Menikmati Malam di Taman Pelangi Yogyakarta


Wisata Malam di Taman Pelangi Yogyakarta
“Yeaaay! Sampaaai!”
Iya, senorak itu kami waktu keluar dari halte Trans Jogja di dekat Taman Pelangi.
Sebelum meninggalkan halte, bapak yang bertugas di situ mengingatkan bahwa bus terakhir ke Malioboro akan lewat pukul 20.30.

Oh, oke. Ketika akan berangkat, pak petugas di Halte Malioboro 1 mengingatkan bahwa bus Trans Jogja hanya beroperasi sampai pukul 21.30.

Transportasi ke Taman Pelangi

Taman Pelangi merupakan satu-satunya tempat wisata Jogja malam hari yang kami datangi.
Malam lainnya hanya jalan-jalan di Malioboro atau ngopi-ngopi di coffee shop. Kami menginap di kawasan Malioboro. Jadi bisa puas jalan-jalan malam di sana.
Selasa 25 Juni 2019 sore, setiba di Stasiun Yogyakarta dari Solo, kami langsung menuju Halte Malioboro 1.
Nggak celingukan lagi dong. Kan kami tiba di Yogya hari Senin sore. Senin malam dan Selasa pagi sebelum berangkat ke Solo udah sempat jalan-jalan di Braga-nya Yogya ini
Sebelum berangkat dari Bandung sih udah googling transportasi buat ke Taman Pelangi. Tapi pas di halte mah tetep aja nanya rutenya supaya lebih tenang.
Untuk ke Taman Pelangi kami harus dua kali naik bus Trans Jogja. Tapi saya lupa nomor berapa aja. Hehe…
halte malioboro 1
Halte Malioboro 1, halte terdekat dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

Kalau kamu ntar jalan-jalan ke Yogya dan mau ke Taman Pelangi naik bus, tanya aja ke petugasnya. Ramah-ramah dan informatif, kok.
Kami cukup membayar Rp3.500 per orang. Meskipun ganti bus, kami tak perlu membayar lagi.
Untuk pulangnya nanti lebih gampang karena cukup satu kali naik bus menuju Malioboro.
Lumayan jauh perjalanan ke lokasi. Udah mulai gelap pula. Ya gimana lagi atuh. Taman Pelangi kan bagusnya dinikmati pada malam hari.

Menikmati Malam di Taman Pelangi

Sebagai pendatang, awalnya saya rancu antara Taman Pelangi dan Monumen Jogja Kembali (Monjali).
Hm … punten. Taman Pelangi itu siapanya Monjali ya? Eh, maksud saya di sebelah mananya Monjali?
Setelah dateng langsung ke lokasi, baru deh saya paham. Taman Pelangi itu ya di Monjali. Krik … krik ….
taman pelangi monjali
Monumen Jogja Kembali (Monjali) di malam hari.

Karena kami datang saat weekday, jadinya per orang cukup bayar tiket Rp15.000 untuk masuk ke Taman Pelangi. Kalau weekend tiketnya jadi Rp20.000.

Alhamdulillaaah.... Ngirit lima rebu, bisa buat beli nasi kucing. Hehe ….
Masuk ke area Taman Pelangi, mulai deh norak lagi. Seneng banget ngeliat lampion berwarna-warni gitu. Ukuran dan bentuknya macem-macem.Yang berbentuk Presiden dan para mantan Presiden RI pun ada.
Kami cuma punya waktu satu jam  berkeliling di Taman Pelangi agar nggak ketinggalan bus untuk pulang ke hotel.
Iya, bisa aja sih naik taksi online. Tapi nggak seru ah. Pengen naik bus aja. Lagi pula karena kami cuma berdua, lebih ngirit naik bus Trans Jogja daripada naik taksi online.
Jadi, satu jam itu (pukul 19.30 – 20.30) kami maksimalkan untuk jalan kaki mengelilingi Taman Pelangi dan berfoto-foto.
Untuk urusan foto ini … agak-agak gimana ya. Rasanya kamera ponsel kami jadi tak berdaya.
Untuk motret keindahan Taman Pelanginya di malam hari sih masih dapet. Tapi begitu kami yang ingin berfoto, jadinya gitu deh. Sentimen amat sih ini hape sama pemiliknya sendiri.
 
taman pelangi jogja
Indah warna lampion di Taman Pelangi, seindah rasa yang pernah ada....

Sebenarnya, Taman Pelangi buka sejak pukul 16.00. Bisa dipertimbangkan untuk datang sore, tuh. Kalau kami kan jam segitu masih nunggu kereta api Prameks di Solo.
Tapi hikmahnya, segala macam jerawat dan muka lecek setelah dari pagi sampai sore keluyuran di Solo jadi nggak kelihatan di foto. Hehe….
Btw, satu jam puas nggak sih jalan-jalan di Taman Pelangi?
Puas nggak puas, sih. Hehe…. Kalau mau nyantai mengelilingi taman ini, apalagi bawa anak, mendingan sediakan waktu yang lebih banyak. Dua jam gitu deh.
taman pelangi yogyakarta
Salah satu lampion di Taman Pelangi Yogyakarta.

Saya sih cukup satu jam. Bukan semata karena jadwal bus. Tapi karena … satu jam sudah cukup untuk membuat mata silindris saya berkunang-kunang melihat pendar cahaya warna-warni di sini.
Selain itu yaaa…. kumaha atuh. Berjalan-jalan di Taman Pelangi ini malah bikin saya teringat seseorang yang bikin hati saya patah lalu kabur ke Yogya buat menenangkan diri :’(
taman lampion yogyakarta
Lampion Presiden dan para mantan Presiden RI.

Taman Pelangi Yogyakarta

Taman Pelangi ini sering disebut juga Taman Lampion. Lampion-lampion di tempat wisata keluarga di Jogja ini diganti setiap periode tertentu.
Jadi, kalau nanti kamu ke Taman Pelangi Yogyakarta, bisa jadi akan nemu lampion-lampion yang berbeda dengan yang saya posting di sini.
Di Taman Pelangi ini juga ada berbagai wahana permainan (bayar lagi). Ada stan-stan makanan juga.
Wisata Malam di Taman Pelangi Yogyakarta
Deretan stan penjual makanan di area Taman Pelangi.

Sebenernya nggak cuma Yogyakarta yang punya taman lampion gini. Di Lapangan Tegalega Bandung juga ada. Lampion Park namanya.
Tapiii … yang di Bandung hanya berupa lampion macam-macam dinosaurus. Dan ya cuma ada lampion-lampion aja.
Mudah-mudahan sih ke depannya Lampion Park di Bandung juga bisa semenarik Taman Pelangi Yogya.

Kembali Naik Bus

Tepat pukul 20.30 kami sudah duduk manis di halte bus. Sepi. Cuma ada kami berdua plus pak petugas.
Di bus Trans Jogja yang membawa kami kembali ke Malioboro pun cuma kami berdua penumpangnya. Dan … ngebut dong! Hihi …. Kirain sopir bus di Yogya kalem-kalem. Ternyata nggak juga.
Daaan … ternyata Yogya ada macetnya juga! Pukul sepuluh malam kami baru tiba di Malioboro. Balik dulu ke hotel buat mandi dan shalat. Lalu keluar lagi buat cari makan malam.
Istirahat, dan siap-siap buat trip berikutnya ke kawasan Prambanan. Udah saya tulis duluan nih di Pesona Istana Ratu Boko dan Wisata Candi Prambanan.
Hehe … nggaaaak. Di sana kami nggak senorak di Taman Pelangi. Norak sih enggak. Cuma terbius oleh pesona mistis Istana Ratu Boko.
Kalau kamu juga pengen main ke Taman Pelangi Yogyakarta, ini alamatnya.
tiket masuk taman pelangi Yogyakarta

Taman Pelangi

Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Waktu buka dan Harga Tiket Taman Pelangi

Senin – Kamis : 16.00 – 22.00 WIB.
Tiket masuk Rp15.000 (usia 3 tahun ke atas).
Jumat – Minggu, hari libur, libur sekolah, hari besar: 16.00 – 23.00 WIB.
Tiket masuk Rp 20.000 (usia 3 tahun ke atas).

Salam,
Triani Retno A
Penulis buku anak
Penulis novel
Editor Indonesia
Blogger Indonesia
Blogger Bandung
Previous
« Prev Post

Related Posts

Menikmati Malam di Taman Pelangi Yogyakarta
4/ 5
Oleh

1 comments:

  1. Saya ke sana saat siang hari. Lebih eksplorasi bagian dalam monjali siih. Itu taman lampion siang panas terik aja udah cantik. Apalagi malam hari yaa... 💚 Kirain nggak kuat lama-lama di sana tuh karena apaa gitu. Bikin penasaran.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)