Aplikasi Virtual Meeting CloudX

 

Aplikasi virtual meeting cloudx

Bagi saya, ada satu hal menyenangkan di balik pandemi korona. Keterbatasan gerak membuat banyak kelas dan seminar diadakan melalui aplikasi virtual meeting. Banyak yang gratis pula. Cuma perlu bermodal kuota.

Melalui aplikasi virtual meeting, saya bisa mengikuti acara dari berbagai kota. Pagi di Bandung, siang di Jakarta, malam di Yogyakarta. Puas deh membungkus ilmu dari berbagai tempat. Salah satunya acara Launching Buku Resep Sehat JSR.

 

Penulis Buku di Masa Pandemi

Sebagai penulis buku, sejujurnya masa pandemi sempat membuat saya terpukul.

Toko-toko buku limbung, bahkan tutup. Penerbit-penerbit goyah. Ratusan pegawainya di-PHK. Yang masih bertahan pun tak lagi mendapat gaji utuh. Kantor perwakilan ditutup.

Dampaknya pada penulis? Jadwal terbit buku diundur sampai kondisi memungkinkan. Demikian pula dengan jadwal pembayaran royalti.

Semangat pun sempat down. Namun, untungnya tak berlama-lama. Mungkin karena bagi saya menulis bukan sekadar pekerjaan melainkan hobi yang dibayar.

Siapa sangka, di masa begini saya justru mendapat beberapa pekerjaan sebagai ghostwriter. Menulis buku untuk klien.

Biasanya mereka membutuhkan buku itu untuk personal branding. Penerbitannya pun dilakukan secara self-publishing.

Tak ada pertemuan langsung karena kondisi tak memungkinkan. Semua dilakukan serba online. Dari voice note sampai menggunakan aplikasi virtual meeting.

Saya pun semakin bersemangat ketika bulan November kemarin ada buku baru saya yang terbit, bahkan dalam edisi lux. Alhamdulillah.

Mampir juga ke tulisan saya tentang Media Sosial, Main-Main Dapat Duit, ya.


Kopdar Yuk 

“Teh, hayuk kopdar,” ujar seorang teman. “Ngobrol soal nulis, soal buku.”

Waaaah …. Hayuuuk! Saya langsung menyambut. Kangen juga nih ngobrol santai bareng temen-temen. Apalagi ngobrolnya tentang dunia yang kami cintai. Menulis. Buku. Literasi.

Eh, tunggu, tunggu! Lagi pandemi kok kopdar?

Hehe … Kopdar yang ini bukan kopi darat melainkan kopi daring. Bertemu dalam jaringan alias ketemuan secara online.

Jadilah hari Minggu tanggal 20 Desember 2020 kemarin saya mengadakan kopdar Ngobrol Santai Seputar Menulis Buku.

webinar penulisan
Webinar penulisan di Cloudx Meeting

Namanya juga ngobrol santai. Jadi, acaranya berlangsung santai layaknya ngobrol sama temen-temen deket. 

Medianya tentu saja aplikasi virtual meeting. Saya menggunakan CloudX, aplikasi wfh selain zoom.


Apa Itu CloudX?

Pasti deh ada yang bertanya-tanya begitu. CloudX apa itu? Trus, CloudX untuk apa sih?

CloudX adalah sebuah layanan komunikasi dari Telkomsel yang berbasis cloud. Dengan aplikasi selain Zoom ini kita bisa leluasa melakukan video conference dengan rekan kerja, klien, komunitas, dan sebagainya.

Enaknya menggunakan Telkomsel Cloudx ini pembelian paket berlangganannya menggunakan mata uang rupiah.

Pembayarannya pun gampang banget. Nggak perlu pakai kartu kredit, paypal, atau menggunakan jasa pembayaran seperti jika hendak membeli paket berlangganan Zoom. 

Asalkan ada pulsa cukup, kita bisa membeli paket CloudX Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel. Mudah banget. Semudah kalau kita membeli paket data biasa.


Telkomsel CloudX

Saya sudah lama menggunakan nomor Simpati dari Telkomsel. Selama ini kekuatan sinyalnya selalu bisa saya andalkan.

Ketika saya mau mengadakan acara Ngobrol Santai Seputar Menulis, saya tinggal membuka aplikasi MyTelkomsel dan membeli paket CloudX.

Untuk bisa memakai aplikasi virtual meeting ini, di hape kita mesti terinstal aplikasi CloudX. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore. Bagi ponsel android hanya versi 6.0 ke atas yang bisa memakai aplikasi ini.

Aplikasi CloudX Telkomsel
Login ke aplikasi CloudX Telkomsel.


Saya membeli paket conference CloudX seharga Rp250.000. Dengan harga segitu saya mendapat kuota 30GB dan masa aktif satu bulan.

Saya pun bisa menggunakan virtual meeting room berkapasitas 100 orang sekaligus menjadi host meeting.

Iya sih, acara Ngobrol Santai itu hanya satu jam. Nggak bakal sampai 30GB kalau cuma segitu sih. Dibandingkan aplikasi virtual meeting lainnya seperti Zoom, paket CloudX Telkomsel ini terbilang irit kuota.

Tapi, saya ada rencana untuk membuat acara-acara lainnya di aplikasi virtual meeting ini. Menggandeng teman-teman sesama penulis.

Misalnya penulis buku anak, penulis skenario, penulis buku pelajaran, penulis novel di platform digital, bedah buku, dan sebagainya. Kan seru, tuh.


Ngobrol Santai

Dua hari sebelum acara dimulai, saya membuat jadwalnya di Cloudx. Tentukan nama acara dan tanggal pertemuan. Tentukan pula jam mulai acara dan selesainya.

virtual meeting dengan CloudX Telkomsel
Atur jadwal pertemuan dulu, ya.


Untuk peserta yang hendak bergabung, bisa dipilih apakah menggunakan password atau tidak.

Saya memilih tanpa password agar lebih memudahkan. Hanya saja, peserta harus menunggu dulu di waiting room hingga diperkenankan masuk oleh host.

virtual meeting
Tentukan waktu pertemuan dan durasinya.

Setelah pengaturan selesai, saya mendapat link acara. Link inilah yang dibagikan pada calon peserta melalui email, whatsapp, atau pesan pribadi lainnya.

Ketika woro-woro nih banyak yang nanya. Apa mesti pakai nomor Telkomsel untuk bisa ikut acaranya?

Nggak kok. Paket CloudX Telkomsel yang memungkinkan kita menjadi host memang hanya bisa dibeli oleh pengguna Telkomsel. Kalau untuk menjadi peserta sih bisa pakai kartu apa saja. Tapi kalau kalau menggunakan nomor Telkomsel akan lebih hemat kuota.

Setengah jam sebelum acara dimulai, sebagai host saya sudah bisa masuk ke virtual meeting room. Jadi, bisa bersiap-siap dulu.

webinar di aplikasi virtual meeting selain zoom
Ssst, lagi ngisi webinar dengan CloudX Telkomsel nih  :)

Oya, untuk acara Ngobrol Santai Seputar Menulis Buku ini saya mengajak Sarah Ann. Dia seorang penulis remaja yang sudah menulis banyak novel di Penerbit Mizan.

Untuk memudahkan, Sarah juga saya jadikan host. Dengan begitu dia bisa ikut memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Telkomsel Cloudx ini. Misalnya screen sharing, recording, dan whiteboard.

Alhamdulillah. Acara ngobrol santai berjalan lancar. Bahkan ada peserta yang meminta diadakan virtual meeting khusus menulis pictorial book (picbook).

Wah, saya mesti menggandeng penulis buku yang ahli menulis picbook, nih.


Tetap Produktif

Entah kapan pandemi ini berakhir. Tentu saja kita berharap segera selesai. Kita bisa leluasa beraktivitas lagi dan perekonomian pun membaik.

Sementara menunggu pandemi berakhir, kita bisa tetap produktif bekerja. Kita pun bisaterus aktif menambah ilmu dan menekuni hobi.

penulis remaja
Begini tampilan webinar CloudX Telkomsel jika diakses melalui ponsel. 

Tidak bisa bertemu langsung demi kesehatan bersama, kita masih bisa bertemu dengan menggunakan aplikasi virtual meeting Telkomsel Cloudx.

Gimana cerita aktif dan produktifmu di masa pandemi ini? Yuk berbagi cerita.


Salam,

Triani Retno A

38 comments

  1. Webinar dengan aplikasi virtual meeting CloudX Telkomsel.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu aplikasi meeting ini. Biasanya pake yang lain. Boleh juga ini kapan-kapan dicoba. Aku suka tampilannya yang walaupun memenuhi layar tapi tetap proporsional. :)

    ReplyDelete
  3. Serunyaaa Teh ENo!
    Yap, pandemi ini memang membuat kita ga bisa melakukan hal2 seperti di hari normal lainnya. tapiii karena kemajuan teknologi, justru banyak hal baru yg bisa kita lakukan ya.

    Thanks to Telkomsel yg udah menghadirkan aplikasi CloudX ini
    BANGGA dgn produk Indonesia!

    ReplyDelete
  4. Telkomsel keren banget nih punya produk CloudX. Tentunya sangat membantu selama pandemi, jadi mau ngadain seminar, meeting atau sebatas ngobrol santai jadi tetep jalan walaupun online.

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen cobain virtual meeting dengan CloudX. Apalagi saya dan keluarga besar banyak yang pakai Telkomsel. Kayaknya bakal semakin seru kopdarnya

    ReplyDelete
  6. Teh Eno , kangennnn ...... :D

    Telkomsel mah jaminan mutu, selalu bisa diandalkan
    Karena itu untuk mereka yang sering meeting, wajib banget menggunakan aplikasi virtual meeting CloudX Telkomsel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya bener nih Mba... Telkomsel memang andalan banget di beberapa tempat di pedalaman hanya bisa pakai telkomsel, jadi kepo dengan cloud nya nih..

      Delete
  7. Aku belum pernah nyoba nih jadi pengen nyoba juga meeting dengan cloudx Telkomsel ini...

    ReplyDelete
  8. Suami saya sama teman-teman kantornya kalo meeting pakai CloudX teh. Ya iyalah, gawenya di Telkomsel. Kekeke. Sempat bikin jantung berdebar juga ini dulu ceritanya, launchingnya sedikit dipending, padahal momennya pas banget begitu pemerintah memberlakukan PSBB dan work from home/ school from home.

    ReplyDelete
  9. Wah kapan-kapan mau nyoba ah. Secara, saya pengguna aktif Telkomsel. Pastinya jadi lebih hemat menggunakan ini.

    ReplyDelete
  10. wah Telkomsel punya aplikasi virtual meeting CloudX ya, keren ini bisa menunjang pekerjaan kita bahkan bisa untuk silahturahmi ya..keren banget Telkomsel

    ReplyDelete
  11. Bikin lagi dong mba sharing sessionnya hihi, penasaran aku sama proses penulisan buku, pengen sih gitu nelurin satu buku ajaaa dulu, tapi ngeremnya gak beres-beres nih kalo aku hahahahah

    ReplyDelete
  12. Pandemi tetap bisa produktif dong meeting virtual sana sini. CloudX Telkomsel tau banget ya kebutuhan masyarakat selama WFH. Lagian masyarakat juga udah cinta sama Telkomsel.

    ReplyDelete
  13. Mbak Retno, selamat ya mbak atas terbitnya bukunya. Mbak hebat banget, di tengah pandemi tetap produktif dan menelurkan satu buku yang akhirnya terbit di bulan November.

    Nah aplikasi virtual meeting Cloudx ini udah dipakai juga lho ama temen2ku dan itu sering, mereka bilang nyaman dan lancar.

    ReplyDelete
  14. aku belum pernah webinar dgn cloudX ini mbak
    mgkn kapan kapan bisa dicoba, mumpung aku juga pake nomor telkomsel

    ReplyDelete
  15. Teleconference pakai cloudX jadi simple dilakukan ya, apalagi kalau sudah jadi pengguna telkomsel bisa langsung beli paketnya. Nggak ada lagi kendala dalam meeting online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget ya mba fenni, pengguna telkomsel happy banget pasti nih telkomsel punya cloudX.. hehehe

      Delete
  16. Walaupun pandemi, bersyukur masih tetap bisa produktif ya Teh. Apalagi bisa kopdar alias kopi daring. Istilah ini unik juga.

    ReplyDelete
  17. Next time, pas virtual meeting aku coba saranin pakai CloudX Telkomsel nih. Kayaknya gambarnya lebih bagus. Selain itu, koneksi Telkomsel udah pasti lancar tanpa hambatan.

    ReplyDelete
  18. Yuni pengguna telkomsel aktif. Tapi lho belum pernah nyoba Cloudx. Biasa pake zoom doangan. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Wah asik ada alternatif aplikasi meeting baru. Ngomong2 di kotaku mayoritas orang pakai telkomsel, bagus bangettt jaringannya..

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah meskipun sedang pandemi namun masih tetap melakukan hal yang produktif ya teh. Seneng deh ga ada kendala lagi meeting online nya yah

    ReplyDelete
  21. Boleh juga nih di coba, apalagi Minggu ini sudah aktif belajarnya jadi terbantu dengan adanya aplikasi beljar daring

    ReplyDelete
  22. Meski berdampak ke semua kalangan, bahkan termasuk ke penulis dan penerbit, tapi selalu ada hikmah di balik itu ya Mba, tergantung kita melihatnya dari sudut pandang yang mana.

    Daaan akhirnya dapat job menulis ya di masa pandemi gini. Alhamdulillah...

    Wah baru tau nih ada platform CloudX dari Telkomsel. Fiturnya banyak amat dah ya, jadi makin nyaman buat meeting online nih. Mantap dah....

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah. Meski dari rumah, tetap bisa beraktifitas n berbagi manfaat dengan jaringan telkomsel yang emang bagus ya.

    ReplyDelete
  24. Mirip seperti Zoom dan sejenisnya ya kak?
    BAru tahu kalau CloudX bisa video confference juga. Semakin kreatof berkarya nih apalagi adanya CLoudX juga bisa memfasilitasi ya

    ReplyDelete
  25. Sayangnya aku ga ikutan pas mba meeting online. Riweuh sama anakkua yang entah akhir akhir ini rewel
    Kapan kapan buat lagi ya Mbak

    ReplyDelete
  26. Paling sulit itu kalau di tempat kerja terus harus online meeting dengan luar perusahaan, suka mati hidup gitu jaringannya karena sinyal jelek. Tapi untuk SImpati di tempat kerja saya sinyalnya kencang banget jadi kalau pakai Cloudx bisa lancar juga nih

    ReplyDelete
  27. Aih seru juga Telkomsil iniada CloudX dan bisa disesuaikan juga dengan paket kuotanya, jadi bisa diatur gitu ya biar kalau pakai paket data reguler enggak boros. Pembayarannya juga mudah apalagi buat yang nggak punya cc gituu

    ReplyDelete
  28. Seru nih, saya pernah nyobaik CloudX. Hebatnya, pada saat conference gak nge-lag sama sekali, lancar banget meski pesertanya ada banyak orang.

    ReplyDelete
  29. Wahn menarik nih ternyata sekarang juga sudah ada aplikasi virtual dari Telkomsel ya. Saya belum pernah coba nih tapi tertarik karena pengguna telkomsel dan lumayan juga kalau dapat diskon

    ReplyDelete
  30. Jadi cloud ini semacam aplikasi meeting tang lengkap sama paketannya ya mbak?

    Wah wah, keren nih. Perlu dicoba.

    ReplyDelete
  31. Baru tahu tentang aplikasi cloudX ini. Sepertinya asyik dipake meeting virtual ya. Bisa tetep bantu produktif & nyari ilmu online di masa pandemi nih...

    ReplyDelete
  32. Ternyata aplikasinya cukup bagus dan stabil. Beberapa waktu lalu ikutan kelas dan menggunakan cloudx ini

    ReplyDelete
  33. Menggunakan apps baru yang tak biasa, biasanya mewajibkan anggota pertemuan untuk belajar menggunakannya. Yang sayangnya kalo secara usia dan kemampuan beda-beda, ya susah adaptasi biasanya... 😄

    ReplyDelete
  34. Baru tau CloudX. Ini bagus juga ya buat alternatif lainnya...

    ReplyDelete
  35. Ya ampyuuun kopdar itu kopi daring ya mbak eno, dulu tahunya kopi darat pas zaman ngempi ... Xixixi

    ReplyDelete
  36. aku barusan cobain cloudX gak lama ini kka, ternayat cukup enak dan memuaskan juga lohh,,hihi

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)