08 October 2018

Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung yang Lagi Trend

Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung


Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung

Apa yang langsung kamu ingat jika kata “Bandung” diucapkan? Lembang, factory outlet, wisata kuliner, Bu Cinta Atalia Kamil, atau … saya? Hehe…. 
 

Memang banyak sih yang bisa bikin jatuh cinta pada orang Bandung. Yang bikin kangen terus sama Bandung. Salah satunya adalah wisata kuliner dan cemilan khas Bandung.


Mau tahu gimana cemilan khas Bandung di mata warga Bandung seperti saya? Dua kata aja sih: Bikin Kalap! Hehehe…. Seriusan. Sekarang ini aja ada banyak banget jajanan Bandung yang lagi trend dan cemilable.

Salah satunya adalah Makaroni Brayy cemilan khas Bandung yang renyah kriuk – kriuk. Bagi penulis dan editor seperti saya yang baru lancar mikir kalau sambil ngemil, cemilan begini wajib ada.

Makaroni Brayy Si Pedas Gurih

Dapur Makaroni Brayy ini sebenernya nggak jauh dari rumah saya. Masih sama-sama di kawasan timur Bandung. Saya di Ujungberung, Makaroni Brayy di Cinunuk, kamu di hatiku #eh

Waktu masih kuliah di Unpad sih hampir tiap hari saya melewati Cinunuk. Tapi waktu itu Makaroni Brayy belum ada karena Asep Sudarman dan istrinya baru memulai usaha snack makaroni ini pada tahun 2016.

Kalau udah ada mah … bisa-bisa tiap hari saya mampir ke sana buat jajan olahan makaroni goreng ini.

Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung
Makaroni Brayy cemilan khas Bandung yang lagi trend.


Ada tiga varian rasa Makaroni Brayy yang bisa dipilih. Rasa keju, rasa pedas seblak, dan rasa pedas bawang jeruk. 

Eung … Kang Asep, boleh request “makaroni goreng rasa yang selalu ada di hati” nggak? 😍

Trus, saya suka yang mana? Hm … saya suka kamu #eh

Tiga-tiganya enak dan renyah. Bagi saya, kerenyahan itu penting banget. Capek, men, kalo mesti makan yang keras-keras. 

FYI, sebelum snack makaroni goreng ini jadi salah satu jajanan favorit Bandung, ada cemilan yang namanya cikruh. Bahannya makaroni juga.  Rasanya biasanya pedas. Warna merah cabenya dominan, deh. Dan teksturnya … keras. 

Sebagai penggemar makaroni dan cemal-cemil aneka jajanan khas Bandung, saya nyoba juga, dong. Sayangnya, cikruh nggak cocok sama saya karena terlalu keras. Nggak ramah di gigi dan lambung saya yang rentan sakit maag.




Beberapa tahun kemudian baru deh bermunculan snack makaroni kering yang jauh lebih renyah. Mengunyahnya pun jadi lebih ringan. 

Selain itu, snack makaroni yang kekinian ini rasanya juga lebih bervariasi, nggak sekadar pedas cabai. Kemasannya pun trendi. Salah satunya Makaroni Brayy.

Kalau disuruh memilih, dari tiga varian rasa Makaroni Brayy cemilan khas Bandung ini, saya paling suka rasa pedas bawang jeruk. Terasa deh bawangnya. Ada irisan daun jeruknya juga. Rasa pedasnya pun masih aman di lidah saya. 

Si Kakak suka yang rasa pedas seblak. Si Adek suka rasa keju. Pas banget. Jadi nggak pake rebutan. Hehe….

Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung
Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung, renyah dan gurih.

Yang rasa pedas bawang jeruk dan pedas seblak juga ada rasa gurihnya. Bener-bener bikin nagih sekaligus mencegah kantuk. Saya jadi bisa tetap lancar mikir dan menuntaskan naskah-naskah yang saya tangani.

Keunggulan Makaroni Brayy

Beberapa keunggulan Makaroni Brayy sebagai cemilan khas Bandung versi saya.
  • Renyah.
  • Rasa gurih dan pedasnya bikin nagih. Di iklannya sih tertulis “rasakan minimal sekali seumur hidup”. Tapi yakin deh, nggak bakal cukup kalau cuma nyoba sekali mah.
  • Mencantumkan tanggal kedaluwarsa.
  • Kemasannya bisa didaur ulang.
  • Sudah mengantungi izin dari Dinas Kesehatan (Dinkes P-IRT No. 2063204012484-21).
  • Memiliki sertifikat halal dari MUI (LP POM MUI No. 01101193060717)

Sedikit kekurangannya bagi saya adalah pada kemasannya. Keren mah keren. Cuma tulisan di bagian belakang kemasan agak menyulitkan konsumen bermata silindris seperti saya. 

Huruf yang solid mantep aja masih terlihat berbayang di mata silindris, apalagi yang hurufnya model berbayang seperti di kemasan ini.

Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung
Tiga varian rasa Makaroni Brayy Cemilan Khas Bandung.
 
Penasaran mencoba #MakaroniBRAYY ini? Langsung aja deh meluncur ke Makaroni Brayy.


Salam,

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter