16 May 2009

Buku Murah

Hari gini, siapa yang nggak mau buku murah? Buku bagus, bukan barang second, harganya murah pula. 

Di toko buku atau di stan-stan pameran, sering ada tuh buku-buku yang dijual murah abis. Sepuluh ribu, lima ribu, bahkan tiga ribu rupiah saja. Ngiler nggak, sih?

Sebagai konsumen, aku sih seneng banget ada buku-buku murah gitu. Kesempatan untuk ngeborong gede-gedean. Tapi sebagai penulis, rasanya sediiiih... banget. Buku yang udah ditulis dengan susah payah kok cuma dihargai segitu.


Kebayang nggak sih, berapa royalti yang bakal diterima penulis dari harga buku yang cuma 5 ribu atau malah 3 ribu rupiah itu? Minim sekali.


Katanya, jalur distribusi buku di Indonesia lebih kejam daripada ibu tiri. Meskipun nggak mau percaya, kalo ngeliat kenyataannya begini, kadang-kadang terhasut untuk percaya juga.

Sedih. Miris. Tapi pasti ada peluang.

Yuk tetap menulis.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...