26 March 2018

Tips Menjadi Pemenang dalam Lomba Blog


Tips Menjadi Pemenang dalam Lomba Blog Beberapa hari lalu, seorang pengundang yang meminta saya mengisi sebuah acara meminta CV. 

“CV lengkap, ya, Mbak. Dengan semua karya Mbak yang sudah terbit dan menang lomba.”

Sebenernya tinggal kopas yang saya post di About Me blog ini, sih. Tapi karena ada yang minta, sekalian saya cek deh. Ternyata, setelah insaf ngeblog tahun 2014 (blog ini sendiri saya buat tahun 2008 tapi diisi sarang laba-laba 🙈), saya pernah 14 kali menang lomba menulis blog, beberapa kali juara 1.


Yang kalah lebih banyak, sih, tapi udah saya lupakan. Ngapain juga diinget-inget. Bisa gagal move on ntar.😀

Tips Menang Lomba Blog

Trus, apa yang saya lakukan sampai bisa memenangkan lomba-lomba blog itu? Saya berbagi sedikit tips, ya. 

  • 1. Perhatikan tema.

Wajib banget ini. Nggak merhatiin tema, bisa-bisa tulisan kita jadi nggak nyambung. Lomba blog biasanya berkaitan dengan pengalaman pribadi. Meski berdasarkan pengalaman, bukan berarti bebas lepas. 

Misalnya, nih. Commonwealth Life kan lagi ngadain lomba blog bertema Happy Life Before 40s. Fokuskan tulisan pada impian yang ingin banget kita wujudkan sebelum usia 40 tahun. Jangan ngalor-ngidul ke mana-mana.

  • 2. Baca persyaratannya dengan cermat.

Saya pernah nggak cermat membaca persyaratan ketika pertama kali ikut lomba. Saya melupakan satu persyaratan penting: mengisi formulir pendaftaran. Fatal banget. Sebagus apa pun tulisan saya, ya pantes aja nggak menang.😢🙊

Oya, perhatikan keyword yang harus ada, tautan (link) yang harus dipasang, jumlah minimal dan maksimal kata, dan sebagainya. Ini penting banget buat lomba nulis kayak Happy Life Before 40s. Coba, deh, cek infonya di sini

http://bit.ly/writingcompetitionblogger


  • 3. Riset, Observasi, Wawancara.

Riset seperti yang dilakukan Stephen Hawkings jelas berat. Saya nggak kuat. Dilan juga nggak akan kuat. Untunglah bukan riset seperti itu yang diperlukan.

Kita bisa melakukan riset pustaka alias membaca literatur (buku, artikel, web tepercaya) yang relevan. Bisa melakukan pengamatan ke sekitar kita. Jika perlu, lakukan wawancara dengan narasumber.


Untuk lomba blog Happy Life Before 40s malah lebih gampang lagi. Kita tinggal nanya pada diri sendiri apa aja sih impian yang ingin banget kita wujudkan. Setelah itu tulis, deh. Info lengkapnya ada di sini, nih.

  • 4. Data yang benar dan akurat.

Penting banget, nih. Misalnya kita ikut lomba blog yang diadakan oleh perusahaan asuransi. Produknya bermacam-macam, antara lain asuransi jiwa dan unit link dengan premi minimal Rp 100.000 per bulan. Ya tulislah premi minimal Rp 100.000, bukan Rp 200.000.

Pernah di sebuah lomba blog, seorang kandidat juara harus terdepak dari nominasi karena salah menulis data penting. Seharusnya maksimal 4 menjadi minimal 40. Fatal banget.

  • 5. Cari sudut penceritaan yang pas.

Akan ada puluhan bahkan ratusan orang menulis dengan tema yang sama. Gimana caranya supaya tulisan kita berbeda? Ngedongeng dulu? Ngelucu dulu? Langsung jeder ceritain masalahnya? Mau gaya lucu, melo, atau serius?

Kalau belum dapat sudut yang tepat, biasanya saya jalan-jalan dulu ke blog peserta yang sudah lebih dulu posting tulisan. Tapi jangan keasyikan jalan-jalan trus lupa nulis. Cukup baca beberapa sebagai perbandingan, lalu langsung ikutan Happy Life Before 40s. Klik infonya di sini, ya.

  • 6. Penggunaan bahasa

Kalau kamu biasa berbahasa alay, terbiasa menggunakan “x” tidak pada tempatnya, buanglah kebiasaan itu. Sering saya perhatikan lomba-lomba blog mencantumkan persyaratan ”tidak menggunakan bahasa alay”.

Kalau ada keterangan bahwa typo akan mengurangi nilai, sebaiknya cek dan ricek sebelum memublikasikan tulisan.

  • 7. Lengkapi dengan foto (bila perlu dengan infografis juga).

Berbeda dengan lomba menulis novel yang mengandalkan kata-kata, lomba blog membutuhkan lebih dari sekadar kata. Yang paling umum adalah disertai foto. Tentu saja foto yang relevan dengan tema dan isi cerita.

Misalnya di lomba Happy Life Before 40s (klik di sini ya buat info lombanya), kita bisa kasih ilustrasi foto tentang impian kita.

Selain foto, yang sekarang sering masuk penilaian adalah infografis. Kalau kemampuan desain grafis kamu sama tiarapnya dengan saya, jangan langsung minder. Saya biasa pakai canva.com yang menyediakan banyak template infografis keren secara gratis. Coba, deh.

  • 8. Perhatikan tenggat waktu alias deadline.

Sejujurnya saya termasuk deadliner. Bukan sengaja, sih. Seringnya karena sibuk dengan pekerjaan lain. Mepet waktu sering bikin kadar stres meningkat.

Idealnya sih, jangan mepet waktu. Biar nggak lupa, lingkari tanggal deadline-nya di kalender atau pasang reminder. Untuk lomba blog Happy Life Before 40s ini, deadline-nya tanggal 13 April 2018. Buruan nulis, ya. Cek infonya di sini.

Happy Life Before 40s, Kompetisi Blog dengan Hadiah Keren

Salah satu lomba blog yang bisa diikuti sekarang adalah Kompetisi Blog Happy Life Before 40s yang diadakan oleh Commonwealth Life

Tips Menjadi Pemenang dalam Lomba Blog Commonwealth Life


Deadline-nya tanggal 13 April 2018. Masih cukup waktu buat ikutan. Temanya juga seru, tentang Happy Life Before 40s. Impian yang pengeeen... banget kita wujudkan sebelum usia 40 tahun.

Mungkin ingin punya rumah sendiri, punya bisnis sendiri, punya investasi terbaik, menduduki posisi tertentu di perusahaan, naik haji, keliling dunia, atau memiliki asuransi untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. 

Tips Menjadi Pemenang dalam Lomba Blog Commonwealth Life


Kata para ahli perencana keuangan, asuransi itu seperti payung. Punya payung, kan, bukan untuk dipakai setiap saat. Tapi kalau hujan turun, payung siap digunakan.

Begitu juga dengan manfaat asuransi. Kita tentu berharap nggak ada kejadian buruk dalam kehidupan kita dan keluarga. Tapi kalau sampai terjadi apa-apa, ada payung asuransi yang akan melindungi.

Ikut Lombanya, Sabet Hadiahnya

Beberapa tips yang saya berikan di atas tadi bisa diterapkan untuk mengikuti lomba blog ini. Khusus untuk lomba blog Commonwealth Life ini, perhatikan juga hal-hal berikut.
  1.  Panjang tulisan minimal 400 kata, maksimal 500 kata.
  2. Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berarti bahasa alay dan bahasa x-x itu nggak bisa dipakai di sini.
  3. Tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan politik.
  4. Tidak boleh memplagiat karya orang lain. Tidak ada tempat untuk plagiator di sini. Wahai, para penjunjung karya asli orisinal, ayo berkarya.
  5. Kata kunci yang harus ada. 
-      Pemenang akan ditentukan oleh dewan juri. Blogger yang ilfil ikut lomba banyak-banyakan likes and shares, kudu ikut nih.

Untuk informasi dan persyaratan lengkapnya, bisa langsung meluncur ke website Commonwealth Life

Biar makin semangat nulis, pantengin dulu hadiah-hadiah keren untuk juara 1, 2, dan 3 lomba blog Commonwealth Life ini.

Tips Menjadi Pemenang dalam Lomba Blog Commonwealth Life

Tunggu apa lagi? Yuk buruan cari idenya, bikin draft, ambil foto-foto keren. Tulis yang terbaik dan publikasikan di blog.

Semangat berlomba, ya.Ganbatte!

Salam,

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...