Galang Dana Online, Donasi Kesehatan Untuk Sesama


galang dana online

“Sakit itu mahal!” Kalimat itu benar adanya. Yang terbilang umum seperti sakit maag pun kalau bisa jangan. Biaya berobat itu mahal. Kalau sampai menderita sakit serius seperti kanker, galang dana online jadi sebuah solusi..
“Biar orang kaya aja yang sakit. Orang miskin mah jangan!” Hm .. kalau kalimat ini gimana?
Memang sih, orang kaya secara materi umumnya lebih bisa berobat dibandingkan yang kurang mampu.

Tapi kalau sakitnya serius dan berkepanjangan … apalagi yang sakit itu sang pencari nafkah, lama-lama aset bakal habis juga.
Kenalan saya ada yang begini. Dia kepala keluarga dan punya asuransi. Tapi sakitnya berat dan ia harus beberapa kali dioperasi. Dana asuransinya habis, aset menipis, sedangkan kondisinya belum juga membaik.
Teman-teman pun bergerak, melakukan aksi galang dana dari sesama teman. Tapi dia keburu berpulang ke rahmatullah. Uang yang terkumpul dari galang dana online itu kemudian diserahkan kepada istrinya.

Sudahkah Peduli pada Kesehatan?

Familier dengan kisah kenalan saya itu? Dugaan saya sih, rasa familier gitu karena ada banyak kisah serupa di sekitar kita. Tak punya atau kehabisan dana untuk berobat.
Atau mungkin kita termasuk yang pernah tergerak ikut galang dana online untuk donasi kesehatan.

donasi kesehatan untuk sesama
Kita bisa memberi dengan banyak cara, salah satunya dengan donasi online.
Banyak dari kita yang sering abai dengan kesehatan. Merasa masih muda, masih sehat, masih kuat. Seneng-seneng aja dulu. Nikmati hidup sepuas mungkin. Makan enak, begadang, hura-hura. Penyakit mah jauuuuh….
Faktanya, penyakit nggak lihat-lihat mau nemplok di siapa. Tua muda bisa aja mengidap penyakit berat. 

Bahkan yang tadinya sehat, kuat, segar bugar bisa mendadak diserang penyakit Guillain Barre Syndrome (GBS), seperti sahabat saya. Pengobatan penyakit ini luar biasa mahal.

Penyebab Penyakit

Secara umum, penyebab penyakit ada lima.

Pertama, faktor genetik. 

Ini merupakan faktor keturunan. Penyakit kanker, misalnya. Kalau orangtua atau kakek nenek kita menderita penyakit kanker, kita harus waspada karena ada kemungkinan penyakit tersebut diturunkan pada kita.

Kedua, gaya hidup yang tidak baik. 

Termasuk di sini kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, suka begadang, kurang berolahraga, stres, mengonsumsi narkoba dan minum beralkohol, serta kerja keras bagai kuda hingga lupa beristirahat.

Masih muda tapi kolesterol sudah di atas normal adalah salah satu akibatnya. Kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit serius, salah satunya jantung koroner.

Ketiga, faktor lingkungan. 

Di dalam faktor lingkungan ini ada polusi udara, lingkungan yang tidak bersih, air yang tercemar limbah.

Keempat, kecelakaan.

Baik itu kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, atau yang lainnya. Tak sedikit yang menjadi cacat atau butuh pengobatan panjang agar pulih.

Kelima, usia. 

Hukum alam, ya. Semakin tua usia kita, daya tahan tubuh juga akan menurun. Ada saja bagian-bagian tubuh yang membutuhkan perawatan lebih.

Galang Dana Online

Pernah terpikir nggak, betapa beruntungnya kita hidup di era digital seperti sekarang ini.
Jika kita atau orang yang kita sayangi sakit, kita bisa menuliskannya di media sosial. Paling tidak, akan banyak yang berdoa untuk kesembuhan kita. Tak sedikit pula yang terketuk hatinya, menggalang donasi online untuk biaya berobat.

 
Menggalang dana secara online,
Galang dana online, salah satu kebaikan yang dapat kita lakukan untuk membantu sesama.

Galang dana online bukan lagi sesuatu yang aneh lagi, ya. Tinggal pintar-pintar kita saja memilih akan mendonasikan dana ke mana.
Saran saya sih, berdonasi ke lembaga atau platform yang legal. Pasti nggak mau kan kalau dana yang kita transfer ternyata nggak sampai ke tangan orang yang membutuhkan?
Kalau bagi saya sih, bukan sekadar masalah rupiah yang sudah ditransferkan. Tapi rasa nyesek, ngebayangin ada orang di yang bener-bener butuh bantuan tapi dana bantuan untuknya nyangkut entah di mana.
Eh, memangnya ada ya platform galang dana online gitu?
Ada, dong. Yuk, kenalan dengan www.pedulisehat.id.

Galang Dana Online Peduli Sehat

Peduli Sehat adalah sebuah platform donasi kesehatan online. Platform ini menawarkan layanan penggalangan dana secara online, real time, dan transparan.
Fokus platform Peduli Sehat ini adalah pada mereka yang menderita penyakit serius dan tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, pengobatan, serta bertahan hidup.
Sampai dengan Maret 2019, sudah ada lebih dari 500 campaign di Peduli Sehat dengan 500 donasi setiap harinya. Dari jumlah itu, lebih dari 100 campaign telah sukses.
Trus, 400-an campaign lainnya?

Mereka Menunggu Bantuan Lewat Galang Dana Online

Nah, mereka sedang menunggu uluran tangan kita untuk ikut serta dalam galang dana online.
Salah satu campaign yang masih berjalan adalah galang dana online untuk Chaira.
Chaira adalah anak berusia 2 tahun 5 bulan dari sebuah desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Sebuah desa yang jauuuh dari keramaian. 

Sejak April 2018 Chaira dan kedua orangtuanya berada di Jakarta. Bukan untuk berwisata, tetapi untuk mengupayakan kesembuhan bagi Chaira.
Chaira, anak ketiga dari pasangan Shafiyah dan Zairin, menderita kanker rabdomisarkoma stadium 4. Rumah sakit di Jambi sudah angkat tangan, tak mampu mengobati. Chaira dirujuk ke RSCM Jakarta.
Mereka bertiga berangkat ke Jakarta berbekal uang 8 juta rupiah, pinjaman dari tetangga dan sumbangan relawan.
Biaya pengobatan sudah mencapai ratusan juta rupiah, tetapi jalan untuk sembuh masih panjang.
Selain Chaira, ada Firyaal yang menderita kelainan otot jantung, Tiara yang menderita leukemia akut, Pak Zen yang harus menjalani operasi kulit dan mata akibat disiram air keras oleh orang tak dikenal, dan masih banyak lagi.

penerima donasi kesehatan
Chaira dan Tiara, dua dari ratusan penderita penyakit serius yang membutuhkan bantuan melalui galang dana online Peduli Sehat.

Bergerak dengan Galang Dana Online

Di web, Playstore, dan media sosial Peduli Sehat (IG @pedulisehatindonesia) kita bisa melihat siapa saja yang mengadakan galang dana online.
Informasi tentang mereka yang butuh bantuan pun tercantum di sana, tinggal kita baca. Siapa mereka, tinggal di mana, penyakitnya apa, riwayat penyakitya gimana, serta butuh dana berapa.
Menyumbang 20 juta rupiah sendiri mungkin berat bagi kita. Bagi saya mah berat banget malah. Bukan masalah nggak ikhlas atau takut miskin. Tapi… duitnya memang nggak ada.
Itu kalau sendirian. Tapi kan kita nggak hidup sendirian. Kalau kita semua udunan, turun tangan membantu dalam galang dana online, pasti terasa lebih ringan dan meringankan.
Ringan bagi kita yang membantu, serta meringankan beban mereka yang perlu dibantu.
Di platform galang dana online Peduli Sehat, kita bisa berdonasi minimal Rp 10.000. Cara berdonasinya pun mudah.

donasi kesehatan
Donasi mulai dari Rp 10.000 untuk galang dana online.
 
Di setiap campaign ada tombol Donasi untuk kita klik. Ketik berapa rupiah yang akan kita donasikan. Kita juga bisa memilih berdonasi sebagai anonim atau dengan mencantumkan nama. 
Untuk pembayarannya, ada berbagai metode yang disediakan. Bisa melalui virtual account Bank Sinarmas, BNI, Bank Mandiri, BCA, Bank Permata, Bank Danamon, dan Mayabank. Bisa juga dengan menggunakan Ovo, Go-Pay, Link Aja, atau Alfamart.

Penyaluran Donasi Kesehatan

Emh … ada kemungkinan nggak dana yang kita donasikan itu disalahgunakan? Misalnya, pura-pura sakit, padahal mah nggak sakit.
Nah, yang begini udah diantisipasi oleh Peduli Sehat. Untuk bisa menggalang donasi kesehatan di Peduli Sehat, orang yang menggalang dana harus menunjukkan sejumlah dokumen asli.
Rekam medis pasien dan identitas pasien mesti terverifikasi. KTP, Kartu Keluarga, serta rekening bank penerima dana juga harus lolos verifikasi.
Jika kelak terbukti melakukan penipuan, ada sanksi hukumnya.
Aksi galang dana online yang dilakukan Peduli Sehat ini berada di bawah pengawasan Kementerian Sosial dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Peduli Sehat juga sudah tercatat di Kemenkumham.
Jadi, kita tak perlu khawatir bantuan kita disalahgunakan. Yuk, kita udunan untuk membantu sesama. Kebaikan berbagi, kebaikan dari hati.

18 komentar

  1. Penyakit serius dan kritis pasti membutuhkan biaya banyak ya. Maka dari itu, kita bisa menyalurkan dana di PeduliSehat untuk membantunya

    BalasHapus
  2. Penyakit serius sering menguras banyak dana. Senang sudah ada aplikasi Peduli Sehat yang lebih ketat lagi menyaring calon penerima dana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Cha. Yang paling enak tuh emang SEHAT.

      Hapus
  3. Mbak, ini platformnya aman n bisa dipercaya kan buat donasi?

    BalasHapus
  4. Kesehatan memang mahal. Sedih banget. Makasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  5. Kesehatan itu memang no 1 ya Mbak. Semoga kita selalu diberikan kesehatan aamiin

    BalasHapus
  6. Wah bayarnya bias lewat Alfa ya? Gampang kalo gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Sambil mampir jajan bisa sekalian berdonasi ke Peduli Sehat :)

      Hapus
  7. Iya, sedih banget kalo gk ada biaya tuk berobat. :'(
    Makasih infonya Kak.

    BalasHapus
  8. Inspiratif, bikin startup untuk membantu sesama, ini khusus kesehatan ya, meringankan sakit orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak. Platform ini khusus galan dana online untuk kesehatan :)

      Hapus
  9. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Jadi makin mudah untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan.

      Hapus

Komentar dimoderasi dulu karena banyak spam. Terima kasih.