Nikmat Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen. Begitulah kopi yang paling nikmat untuk diminum.

Para penikmat kopi biasanya punya cara sendiri-sendiri untuk menikmati kopi. Panas atau dingin. Kopi hitam saja atau dengan bahan tambahan sama enaknya selama menggunakan kopi jujur.
“Kopi itu untuk dinikmati, bukan untuk diperdebatkan,” kata teman saya, Dani, yang menulis buku tentang kopi. Resensinya saya tulis di Usaha Kedai Kopi Memahami Seluk-Beluknya.



Apa sih Kopi Jujur Itu?

Kopi jujur? Memangnya ada kopi yang nggak jujur?

Yang dimaksud kopi jujur adalah minuman kopi yang benar-benar kopi. Asli terbuat dari bubuk kopi yang berasal dari biji kopi.

Kalau cappuccino, kopi susu, moccachino, kopi aren, dan berbagai kopi kekinian itu … termasuk kopi jujur apa bukan?

Tergantung. Kalau yang dipakai adalah asli bubuk kopi dari biji kopi, ya itu berarti kopi jujur.

Mengutip dari Wikipedia1, kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Nggak masalah kalau kemudian pakai gula pasir, gula aren, susu, cokelat, jahe, karamel, dan sebagainya untuk campuran. Saya juga suka kopi jujur yang pakai campuran gini, seperti kopi karamel macchiato. Saya tulis nih di artikel Kopi Truk Uniknya Tempat Ngopi di Bandung.

kopi jujur
Kamu juga jujur dong.

Yang penting adalah bubuk kopinya. Bubuk kopi asli adalah koentji dari kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen.

Essen (essence) adalah bahan tambahan pada makanan dan minuman. Essen dibuat dari aroma bahan makanan, tidak memiliki rasa dan warna, berbentuk cair. Fungsi essen adalah menambah aroma pada makanan.2

Bolu yang diberi essen durian akan beraroma durian meskipun tidak menggunakan daging buah durian sedikit pun.

Begitu juga minuman yang diberi essen kopi. Minuman kopi seperti itu tidak bisa disebut kopi jujur. Itu hanyalah minuman beraroma kopi.


Kopi di Indonesia

Indonesia termasuk lima besar negara penghasil kopi di dunia. Terasa ironis ya jika di negara penghasil kopi ini rakyatnya malah hanya tahu essen kopi, bukan rasa kopi yang sesungguhnya.

Sejak masa penjajahan Belanda, kopi dari tanah Jawa bahkan sudah dikenal di dunia internasional. Tepatnya ketika Bupati Cianjur, Aria Wira Tanu, mengirimkan 4 kuintal kopi ke Amsterdam pada tahun 1711. Lima belas tahun kemudian, yaitu tahun 1726, lebih dari dua ribu ton kopi asal Jawa masuk ke Eropa. Kopi ini kemudian dikenal dengan nama Java Coffee.3
 
Perkebunan kopi pun semakin marak di Indonesia. Tentu saja, tak hanya Pulau Jawa yang punya perkebunan kopi. Dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, ada perkebunan kopi.

Sekarang kita bisa dengan mudah menikmati kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

pengertian kopi jujur
Kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen.

Sebutlah di antaranya kopi Gayo, kopi Bengkulu (Bencoolen), kopi Kintamani, kopi Toraja, dan kopi Wamena.

Beda daerah penghasilnya, beda pula cita rasa kopinya. Kopi Bengkulu misalnya. Secara alami, kopi jujur Bengkulu ini memiliki aroma lemon, cokelat, dan herba yang khas.


Manfaat Minum Kopi

Kalau kita perhatikan, dua tahun belakangan ini coffee shop bermunculan di mana-mana, persis seperti munculnya kenangan di kala hujan.

Di Bandung, tiga coffee shop ini menjadi favorit saya:
  1. Cokotetra Drink and Library di Dago.
  2. EncyKoffee di Cihapit.
  3. Janji Kopi di Ujungberung.
Lepas dari apakah itu sekadar tren, maraknya coffee shop ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal kopi jujur Indonesia.

Minum kopi juga bukan sekadar gaya-gayaan. Banyak alasan kenapa orang suka minum kopi dan ngopi di coffee shop. Khusus tentang itu saya tulis dalam 12 Alasan Kenapa ke Coffee Shop.

Sekarang coba kita lihat apa kata para ahli tentang manfaat minum kopi ini.

manfaat minum kopi
Manfaat minum kopi jujur tanpa essen.

Tapiiii….manfaat itu tidak bisa didapat jika kita mengonsumsi kopi dengan gula, apalagi jika sekadar essen kopi. Yang terbaik adalah minum kopi jujur tanpa gula.

Aman di lambung nggak sih minum kopi gitu?

Pengalaman saya sih, minum kopi jujur terutama kopi hitam jauh lebih aman daripada minum kopi instan.

Tahun 2018 lalu saya dapat tips dari Muhammad Aga, seorang barista. Kata Aga, supaya aman jangan minum kopi ketika perut masih kosong. Dengan kata lain, makan dulu deh baru minum kopi.

Tentang Aga ini sudah saya tulis di Solusi Sakit Maag bagi Pencinta Kopi agar Aktivitas On Terus.

Selain itu, perhatikan juga jenis kopi yang dikonsumsi. Kopi jenis robusta lebih aman di lambung karena kadar asamnya lebih rendah.

karakteristik kopi robusta dan arabika
Karakteristik kopi robusta dan kopi arabika.

Aksi Para Penikmat Kopi

Dalam masa pandemi Corona sekarang, para penikmat kopi harus memendam rindu untuk ngopi-ngopi kece di coffee shop.

Coffee shop di berbagai penjuru kota pun tutup demi meminimalkan potensi penyebaran Covid-19.

Tapi ternyata, pengusaha kopi, barista, dan para pencinta kopi tak hanya diam menunggu pandemi Corona berlalu.

Di Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran Corona di Indonesia, muncul aksi #KopiJujurLawanCorona. Aksi ini dimulai tanggal 30 Maret 2020 dengan 10.000 cup kopi jujur gratis dari Bencoolen Coffee.

kopi jujur lawan corona
Aksi #KopiJujurLawanCorona

Kita tau dong, gimana besarnya risiko yang dihadapi para tenaga medis di garda depan pengobatan melawan corona ini. Lelah, berisiko, tapi tetap harus fit dan fokus menangani pasien.

Kopi robusta asli + gula aren + jahe yang diantar ke delapan rumah sakit itu merupakan tanda sayang, solidaritas, dukungan, dan kepedulian kepada para pejuang kesehatan.

Selain itu, aksi ini juga membagikan-bagikan kopi dan makanan gratis kepada sopir taksi dan pekerja harian yang secara ekonomi sangat terdampak dengan pandemi corona.


Nikmatnya Secangkir Kopi Jujur

Minum kopi bukanlah sekadar sruput minum lalu sudah. Minum kopi adalah sebuah prosesi yang menyenangkan.

Sebuah sensasi rasa. Sebuah kenikmatan yang menenangkan. Dan itu hanya bisa didapatkan dari kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen.


Daftar Bacaan
1 Kopi. Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Diakses tanggal 6 April 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
2 Selly J. Apa Bedanya? Essens vs Pasta (Perisa). Resep Koki, 21 Februari 2018. Diakses tanggal 6 April 2020. https://resepkoki.id/apa-bedanya-essens-vs-pasta-perisa/
3 Taufiqurrohman, Muhammad (ed). 2018. Kopi: Aroma, Rasa, Cerita.  Jakarta: Pusat Data dan Analisa Tempo.


Salam,
Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger

134 komentar

  1. saya baru tau ternyata kopi itu ada campuran essence di dalamnya hiks... padahal saya penyuka kopi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih kopi yang dari bubuk kopi beneran aja, Teh. Banyak kok. Kalau biasa minum kopi, kerasa kok mana yang beneran minuman kopi dari bubuk kopi dan mana yang cuma essens doang.

      Hapus
    2. Dan beneran bikin ngga bisa tidur,
      sedangkan kopi essen mah ngantuk jalan terus:D

      Hapus
  2. enyaaaak kopi jujur kayak perasaanku padamu ya teh ENo

    btw itu buat infografisnya kok cakep banget, pake app atau apa? tutorialnya dong buatin (((ngelunjak)))

    BalasHapus
  3. Wuah saya baru tahu bagusnya setelah makan minum kopi. Tapi kok saya malah berdebar-debar ya setelah mengonsumsinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi berdebar-debar? Kemungkinan yang Mbak minum itu kopi jenis robusta yang kadar kafeinnya tinggi. Atau mungkin lagi jatuh cinta? :D

      Hapus
  4. wah gerakannya keren ya.. semoga berkah... Aku jadi pengen ngopi nih btw... haha kapan ya bisa icip2 kopi jujur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Simpel kok, Mbak. Kopi yang bener-bener dari bubuk kopi asli itu kopi jujur. Bukan kopi-kopian :)

      Hapus
  5. Ada kopi jujur berarti ada yang boong dong?
    Gara gara booming kopi jujur, saya mempelajarinya
    Ternyata tiap kopi berbeda rasanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopi boong itu yang minuman beraroma kopi padahal nggak ada kopi-kopinya acan. Aroma doang.

      Hapus
  6. Aku bukan penggila kopi sih tapi kadang2 suka ngopi 😍 Boasanya pilih kopi dengan krimer, ga suka yg ada ampasnya hehehe..pernah nyobain kopi Wamena dari Papua..enaak banget 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang Wamena enak. Aku pernah nyobain juga karena penasaran.

      Hapus
  7. Liat animasi nya keren keren banget kak enno... ngomongin kopi aku gak terlalu suka ngopi sebenernya. Kalopun ngopi aku yang tanpa ampas justru sukanya.. tapi adikku doyan banget ngopi dan kopinya itu kopi asli gak pake gula lagi. Duhhh aku pernah nyobain pait sepet ahh ga suka pokonya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. . Selera ngopi adikmu sama kayak aku. Kalo pake gula pun aku biasanya dikit aja.

      Hapus
  8. Oalah, kopi jujur itu maksudnya asli terbuat dari bubuk kopi yang berasal dari biji kopi. Namanya jadi unik...hihi. Di rumah yang suka kopi paksu, kalau saya cukup air putih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.... iya. Bukan kopi-kopian yang cuma wangi kopi doang :D

      Hapus
    2. Iya, Mbak..biasanya kopi-kopi yang biasa kita minum (kopi instan) nggak bener-bener dari kopi, yaaa. Kalau murni pasti lebih nikmat ya kayak kopi jujur ini...

      Hapus
  9. Wah ada juga ya yang namanya kopi jujur. Jadi yang dimaksud kopi jujur di sini adalah kopi yang benar-benar terbuat dari biji kopi asli tanpa bahan campuran lain ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul,Mbak. Kalo ntar dicampur gula, susu, atau krimer tetap kopi jujur asalkan kopinya bener-bener dari biji kopi asli 😊

      Hapus
  10. Salut untuk program Bencoolen Coffe dengan kopi jujur gratis buat paramedis
    Dan..akupun pecinta kopi hitam, kopi asli tanpa campuran essen. Lebih mantaap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopinya jadi bener2 terasa ya, Mbak 😊

      Hapus
  11. klo aku sih emang doyan kopi asli, tanpa gula. Kopi itemlah intinya. Lebih strong menurutku

    BalasHapus
  12. Emang beda ya Mbak rasa dan aroma kopi asli yg gak dicampur dengan essen apapun. Apalagi klo udah lihat proses pembuatannya si kopi, terlebih lagi jika masih tradisional punya. Sruuup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau minum ini otomatis harus jawab jujur.
      pecinta kopi wajib minum ini nih biar bisa bandingin rasa kopi secara jujur :)

      Hapus
  13. wah boleh juga nih kita ngopi dengan tanpa campuran bahan penguat rasa gini, pastinya aroma dan kenikmatannya makin alami

    BalasHapus
  14. Saya suka kopi tapi ga bisa minum karena saya akan langsung mual dan pusing. Mau itu kopi hitam sekalipun. Hmm.. atau jangan-jangan karena yang saya minum bukan kopi jujur?

    BalasHapus
  15. Saya suka kopi, tapi harus pakai gula. Hehehe. Kalo kopi tanpa gula, saya gak suka, gak kuat. Indonesia memang keren yaaa. Beda topografi, beda rasa kopinya. Jadi, itu udah jujur banget, gak bisa dibohongin. Kalo udah master, pasti tahu bedanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Gpp Mbak. Kalo kopinya asli, dipakein gula atau krimer tetep aja enak.

      Hapus
  16. Saya rindu ke warkop, minum kopi jujur hehe, kopi khop, kopi nira, kopi tebu, kopi sanger. Saya suka kopi yg bervariasi. Salah satunya yg saya coba biat di rumah : dalgona kopi jujur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku, yang bikin rindu sama warung kopi tuh kadang bukan cuma kopinya, tapi juga suasananya.

      Hapus
  17. Wah, namanya unik. Kopi Jujur. Ternyata kopi robusta lebih aman buat yang punya maag. Saya bukan penyuka kopi, soalnya dulu pas pertama kali cobain, malah jadi enggak bisa tidur semalaman, minum kopi instant sih yang suka wara-wiri iklannya di televisi. Belum pernah nyobain kopi asli begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau pas diceritain gitu sama si babang barista.

      Hapus
  18. Malu sama kopi ini kalau kita suka mangkir alias gak jujur hehehe.
    Saya tidak minum kopi. Tapi kalau kopi jujur saya setuju tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun jarang minum kopi nih mbak tapi memang menarik banget bahwa kopi memang jujur yah. Saat pahit yah memang begitulah nyatanya. Sejauh ini saya pernah ngopi biasanya tetep dicampur gula juga.

      Hapus
  19. Wahhh pantasan saya lebih suka kopi asli sekarang karena memang dari rasa sangat beda dengan kopi sachet yang gulanya sangat tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Lebih-lebih kalo lagi mengurangi asupan gula :)

      Hapus
  20. Minum kopi merupakan sebuah proses yang menyenangkan. Acha langsung keingetan sama Teh Evi dan buku barunya.

    Penasaran, berarti selama ini aku belum pernah merasalan kopi yang sebenarnya karena kebiasaan nyari yang instan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok dijual bubuk kopi yang asli gini, Cha. Kalo ke coffee shop misalnya. Di barnya biasanya tersedia macam-macam bubuk kopi buat kita beli.

      Hapus
  21. Nah ini nih yang bikin perutku sering melilit abis minum kopi, essens. Kopinya gak jujur. Cuma dapet wangi dan enak dari campuran-campurannya ya. Padahal iya, kalo minum kopi asli, perut aman-aman aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Inget nggak Ni tips ngopi-ngopi yang dibilang Aga pas acara kopi dulu?

      Hapus
  22. Saya penikmat kopi, tapi gak terlalu sering sih minum kopinya. Kl kopinya gak jujur bisa2 kena penyakit nih. Makanya saya lebih suka kopi dari desa nenek, aromanya nikmat dan rasanya juga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiih...jadi kepingin nyicipin kopi dari desa nenek nih. Desanya di mana, Mbak?

      Hapus
  23. Wah ini hobi baru suami kopi hitam asli dari biji..Sampai beli alat seduhnya.. Sekarang malah ketularan nih akuh tapi masih dicampur dengan susu murni plus madu hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah kok mau dicampur susu murni, madu, atau yang lainnya. Tetap kopi jujur selama kopinya asli.

      Hapus
  24. Memang paling nikmat sih kalo minum kopi yg bahannya asli kopi, bukan essens. Rasanya khas banget

    BalasHapus
  25. Pengen jg jadi penikmat kopi jujur tp yg ada tiap kali minum kopi asli g bs tdr setelahnya. Semoga bisa menikmati kopi dgn varian tp tetap dikatakan kopi jujur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kopi item kental (Tkopi tubruk, dsb) kalo gitu, Mas. Yang lebih ringan aja. Misalnya Americano, kopi susu, kopi aren. Yang penting kopinya asli. Tapi dosis kopinya lebih sedikit, lebih cair juga.

      Hapus
  26. Kopi yang paling asik itu emang kopi pahit ya. Yang pengen dicoba itu kopi bengkulu sama kopi areng

    BalasHapus
  27. Asyik, ngopi sambil nulis atau nonton Korea ini kayak langsung tancap gas. Terima kasih informasinya ya kak.

    BalasHapus
  28. Wah namanya unik hehe
    Bikin kita tertarik sejak pertama kali dengar
    Aku bukan peminum kopi tapi penikmat aroma kopi yang baru diseduh. Menghidu aromanya yang wangi bikin aku terlena
    Sepertinya suatu hari aku ingin menghirup aroma kopi jujur deh

    BalasHapus
  29. Kalau di desa saya ada namanya Kopi selir, itu adalah kopi yang diolah sendiri di rumah. Mulai sangrai hingga dihaluskan jadi serbuk. Kopinya tanpa campuran apapun

    BalasHapus
  30. kalau kopi di indonesia ini emang keren2 rasanya unik gitu. mantab banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Kak. Luar biasa kekayaan alam Indonesia :)

      Hapus
  31. Kopi aja jujur, apalagi kita sebagai manusia, harus lebih jujur juga. Hehehe.
    Btw, saya sekarang mencoba mengurangi mengonsumsi kopi,padahal dulu gak bisa nulis kalau gak ditemani kopi. Mungkin pengaruh umur juga, jadinya gak kuat sering-sering mengonsumsi kopi.

    BalasHapus
  32. Kopi aja jujur, apalagi aku...
    Eaaa eaaa
    Aku tiap hari suka minum kopi mbak, dari kopi yang jujur tentunya.
    Tanpa campuran essen

    BalasHapus
  33. Pas baca judulnya, kirain apaa gitu kopi jujur hehe. Ternyata kopi yang murni kopi ya kak. Aku pikir semua kopi pake bubuk kopi asli, ternyata banyak juga yang cuma pake essence ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mut. Banyak yang pakai essen kopi aja :)

      Hapus
  34. Sekarang harus pilih-pilih bener tempat ngopi ya Nanti yang dikasih malah essence kopi, jadi buat para pecinta kopi gak Zonk ya

    BalasHapus
  35. Keluargaku suka minum kopi. Senjata andalan buat teman nglembur. Ga cuma aku ma suami tp jg anak2ku yg balita. Klo emak bpknya ngopi pasti mereka minta. Sayangnya blm terbiasa ngopi tanpa gula. Lg mulai mencoba minum kopi dgn mengurangi gula sedikit demi sedikit.

    BalasHapus
  36. Waktu hamil tuh q gak bisa banget nahan gak minum kopi bahkn ketagihan makan langsung bubuknya �� btw aq lbh suka kopi jujur deh

    BalasHapus
  37. Keren ini kopi jujur gerakannya dalam melawan korona untuk tenaga medis. Kalau saya pribadi juga suka robusta yang lebih pahit dari pada asam, dan dan serta rendah asam sih jadi nggak takut sakit lambung :D

    BalasHapus
  38. Satu lagi produk kopi yg memanjakan para kopi lovers... menikmati kopi saat ini masih ada aja yg menjadikan perdebatan...ada yg pake gula..ada yang engga...ada yg sebelum makan atau lainnya setelah makan .... menurut saya sich ka nikmati aja gaya kita sendiri... sama seperti musik.. ada yang suka blues..rock.. hingga dangdut.. toch ujungnya sama menikmati musik kan ...salam kejujuran...hallah

    BalasHapus
  39. Semenjak asam lambung, ku udah gak temenan sama kopi oadahal aku dlu pecinta kopi banget. Kopi mengurangi depresi dan membantu otak bekerja tuh kayaknya bener banget ya. Kata temen-temenku yang gak bisa kerja tanpa kopi ya gitu. Hehehehe

    BalasHapus
  40. Saya baru tau kalau kopi bisa bermanfaar membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Lumayan utuk yang ingin diet ya, Teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan catatan: tanpa gula, krimer, atau susu, apalagi susu full cream 😀

      Hapus
    2. Nah ini yang suka dilupain
      Minum teh kan juga sama
      Bisa utk diet
      Asal ga pake gula 😀😀😀

      Hapus
  41. Kopi hitam enak banget pas lagi santai atau sibuk, aromanya aja bikin tenang. Trus pas diminum udah deh, plong rasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa. Minum kopi memang paling afdol sambil menghirup aromanya. Mantep banget itu.

      Hapus
  42. Asik banget nih kopi jujur memang baik dan benar-benar asli tanpa kandungan apapun. Saya suka kopi yang seperti ini mbak lebih khas aromanya.

    BalasHapus
  43. Aku sejak punya temen pengusaha kafe kopi, dan beli kopi yang dia racik sendiri, jadi nggak bisa minum kopi asal wkwk. Kalau nggak kopi yang jujur nggak nendang wkwk. Jadi yaa...yang jujur dan asli memang yang terbaik daah.

    BalasHapus
  44. Kopi hitam kak. Asli tu kopi jujur. Hehee.. Aku juga pernah melihat prosesnya secara langsung. Dan emang nikmat. Benar-benar terasa kopinya. Cuma emak dan ayahku yang doyan ngopi. Hehe

    BalasHapus
  45. Kayaknya enak bisa ngopi2 cantik sama Kopi Jujur.
    Sy suka kopi hitam atau kopi susu aja deh, yg gampang bikinnya.

    BalasHapus
  46. Istilahnya lucu mbak. Kopi Jujur, hehe..
    Sayang saya bukan anak kopi, Mbak. Saya anak es teh jumbo saja. Gak biasa minum kopi, dan gak bisa menikmati asinya ngopi��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Bandung, minum teh, makan gorengan, minum bandrek, dll juga disebut "ngopi" loh, Mbak 😄😄😄

      Hapus
  47. Kira-kira kalo orang yang suka bohong kita kasih minum kopi jujur ini, dia bakalan jadi orang jujur gak ya?

    BalasHapus
  48. Baru mau tanya, memangnya ada kopi yang ga jujur?
    tapi ternyata sudah terjawab duluan di atas

    BalasHapus
  49. wahhh saya baru tau tentang kopi ini. Bener banget aku lebih cocok minum yang Robusta, karena rendah asam. Pantesan aku ga kambuh maag nya kalau minum robusta.
    btw, suka banget sama program yang bagiin kopi gratis :)

    BalasHapus
  50. Entah kenapa aku gak begitu suka kopi mbak tapi lebih sering buatin aja. Btw,lucu juga ya mbak istilah kopi jujur. Hehe

    BalasHapus
  51. Kopi aja bisa jujur ya kan mbak tapi kenapa dia tidak jujur,kwkkwkwk. Biasanya kopi ini dikaitkan dengan ketenangan begitu. Kalo tanpa campuran essen rasa lebih oke yah. Selama ini kalo ngopi tetep pake gula sih,hihiihi. Hmm,mengenal robusta dan arabika nih lah yang belum pinter,sering cuma beli dan minum aja mbak.

    BalasHapus
  52. Kalo kopi aku sukanya tambah susu atau gula 😁 tapi memang ya, kopi yg pure essence tuh wanginya top banget!

    BalasHapus
  53. waaaa udah lebih dari seminggu ga minum kopi aku nih, karna lagi diet kopi dulu seminggu kedepan hihihihi, kangen ngopi jadinya hehe

    BalasHapus
  54. banyak juga ya manfaat kopi, karena saya ga pernah ngopi jadi baru tahu, bisa dicoba deh kalau sudah tahu manfaatnya, bangga ya Indonesia masuk dalam 5 besar penghasil kopi di dunia

    BalasHapus
  55. suamiku suka banet kopi.. tapi sukanya kalau udah ada creamernya atau susunya atau apanya, kalau kopi tok gak mau...

    BalasHapus
  56. Saya bukan penyuka kopi, hanya kadang-kadang pengin gitu minum kopi. Di rumah sih selalu sedia kopi bubuk, karena suami kadang-kadang juga minta dibikinin minuman kopi. Nah, kopi bubuk yang saya sediakan di rumah ini bisa dibilang kopi jujur 'kan ya?

    BalasHapus
  57. Beberapa kali menikmati kopi jujur bikin malam susah tidur. Tp pas buat mereka yg mau kerja lembur. Bikin mata melek selalu

    BalasHapus
  58. ini kabar baik untuk para pecinta kopi, ada aksi sosial juga ya. ah aku lagi diet kopi huhu

    BalasHapus
  59. aku baru tahu istilah kopi jujur. iya aku mah peminum segala kopi sebenernya, tapi tipe yang ga mau repot. kondisi di rumah aja akhirnya aku semakin rajin dengan kopi essence. biasanya kalau mudik, ibu mertua pasti akan bikinin kopi jujur sehari dua kali. nyummmm.... makin kangen.

    aku baru tahu gerakan kopi jujur lawan corona. alhamdulillah ya, semua bisa membantu dengan kemampuan masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Alhamdulillah banget banyak yang tergerak untuk saling membantu.

      Hapus
  60. Kopi yg disajikan yayang lah ter de best. Rasanya kek gimana bilanh ajanenak

    BalasHapus
  61. Yakin deh dengan manfaat dan kebaikan kopi jujur, pasti menang lawan Corona. Karena orang yg ngopi secara jujur pasti bersemangat utk selalu ngejaga kebersihan juga kann

    BalasHapus
  62. Kalau saya sih jujur lebih suka kopi yang ditambah susu dan gula, nggak kuat gitu minum arabika, jadi robusta saja eheh. Tapi kadang kalau ditawarin ya diminum aja, lumayan wanginya enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai susu dan gula juga tetap kopi jujur kok asalkan bubuk kopinya asli dari biji kopi :)

      Hapus
  63. Kopi asli tanpa campuran essens dan gak suka tipu ya kan mbak. Memang nikmati kopi itu pasti dengan berbagai cara sesuai selera. Saya malah yang sering pakai gula ngopinya,huhuhu

    BalasHapus
  64. Salut buat para pecinta kopi yang udah bikin aksi sosial Kopi Jujur, bermanfaat banget buat tenaga medis.

    BalasHapus
  65. Aku penikmat kopi nih..kapan-kapan kita ngopi bareng yuukk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuuk..... Agendakan setelah pandemi selesainya ya Mbak. Jadi ke EncyKoffee kita?

      Hapus
  66. Aku sebagai penikmat dan hantu kopi setuju nih. Kopi yang enak itu kopi asli. Dari biji kopi, bukan kopi instan apalagi kopi yang ada tambahan essennya. Kopi jujur emang paling betul dah.

    BalasHapus
  67. Aku terpesona sama kartun ceweknya,cakeppp. Soal kopi, memang kopi yang bagus itu ya yang ngga ada campurannya. Asli kopi doang. Sayangnya saya ngga bisa klo minum kopi item. Langsung sakit perut dan pinggang. Makanya, saya minum yang ada susunya

    BalasHapus
  68. AKu bukan pecinta kopi, sbenarnya suka, tapi karna kurang bersahabat sama lambung jadinya jarang minum kopi.
    Tapi Indonesia memang kaya akan hasil kopinya ya, harus kita dukung nih dgn cara konsumsi kopi asli indonesia.

    BalasHapus
  69. Bagi pecinta hujan, kopi adalah sejoli. Tapi aku sendiri bukan penikmat kopi mbak, tp selalu suka aromanya, apalagi saat disiram air berasap.
    Yg saya tau anak2 bagus dikasih kopi, katanya mampu menghindari steo pada anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih anak-anak sebaiknya jangan minum kopi dulu deh, Lia.

      Hapus
  70. SAya suka kopi tuh ya es kopi kekinian hehe, kalau beneran kopi masih belum berani, rasanya kurang bersahabat haha. Sukanya kopi yang udah dicampur susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beneran dari biji kopi pasti kopi beneran, Teh. Biarpun kemudian minumnya pakai susu, krimer, dsb.

      Hapus
  71. Senang sekarang kopi populer di semua kalangan. Pastinya kopinya harus jujur yaaa
    Apapun sajiannya hehe

    BalasHapus
  72. Penasaran pula bagaimana rasanya kopi jujur ini, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belilah bubuk kopi asli apa pun mereknya dan dari daerah mana pun asalnya (yang di coffee shop biasanya lebih terjamin). Lalu seduh. Kalau bener2 dari biji kopi asli, itu kopi jujur :)

      Hapus
  73. Mulanya kukira kopi jujur ini nama merek. Ternyata bukan, setelah baca beberapa tulisan bertema sama. Dan baru sadar waktu lomba tinggal sehari lagi. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Bengkulu ada coffee shop bernama Kopi Jujur, Twin. Tapi kalo yang ini lebih pada keaslian kopi. Kopi asli, pasti jujur.

      Hapus
  74. Pernah sekali minum kopi malah jadi terjaga semalaman dan bikin dada berdebar. Aslinya enggak berani lagi ngopi. Di keluargaku enggak pada minum kopi, kecuali suami saya sih sesekali minum. Kopi ada jujur, masa Kamu enggak. Quotenya oke, hehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😊😊 begitulah Mbak. Kalo yang belum biasa mending kopinya dicampur susu atau krimer. Kalo di coffee shop langgananku ada tuh jenis kopi yang ditujukan buat pemula. Kopinya tetap dari biji kopi pilihan. Rasanya ringan 😊

      Hapus
  75. Saya penikmat kopi robusta Mbak. Tapi kayaknya nggak jujur. Ada essens-nya.

    Sudah pernah coba kopi arabica yang untuk pasar kaum atas. Oh la la... Asam ya lumayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Iya, Mbak. Aku juga pilih2 kopi biar dapet yang enak plus nyaman di lambung.

      Hapus
  76. Aku baru tahu mba. Kopi jujur itu kopi asli tanpa campuran gitu. Emang gitu ya namanya? Aku baru denger soalnya hihihi. Kalau aku tipe yang suka kopi dengan campuran cream, gula dan susu ditambah ada rasa mochacino. Baru aku suka hahaha. Berarti kalau kopi jujur aku kurang seneng 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Istilahnya gitu, Mbak. Kalau bubuk kopinya asli (bukan sekadar essen), mau dicampur gula atau krimer atau susu ya tetap aja kopi jujur.

      Hapus
  77. Daku belum pernah mencoba kopi jujur seperti itu. Palingan sih seringnya kopi plus krimer, hehe

    BalasHapus
  78. Aku bukan si penikmat kopi sih.. Tapi sesekali boleh juga nih ikut cobain. btw kok lucu yah nama kopinya.

    BalasHapus
  79. Pengen cobain juga ih kopi jujur Teh
    karena aku pengemar kopi, tapi bukan yang harus minum gitu tiap hari.

    BalasHapus
  80. Aku kalo ngopi minta kirimin mamak dari Lampung. Jadi asli kopi Lampung buatan Mamak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaaaa....mantep banget, Da. Ida nggak sekalian jualan kopi nih?

      Hapus
  81. Aku penggemar kopi mbak. Tapi belum pernah nyoba kopi jujur.hihi

    Ini gerakan keren banget. Jadi tergiur buat nyoba. Di lain sisi nama kopinya bikin penasaran ya pas pertama kali dengar

    BalasHapus
  82. Minum kopi sekarang sudah sangat populer, karena banyak yang suka dengan kopi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mas. Jadi semacam gaya hidup :)

      Hapus

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)