Jastip dan Kemudahan Mobilitas


jastip buku dan kemudahan mobilitas

Sebelum pandemi, salah satu kegiatan saya adalah buka jastip buku. Jastip ini bukan temennya jas hujan, melainkan jasa titip.
Awalnya sih karena ada teman lama nun di luar Pulau Jawa minta dicarikan buku-buku buat trio jagoan kecilnya.

Dari awalnya sekadar membantu teman, lama-lama jadi serius. Apa lagi ternyata keuntungan dari jastip ini di luar dugaan saya.

Jastip Buku

Sebelum jadi jastiper, saya memang berjualan buku. Tapi seringnya hanya buku-buku karya saya sendiri yang terbit di berbagai penerbit. Kebanyakan buku remaja dan anak-anak. Itu pun sering dipalakin temen dengan alasan, “Kan gw temen lu, No!”
Ya Salaaam …. Lebih baik teman tapi nikah daripada teman tapi malak.
Lalu saya serius sama kamu buka jastip buku. Di mana ada event perbukuan di Bandung, ke sanalah saya datang.
Berapa jam saya di lokasi jastip?
Beda-beda, sih. Rekor paling sebentar adalah satu jam. Itu udah zonk banget, deh. Rekor paling lama, dari pintu dibuka sampai Magrib. Cuma keluar sebentar buat shalat Zuhur dan Ashar.
Berapa banyak buku yang saya dapat?
Nggak tentu sih. Kalau seharian di lokasi jastip saya biasanya belanja sekitar 4 kardus besar. Berat per kardus sekitar 20 kilogram. Gimana nggak berat. Satu buku aja ada yang beratnya 1 kilogram. 
jastip buku bandung
Jastip buku. Dari belanja sampai packing.

Kalau buku-bukunya memang menarik dan banyak yang nitip dibelikan, saya bisa datang ke lokasi event dua hari sekali.
Lebih dari lumayan untuk bikin lengan saya berotot. Hehe…. Tapi keuntungan yang didapat sepadan kok dengan berotot dan lelah-lelahnya di sana.

Transportasi

Belanjaan seberat itu, jelas harus diangkut dengan mobil. Nggak mungkin pakai permadani terbang.
Untung banget ada mobil yang siap sedia buat keperluan ini. Biasanya pagi saya berangkat sendiri pakai ojol, Magrib dijemput. Ya siapa juga atuh yang betah nungguin saya seharian nyari buku.
promo mobil toyota avanza astra 2000
Toyota Avanza.

Bukan mobil khusus angkutan barang, sih. Tapi Toyota Avanza. Mobil keluarga yang kalau dibutuhkan buat angkut-angkut barang begini juga bisa. Muat dengan aman damai di dalam mobil.

Promo Toyota

Omong-omong soal mobil, di Auto2000 digiroom lagi ada Promo Mobil Toyota nih.
Auto2000 digiroom ini adalah e-commerce website untuk penjualan mobil Toyota di Indonesia, berikut aksesori dan suku cadang resmi Toyota. Manajemen Auto2000 ini dipegang oleh PT Astra International Tbk.
Melalui website ini kita bisa melakukan pembelian mobil Toyota baru dan bekas. Nggak perlu khawatir dengan kualitasnya. Mobil Toyota bekas pun terjamin kualitasnya kalau di sini.
Nggak perlu merasa jatuh gengsi karena membeli barang bekas seperti mobil. Asalkan kita pintar dan jeli memilih, bisa banget dapat yang seperti baru.
Pembelian mobil melalui platform digital Astra2000 ini sama aja sih dengan kalau kita datang langsung ke cabang Astra. Di website ini kita juga bisa bertanya pada Tasia, si virtual asisstant.
Lokasinya di mana? Apa ada yang deket tempat tinggal kita? Minimal satu kota, deh.
Jangan khawatir tentang ini. Di website Auto2000 ada pilihan lokasi. Kita tinggal masukkan provinsi dan kota/kabupaten tempat tinggal kita. Lalu klik Simpan.
Nanti akan muncul jenis mobil Toyota apa saja yang tersedia di lokasi tersebut.
Kalau untuk Bandung, ada banyak nih. Dari Toyota Avanza, sampai Toyota Fortuner, Toyota Camry, dan Land Cruiser.
promo mobil toyota fortuner astra 2000
Toyota Fortuner.

Promo Mobil Toyota

Lalu, ada promo apa aja nih di Auto2000 Digiroom? Nah, ada beberapa promo yang ditawarkan oleh Auto2000 untuk pembelian mobil Toyota ini.
Salah satunya adalah hadiah langsung berupa Sharp Plasmacluster Air Purifier dan uang elektronik untuk pembelian mobil Toyota All New Corolla Cross.
Promo-promo lainnya bisa langsung dilihat di website Auto2000.

Mobilitas Lancar

Tidak dimungkiri, keberadaan mobil Toyota membuat mobilitas kerja menjadi lebih lancar.
Kardus-kardus buku hasil jastip dapat dibawa pulang. Saya yang kelelahan setelah seharian berburu harta karun pun bisa nyaman beristirahat di sepanjang perjalanan. 

27 comments

  1. so far belom pernah ikut-ikutan jastip, padahal pas bbw kmrn buku-bukunya lumayan murah dan ok...aku maunya beli sndiri sih,,paling klo dibliin aku belinya di marketplace

    ReplyDelete
  2. Avanza, mobil sejuta umat ya? ^^
    Tahun lalu adik saya ngambil (nyicil maksudnya :D)
    Sehari-hari dijadikan ladang nafkah melalui transportasi online
    Hari Minggunya untuk ke gereja atau ngelayad saudara.
    Untung banget deh punya Avanza ^^

    ReplyDelete
  3. Keren ya Mbak Eno jadi jastiper buku hehe... saya nitip ke temen pas ada Big Bad Wolf di Medan, lantaran ga sempet bawa anak2 ke sanam jadwal lg padat merayap. Btw tahun 2011 sd 2012 saya pernah buka kios buku lho Mbak

    ReplyDelete
  4. Avanza emang mobil paling multifungsi ya selain bisa buat keluarga nbisa buat mobil angkutan juga

    ReplyDelete
  5. Belanja apa saja sekarang jadi lebih mudah yaa mbak dengan adanya layanan jastip gini. Wahahaha..bener...Avanza emang andalan banget. Gak cuma urusan angkut penumpang, tetapi juga barang. Nih mobil yang sampai sekarang dapat julukan mobil sejuta umat.

    ReplyDelete
  6. Jastiper buku tuh menyenangkan yaa mba, aplagi kalo kita memang suka banget sama buku, jadi pengen dtg ke BBW deh rasanya liat buku macem2 rasanya mau borong semua

    ReplyDelete
  7. memang kalau untuk usaha yang udah skalanya cukup besar sebaiknya menggunakan mobil seperti ini ya untuk jastip buku. promo dari auto2000 ini juga menarik sekali untuk dilewatkan

    ReplyDelete
  8. Tidak hanya beli buku Teh sekarang usaha jastip merambah ke pernak pernik dan kosmetik juga. Banyak yg melakukan karena memang ada keuntungannya ya.
    Semangat Teh. Apalagi dibantu kendaraan yg euceuy begitu. Mantap ya

    ReplyDelete
  9. Wow, dari jastip ke Toyota, mantaaaap. Nggak kebayang belanja buku berat-berat ya. Udah gitu mantengin toko dari buka sampe maghrib. Kalau hasilnya sepadan sih, pasti semangat ya...

    ReplyDelete
  10. Pertama kali liat langsung bagaimana luarbiasanya kerja keras seorang jastiper, waktu ada event Big Bad Wolf sekitar 2 tahun lalu. Profesi yg butuh kesabaran menurut saya

    ReplyDelete
  11. Banyak juga yg menggunakan jasa titip ya, sampai belanjaan mba sekardusan gitu. Keren. 👍😄

    ReplyDelete
  12. mantap, memang ini merupakan solusi terbaik, sekalian ikut jastip karena aku di bali monggo di jarpi mau apa siap saja mah aku.

    ReplyDelete
  13. Melihat buku-buku jastip Mbak Eno, memang perlu sekali ada mobil, Mbak. jadi lebih memudahkan. kalau Sarah dan adiknya libur, bisa tuh sekalian diajak. Mantap deh, jalan-jalan keliling Bandung yang banyak wisata dan tempat menariknya dengan Toyota Avanza.

    ReplyDelete
  14. Jastip jadi ladang rezeki yang menjanjikan ya Mbak Eno. Aku pernah datang ke BBW, sekali-kalinya tuh pas di Surabaya tahun lalu, antrean di kasir banyakan yg penyedia jastip. Wow, mengular dengan troli dan keranjang buanyak. Gile juga ya minat baca eh minat beli buku masyarakat kita. Senang sih berarti buku masih digemari, terutama jd cipratan rezeki buat jastip. Moga aja pandemi segera berlalu biar bs jastip lagi kan. Kalau soal moda transportasi, Avanza emang andalan sih, mobil keluarga Indonesia ini haha. Bisa multifungsi, syukur2 bisa beli Fortuner. Ini mobil kesukaan si bungsu buat digambar—ya gambar dulu mobil Toyota Fortuner, siapa tahu tar bisa kebeli hehe. Sama minta beliin truk Dyna dari Toyota :D Hadeuuh….

    ReplyDelete
  15. dulu aku juga melirik job jastip, sangat menguntungkan :D

    ReplyDelete
  16. Mbak buka jastip juga ya mbak? Wahh kayaknya emang menjanjikan yaa..tapi luar biasa juga loh tanggung jawabnya itu mbak. Megang amanah customer hehe..semangat ya mbak

    ReplyDelete
  17. Jastiper memang membantu banget... Sebelum bbw ada di bandung, saya terbantu banget dengan jastip... Tapi setelah ada di bandung, beli sendiri aja :D

    ReplyDelete
  18. Mobil terbaik buat keluarga, karena lapangnya, juga helper banget buat mbak yang suka terima jastip buku.

    Jadi pengen buru-buru ikutan nitip beli buku dah ^^

    ReplyDelete
  19. Sekarang semakin banyak ya jastipers ini. Senang sekali kalau ada teman yang buka jastip, jadi yakin kalau mau titip2. Kapan2 ikut nitip ya mbak.

    Wah kalau mobil toyota sih percaya pasti bagus. Lagi ngumpulin cuan biar bisa beli mobil toyota nih.

    ReplyDelete
  20. haha mobil toyota memang cocok ni buat jastip bagi para traveler

    ReplyDelete
  21. Dengan jastip, barang impian bisa terbeli dan kita enggak perlu repot-repot pergi ke tempat yang jual.

    ReplyDelete
  22. Saya juga belum pernah ikut jastip tapi pastinya kalau kita buka usaha seperti ini emang butuh kendaraan yang besar ya seperti mobil karena rempong juga kalau mau angkut barang atau buku banyak dengan kendaraan roda dua aja

    ReplyDelete
  23. Seringnya saya juga jastip buku
    Kadang membantu tetangga, teman atau sodara yang butuh
    Di situ saya jadi merasakan tenang

    ReplyDelete
  24. Mobil Toyota memang pilihan yang terbagus...

    ReplyDelete
  25. I really impressed by reading this article. In future, you should be giving information about it more. I must have to admire you for this extra ordinary section of work.

    ReplyDelete
  26. Keren Teh Eno itu passionnya jadi uang terus..mantaps hehe... btw pengen juga punya Fortuner ih ..keren banget itu mobil. Mudah2an ada takdirnya ah... Aamiin Allohumma Aamiin..

    ReplyDelete
  27. Udah lama ya rasanya aku nggak ngejastip buku lagi di teteh. Kangen ih. Etapi bukunya belum pada habis kebaca.

    Ih pas banget aku baca artikel ini. Bundo aku lagi hunting mobil buat mobilitas cateringnya. Selama ini kan pake mobil dinas dan udah dibalikin tuh karena Datuk pensiun. Thanks Teh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, link hidup di kolom komentar dan broken link akan dihapus :)