Googling Nama Sendiri



Manfaat browsing nama sendiri di Google

Kadang-kadang, saya nyari nama saya sendiri di Google. Biasanya kalau sedang senggang, iseng, dan koneksi internet lancar. 

Narsis? Hehehe... nggak segitunya, sih. Awalnya benar-benar cuma karena iseng yang terkontaminasi virus kepo. Apa, sih, yang diomongin tentang saya di dunia maya?

Hasil Googling Nama Sendiri

Ternyata, keisengan saya googling nama sendiri itu memberikan banyak hasil yang menyenangkan. Nggak percaya? Nih temuan saya.

1. Ada di daftar koleksi perpustakaan.

Oh, so sweet.... Ternyata, yang mengoleksi buku-buku saya bukan hanya perpustakaan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Alhamdulillah. Senangnyaaa.
  
Buku karya Triani Retno
Buku-buku saya di perpustakaan.

2. Jadi bahan penelitian skripsi.

Speechless rasanya. Ada mahasiswa dari berbagai kampus yang menghubungi saya, mengatakan sedang meneliti novel saya untuk skripsi mereka. 

Ada juga yang nggak bilang-bilang. Tahu-tahu saya menemukan versi digitalnya. Langsung saya unduh, dong. 

Woooow, ini masukan berharga. Sayang banget kalau saya sampai nggak punya dokumentasinya. Selain skripsi, ada juga yang menjadikan novel-novel saya sebagai bahasan dalam makalah. 

Novel saya yang paling sering dijadikan bahan penelitian untuk skripsi adalah Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya

Ternyata kisah tentang anak yang mengalami KDRT ini berhasil menyita perhatian. Semoga nanti ada produser film yang naksir novel ini juga. Aamiin.
asti ananta
Asty Ananta, satu dari dua seleb yang mengendors novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya. (satu lagi adalah Shahnaz Haque-Ramadhan)
     

3. Buku saya diresensi.

Beberapa blogger suka menautkan link resensinya itu ke Twitter atau Facebook saya. Tapi ada juga yang tidak. 

Rasanya surprise saja melihat buku saya diresensi oleh pembaca yang sama sekali tidak saya kenal.

Resensinya macam-macam. Ada yang informatif, ada yang berpegang pada prinsip keseimbangan, ada yang berfokus pada kekurangan, ada yang spoiler alias membocorkan poin-poin penting dalam buku, ada yang totally meringkas, ada yang malah banyakan curhatnya, ada yang... yeah, macem-macem, deh.


4. Dijual di toko buku online.

buku karya Triani Retno di toko buku online
Salah satu toko buku online yang menjual buku karya saya.

Yang males ke toko buku karena macet atau tinggal jauh dari toko buku, bisa beli online lho. Tinggal pilih mau toko buku online mana yang paling sreg di hati. 

Tentu saja, pastikan hanya membeli buku yang asli alias ori.
Toko buku online.
Ada juga di www.belbuk.com.

5. Ada yang namanya mirip-mirip.

Hehehe... rupanya nama saya bukan nama yang sangat unik. Banyak yang mirip-mirip dengan saya. Ternyata banyak juga remaja yang bernama Triani (atau Triany) dan Retno. Ehm, berarti nama saya nggak jadul-jadul amat, kan? Hehehe....

"Nama kembar yang tertukar" yang sering saya temukan adalah seorang akademisi dan politisi bernama Retno Triani Johan, yang masih terhitung cucu Bung Karno. Nama boleh mirip banget, tapi jenis tulisan seperti bumi dan langit. 

Aih, seru kali, ya, kalau suatu waktu kami bertemu di dunia nyata. Lain kalau saya googling nama pena saya, Teera. Biasanya yang muncul nama-nama orang dari luar Indonesia, terutama dari Thailand.



6. Didokumentasikan.
Beberapa tahun lalu saya pernah menemukan cerpen saya yang dimuat di koran (Tribun Jabar) kemudian diketik ulang oleh seseorang dan dimasukkan ke web (tentu tetap dengan mencantumkan nama saya) bersama cerpen-cerpen yang dinilai bermuatan sastra. 

Cuma, yaaa, itu dia. Ketika itu saya nggak terpikir untuk me-screen shoot, menyimpan link postingan itu, atau mengkopas isinya.


Mau Googling Juga?

Gimana, mau mencoba googling nama sendiri juga? Kalem aja. Nggak bakal dibilang narsis, kok. 

Efeknya? Bisa menumbuhkan lagi semangat menulis yang sedang redup, juga bisa menumbuhkan self esteem positif. 

Efek sampingnya, bisa agak-agak gimanaaa gitu kalo pas nemu postingan yang melulu menyoroti kekurangan karya kita, bahkan sampai ke aspek yang nggak relevan. Hehehe.... 

Tapi kalem aja. Nggak usah sampai berpikiran akan meninggalkan dunia persilatan kata-kata.


Salam,
Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
www.trianiretno.com

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.