Mempersiapkan Dana Pendidikan untuk Buah Hati



Mempersiapkan Dana Pendidikan untuk Buah Hati



Tidak dapat dimungkiri saat ini biaya pendidikan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bahkan, biaya masuk taman kanak-kanak saja jumlahnya hampir sama dengan biaya masuk perguruan tinggi.

Melihat kenyataan tersebut, sudah sepatutnya jika orangtua mulai berpikir untuk mempersiapakan dana pendidikan buah hati. Lebih dini mempersiapkannya akan lebih baik.


Mempersiapkan Dana Pendidikan

Jika dana pendidikan untuk anak tidak disiapkan dengan baik, dikhawatirkan di masa depan nanti anak tidak dapat meneruskan pendidikannya karena orang tua sudah tidak mampu membiayai mereka lagi.

Hal tersebut tentunya sangat tidak diinginkan. Setiap orangtua pasti berharap agar anak-anaknya dapat memperoleh pendidikan setinggi-tingginya, bukan?

Dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk buah hati, orangtua juga perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya, akan disimpan dalam bentuk apa dana pendidikan tersebut? Berapa jangka waktu yang ideal? Berapa nominal yang harus dikeluarkan setiap bulan atau tahunnya agar dananya kelak mencukupi?

Macam-Macam Dana Pendidikan

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk menyiapkan dana pendidikan bagi buah hati. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut 

1. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah cara konvensional untuk menyiapkan keperluan dana pendidikan anak di masa depan.

Tabungan pendidikan yang dikeluarkan oleh bank biasanya merupakan tabungan berjangka yang hanya boleh diambil dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati.

Jumlah setoran untuk tabungan pendidikan juga bisa disesuaikan sesuai kemampuan.

Mempersiapkan Dana Pendidikan untuk Buah Hati
Persiapkan dana pendidikan untuk masa depan anak-anak tercinta.

2. Asuransi Pendidikan

Bila menginginkan jangka waktu tabungan yang lebih lama, asuransi pendidikan bisa menjadi pilihannya.

Asuransi pendidikan ini tidak dikeluarkan oleh bank, melainkan merupakan produk dari perusahaan asuransi.

Berbeda dengan tabungan pendidikan, pencairan dana pendidikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya, Anda sebagai orang
tua mengambil asuransi pendidikan untuk persiapan anak masuk SMA. Padahal, saat ini usia anak Anda baru 5 tahun.

Dengan begitu
, asuransi tersebut baru bisa dicairkan sekitar 10 tahun mendatang.

3. Deposito Pendidikan

Selain asuransi pendidikan, deposito juga bisa dipilih untuk menyimpan dana pendidikan dalam jangka waktu panjang.

Modal awal pembukaan deposito memang mahal. Namun, dengan pengembalian modal ditambah bunga yang diperoleh maka dana pendidikan untuk buah hati bisa terpenuhi dengan baik.

Bagaimana dengan keamanannya?

Untuk masalah keamanan, deposito memiliki risiko yang rendah karena sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

mempersiapkan dana pendidikan
Semua orangtua pasti ingin anak-anaknya sukses dan bahagia.

Mulai Berinvestasi

Sebelum mulai berinvestasi untuk dana pendidikan lewat berbagai cara di atas, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan.

1.    Jangan terlambat berinvestasi

Investasikan dana pendidikan anak di awal agar nilainya terus bertambah. Lebih lama berinvestasi membuat jumlah dana pendidikan yang ada akan semakin banyak.

2.    Investasikan dana pendidikan sesuai kemampuan

Investasi dana pendidikan ada banyak jenisnya, tidak harus dengan cara-cara di atas.

Pilih yang memang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.  Pahami juga risiko dan kemungkinan-kemungkinan yang akan timbul pada saat memilih jenis investasi.

3.    Jaminan berinvestasi

Dalam berinvestasi, kita juga perlu jaminan dan keamanan investasi. Saat ini banyak platform investasi yang menawarkan jaminan keamanan dan keuntungan investasi yang pasti.

Qazwa.id menjadi salah satu platform investasi syariah yang telah terdaftar di OJK dan memberikan jaminan investasi kepada para nasabahnya.

Pendidikan untuk anak juga merupakan sebuah investasi besar. Bantu mereka meraih cita-cita dengan menyiapkan kepastian dan keamanan dana pendidikan.

12 comments

  1. ZAman sekarang butuh banget yang namanya mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak. Apalagi jika kita menginginkan pendidikan terbaik buat anak-anak. Duh, biayanya lumayan banget.

    ReplyDelete
  2. Pendidikan untuk anak investasi besar dan dananya ga sedikit, maka persiapan lewat investasi seperti Qazwa id pasti akan membantu sekali para orangtua menyiapkan dananya.

    ReplyDelete
  3. Wah keren nih investasi syariah ya?
    Selama ini kan ragu ketika mau invest, tapi kok butuh 😊😊

    ReplyDelete
  4. Alhadmulillah kami sudah memikirkan ini untuk anak-anak kami. Puteri pertama kami sudah dibekali deposito pendidikan. Kami tidak berasal dari keluarga berada, namun yang namanya investasi masa depan, sekecil apapun itu harus berani mulai mempersiapkannya.

    ReplyDelete
  5. Mempersiapkan dana pendidikan anak emang lentipe banget yah mba. Aku pernah ngalamin kelimpungan bayar ini itu karena dulu ngerasa aman2 aja dengan uang cash. Ternyata harapan tidak seindah kenyataan. Berawal dari situ deh sekarang aku lebih aware. Btw Qazwa.id ini investasi syariah yah mba. Wah perlu juga nih lebih tahu. Thanks mba :)

    ReplyDelete
  6. Alhandulillah kami sudah punya dana pendidikan buat anak anak..
    Kami pilih tabungan berjangka buat mempersiapkan dana pendidikan ini

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen tahu lebih jauh tentang Qazwa.id, kebetulan sekarang ini aku dan suami lagi cari-cari investasi atau tabungan syariah. Sudah punya sih dana pendidikan tapi masih pakai yang konvensional gitu. Ingin beralih ke syariah.

    ReplyDelete
  8. Saya juga sepakat untuk anak perlu mengasuransikan dana pendidikan khusus baik tabungan atau asuransi. Aku baru tahu tentang Qazwa.id setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  9. Jaman anak-anak dahulu, tahun 1995 ya, baru satu bank yang ada tabungan pendidikan. Jadi kakak dan adiknya pun pakai tabungan pendidikan. Anak sekarang justru udah ngerti tentang investasi, karena inflasi ya tabungan pendidikan anak-anak cuma bisa untuk biaya masuk kuliah aja. Harus pintar-pntar memilih investasi, semoga Qazwa bisa memberikan fasilitas yang terbaik

    ReplyDelete
  10. qazwa.id baru tahu bisa berinvestasi di sini.
    Biaya pendidikan makin mahal, emang harus dipersiapkan sejak awal biar nggak kelimpungan

    ReplyDelete
  11. Wah baru tahu nih investasi syariah Qazwa.Id, emang biaya pendidikan jaman now bikin mencekik leher. Biaya bulanan anak TK aja hampir sejuta sama makan siangnya, hihi. Daftarnya setaun sebelum tahun ajaran baru. Apalagi entar biaya pas kuliah ya. Hmm, sementara ini sy pakai asuransi pendidikan mbak. Emang semua harus disiapkan sejak dini ya biar tidak memberatkan saat tiba waktunya. Semoga ada jalan rezeki sehingga plan keuangan untuk pendidikan tetap terpenuhi.

    ReplyDelete
  12. KAlau punya uang banyak, enak langsung deposito ya Mbak. Nggak ribet bayar bulanan. Hihi. Saya sama sekali tidak suka jika punya cicilan. Bikin tidak tenang. Seminggu menjelang bayar, hati jadi kemrungsung, mudah cemas dan gampang jengkel. Makanya sudah bertahun2 lamanya kami menghindari itu.

    Kecuali BPJS YAng mau tidak mau harus dibayar.

    Semoga dikuatkan agarr bisa ambil deposito pendidikan. Aamiin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, link hidup di kolom komentar dan broken link akan dihapus :)