Hijab for Sisters

Memilih Universitas Swasta di Bandung

Memilih universitas swasta di Bandung

 Kuliah itu mahal, Nak!”

 “Kuliah harus di negeri ya, swasta mahal!”

Kalimat diucapkan oleh banyak orangtua ketika anaknya udah lulus SMA dan akan segera kuliah. 

Tidak semua orangtua mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak mereka sejak jauh hari. Ada pula yang sudah mempersiapkannya tetapi ternyata tidak cukup atau terkendala sesuatu.

 

Universitas Swasta di Bandung yang Murah

Banyaknya universitas negeri dan universitas swasta di Bandung tak serta-merta menyelesaikan masalah. Lebih-lebih kalau kepentok masalah keuangan. Ingin lanjut kuliah, tapi takut membebani keuangan orangtua.

Kuliah itu privilege dan investasi diri jangka panjang, katanya.

Keputusan untuk berkuliah di kampus swasta memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Terlebih jika sudah menyangkut biaya yang harus dibayarkan.

Namun, kampus swasta menawarkan keunggulan yang tidak ditemui kalau berkuliah di kampus negeri.

Salah satunya adalah pilihan waktu kuliah. Kita bisa memilih kelas reguler (perkuliahan pagi dan siang hari), atau kelas karyawan (perkuliahan malam hari).

Solusi juga nih buat yang ingin kuliah sambil kerja freelance atau mau sambil belajar bisnis.

 

Pertimbangan dalam Memilih Kampus

Ada banyak banget pilihan kampus atau universitas swasta di Bandung. So, hindarin banget deh asal pilih kampus yang berujung kuliah dengan setengah hati. Kan sayang tenaga, waktu, dan yang jelas ... sayang uangnya!

Nah, berikut ini beberapa hal yang wajib banget jadi pertimbangan biar nggak salah pilih kampus.

 

1. Biaya

Ya, ini sih udah wajib banget jadi pertimbangan ya. Universitas swasta di Bandung yang murah bisa menjadi pilihan. Namun, perhatikan benar-benar komponen biayanya.

Berapa biaya yang harus dibayarkan pada tahun pertama, berapa biaya tiap semesternya. Selain itu, cari tahu juga apakah ada biaya tambahan untuk setiap SKS, praktikum, ujian, atau kegiatan kampus yang ditagih di tengah masa perkuliahan.

Apakah kampus tersebut menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi? Kan bahagia banget tuh kalau kita berprestasi lalu diapresiasi secara layak oleh kampus.

Universitas swasta di Bandung yang murah.
Yuk semangat kuliah. 

 

2. Minat

Kuliah nggak sama dengan SMA. Ketika kuliah, nggak ada membantu kalau kesulitan memahami materi selain diri sendiri.

So, jangan mempersulit diri dengan mengambil jurusan yang tidak diminati. Ikuti kata hati, bukan ikut-ikutan mereka yang katanya temen sejati.

Cari tahu minat untuk menemukan jurusan yang tepat. Bisa dengan psikotes atau konsultasi dengan guru BK di SMA.

 

3. Jarak dari rumah ke kampus

Kampus yang sekota dengan tempat tinggal umumnya memang bikin nggak perlu ngekos.

Tapi kadang meskipun masih satu kota, jaraknya juga ujung ke ujung. Ya capek di jalan dong. Yang ada di tengah perkuliahan malah milih buat ngekos aja biar hemat tenaga. Apalagi kalau kegiatannya bukan cuma kuliah, tetapi juga aktif berorganisasi.

Tersedianya asrama layak huni dengan konsep “Bebas Bertanggung Jawab Sesuai Norma Islami” adalah salah satu poin plus Masoem University sebagai universitas swasta di Bandung yang murah. Tentu jadi solusi bagi mahasiswa yang berasal dari jauh, bukan?

Tak hanya tinggal, penghuni asrama juga akan dibekali kegiatan rutin seputar soft skill dan spiritual Islami.

 

4. Akreditasi

Percayalah, dua hal ini sangat membantu perjalanan kuliah nantinya. Kampus dan jurusan yang punya akreditasi bagus akan lebih ‘dilirik’ karena kredibilitas kampusnya terjamin.

Perhatikan juga apakah kampus dan jurusan yang dituju itu memiliki jumlah dan kualitas dosen yang cukup atau kurang.

Jurusan yang dosennya sedikit akan membuatmu bertemu dengan dosen itu lagi itu lagi di setiap semester. Selain bosan, perspektif kita pun akan sulit berkembang.

 

5. Fasilitas

Apa saja fasilitas yang tersedia di kampus incaran? Apakah ada perpustakaan dengan buku-buku referensi yang lengkap?

Bagaimana dengan ketersediaan laboratorium, pusat bahasa, dan sistem informasi karier? Apakah kampus memiliki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan bonafide?

Fasilitas yang lengkap akan menunjang perkuliahan dengan lebih baik. Semangat belajar akan lebih terpacu jika fasilitasnya menunjang, bukan?

 

Semoga tercerahkan ya setelah membaca tulisan ini. Yuk, semangat kuliah. Semangat menjemput masa depan yang lebih cerah.


Salam,

www.trianiretno.com

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu arena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini.