Makan Hemat dengan Treats by Traveloka Eats


Makan Hemat dengan Treats by Traveloka Eats
“Nanti kalau udah saya panggil ya.”

Perempuan muda bercelemek itu mengangguk, lalu meninggalkan mejaku. Berjalan ke sisi ruangan dan menunggu di sana.
Oke. Begini lebih enak.

Makan di Luar

Waktu aku kecil, bapak ibu sering mengajak makan di luar kalau ada momen yang dianggap istimewa.
Bukan makan di halaman rumah, karena itu kami sebut piknik. Hehe.... Maksudnya adalah makan di restoran, warung makan, atau warung tenda di kaki lima.
Momen istimewa itu seperti ulang tahun atau ada kerabat dari luar kota yang berkunjung.
Setelah aku dewasa dan punya anak, ternyata aku juga begitu. Hehe ....
makan bareng keluarga
Makan bareng  dengan ibu, kakak, anak, ponakan ketika ada yang berulang tahun.
Seneng aja sesekali makan enak di luar. Nggak perlu repot masak, nggak perlu nyuci piring dan bersihin dapur setelah makan.
Karena hanya sesekali, jadi lebih terasa istimewanya. Sebutlah ini cara kami menikmati we-time berkualitas. Beberapa di antaranya saya tulis di blog ini:


Makan Apa, Ya?

Aku sukanya keliling tempat makan. Maksudku, kalau bulan ini udah di resto A, bulan depan jangan ke situ lagi. Mesti cari yang lain.
Kan sekarang menjamur tuh tempat kulineran. Sayang atuh kalau makannya di situ-situ aja. Sama-sama ayam geprek, misalnya. Beda resto pasti beda rasa dan beda suasana.
Tapiii ... kalau masuk ke tempat yang baru pertama kali didatangi, masalahku sama: bingung milih mau makan apa.
Bisa habis bermenit-menit tuh buat milih. Buat ngebolak-balik buku menu.
Anak-anak juga sama. Kebayang kan lamanya, apalagi kalau buku menunya cuma satu.

Yang ada aku sering jengkel duluan. Perut lapar tapi nggak tau mau pesen apa. Atau keburu syok lihat harganya.
Apalagi kalau pelayannya nungguin di sisi meja banget. Duh, rasanya terintimidasi gitu deh. Nggak enak juga karena bikin dia berdiri lama kayak lagi disetrap karena nggak bikin PR.
tempat makan yang enak di dekat sini
Lama nih mikir mau makan apa di mana.

Pernah suatu malam yang hujan, aku dan si bungsu masuk ke sebuah warung makan. Di dompetku cuma ada uang cash Rp 50.000. Pikirku, cukuplah buat makan di warung.
Di daftar menu, harga makanan nggak tercantum. Jadi mesti nanya satu-satu ke pelayan yang nungguin di sisi meja. Harganya ternyata uwow untuk ukuran sebuah warung makan.
Dengan harga yang uwow itu, aku hanya bisa beli satu porsi sate kambing. Lah kami kan berdua. 
Bisa sih bayar pakai sebuah e-money. Tapi ... saldo e-money yang kupunya tinggal Rp16.000. Yang saldonya cukupan, nggak bisa dipakai di situ. Mesin EDC buat gesek kartu juga nggak ada.
Akhirnya aku pesen yang terjangkau buat dua orang deh. Nasi goreng biasa, Rp20.000 per porsi.
Pelayan yang tadinya menyambut dengan ramah, mendadak terlihat jutek ketika tahu kami memesan menu termurah. Minum pun yang gratisan: teh tawar.
Ketika makanan datang, nafsu makanku langsung ambyar. Nasi goreng yang terlalu berminyak plus telur ceplok. Tanpa kerupuk.
Untuk rasa dan tampilan nasi goreng seperti itu, harga Rp20.000 terlalu mahal.

Pengalaman kurang menyenangkan saat makan di luar pernah saya tulis di sini:


Browsing Dulu, Deh

Belajar dari pengalaman itu, aku pakai strategi lain. Sebelum datang ke tempat yang dituju, aku browsing dulu. Tujuanku: nyari daftar menu dan harganya. Sayangnya, pencarianku sering berujung mengecewakan.
Pernah nih mau ke sebuah tempat wisata sama anak-anak. Di sana ada cafe juga.
makan bareng
Makan di luar bareng anak-anak.

Karena letaknya lumayan jauh dari jalan besar dan keramaian, kuperkirakan di sana nggak ada gerai ATM. Jadi, perlu banget bawa uang tunai dalam jumlah cukup.
Tapiii ... cukupnya itu berapa? Googling dengan berbagai kata kunci, tetap nggak nemu info harga makanan dan minuman di sana.
Kan jadi deg-degan. Gimana kalau ternyata mahal-mahal? Gimana kalau uang yang kubawa ternyata nggak cukup?


Sekarang, Traveloka Eats

Traveloka Eats menjawab masalah seperti ini. Eh, udah instal Traveloka di ponsel kan?
Aku belum lama menyadari keberadaan si Traveloka Eats. Biasanya pakai Traveloka buat pesan tiket dan booking hotel aja sih.
Ternyata, Traveloka bisa banget dipakai buat ngepoin berbagai tempat kulineran. Nggak cuma tempatnya di mana dan gimana, tapi juga jenis menu dan harganya, plus review dari yang pernah makan di sana.
Enak kan kalau ada kepastian gini. Jadi nggak perlu sampai ada kejadian bingung milih menu, syok lihat harganya, atau duit yang dibawa nggak cukup.

Treats by Traveloka Eats

Bulan lalu aku apdet aplikasi Traveloka di hapeku. Setelah apdet, keliatan deh ada fitur baru lagi. Namanya Treats.
Fitur Treats ini adanya di Traveloka Eats. Wah, apa lagi nih?

Senangnya Pakai Treats

Eh, ternyata fitur Treats ini menarik banget. Gimana nggak menarik kalau keuntungannya begini?
lima keuntungan treats by traveloka eats
5 Keuntungan memakai Treats by Traveloka Eats. 
Jadi nih, kalau pakai Treats kita nggak perlu beli voucher dulu. Setelah puas lihat-lihat menu dan nemu yang cocok, langsung aja booking promo yang sedang berlangsung.
Kayak gini. Aku kan mau ke Jakarta, nih. Aku cari resto di deket tempat yang kutuju biar nanti kalau mau makan nggak bingung-bingung lagi.
Setelah masuk ke Traveloka dan milih Eats, aku ketikkan "Jakarta", lalu tekan Treats. Muncul sederet tempat makan. 
Setelah lihat sana lihat sini, aku pilih MUCCA Remarkable Steak di Setiabudi One.
Foto-foto menunya bikin ceglak-cegluk deh. Aku juga bisa tau harga menu di sana berapa aja.
Gulir layar ke bawah ... dapat  Treats, deh. Salah satu yang ditawarkan adalah Paket Hemat Chicken Steak. Gimana nggak hemat kalo diskonnya 25%.
Resto dan promo Treats itu langsung kusimpan di aplikasi Traveloka. Periode promo Paket Chicken Steak ini panjang pula. Dari 21 Januari 2020 sampai 31 Mei 2021.
Pas ke Jakarta nanti aku nggak perlu bingung lagi nyari tempat makan. Aku tinggal pergi ke MUCCA Remarkable Steak dan menunjukkan promo yang aku booking ke pegawai resto.
“Saya udah booking promonya pakai Treats by Traveloka Eats.” Bilang aja seperti itu.
Setelah itu tekan “Dapatkan Deals”, lalu “Pakai Deals” di aplikasi Traveloka. Masukkan harga yang harus dibayar, lalu pilih cara pembayaran.


Cara pakai Treats by Traveloka Eats.

cara pakai treats by traveloka eats
Dapetin Treats dari Traveloka Eats.
Untuk pembayaran ini bisa pakai bank transfer, kartu kredit, kartu debit, PayLater, bisa juga pakai Uangku (dompet elektroniknya Traveloka).
Karena yang kita lakukan adalah mem-booking promo, jadinya nggak ada tuh uang hangus karena nggak sempet ke resto tersebut.
Cumaaa, perhatikan hal ini ya.
treats by traveloka eats
Di aplikasi, baca keterangannya dengan cermat ya.

Hidden Gems

Yang juga menarik, setiap kali kulineran pakai Treats by Traveloka Eats, kita dapat poin Traveloka. Poin ini terakumulasi dengan poin yang kita dapat dari fitur-fitur Traveloka lainnya, seperti Traveloka Xperience.
Selain itu, ada kejutan menyenangkan untuk kita. Namanya hidden gems.
Bentuk hidden gems ini macem-macem. Misalnya dapat bonus makanan atau minuman.
Lengkap bangeeet.... Makan enak, harga hemat, dapat surprise pula! Benar-benar #PengalamanMengenyangkan.
Mampir ke sini juga ya buat melihat video animasinya 😊

Pesan Makanan Lebih Santai

Seneng nih ada Traveloka Eats dan Treats. Orang kayak aku yang butuh waktu lama buat nentuin mau makan apa, jadi bisa lebih nyantai.
Aku leluasa lihat-lihat menu yang ada di berbagai resto. Bisa lihat harganya berapa. Bisa baca review yang ada. Nggak cocok, tinggal geser ke resto selanjutnya.
Nggak perlu ada drama dijutekin pegawai tempat makan gara-gara kelamaan mikir mau pesan apa.
Nggak perlu bingung mau bawa duit berapa untuk makan di luar. Nggak perlu khawatir duitnya nggak cukup. Kan bisa dihitung sebelum booking dan meluncur ke resto tujuan.
pesan makanan dengan traveloka eats
Jangan sampai kayak gini deh, lapar tapi nggak tau mau makan apa di mana.
Kalian punya pengalaman seru saat kulineran sama keluarga atau teman? Yuk cerita-cerita.

Salam,
Triani Retno A

64 comments

  1. Treats by traveloka eats... Dan saya blm mencobanya. Tggu ada kesempatan dahhh.. seru kayaknya hehe

    ReplyDelete
  2. Wah ... Asyik nih promo chicken steak diperpanjang hingga tgl 31 Maret 2020. Kepoin yuk promo nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai Mei 2021, Mbak. Tahun depan :D Jadi bisa puas make promonya.

      Delete
  3. Seru bgt emg berburu hidden gems ya, sygnya aku baru nyoba traveloka eatsnya doang, treatsnya blm tersedia di kotaku, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaaa.... Semoga Treats ini segera ada di kota-kota lain ya :)

      Delete
  4. Jadi inget, waktu masih kecil dulu ibunda suka ngajak jajan makanan enak pas punya duit agak banyak
    Pastinya ngga seperti sekarang yang ada banyak pilihan
    Untung ada Traveloka Eats ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang kita dimudahkan dengan Traveloka Eats dan Treats. Btw, kenangan makan di luar semasa kecil sangat berkesan ya, Ambu?

      Delete
  5. Beberapa kali memang mengalami zonk saat datang ke tempat makan yang betul-betul baru dikunjungi. Entah makanan yang kurang lezat, harga yang mahal, maupun metode pembayaran yang terbatas. Kita jadi seperti orang yang nggak punya duit buat bayar. Padahal restonya aja yang jadul hanya terima tunai, hehehe ...

    Enak banget nih kalau ajak keluarga makan di luar pakai Traveloka Eats. Menu resto bisa dilihat-lihat dulu, terus bisa pilih resto terdekat aja gitu dari lokasi kita. Apalagi banyak promonya, ya. Asyik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhhh...iya kaaaan. Hihi....Serasa nemu teman senasib gini.

      Delete
  6. Nahh br jelas nihh step²nya booking promo dr mbak eno. Jd kl pake menu Traveloka Eats lebih praktis dan gak perlu mengalami drama makan makananan yg mahal tp kurang pas di lidah huhuu... Makasih share nya ya Mbak. Eik jd lebih paham hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang booking promo itu Treats, Mia. Kalo Traveloka Eats kita beli voucher yang diskonnya juga asik-asik banget.

      Btw, kalo udah mahal trus nggak pas di lidah, rasanya mo bayar juga berat ya :D

      Delete
  7. Waah mantap deh, menu Traveloka eats lebih praktis.
    Dicatet ah, kayanya ada rencana rombongan keluarga besar mau ke Jogja nih, kan hemat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain lebih praktis dan hemat, kita juga bisa lebih puas nyari menu yang cocok :)

      Delete
  8. Lapar itu rasanya adudu. Wuah kalau traveloka eats aman deh. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  9. asik....makan-makan! Ayo kita makan di luar.

    ReplyDelete
  10. Mba Enooo, itu karakter kartun hijaber-nya lucuuukk amaaattt, pesen di mana? :))
    Btw, aku juga demen buanget ama TREATS by Traveloka ini.
    Ngebantu buangeett kalo mau kulineran dgn rasa dan harga yang sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah baru mau komen yang sama
      Ajarin bikin karakter kartun seperti itu dong

      Delete
    2. Kepikiran begitu saya juga. Mau tanya bagaimana caranya itu hijaber energiknya bisa kita dapatkan? Hehehe... Mau belajar.

      Delete
    3. Kirain aku aja yang gemash sama infografisnyaa.. keren mbaa. Lucuu beud..

      Delete
  11. wajib coba si travelokaeats. Soalnya banyak teman blogger yang udah coba, kebayang serunya sih kek apa

    ReplyDelete
  12. Keren nih lengkap dengan cara caranya, kebetulan aku belum pernah cobain pake traveloka eats. Tinggal nyontek aja deh biar hemat acara makan makan nya

    ReplyDelete
  13. Asyik mba, bahkan di Medan pun treats by Traveloka eats juga udah punya banyak banget tempat makan yang seru. Jadinya kalo kepengen makan di resto udah tau budget yang harus disiapkan. Enaknya lagi makan di resto bisa pake voucher promo yang bisa dibayar di mana aja..

    ReplyDelete
  14. Sukaaa dengan Traveloka yang selalu menawarkan pengalaman baru yang seru dan menyenangkan. PAsti senang ya bisa dapat hidden gems, berasa dapat harta karun kayak bonus sajian menu yang disukai gitu

    ReplyDelete
  15. Ntar pas main ke Jakarta mau buktiin ahh fitur treats ini 🤩🤩 udh banyak baca ulasannya, bikin mupengs

    Oot mbak, aku suka tokoh memenya, ucul deh!😍

    ReplyDelete
  16. Aku pernah nyobain pas di jakarta

    Smg makin banyak di kota kota lainnya...
    Biar bisa pake trs, krn lebih hemat hehe

    ReplyDelete
  17. Ih aku belom nyoba deh fitur Treats by Traveloka ini. Kudet ya. Penasaran, kudu nyoba. Btw, gemes deh sama ilustrasi postingannya :)

    ReplyDelete
  18. salah satu hal yang biasa dan selalu terjadi kalau lagi pergi. "makan dimana kita" begitu terus. fitur dari traveloka ini ngebantu banget buat kita yang selalu kesulitan nyari tempat makan.

    ReplyDelete
  19. Pengalaman zonk-nya aku juga pernah mba, apalagi kalo di tempat wisata.. hati-hati banget 😬
    Untungnya ada Traveloka eats yaa, jadi lebih jelas dan ga was-was

    ReplyDelete
  20. Di zaman serba digital ini emang semuanya mesti disiapin dengan matang, daripada pergi ke tempat makan yang gak jelas berapa harga menu dan bentukan menunya, mending manfaatin teknologi kayak Traveloka Eats ini buat liat gimana rasa dan tampilan makanan di berbagai warung makan dan juga harganya, apalagi ada Treats yang bikin makan jadi lebih murah

    ReplyDelete
  21. Aku kemarin coba Treats pasca kepo baca postingan teman.
    Ternyata belum tersedia di Balikpapan, hiksss

    Semoga segera berlaku di seluruh nusantara ya :)

    ReplyDelete
  22. Waah banyak sekali yaa fitur dan keuntungan dari Treats by Traveloka Eats ini duh wajib download dan coba juga nih lumayan banget

    ReplyDelete
  23. Aku suka kulineran bareng anak ma suami. Untung sekarang pake traveloka eats yah. Aman banyak Promo, aman di kantong dan banyak pilihan nya

    ReplyDelete
  24. Kayaknya aku musti coba Treats nih, biar ga kejadian nyoba2 tempat makan sekalinya zonk..

    ReplyDelete
  25. Senengnya pake traveloka eats itu bisa dapet diskon saat kulineran hehe jadi happy banget deh, kepingin kulineran terus2an teh hehehe

    ReplyDelete
  26. Baca artikel ini kok jadi kayak ada didalamnya..ngebayangin tuh nasgor yang berminyak banget n telor ceploknya..Belom lagi dijutekin pelayannya. Oohh noo..untung sekarang ada Traveloka eats ya..bye bye deh yang kemaren itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibayangin, Mbak. Ntar nafsu makanmu ikutan ambyar :D

      Delete
  27. Waow jadi strategi akutu kalo gajian selalu beli vocer di traveloka eats jadi dipake di tengah bulan biar makan tetep di tempat hits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai Treats malah nggak perlu beli vocer. Booking aja dulu.

      Delete
  28. Bentar-bentar, Acha mau out of topic dulu.

    Gemessss deh sama avatarnya Teh, lucuuuuukkk.

    Iya sih, kehadiran traveloka Eats ini bikin hati lebih tenang kalau mau ngajakin keluarga makan di luar. Apalagi kalau tempatnya baru pertama kali dicoba dan menunya nggak menuliskan harga, duh itu malesin. Senangnya Traveloka Eats bisa bikin kita hitung hitungan duu sebelum makan, jadi hati pun senang.

    ReplyDelete
  29. Traveloka eats jadi tempat saya cari ada promo apa aja, selalu puas dan restonya juga banyak banget. Lumayankan jadi lebih hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeerr. Traveloka hobi banget ngasih promo ya.

      Delete
  30. kapok daku mbaaak, makan di tempt gaje kek warung warung baru gini. Pernah makan di warung pinggir jalan, gado gado sepiring harga 25 ribu, dengan rasa "sayur disiram kuah kacang" itu harga tahun 2000 loh, 20 tahun yll!

    gustiiii...

    seandainya berada di sebuah tempat yang aku ga familier, aku mending datang ke gerai makanan fast food yang menu dan harganya terpampang nyata

    di gerai ini, kita akan dikasih tau pelayan dengan ramah, dilayani dengan sopan juga, plus bisa komplain jika ada makanan yang tak sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heuheu...iya, Mbak. Sering baca juga sih tentang pembeli makanan yang kaget pas mesti bayar makanan di warung pinggir jalan karena harganya zuperrr sekali.

      Delete
  31. Aku galfok sama stiker lucunya. Bagus ih. Wkwkwk. Keren ya traveloka eats. Jadi gampang banget kalau makan di luar. Memang, aku pun paling seneng kalau makan di luar karena ga usah masak dan cuci piring. Huahahaha.

    ReplyDelete
  32. Traveloka eats memudahkan setiap orang untuk memenuhi kebuyuhan dasarnya yaitu pangan. Dan keluarga di rumah sudah pakai Traveloka eats untuk makan sambil kumpul bareng

    ReplyDelete
  33. Wiihh lengkap sekali informasinya. Thanks ya. Ku juga pengguna Traveloka tapi blum pernah pakai Traveloka eats. Aku akan coba ah ..

    ReplyDelete
  34. mau makan enak jadi lebih mudah yah Ka, berkat Traveloka.
    Cari makan enak yang promo semudah di genggaman tangan

    ReplyDelete
  35. Sekarang aja saya kalau mau makan diresto mesti buka traveloka dulu, lagi ada promo apa ya. Lumayankan makan enak tapi gak bikin kantong bolong

    ReplyDelete
  36. Menarik juga nih ada Traveloka eats, bisa menghemat pengeluaran pas jalan-jalan dan tetep bisa makan enak yaa

    ReplyDelete
  37. mba kalo boleh tau edit ilutrasinya pake apa nih?hasilnya cute banget hehe. Aku setuju sih kalo menghabiskan weekend gitu kan suka makan-makan dan pake Traveloka Eats yg treats ini dijamin hemat beb

    ReplyDelete
  38. Asik banget nih traveloka. Ngasih kemudahan buat pelanggannya biar makin betah. Sukaaa deh jadinya, soalnya gampang dipake juga aplikasinya dan sesuai keinginan

    ReplyDelete
  39. Kebayang ya mba kacaunya acara makan-makan kalau kita bingung harus mikir makan apa, trus menduga-duga harganya. Resah kan ya, takut kalau uangnya kurang. Pakai Traveloka Eats gini udah paling bener, apalagi kalau bisa dapetin Treats-nya, bakalan jadi irit karena ada promo yang menyertai.

    ReplyDelete
  40. Mbak aku salfok sama ilustrasi traveloka eats yang mbak lampirin. Kerennn mbak, pengen bisa bikin kyk gitu juga

    ReplyDelete
  41. wahhh aku harus coba nih, kebetulan suka kulineran kemana mana dan keknya asik kalau pake traveloka eats, yeayyy! rekomendasi penghematan yang joss hehe

    ReplyDelete
  42. Asik ya ada treats by traveloka eats ini, kulineran jadi makin hemat nih mantul

    ReplyDelete
  43. Asik banget yah kak berburu kuliner apalagi ada promo2 pake traveloka eats. Mantep banget deh..aku pun suka 🥰

    ReplyDelete
  44. Baru tahu nih di aplikasi Traveloka ada fitur cari makanan. Sebagai pencari promo aku mau liat-liat. Mana seringnya nggak masak sendiri 😆

    ReplyDelete
  45. Aku sering nih beli di aplikasi traveloka eats apalagi kalo Ada promo2

    ReplyDelete
  46. Makasih ya dikasih tahuin do'sanddon'ts nya jadi bisa gak kecele yah,hehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, link hidup di kolom komentar dan broken link akan dihapus :)