DekNino Brownies, Gluten Free dengan Rasa Juara


DekNino Brownies, Brownies Gluten Free dengan Rasa Juara

Brownies, kata sahibul hikayat, lahir di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19.  Dia adalah cake cokelat yang gagal. 

Iyes, gagal karena kebanyakan cokelat (ada juga yang bilang karena si koki lupa masukin baking powder). 

Hasilnya, cake cokelat ini jadi bantat alias nggak mengembang. Cokelatnya yang terlalu banyak itu pun jadi menumpuk dan tampak basah.

Tapi eh tapi, ternyata cake cokelat yang gagal ini justru diminati oleh banyak orang. Termasuk saya. 

Sayangnya, saya  cukup sering mendapat brownies-browniesan. Bukan brondong mawnies #uhuk tapi  bolu cokelat yang dibilang brownies, cake cokelat yang dibilang brownies, atau cupcake cokelat yang dibilang brownies.


DekNino Brownies

Bagaimana dengan DekNino Brownies yang diproduksi di Bogor ini?

Saya mencicipi dua macam brownies dengan topping kacang almond. Loh, dua-duanya bertabur kacang almond? Kenapa nggak topping yang berbeda? Kan selain kacang almond ini, ada juga yang bertabur keju dan chocochips. Hehe... kenapa, ya? 😀

Kue dan bolu enak lainnya di Bogor:


DekNino Brownies, Brownies Gluten Free dengan Rasa Juara
DekNino Brownies Gluten Free Almond (kiri) dan Murmer Almond (kanan).

Coba perhatikan kedua brownies di atas. Tak terlihat bedanya, ya? Di mata memang terlihat sama. Tetapi di hati eh lidah terasa berbeda.


Murmer Brownies dan Gluten Free Brownies

Nama yang disematkan pada kedua brownies ini sedikit memberi gambaran tentang perbedaan antara keduanya. Yang satu diberi nama Murmer Brownies Almond. Satu lagi bernama Gluten Free Brownies Almond.

Gluten free! Saya langsung teringat pada seorang teman saya yang berisik banget dengan makanan bebas gluten. 

Suatu ketika dalam sebuah acara, saya santai saja makan ini dan itu, dia sibuk mencari yang gluten free. Pluuuus… mencerocos panjang tentang gluten free, diet, kesehatan, dan segala macam lagi. 

Dan sekarang, di depan saya ada brownies yang bebas gluten dan rendah glikemik indeks. Apa bedanya dengan brownies yang biasa, yang nggak gluten free? Mari icip-icip.


Ternyata DekNino Brownies Itu…

…….benar-benar brownies! Benar-benar cake cokelat bantat. Dan cokelatnya…  benar-benar  nyokelat, bukan sekadar jargon.

Yang pertama dan terutama terasa adalah persamaannya. Sama-sama bantat tapi empuk dan  lembut. Bagian permukaannya renyah dan  cokelatnyaaaa… terasa tebal. Suka banget dengan rasa cokelat yang seperti ini. Juara, deh.

Lalu perbedaannya?

Gigit lalu kunyah pelan-pelan. Rasakan bedanya. Murmer brownies terasa lebih manis. Gluten Free Brownies terasa manis-manis pahit dan teksturnya lebih padat.

DekNino Brownies, Brownies Gluten Free dengan Rasa Juara
DekNino Brownies Murmer Almond. Lembut dan cokelatnya mantap.

Perbedaan rasa dan tekstur ini ternyata karena perbedaan bahan pembuatnya. Murmer Brownies dibuat dengan menggunakan tepung terigu, sedangkan Gluten Free Brownies dibuat dengan menggunakan tepung mocaf. 

Tepung mocaf ini terbuat dari singkong (alias ketela alias ubi kayu) yang dalam prosesnya telah difermentasi. 

Tekstur tepung mocaf ini lebih kasar daripada tepung terigu dan bebas gluten, sedangkan tepung terigu mengandung gluten.

DekNino Brownies varian gluten free ini lebih padat karena menggunakan tepung mocaf plus penggunaan cokelat bubuk dan cokelat blok yang lebih banyak. 

Cemilan produksi Bandung buat teman santai:


Cokelat blok yang dipakai untuk Gluten Free Brownies ini pun berbeda dengan cokelat blok yang untuk Murmer Brownies. 

Untuk Gluten Free Brownies menggunakan cokelat yang kandungan gulanya lebih sedikit.

Menurut Nur Ekti, pemilik DekNino Brownies, Gluten Free Brownies ini bagus untuk orang-orang berusia di atas 35 tahun yang sudah ketat menjaga pola makan tapiii… masih pengen ngemil brownies. 

Selain itu, makanan bebas gluten ini pun aman untuk dikonsumsi oleh penyandang autis. 

DekNino Brownies, Brownies Gluten Free dengan Rasa Juara
DekNino Brownies Gluten Free. Aman untuk penyandang autis.

Harga DekNino Brownies

Brownies dengan rasa juara ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp35.000. Untuk brownies berukuran 22 x 10 cm (berat 490 - 500 gram) ada tiga macam harga. Murmer Rp35.000, Gluten Free Rp45.000, dan Premium Rp55.000.

Mau yang berukuran lebih besar? Ada DekNino Brownies ukuran 20 x 20 cm (berat 650 – 670 gram). Yang Murmer Rp55.000, Gluten Free Rp65.000, dan Premium Rp75.000. 

Saat ini, DekNino Brownies diproduksi dengan sistem PO. Jadi, semua brownies yang kita beli di DekNino ini fresh from the oven

Dari rumah produksi di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, DekNino Brownies sudah dinikmati oleh para pelanggannya yang tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, dan Pamanukan. 

Kalau tinggal jauh dari Bogor, bisa kok pesan ke Bu Nur via WA 0813-1033-3132. Nanti akan dikirim dengan ekspedisi kilat (sehari sampai). Dan ssst… kalau udah nyicipin dan ketagihan, bisa lho jadi reseller.

Salam cemal-cemil sehat,
Triani Retno A
www.trianiretno.com
Penulis Buku, Blogger, Editor

Tidak ada komentar

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.