27 March 2018

Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung



Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung

Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung

Royal Kashimura Shabu and BBQ? Jalan Lombok 45? Eung… yang mana, ya?

Pertanyaan itu berputar di benak saya. Saya cek di google map. Lho? Dekat Café The Panas Dalam? Di sebelah mananya?

Makin bertanya-tanya, deh. Bukan apa-apa. Bulan lalu saya ke kafe milik Pidi Baiq “Dilan” itu untuk menemui penulis hits idola remaja jaman now, Boy Candra. 


Pulangnya saya jalan-jalan dulu di sekitar sana. Jalan kaki. Tapi kok nggak lihat Royal Kashimura, ya?
  

Jalan Lombok 45 Bandung

Tiba di depan Royal Kashimura, saya terperangah. Oalaaah… di sini!! Terakhir saya lewat situ bulan lalu masih ditempati oleh Restoran D’Palm.

Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
Royal Kashimura Bandung.

Ini tempatnya asyik banget. Jaraknya pun hanya sepelemparan baru dari Jalan Riau yang menjadi tempat wisata belanja. Dari Dago pun tak jauh. Cocok untuk wisata kuliner.

Tempatnya ternyata luas banget!  Resto berlantai dua plus area gazebo ini menempati areal seluas 1.500 meter persegi. Daya tampungnya pun nggak tanggung-tanggung. Bisa menampung hingga 400 orang.

Mantep tuh untuk bikin acara arisan, gathering, sampai reuni. Area gazebonya juga asik banget. Ada enam gazebo yang dikelilingi kolam ikan (kemarin saya lihat ikannya besar-besar!) dan dihubungkan oleh jembatan-jembatan kayu. 

Duh, kalau aja nggak pas hujan, keren banget tuh foto-foto di sana.


Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
Area outdoor dan gazebonya.

Kashimura, Kasihmurah

Kata GM Kashimura, nama Kashimura ini bermakna "cantik". Bisa juga diartikan “kasih murah”.

Menu all you can eat di Royal Kashimura ini memang lebih murah dibandingkan tempat lain yang sejenis. 

Apalagi dalam rangka soft launching tanggal 24  Maret 2018 kemarin ada promo khusus. Dengan Rp 109,000 per orang sudah bisa makan sepuasnya. Promo ini berlaku sampai tanggal 1 April 2018.

Eh tapi meski “sepuasnya” bukan berarti boleh sehari semalam di situ buat makan ya. 

Setiap konsumen all you can eat ini diberi waktu 2 jam saja. Selain itu, kalau udah ngambil makanan buanyaaak terus nggak abis, ada denda sebesar Rp 50.000 per 100 gram.

Kok pakai denda? Ya, dong. Supaya pembeli bertanggung jawab atas makanan yang diambilnya. Mubazir, kan, kalau udah ngambil banyak tapi nggak dihabiskan. 

Jadi lebih baik ngambil sedikit-sedikit aja dulu.Kalau kurang tinggal ngambil lagi. Beres.

Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
Lamtai 1 Royal Kashimura.

Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
Lamtai 2 Royal Kashimura. Ada smooking area di balkon (foto bawah).

Makanan Jepang Halal

Semua makanan yang dijual di Royal Kashimura ini dijamin halal. Bahannya halal, bumbu-bumbu masaknya halal, proses memasaknya pun halal. Jadi, beneran deh bisa makan nikmat dan aman di sini. 

Makanan apa saja yang ada di Kashimura ini?

Macem-macem. Umumnya berbahan seafood (ikan salmon, kepiting, udang) dan daging sapi. 

Selain itu tentu saja ada udon, beraneka sushi, dan bermacam-macam sayuran. Dari selada, jamur, brokoli, jagung, sampai daun ginseng.

Soup shabu-shabu ada enam macam, yaitu original soup (sup rumput laut), sukiyaki (rasa manis dan gurih), spicy (sup pedas Jepang), paitan (sup tulang ayam campur sayuran), soy bean (wijen putih dengan susu kedelai), dan tom yum (rasa asam manis pedas). Tinggal pilih mana yang kita suka.


Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
Sebagian menu yang ada di Royal Kashimura.

Saus alias cocolannya ada enam macam, antara lain ponzu (campuran kecap asin dan lemon), lobak parut, dan thousand island. Mau pedas? Tersedia macam-macam sambal, kok.
 

Dimakan hangat-hangat bersama teman-teman… sedap banget rasanya. Cemplungin bahan ini dan itu ke ke dalam soup pilihan yang dipanaskan di meja. Tunggu sebentar, angkat, makan. Seru, seperti lagi main masak-masakan 😀

Makanan apa di Kashimura yang menurut saya paling enak? Pudingnya!

Hahaha… sedih deh jadi saya. Saya punya riwayat alergi. Dalam kondisi kurang fit seperti ketika menghadiri soft launching kemarin, saya nggak berani mencicipi makanan berbahan kepiting, udang, dan ikan salmon meskipun saya ingin. Makan sushi pun mesti nanya dulu isinya apa.

Tapi karena tergoda, saya nyicipin sepotong fish roll cake. Itu juga sambil komat-kamit baca doa supaya alergi nggak kumat. Tapi ternyata malamnya kumat juga 😀


Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
Udon, bakso sapi, tofu, fish roll cake, dan sushi. Saya pakai saus ponzu.

Gimana nggak tergoda, coba? Di sekitar saya teman-teman asyik menikmati beraneka seafood. 

Belum lagi melihat ekspresi mereka yang jelas-jelas bilang “makanannya-enak-bangetsss”.

Tapi serius, nih. Sebagai penggemar dessert, saya suka banget pudingnya. Pudingnya lembut seperti tatapan matamu, manis vla-nya pun pas. 

Dibandingkan puding yang pernah saya cicipi di sebuah hotel berbintang banyak di Bandung, puding di Kashimura ini lebih enak di lidah saya. 


Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
Si pinky yang lembut dan manisnya pas.

Tips Makan Enak Buat Si Alergi

Kamu juga alergi makanan laut tapi harus menghadiri acara di restoran bermenu seafood seperti Royal Kashimura Sushi and BBQ ini? Berikut tips dari saya.
  1. Pakai akal sehat dan utamakan kesehatan. Jangan mentang-mentang all you can eat, lalu mengabaikan kesehatan.
  2. Kenali badanmu. Ada yang alerginya kambuh setiap kali makan seafood. Ada yang hanya kambuh kalau kondisi badan sedang tidak fit.
  3. Kenali pencetus alergimu. Alergi udang belum tentu alergi ikan salmon. Kalau tahu pencetusnya, lebih gampang menghindari dan memilih makanan.
  4. Jika nama makanannya tak dicantumkan, jangan sungkan bertanya pada akang kasep dan teteh geulis yang bertugas di counter makanan. Tanyakan bahan baku makanan yang terhidang. Untuk sushi, tanyakan juga isinya apa, karena ada sushi isi ikan dan ada yang berisi daging ayam. Nggak perlu nanya nomor WA, apalagi nanya masih jomblo apa udah nikah.
  5. Di Royal Kashimura tersedia cukup banyak makanan yang aman bagi penderita alergi seafood. Ada daging sapi, tofu, ayam karage, bakso sapi, dan sayur-mayur. 

Reservasi Tempat

Royal Kashimura ini buka setiap dari pukul 10.00 hingga 22.30. Meski restoran ini luas banget, ada kemungkinan kita nggak kebagian tempat jika datang pas jam-jam ramai. Atau… Ramadhan nanti mau bukber di Royal Kashimura?

Pengalaman bukber di tempat lain, sih, kalau nggak reservasi dulu bakal susah dapat tempat. 

Untuk mengantisipasinya, sekaligus memastikan kita dapat meja, kita bisa reservasi dulu melalui aplikasinya yang bisa diunduh di Playstore. 

Reservasi ini paling telat dua jam sebelumnya, ya. Nanti satu jam sebelum jadwal yang kita pesan, ada ada reminder dari Kashimura.

Asik, kan? Selamat jalan-jalan dan menikmati Bandung, ya. Keep Bandung clean and beautiful.
 
Cuma mau  bilang, I was there 😀
 
Salam,

Triani Retno A
Penulis, Editor, Blogger
Previous
« Prev Post

Related Posts

Royal Kashimura, Restoran Makanan Jepang Terbesar di Bandung
4/ 5
Oleh

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Terima kasih :)