Hijab for Sisters

Kriuk! Makan Makin Enak Pakai Kerupuk

makan makin enak pakai kerupuk

 Waktunya makan siang. Bu Kades sudah menyiapkan makanan untuk kami.

“Mangga Geulis, Kasep … tuang heula,” ujar Bu Kades mengajak kami makan. Yang kepala desa adalah suaminya. Ia, sang istri, otomatis dipanggil sebagai Bu Kades.


Kami bersepuluh mahasiswa yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa di Kabupaten Bandung. Sepuluh mahasiswa dari 10 fakultas berbeda.

Selama KKN, urusan makan kami menjadi tanggung jawab Bu Kades. Kami memberikan sejumlah uang untuk keperluan itu.

Bu Kades mau masak apa … itu terserah beliau. Ikan asin, sayur asem, ulukutek leunca, tahu tempe, singkong goreng … Bebas. Raw food ala orang Sunda pun tak kami tolak. Mungkin udara desa yang relatif bersih juga ikut bertanggung jawab atas selera makan kami.

Apa saja bahan makanan yang ada di kampung. Kami selalu siap menyantapnya. 

Namun, seorang teman saya sering menghilang beberapa menit menjelang waktu makan. Awalnya kami heran. Duh, ini cewek ke mana sih? Tapi lama-lama ya biasa. Apalagi dia pasti ikut makan bersama kami, meskipun agak telat.

Memangnya dia ke mana dulu?

Ke warung, Siiiis. Beli kerupuk!

“Mana enaaaak makan kalau nggak pakai kerupuuuk…!” Dia tertawa lebar sambil menunjukkan seplastik kerupuk.

Kerupuk bolong-bolong khas warung itu akhirnya kami habiskan beramai-ramai.

Betul banget. Makan memang makin enak kalau pakai kerupuk.

 

Kerupuk di Indonesia

Kerupuk dalam kuliner Indonesia sudah ada sejak abad ke-9 atau 10. Hal itu ketahui dari adanya tulisan “kerupuk rambak” di Prasasti Batu Pura.

Pada perkembangan selanjutnya, kerupuk menyebar ke berbagai penjuru Nusantara. Bahannya pun tak lagi sekadar kulit binatang seperti pada kerupuk rambak. Bahan pembuat kerupuk semakin beragam.

Pada masa kolonialisme Belanda, kerupuk bahkan dianggap menjadi ciri khas makanan Nusantara.

Apakah para Londo itu doyan kerupuk?

Ohoho … ternyata mereka suka makan kerupuk, lho! Menyantap makanan Nusantara haruslah disertai keropok. Itu baru nikmat!

kerupuk udang
Kerupuk udang dalam kemasan modern.
 

Kerupuk dalam Kemasan Modern

Sekarang kerupuk tampil semakin menarik. Cita rasanya semakin kaya. Kemasannya pun dibuat sedemikian cantik.

Memberi oleh-oleh berupa kerupuk sekarang tak lagi terlihat ndeso. Coba lihat Kroepoek Warung ini. Kemasannya terlihat cantik dan kekinian, kan? Pantes untuk dijadikan oleh-oleh atau pengisi goody bag.

macam-macam  jenis kerupuk
Cassava crackers, mini rose crackers, shrimp crackers, dan star-shaped crackers. Yang mana favoritmu?

Bercerita tentang Kroepoek Waroeng, kebetulan banget saya baru beli yang shrimp crackers alias kerupuk udang. Saya belinya di official store-nya di Shopee. Di Tokopedia juga ada. Saldo saya yang nggak ada. Hehe....

Selama masa pandemi yang membuat tidak leluasa pergi-pergi, saya biasa menyimpan satu-dua bungkus kerupuk mentah di rumah.

Di awal masa pandemi, kerupuk siap santap malah menghilang dari warung-warung.

Jadi, menyediakan kerupuk mentah di rumah adalah pilihan tepat. Kalau sewaktu-waktu ingin makan kerupuk enak, tinggal goreng aja.

Shrimp crackers dari Kroepoek Waroeng ini beratnya setengah kilo alias 500 gram. Jadi, cukuplah satu bungkus saja buat keluarga kecil saya.

kroepoek waroeng cahaya kencana
Official store di Shopee.


Kerupuk Sehat

Kerupuk udang produksi Cahaya Kencana, Sidoarjo, ini diposisikan sebagai kerupuk sehat. Sesehat apa?

Di kemasannya tercantum jelas bahwa kerupuk udang ini tidak mengandung borax dan formalin, tidak menggunakan pemutih, serta wet-gluten free. Satu lagi, shrimp crackers Kroepoek Waroeng ini tidak menggunakan MSG.

Lebih tenang ya kalau ingin menyajikan kerupuk untuk anak. Baik untuk camilan maupun untuk pelengkap saat makan nasi.

Karena gluten free, kerupuk ini juga bisa jadi camilan untuk anak-anak dan orang dewasa yang tidak bisa mengonsumsi makanan bergluten.

Alternatif camilan lain yang juga bebas gluten ada Nenasz Cookies. Ada juga camilan lezat kesukaan anak-anak DekNino Brownies Gluten Free.

waroeng kroepoek
Halal dan berkualitas ya, Bun.


Penasaran pengen ngemil kerupuk sehat ini? Sama. Saya juga.

Di bagian belakang kemasan Kroepoek Waroeng ada penjelasan cara memasak kerupuk udang ini agar mendapatkan hasil maksimal.

  • Kerupuk dijemur di bawah panas matahari selama 1-2 jam. Bisa juga dipanaskan di oven atau microwave selama 1-2 menit.
  • Dimasak dengan menggunakan 2 wajan. Kerupuk digoreng di wajan pertama sampai mengembang. Setelah itu dipindahkan ke wajan kedua yang berisi minyak lebih panas. Goreng sebentar hingga mekar sempurna.

Membaca itu, kening saya agak berkerut. Dijemur dulu? Duh, kok nggak praktis ya. Mana hari-hari ini mendung terus. Bagaimana menjemurnya? Pakai oven dan microwave … sayangnya saya tidak punya.

Ternyata itu karena sifat wet-gluten free. Wet-gluten berfungsi untuk membuat adonan mengembang bagus. Sedangkan kerupuk udang dari Kroepoek Waroeng ini wet-gluten free. Jadi, supaya bisa mengembang dengan bagus mesti dijemur dulu.

Selain itu, proses penjemuran juga untuk memastikan kerupuk dalam keadaan kering dan tidak berjamur.

Biasa, kan, kita kalau beli kerupuk menggorengnya sedikit-sedikit sesuai kebutuhan. Kalau tidak rapat menyimpannya, kerupuk mentah sering menjadi lembap dan berjamur.

Kalau sudah dibuka pun, Kroepoek Waroeng ini gampang disimpan. Kemasannya menggunakan zip lock yang membuat bungkusnya bisa kembali ditutup rapat.

kerupuk sehat no msg
Tutup zip lock membuat kemasannya lebih aman.


Hoho… kalau saja Kroepoek Waroeng ini sudah ada pada masa kami KKN dulu, masalah “harus ada kerupuk kalau makan” terpecahkan dengan mudah.

Apalagi, kerupuk bolong-bolong favorit kami itu ternyata ada juga di Kroepoek Warung. Namanya mini rose crackers. Sebagus itu namanya dan kami menyebutnya "kerupuk bolong-bolong" dong.

Ulasan tentang Shrimp Crackers Kroepoek Waroeng ini juga bisa ditonton di channel Youtube Triani Retno.

 

 Review kerupuk di channel Youtube saya.


Gurih Tanpa MSG

Karena kendala mendung dan ketiadaan oven, saya langsung saja menggoreng kerupuk udang ini. Itu pun hanya menggunakan satu wajan. Hm … soalnya saya hanya punya satu wajan yang bisa digunakan untuk deep frying.

Alhamdulillah, ternyata hasilnya tetap mengembang bagus. Mungkin karena kerupuk udang yang saya beli ini masih baru dan bungkusnya pun baru dibuka.

Kriuk!

Karena mengembang bagus, kerupuk udang ini pun renyah ketika digigit dan dikunyah.

Meskipun  tidak menggunakan MSG, kerupuk ini tetap terasa gurih. Udang dan bawang putih menjadi penyumbang bagi rasa gurih ini.

kerupuk dalam hidangan Nusantara
Kerupuk udang sebagai pelengkap menu makanan.


Bahkan, rasa gurih bawang putih (garlic) ini masih terasa kuat di lidah lama setelah kerupuknya meluncur masuk ke lambung.

Kerupuk udang no MSG ini membuat makan jadi semakin enak. Kriuk-kriuknya berpadu sempurna dengan nasi dan lauk pauk. Sajian sederhana jadi istimewa.

Jadi, masak apa hari ini, Bun? Sudah tahu 8 mitos tentang makanan di Indonesia?

Ahaha, apa pun masakannya, sediakan kerupuk udang dari Kroepoek Waroeng, ya. Rekomendasi kerupuk enak dan sehat no MSG yang akan membuat makan makin enak.

makan makin enak pakai kerupuk
Kerupuk udang, si kriuk renyah tanpa msg.

Untuk tahu lebih banyak tentang Kroepoek Waroeng ini silakan langsung meluncur ke Instagram @eatwarung dan @themunchingqueen . 

Kalau mau belanja Kroepoek Warung di marketplace, ada link-nya di sana. Official store-nya berlokasi di Jakarta, Bekasi, Semarang, dan Surabaya. Tinggal pilih official store yang terdekat dari lokasi kita supaya lebih hemat ongkir.

 

Salam kriuk,

Triani Retno A

66 komentar

  1. Makan makin enak pakai kerupuk. Rekomendasi kerupuk enak dan sehat. Camilan no MSG.

    BalasHapus
  2. Mau dong, krupuknya Mbak Eno. Desi Ratnasari saja kalau makan doyannya pakai krupuk, apalagi saya hahaha. Kalau makan pakai krupuk, menambah nafsu makan ya, Mbak. Tapi kalau krupuk yang beginian, enak juga jadi camilan. Apalagi sehat dan berkualitas krupuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempet GR, kirain aku dibilang mirip Desi Ratnasari. Hahahah.... Gubrak deh. Ternyata doyan makan kerupuknya yang sama :D

      Hapus
  3. jadi pengen, itu buat ngemil di tongkrongan juga keliatan trendi ya, kemasannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin mau buat ngemil di tongkrongan, Ay? Di dalam kemasan itu kerupuk mentah loh. Mesti digoreng dulu :))

      Hapus
  4. Kerupuk memang jadi sohib banget buat dikombinasikan dengan hidangan apa aja. Kalau gak ada si yang bikin gurih dan kriuk krenyesnya itu serasa ada yang hilang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...iyaaa. Hampa rasanya makan tanpa kerupuk *halah* :D

      Hapus
  5. Kerupuk memang teman makan pentinggggg banget hahahaha, bahkan kalau aku lebih penting dari sayur (hadeh, parah ya?)
    Wah enak ya kalau dah ada krupuk kemasan gini ya, apalagi bisa pesen di IG aja huhuhu.praktisss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paraaaah... Hihi.... Di IG-nya kita bisa tanya-tanya atau nyari oinfo dulu. Belinya sih di marketpace. Link-nya ada lengkap di bio IG-nya.

      Hapus
  6. kerupuk jadi padanan makanan yang ngga bisa dilepaskan dari aneka menu di Indonesia. sepertinya kerupuk enak ini bakal jadi andalan dirumah sih. sedeppppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus doooong. Biar makan jadi makin sedap.

      Hapus
  7. Kalau aku biasanya kerupuk mentah, kupanasin dulu sebentar di atas wajan panas tanpa minyak. Srang sreng sebentar, trus angkat. Lumayan ga pake jemur-jemur dulu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...aku kenapa nggak kepikiran gitu ya? Makasih, Mbak. Akan segera kucoba.

      Hapus
  8. Makan tanpa kerupuk berasa ada yang kurang. Aku demen kerupuk sejak kecil dan benar sejak pandemi bikin mikir beli kerupuk matang di warung. Kalau punya mentah Kroepoek Waroeng jadi praktis..jemur dulu baru goreng, kriuk, sedaaap!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih sehat juga jadinya, karena minyaknya pasti pakai yang bersih :)

      Hapus
  9. memang nih kerupuk khas indonesia banget ya. Tapi kalau beli dari luar kota kayaknya berat diongkir, mungkin ada nih di bogor ya, mau beli kalau ada tokonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produksinya memang di Sidoarjo. Tapi official store-nya di marketplace ada di Surabaya, Semarang, Bekasi, Jakarta. Aku sih beli yang di Jakarta karena paling deket. Bogor apalagi ya. Kan lebih deket ke Jakarta.

      Hapus
  10. Sama kayak keluarga di rumah, Mbak, makan nasi atau bakso, ya pakai kerupuk. Soto Lamongan juga ga afdal kalau ga ditemani kerupuk. Cuma ya kudu pilih yang sehat kayak Kroepoek Waroeng ini, kemasan bagus, dijamin higienis dan ga pake borax atau MSG. Jangan sampai deh kasih kerupuk berbahaya buat keluarga. Enak gini, praktis, tinggal cocok ke sambal aja bisa buat camilan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terasa hampa kalau tanpa kerupuk. Hehe.... Kalau kerja menjelang deadline juga aku mesti sedia yang kriuk-kriuk begini, Mas. Biar tetap terjaga dan tetap fokus :D

      Hapus
  11. Wah kerupuk tuh teman makan terbaik. Kadang kalo lauknya kurang suka atau kurang nafsu makan, ada kerupuk lgsg berasa enak makan. Baru tau nih ada kerupuk modern dlm kemasan. Ntar coba2 cari deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah keajaiban kerupuk. Hehe....
      Btw, ini kerupuk mentah ya, Kak. Mesti digoreng dulu sebelum dinikmati :)

      Hapus
  12. Makan ku serasa ada yang kurang kalo nggak ada kerupuk bun, tapi belum pernah nyobain kerupuk dri waroeng keroepeok ini

    BalasHapus
  13. Aku pun penggemar krupuk garis keras mbaaa...K makan kalau ga ada kriyuk-kriyuknya gitu kok rasanya hampaaa banget. Apapun krupuknya aku suka. Apalagi kalau dari Kroepoek Waroeng yang aneka macam krupuknya. udah pasti bakalan jadi persediaan tetap di rumah nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kehampaan itu harus segera diisi dengan Kroepoek Waroeng, Mbak :D Camilan enak yang sehat.

      Hapus
  14. Jadi top makanan ini pelengkap saya untuk makan yang pedas bersama keluarga atau sendiria, memang di rekomendasikan Kroepoek Waroeng ini di jamin makanan berkelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi.... Apa pun makanannya, pedas atau nggak, diaduk atau enggak *ehhh* kalo pake Kroepoek Waroeng bakal jadi makin enak.

      Hapus
  15. krupuk itu ciri khas makanan indonesia ya mbak
    kayaknya g afdol klo makan nggak pake krupuk ya mbak
    apalagi krupuk udang, asli enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha...iya, Mbak Di. Kalo kerupuk udang, sejak aku kecil selalu ada kalau pas hari istimewa atau arisan. Sekarang alhamdulillah, makin mudah kalau mau menikmati kerupuk udang.

      Hapus
  16. Selama di Jawa, makan kalau gabpake kerupuk itu hampa haha
    Padahal sejak lahir kerupuk itu dijadikan camilan, bukan lauk

    BalasHapus
    Balasan
    1. So, sekarang jadi tim makan pake kerupuk dan tim ngemil kerupuk sekaligus ya? Sama atuh denganku :D

      Hapus
  17. Emang aseliii...makan engga pakai kerupuk rasa ada yg kurang gitu. Asyik nih, pas di rumah abis kerupuk. Biasanya goreng sendiri sih memang...
    Kadang beli dari Mamang yg lewat. Tapi kan lebih bersih ya kalau goreng sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bu. Kalo ngegoreng sendiri insya Allah lebih bersih. Minyaknya juga kan kita pasti pakai yang masih jernih :)

      Hapus
  18. Aku suka banget makan krupuk mbak, apalagi buat makan nasi bisa habis banyak. Kerupuk jaman sekarang kemasannya juga udah modern ya. Belum nyobain kroepoek waroeng nih, asyik lah kalau gurihnya tanpa msg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kemasan kerupuk sekarang makin cantik. Jadi pantes banget kalo dijadiin oleh-oleh atau buat pengisi goodie bag :)

      Hapus
  19. paling enak tuh apa-apa (makan) dicampur atau bersama kerupuk aplg kerupuk udang, walaupun (katanya) org jawa identik dgn makan bersama kerupuk,,saya dr sulawesi pun doyan makan krupuk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Sulawesi, kebiasaannya kerupuk itu buat camilan ya, Kak Gin?

      Hapus
  20. Kerupuk itu teman makan yang paling disukai. Pernah juga kerupuk sama saos juga jadi lauk. Iya, kala itu ketika keluarga kami morat marit, makan sama kerupuk aja udah enak.

    Untungnya sekarang ada Kroepoek Waroeng yang jauh lebih sehat dan tanpa campuran yang aneh-aneh. Udah gitu rasanya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Seorang teman penulis (yang suaminya pun freelancer) selalu nyetok beberapa macam kerupuk mentah yang enak begini. Jadi kalau keuangan lagi susah, masih bisa makan enak.

      Hapus
  21. Yeay, official store ada di Surabaya. Deket lah ya.... kerupuk memang JD pelengkap sebagian orang yg katanya blm puas makan jika nggak ada kerupuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiiik...Langsung borong, Mbak. Ongkirnya pasti murce kalau sekota. Atau malah bisa gratis ongkir.

      Hapus
  22. Makan apa aja emang paling mantap kalau pakai kerupuk.

    Apalagi kalau nasinya masih nget dan lauknya tempe goreng + sambel.

    Ah, mantap 😍

    BalasHapus
  23. Kerupuk ini kayaknya mayan happening di Surabaya mbaaa
    banyak akun foodies Sby di IG yang posting nih kerupuk.
    Kriuk kriuuuk, aku pun fans kerupuk garis keras!

    BalasHapus
  24. Pecinta kerupuk mari melipirrr. Eeeaaa
    Aku sekeluarga doyan kerupuk. Tak lengkap makan tanpa kerupuk.
    Ehhh ini non msg juga ya kak.

    Bisa kirim ke Malang ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belanja di marketplace (Shopee dan Tokopedia) pasti bisa kirim ke daerah mana aja. Kak Niken di Malang ya? Pilih official store yang di Surabaya aja, Kak. Jadi lebih cepet nyampe. Aku kemarin pesen dari Jakarta (aku di Bandung). Nggak sampai 48 jam kerupuknya udah dateng.

      Hapus
  25. Saya sekeluarga juga nggak bisa lepas dari kerupuk kalo makan, maka beginilah susah kurus, hahaha. Abisnya kerupuk itu semacam bagian dari lauk makan juga, apalagi kerupuk orange gini, sekali ambil satu kepalan tangan..

    Sekarang kerupuk orange naik level dengan Kroepoek Waroeng ini ya, higienis dan anti apek pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...kalap ya makan kerupuknya. Sama sih, aku juga :D Apalagi kalo kerupuknya udah terjamin aman berkualitas.

      Hapus
  26. Diliat dari kemasannya saya kira ini kerupuk yang pas dibuka bisa langsung makan ternyata kerupuk belum jadi ya. Wah kemasannya benar2 modern ya Mbak. Jadi tertarik juga nih mau beli kerupuk waroeng setelah tahu berbagai keunggulannya

    BalasHapus
  27. Ini otentik khas Indonesia banget nih, aku termasuk tim yang kalo makan suka banget pake kerupuk, kriuk enak gurih renyah bikin makan makin meriah

    BalasHapus
  28. Kerupuk adalah andalanku untuk dicampur ke semua makanan yang gurih selain nasi. Pokoknya tanpa kerupuk berasa ada yang kurang. Ini keroepoek Waroeng kemasannya cantik ih, mau kepoin IG nya ah, penasaran

    BalasHapus
  29. Dirumah aku semuanya kalo makan gada kerupuk makannya jadi gak seru. Ada yg kurang. Jadinya menu gak pernah absen jdi meja makan selain sambel adalah kerupuk

    BalasHapus
  30. Aaah aku lupa kalau DL makan kerupuk tuh semalam
    Padahal sudah siapkan kerupuknya
    Hiks

    BalasHapus
  31. Kebetulan banget nih, lagi pingin krupuk tapi jangan yang mengandung MSG karena Akhirnya suka eneg

    Thanks infonya ya, otw ke IG nya. .🏇🏇🏇

    BalasHapus
  32. Wah aku baru tahu ada tulisan kerupuk rambak di Prasasti Batu Tulis.
    Seriusan memang kerupuk itu mengasyikkan
    Pantas sejak lama ada dan disukai banyak orang. Apalagi sudah ada Kroepoek Waroeng si renyah tanpa MSG ini

    BalasHapus
  33. Saya banget ini. Makan terasa gak lengkap tanpa kerupuk hahahaha.

    KROEPOEK WAROENG ini tampaknya menggiurkan. Packagingnya menarik dan ternyata proses pembuatannya pun lebih sehat. Jadi gak khawatir akan berlebihan kolesterol karena mengkonsumsi kerupuk. Cobain ah.

    BalasHapus
  34. Jadi kerupuk Waroeng tinggal buka kemasan trus bisa langsung dimakan ya? Wah mantep nih. Praktis banget buat temen makan or ngemil. Biasaya aku juga hobi makan kerupuk untuk mendampingi menu makan yang kusantap. Lontong cap go meh dilengkapi kerupuk duh pasti enak banget nih..

    BalasHapus
  35. kerupuk merupakan andalan keluarga aku, soalnya kalau makan belum pake kerupuk, rasanya ada yang kurang apdol atau kurang lengkap.Jadi kerupuk itu selalu tersedia di meja makan

    BalasHapus
  36. wah senang klo ada krupuk udang yg gurih tanpa msg, jadi pasti akan untuk dikonsumsi anak anak ya mbak

    BalasHapus
  37. Di pasaran begitu banyak aneka macam kerupuk yang beredar.
    Bahkan di beberapa daerah kerap kali jadi buah tangan yang cukup digemari.
    Dan ada nih diantar teman-teman aku yang makan lebih nikmat jika didampingi kerupuk katanya

    BalasHapus
  38. Kalau disuruh lomba makan krupuk saya mau banget nih heheh, sangking doyannya sama krupuk. Mau krupuk apa aja deh, termasuk krupuk udang. Kalau kondangan ada krupuk, wajib dibanyakin nih porsi krupuknya. Heheh ... Saya jadi pengen nyobain nih krupuk warung, penasaran banget gimana rasanya. Auto nabung deh, buat beli krupuk. Eh ...

    BalasHapus
  39. Wah untung aku ikut BW jadinya tau produk kerupuk enak yang sudah tersertifikasi halal dan aman pastinya. Emang rada tidak sah makan tanpa kerupuk sih hihi. Thx 4 sharing ya mbaa, keep on blogging <3

    BalasHapus
  40. Waah sekarang krupuk sudah ada tersedia kemasan snack nih, kemasannya bagus juga dan saya jadi tertarik nih untuk mencobanya

    BalasHapus
  41. penasaran sama kerupuk no MSG & gluten free ini. soalnya sehat & cocok buat anak2.
    kadang makan itu terasa kurang lengkap kalau belum ada kerupuk.
    thanks for share

    BalasHapus
  42. Asyik banget ini, cemilan sehat karena gak mengandung MSG ya, bisa order online dan dikirim ya

    BalasHapus
  43. Yiha hepi banget ya makan kalau ada kerupuk Teh
    aku belum incip ini sih teh, kapan-kapan mau coba ah

    BalasHapus
  44. Td aku udh down duluan pas tahu hrs di jemur segala dan pake 2 wajan. Tp ternyata bisa juga walo ga dijemur ya mba :)

    Aku termasuk yg makan haruuuus pake kerupuk. Kerupuk favoritku emping, trus kerupuk udang giniii. Ama kerupuk ikan Palembang aku jg suka bangetttttt.

    Rasanya kalo makan ga pake kerupuk kayak ada yg kurang 😂. Dan napsu makan juga biasa aja hihihi..

    Ntr mau cobain kerupuk ini juga ah mba ;)

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.