Zaidul Akbar Launching Buku Resep Sehat JSR


Launching buku dr. Zaidul Akbar
 

“Tidak hanya kagum pada tanaman-tanaman obat, tetapi juga kagum pada Allah yang menciptakan semuanya.”

Kalimat seperti itu beberapa kali diucapkan oleh dr. Zaidul Akbar saat grand launching Buku Resep Sehat JSR.

Kenapa?

 

Grand Launching

Sabtu 6 Maret 2021 saya mengikuti acara grand launching buku karya dokter yang juga ustaz ini.

Launching online, tentu saja. Sygma Media Inovasi yang menerbitkan buku ini sangat hati-hati menerapkan protokol kesehatan.

Seneng? Tentu saja.

Saya mengikuti akun Instagram dr. Zaidul Akbar sejak 2019. Buku pertama beliau terlewat. Entah saya sedang sibuk apa ketika itu.

Tak mau terlewat lagi, ketika teman saya mengabarkan ada preorder buku kedua sang dokter, saya langsung ikut dong.

Baru dua hari buku ini mendarat di rumah, ada undangan launching untuk kalangan blogger. Alhamdulillah, saya bisa ikut.

Dimulai beberapa menit selewat dari pukul sembilan pagi, acara berdurasi 2,5 jam ini sungguh sarat ilmu sekaligus menyejukkan hati.

 

Thayyib dan Halal

Tidak semua makanan dan minuman yang thayyib itu halal. Riza Zacharias, Chairman Sygma Daya Insani, mengingatkan hal tersebut saat membuka acara launching.

Dengan kata lain, makanan dan minuman yang kita konsumsi tak cuma harus halal, tetapi juga thayyib. Tidak hanya sehat, tetapi juga menyehatkan.

Allah sudah memberikan banyak petunjuk pada kita tentang bagaimana hidup yang sehat. Pola hidup yang tidak sehat akan membawa berbagai penyakit menetap di dalam tubuh.

Namun, Islam juga memberikan jalan keluar. Memberikan solusi untuk menyembuhkan berbagai penyakit itu.

Launching Buku Resep Sehat JSR
Riza Zacharias dan dr. Zaidul Akbar.


"Allah telah menciptakan segala sesuatu di sekitar kita yang tak mungkin sia-sia," ujar Riza. "UZA sendiri sudah membuktikan betapa banyak khasiat dan efek positif bahan-bahan di sekitar kita." 

Hm… ini menarik. Artinya, dr. Zaidul Akbar memadukan keilmuannya sebagai dokter dengan pengalamannya meneliti dan mengonsumsi bahan-bahan alami untuk kesehatan.

 

Sulitnya Konsisten

Acara grand launching ini juga dihadiri secara virtual oleh Teuku Wisnu, Brand Ambassador Syaamil Quran.

Teuku Wisnu dan keluarganya kerap menggunakan resep-resep herbal untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Salah satunya adalah ramuan kunyit, serai, dan madu untuk mengatasi flu.

Diakui oleh Teuku Wisnu, konsisten dengan pola makan yang sehat tidak gampang.

“Sebulan saya makan makanan yang bersih. Sayuuur … aja. Kalau ke kafe, pesannya salad. Saya kira sudah bisa istiqomah. Tapi ternyata bulan kedua saya futur,” ujar Teuku Wisnu disusul derai tawanya.

 

Jurus Sehat Rasulullah

Serunya  nih, dalam acara launching buku ini dr. Zaidul Akbar juga mempraktikkan beberapa resep. Yang kebagian mencoba siapa lagi kalau bukan host acara launching ini, Zikri Muhammad.

Yang pertama adalah tempe mentah yang dicampur madu dan sedikit garam. Tempe mentah kaya probiotiok, sedangkan madu kaya dengan prebiotik.

Lalu? Ya lalu dimakan. Kolaborasi kedua bahan ini bermanfaat baik pada tubuh kita.

Launching Buku Resep Sehat JSR
Demo yang asik nih: Demo meracik minuman herbal menyehatkan :D

“Jika ingin bahagia, makanlah makanan yang menyehatkan usus. Salah satunya tempe,” ujar dr. Zaidul Akbar.  

Dokter lulusan Universitas Diponegoro, Semarang, ini juga mengatakan bahwa tempe adalah makanan yang paling sehat.

Hm … saya belum pernah mencoba makan tempe mentah campur madu. Kalau tempe mentah aja sih pernah, tetapi tidak sering. Kadang dimakan begitu saja, kadang dilumatkan bersama bawang putih, garam, dan sedikit cabe rawit. Manfaatnya … menghilangkan rasa lapar. Hehehe….

Konsumsi madu juga sering, alhamdulillah. Dicampur dengan jeruk nipis peras dan air hangat. Tapi kalau dicampur tempe?

Perlu dicoba, nih, biar saya selalu bahagia.

Lebih hebat lagi manfaatnya kalau tempe dijus dengan kurma, jahe, madu, dan air.

launching online buku JSR
Saya hadir di acara launching online.

 

Resep Promil

Resep lain yang didemonstrasikan pembuatannya oleh dr. Zaidul Akbar dalam launching ini adalah resep promil.

Bahan utamanya adalah kunyit. “Kunyit adalah salah satu herbal terbaik di Indonesia,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Untuk resep promil, kunyit itu ditambah dengan serai sedikit, lalu ditambahkan air panas. Tambah juga dengan sedikit air jeruk nipis dan sedikit garam.

Kegunaannya untuk membersihkan rahim dan memperbaiki kemampuan reproduksi. Selain itu juga untuk menguatkan pencernaan, membersihkan pembuluh darah, dan memperbaiki fungsi otak.

Ramuan promil alias program hamil ini bukan cuma untuk perempuan. Menjadi hamil kan bukan hanya urusan perempuan, tetapi juga laki-laki.

Kapan waktu terbaik untuk meminum ramuan ini?

UZA menyarankan meminumnya pada malam hari, sekitar setengah jam sebelum tidur. Karena malam hari adalah waktunya tubuh membersihkan diri dari dalam.

 

Konsultasi Langsung

Sesi tanya jawab sangat ditunggu oleh para peserta. Saya sempat mengintip chat room. Banyak yang bertanya tentang berbagai penyakit dan cara pengobatannya di sana.

Yang bertanya melalui fitur QnA (Question and Answer) lebih banyak lagi, sampai seratusan.

konsultasi dr. Zaidul Akbar
Beberapa pertanyaan yang sempat saya tangkap layar.

Keterbatasan waktu membuat hanya beberapa pertanyaan yang dijawab oleh dr. Zaidul Akbar.

Salah satunya Fitri dari Brebes yang mengalami sakit kista endometriosis dan ingin hamil.

Menanggapi pertanyaan itu dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk mulai rutin berpuasa. Puasa ini adalah cara paling mudah dan murah untuk membersihkan rahim.

Menurut UZA, ada dua macam puasa yang bisa dilakukan. Puasa yang benar-benar puasa (puasa sunnah). Selain itu juga puasa dari makanan-makanan yang menimbulkan masalah seperti goreng-gorengan, tepung-tepungan, gula pasir, serta makanan olahan.

Setelah itu, baru mengonsumsi resep sehat JSR, yaitu serai plus jeruk nipis. Rutinkan 2-3 kali sekali selama 3 bulan.

“Tubuh kita adalah dokter terbaik,” tegas dr. Zaidul Akbar. “Ketika tubuh diperbaiki pola makannya dan diberi ramuan herbal, penyakit-penyakit hilang dengan sendirinya.”

Masya Allah. Hebat sekali ya khasiat tanaman herbal ini. Luar biasa pula cara kerja tubuh kita.

Naaaah… kan… kagum, kan? Kagum, kan?

Itu sebabnya dr. Zaidul Akbar kerap mengingatkan agar kita harus lebih kagum lagi kepada Allah. Allah-lah yang menciptakan semua kehebatan itu.

dr. Zaidul Akbar JSR
Yuk, mengenal dr. Zaidul Akbar :)

 

Hamba yang Bersyukur

Menutup acara peluncuran buku Resep Sehat JSR ini, dr. Zaidul Akbar berperan agar kita menjaga baik-baik tubuh kita serta memanfaatkan apa yang Allah ciptakan. Dengan begitu kita dapat melaksanakan peran kita sebagai khalifah dan abdullah, menjadi hamba yang bersyukur.

“Mari kita jadikan kesehatan yang Allah berikan saat ini sebagai wasilah atau sarana supaya lebih taat. Percuma sehat kalau tidak taat,” pungkas dr. Zaidul Akbar.

Buku resep sehat JSR
Ini dia buku Resep Sehat JSR karya dr. Zaidul Akbar :)

Tentang buku karya dr. Zaidul Akbar ini bisa dibaca dalam Resensi200 Resep Sehat JSR.

 

Salam,

Triani Retno A

20 comments

  1. Buku Resep Sehat JSR karya dr. Zaidul Akbar.
    Syaamil Quran. Penerbit Syaamil Media Inovasi.

    ReplyDelete
  2. Aku ikutan acara ini juga mba
    Diinfo sama kang Ali Muakhir :D
    Dan emang ya, JSR ini konsep yg top markotop!
    Bismillah.... semoga aku bisa mengikuti JSR, walopun yeahh, banyak futurnya :D

    ReplyDelete
  3. kabita promil, karena Yulia Baltschun juga menganjurkan kunyit untuk menyehatkan tubuh

    kita sering lupa, hanya makan/minum yang disukai mulut, bukan yang dibutuhkan tubuh

    ReplyDelete
  4. Aku dan suami juga sering menerapkan JSR yg simple aja sih kayak minuman gitu bagus katanya ya... Baru tau sekarang ada bukunya

    ReplyDelete
  5. Wah gimana rasanya tuhh tempe dicampur dengan madu, jadi penasaran nih.

    Wah senengnya tempe dinobatkan sebagai makanan paling sehat bagi usus, soalnya saya juga penggemar tempe...

    Buku karya Zaidul Akbar ini pastinya bermanfaat banget ya, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh ala Rosululloh

    ReplyDelete
  6. Senang sekali ya bisa ikut secara langsung dalam peluncuran buku resep sehat ini. Saya juga suka sama penyampaian dr. Zaidul Akbar ini. Video-videonya viral di media sosial.

    Sekarang tinggal baca buku-bukunya aja biar pedomannya lebih dekat dan mudah dibaca. Kalau video di medsos kadang butuh kuota hihi

    Yang mungkin teras berat buat saya mengikuti panduan sehatnya. Tapi sejak gula darah agak naik belakangan ini, saya jadi buka-buka lagi panduan beliau wkwkwk.

    ReplyDelete
  7. auto beli sih ini buku dokter Zaidul Akbar, saya aja pernah merasakan dahsyatnya manfaat berpuasa seminggu namun saya batalin di hari 4 atau 5 jadi kembali buncit dikit hehe

    ReplyDelete
  8. Bener, tubuh kita emang dokter terbaik. Saat ada gejala, tentu tubuh kita akan bereaksi. Kalo makan dan minum kita terjaga (secara halal, thayyib, sehat) insyaAllah ya akan berkah sekaligus menyehatkan pula. Lebih baik emang bahan makanan sehari2 yg kayak gizi gini utk obat penyakit kita ya mbak. Jadi pgn ngelihat apa aja ulasan lebih lanjut di bukunya ini.

    ReplyDelete
  9. Obat herbal disekitar kita sebenernya sangat banyak ya mbak, tapi kadang kita yang belum tau kegunaannya.
    Makanya dengan buku semacam ini kita bisa kembali ke bahan herbal juga thibbun nabawi

    ReplyDelete
  10. Sejak pandemi saya rutin minum resep ultimatenya jsr... Wah, seru banget, ada launching buu barunya ya...

    ReplyDelete
  11. selama ini memang sering melihat berbagai resep jsr di sosmednya ustadz zaidul, klo ada bukunya gini malah lebih gampang ya mbak, bisa diikuti di rumah secara konsisten

    ReplyDelete
  12. Saya bahagia dengan pernyataan kalau tempe salah satu makanan yang menyehatkan usus, Mbak Eno hehehe. Tapi saya belum pernah makan tempe mentah. Saya sukanya yang diolah. Sambal goreng, semur, sampai mendoan saya suka hahaha.
    Tapi benar ya, Allah SWT menciptakan segala sesuatu dengan manfaatnya, termasuk tanaman yang bisa dijadikan obat herbal. Namun tetap, kuncinya pada diri kita sendiri, yaitu menjaga tubuh sendiri dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  13. Dr zaidul Akbar menjadi salah satu ustadz favorite suami. Sampai-sampai minta dibuatin air jahe setiap hari mengganti teh. Kadang biar makin maksimal saya masukan semua resep dokter zaidul kedalam slow cooker.
    Malam dibuat, pagi udah bisa diminum.

    ReplyDelete
  14. Yes benar kak, tubuh kita adalah dokter terbaik ya. BAhkan sakit apapun bisa kok hanya minum air mineral saja, jika Allah swt menghendaki.

    Ikhtiar kita dengan konsumsi makanan danminuman sehat seperti yang UZA sampaikan saat launching buku terbarunya emang cucok banget deh.

    ReplyDelete
  15. Iya juga memang konsisten itu gak gampang, apalagi kitanya sendiri yang membuat racikannya. Main sih tinggal langsung konsumsi haha. Hadirnya buku ini memudahkan nih untuk kita berusaha jaga kesehatan

    ReplyDelete
  16. Otw follow pak Ustad Zaidul. Saya juga setuju dengan resep sehatnya beliau bahwa di alam banyak herbal zat penyembuh.

    ReplyDelete
  17. kita kaya dengan bahan bahan alami, kalau diracik dengan tepat bisa jadi penyembuh yang mujarab. kudu banget dicoba dan praktekkan ini sih

    ReplyDelete
  18. Aku tuh baru ngeh di rumah ada buku dari UZA zaman belum booming seperti sekarang. Dan sampai hari ini masih anteng ada di rak, belum dipraktekkan sama sekali. Pengen nyobain yang resep promilnya aah.

    ReplyDelete
  19. Yah teteh aku mupeng nih ama bukunya, semoga bisa beli aamiin soalnya aku ngikutin beliau di medsos dan pelan-pelan menerapkan

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)