Insto Dry Eyes, Atasi Masalah Mata Kering


insto dry eyes atasi masalah mata kering
Insto Dry Eyes, Atasi Masalah Mata Kering  -- Salah satu tantangan bagi freelancer adalah kesiapan untuk menyambar job. Deadline-nya pun bisa sangat mepet. Akibatnya, mata perih dan mata lelah karena siang malam berkutat di depan laptop. Mesti selalu sedia Insto Dry Eyes untuk mengatasi masalah mata kering ini.

Roro Jonggrang vs Mata Kering


“Mbaaak, lagi lowong kan? Ada naskah 80 halaman yang mesti diedit. Bisa kan?” Begitu bunyi pesan WA dari seorang teman.
“Oke. Seminggu, ya.”
“Kelamaan! Besok selesai bisa, Mbak?”
Ebuset! Ngedit 80 halaman cuma dikasih waktu satu hari?
“Besok tengah malam deh. Honor dua kali lipat.”
Nah ini! Sambar! “Oke.”
Segera setelah kata oke itu, naskah yang harus diedit pun meluncur ke email saya. Semua pekerjaan lain langsung disingkirkan demi proyek Roro Jonggrang ini.
Tau legenda Roro Jonggrang, kan? Legenda tersebut melekat pada keberadaan Candi Prambanan di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Roro Jonggrang adalah putri dari Kerajaan Boko yang meminta Pangeran Bandung Bondowoso membuat sumur jalatunda dan membangun 1000 candi dalam waktu satu malam.
Karena Pangeran Bandung Bondowoso itu sakti, meski begadang memimpin para makhluk halus membangun 1000 candi, pasti nggak sampai mengalami mata sepet karena kurang tidur. Hehe….
Beda sama saya. Kejar deadline di depan laptop selama dua hari dua malam sukses membuat mata pegel dan perih. Sepet luar biasa.

Seperti pernah saya tulis dalam Deadline Lomba, Hindari Saat Terakhir, saya nggak suka mepet-mepet deadline karena risikonya besar. Tapi begitulah. Ada saat-saat ketika deadline memang sangat mepet.
mata lelah, mata perih, mata sepet
Instastory saya 4 bulan lalu. Mata lelah dan kering vs mata segar dan lembap.

Penyebab Mata Kering

Terlalu lama menatap layar laptop seperti yang saya alami itu hanya merupakan salah satu penyebab mata kering.
Kalau sedang kejar deadline begitu, manalah saya ingat untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali.
Yang ada, selama berjam-jam saya fokuuuus terus ke layar laptop agar tak ada huruf dan titik koma yang luput dari perhatian. Sering kali malah sampai lupa berkedip saking fokusnya.
Penyebab lainnya apa lagi?

Ternyata banyak, Saudara-saudara.  
penyebab mata kering
Penyebab masalah mata kering.


1. Terlalu lama menatap layar gadget.

Tentu aja nih, yang dimaksud adalah layar gadget yang sedang on. Kalau menatap gadget mati sih nggak apa-apa. Hehe…. Pekerja online mesti lebih memperhatikan kondisi mata, nih.

2. Terlalu lama menonton televisi.

Kalau sudah menonton acara TV favorit, pasti enggan beranjak kan? Jangankan beranjak dari depan TV. Berkedip aja kadang lupa saking asyiknya menonton. Nggak aneh kalau kemudian mata terasa lelah dan perih.

3. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

Berada di ruangan ber-AC memang terasa nyaman. Tapi, terlalu lama di ruangan berpendingin udara ternyata bisa bikin mata jadi kering.

4. Perubahan hormon.

Ternyata perempuan lebih besar kemungkinan mengalami kekeringan pada mata. Terutama perempuan yang sedang hamil, menggunakan pil KB, atau sudah menopause.

5. Usia.

Orang yang berusia lanjut lebih besar kemungkinannya mengalami masalah mata.

6. Penyakit dan konsumsi obat.

Penyakit tertentu seperti diabetes, lupus, HIV, dan bell’s palsy membuat kemampuan kelenjar mata memproduksi air mata jadi berkurang, lho. Akibatnya, mata jadi lebih cepat kering. Demikina pula dengan konsumsi obat-obatan tertentu.

7. Faktor lingkungan.

Angin, debu, asap (asap kendaraan, asap rokok, dsb), panas matahari, dan cuaca kering juga bisa membuat mata sepet dan perih.

8. Terlalu lama menyetir.

Saat menyetir mobil atau motor, kita tentu harus berfokus pada lalu lintas. Saking fokusnya, kita kadang sampai lupa berkedip.

Cahaya lampu yang menyilaukan pada malam hari dan cahaya terang di siang hari pun ikut menyebabkan mata menjadi kering.  

9. Belajar dan membaca dalam jangka waktu lama tanpa jeda.

Tekun belajar memang baik untuk mempersiapkan masa depan yang cerah ceria. Tapi terus-menerus belajar dan membaca akan berpengaruh pada kondisi mata. Beri kesempatan mata untuk beristirahat, ya.

10. Penggunaan hair dryer.

Kalau harus buru-buru mengeringkan rambut, biasanya kita pakai hair dryer. Angin yang hangat dan kering dari hair dryer bisa bikin mata perih dan terasa sepet karena air mata menguap.

Dari faktor-faktor tersebut, ada yang tidak bisa kita kendalikan, yaitu usia, hormon, dan penyakit.
Tapi faktor-faktor lainnya sebenarnya bisa kita kendalikan kok. Misalnya, menatap foto gebetan gadget lama-lama, apalagi sampai lupa berkedip kan nggak baik untuk kesehatan mata. Jadi, kita kurangi dong intensitasnya.
Kalaupun nggak bisa mengurangi frekuensi kencan dengan laptop dan gadget, usahakan untuk sering berkedip dan mengistirahatkan mata dari layar gadget setiap 20 menit sekali. Nggak usah lama-lama durasinya, cukup 20 detik.
Waktu istirahat singkat itu kita pakai untuk melihat ke objek yang berjarak jauh (sekitar 6-7 meter cukup)
Simpel ya padahal, tapi sering lupa aja. Kayaknya perlu rame-rame noyor kepala sendiri, nih.

Mata Kering dan Gejalanya

laptop dan kesehatan mata
Fokus kerja, kesehatan mata harus tetap dijaga.

Beraktivitas di dalam ruangan atau di luar ruangan sama-sama berisiko mengalami mata kering. Kalau tahu gejala-gejalanya, kita bisa cepat mengatasinya.
Sebenarnya gampang kok mengenali gejala-gejalanya. Cuma mungkin selama ini kita mengabaikannya.
Gejala-gejala mata mengalami kekeringan adalah:
1. Mata sepet.
2. Mata pegel.
3. Mata perih.
Sepet, pegel, perih. Duh, mirip banget rasanya dengan perasaan hati ketika melihat ada perempuan lain keganjenan ngedeketin laki-laki yang kita cintai. Ngeganggu dan nggak enak banget rasanya.
Coba inget-inget, deh. Pernah nggak mengalami mata terasa seperti itu?

Solusi Mata Kering

Kalau mata sudah memberikan gejala-gejala sepet, pegel, dan perih, jangan diabaikan. Mengucek-ngucek mata jelas bukan solusi. Yang ada malah mata makin perih.
Untuk mengatasinya, segera teteskan Insto Dry Eyes. Nggak perlu banyak-banyak. Cukup 1-2 tetes saja pada setiap mata yang kering.
Insto Dry Eyes ini mengandung hydroxypropyl methylcellulose yang berfungsi untuk menyegarkan dan memberi efek pelumas pada mata seperti halnya air mata.
Nggak pakai lama, mata yang tadi terasa kering akan kembali segar dan lembap.

insto dry eyes atasi masalah mata kering
Insto Dry Eyes untuk mengatasi masalah mata yang kering.

Insto Dry Eyes ini berkode lingkaran biru tua dengan garis hitam. Artinya, obat tetes mata ini bisa dibeli bebas di apotek dan toko-toko meskipun termasuk obat keras. Namun, penggunaannya harus sesuai peraturan.
Obat tetes mata ini tidak boleh digunakan secara rutin untuk jangka panjang. Jadi, cuma boleh kita pakai ketika sedang mengalami gejala mata kering aja. Kalau gejala itu sudah hilang, ya jangan dipakai lagi.
Oya, kalau kemasannya udah dibuka, jangan digunakan lagi setelah satu bulan ya.
Itu sebabnya kemasan obat tetes mata produksi Combiphar ini mungil saja, hanya 7,5 mililiter. Kemasan kecil ini juga membuat Insto Dry Eyes praktis dibawa-bawa.

Proyek Selesai, Mata Kering Teratasi

Proyek Roro Jonggrang yang saya tangani selesai satu jam sebelum deadline.
Tapi saya tahu, itu bukan proyek Roro Jonggrang yang terakhir. Besok-besok pasti akan ada lagi. Selama honor memuaskan, saya sih ayo-ayo aja.
Kemungkinan mata perih, pegal, dan sepet akibat sekian jam nonstop di depan laptop saya antisipasi dengan banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan asam lemak omega 3, menyediakan Insto Dry Eyes, serta istirahat 20 detik setiap 20 menit. Dengan begitu, masalah mata kering teratasi. Bye Mata Kering!

insto dry eyes atasi masalah mata kering
Cegah dan segera atasi masalah mata kering.

   

Salam,

Triani Retno A

Previous
« Prev Post

Related Posts

Insto Dry Eyes, Atasi Masalah Mata Kering
4/ 5
Oleh

55 comments:

  1. Aku juga suka menantap foto mantan sambil berjam-jam. Akang Keanu Reevee nu brewokan tea.
    Ini komentar tapi semacam pengumuman juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, anggota Klub Mantan Kang Nunu ya?

      Delete
    2. Ha ha ha, akhitnya ketemu penggemar Keanu Reeves. Tos, ah. Dulu saya sampai bela-belain natap fotonya yang digunting dari majalah. Maklumlah remaja yang gampang mengidolakan lelaki ganteng. :D Ikut bikin pengumuman. :D

      Delete
  2. Sebagai orang yg tiap hari pakai gawai baik di rumah atau di kantor kyknya saya butuh bngt pakai insto mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Sering lupa waktu sih ya kalau udah kerja. Perasaan baru setengah jam pakai gawai, ternyata udah setengah hari. Pantesan aja mata perih.

      Delete
  3. Mata kering disebabkan terlalu lama lihat mantan hehe

    ReplyDelete
  4. Memang bagi yang sering menatao layar laptop, perlu banget insto kaya gini

    ReplyDelete
  5. Huwaaa aku juga punya mata kering ini Teh
    ntar mau berburu Insto ahhh

    ReplyDelete
  6. Lah kok ternyata hair dryer juga bisa bikin mata kering. Untung ga pernah pake hair dryer, secara rambut cuma seupil 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukurlah para anggota komunitas rambut seupil karena terbebas dari hair dryer :D

      Delete
  7. Saya mah ngga tahan lingkungan , apalagi Bandung sedang panas mentrang mentring dan debu berterbangan, langsung deh mata terasa pedih dan sepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih. Bandung sekarang lagi kering dan panas ya. Perlu banget sedia Insto tuh, Ambu.

      Delete
  8. ini obat andalan saya teh, kalau mata udah perih terus merah, langsung tetesin ini, berapa menit langsung baik lagi

    ReplyDelete
  9. Penting banget nih bawa Insto dry kemana pun pergi ya...karena berlama-lama di depan laptop/HP aja udah bikin mata kering dan perih..jadi harus ditetesi Insto secepatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Bawanya juga gampang kok karena kemasannya mungil.

      Delete
  10. Pemburu deadline harus sedia insto yaaa

    ReplyDelete
  11. Info yang sangat berguna nih. Mata kering seringkali disepelekan. Dan orang makin lama makin sering bergadget ria untuk waktu yang lama. Bikin mata jadi cepat lelah dan cepat tua.

    ReplyDelete
  12. Apalagi kaya aku yg keseharian nya touring pake motor udah pasti sangat perlu insto untuk meredakan mata merah, letih karena udara kotor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul. Kalo pas traveling juga perlu bawa, Kang.

      Delete
  13. aku juga pakai insto selalu
    apalagi kalau pas gatel ya Allah pengen ngucek tapi bahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet. Mata kering dikucek ... yang ada malah terasa makin kering dan perih.

      Delete
  14. Wah mantap nih tulisannya teh jd inget kisah aku jg. Pengen nulis jg deh tentang insto ini hehe

    ReplyDelete
  15. Tuk masalah mata kering dll..dari dulu kuselalu pake insto��. Pernah coba pindah ke merk lain ga tau kenapa kok ga cocok. Insto andalanku haha

    ReplyDelete
  16. Dulu banget suka pakai insto, mau coba lagi ah. Memang bagi pemakai kacamata kayak saya, apalagi sering berada di depan laptop jadi rentan terhadap mata kering dan kadang perih. Bisa-bisa pusing kepala. Untung ada insto!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Karena bekerja di belakang laptop bukan solusi. Yang ada mah kerjaan malah nggak kelar-kelar :D

      Delete
  17. Alhamdulilah sejauh ini belum pernah kenak mata kering. TApi jika kenak bisa menjadi rekom ini obat ini. Terima kasih infonya.

    salam
    kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  18. Teteh ruang kerjanya di ruang anak Bapusipda?
    Uwuwuwu~
    Aku main-main ahh...siapa tahu ketemu teteh trus bisa ngajakin ngobrol ((biar mata ga sepet, teh...ngobrol dulu, hehehe))

    Aku uda lama gak ngrasain mata kering.
    Sekarang,
    Apa-apa alarmnya anak-anak.
    Kalo punya anak kecil, ga bisa berlama-lama mantengin sesuatu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak, Len. Itu cuma numpang kerja dan foto-foto. Ruangannya lebih photoable.

      Delete
  19. whahahahahaha...
    klo nyong yang edit 80 halaman dalam sehari langsung ngefly..
    otak e nyong kagak nyampe..

    eh tapi salut sama dirimu lho kak.. cuman ditemeni si Insto bisa kelarin itu edit 80 halamannya.

    ((sambil salim sama suhu))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak cuma Insto, Kak. Ada banyak camilan dan bergelas-gelas kopi yang ikut nemenin.

      Delete
  20. Risiko pekerjaan, Teh Eno. Rasanya saya harus ngotot kerjain tugas karena ada tanggung jawab besar yang tidak bisa diabaikan. Menyangkut amanah dan nama baik. Perkara mata sampai sakit itu langganan saya banget. Apalagi ditambah begadang, bikin pusing saja dan kepala berasa ringan.
    Dulu kala masih SMU saya kerap pakai Insto karena mata sensitif pada debu dan terik, ditambah kalau hari Ahad ikut ekskul karate di luar halaman sekolah. Kebayang gimana dari pagi sampai siang dipanggang matahari.
    Sepertinya saya harus sedia Insto karena kucek mata atau membasuh wajah saja tidak cukup. Butuh cairan yang pas dan aman kayak Insto.
    Semoga Teh Eno selalu beroleh rezeki job dan sukses, ya. Be strong.
    Semoga naskah ini menang lomba, saya suka. Detail banget penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Nuhun, Teh.

      Iya, itu dia. Tanggung jawab. Kalau naskah sendiri biasanya malah kapan-kapan kelarnya. Kesalip mlulu sama orderan :D

      Delete
  21. Kayaknya memang harus sedia insto setiap saat nih secara sekarang kan kerjaan kita kebanyakan melototin layar hape melulu. Memang berasa banget sih mata lelah kalau sudah lihat komputer atau hape seharian

    ReplyDelete
  22. sebagai orang yang hampir setiap hari di depan komputer,, saya juga merasakan mata kering seperti ini mba... dan ini info yang sangat membantu saya untuk mengatasi mata kering... cuuzz saya akan gunakan insto,, agar mata kering bisa teratasi dan kembali sejuk.....

    terimakasih mba,,, info bermanfaat ini..,.
    Agnesia Friella

    ReplyDelete
  23. Saya baru-baru ini beli insto juga mb. Kayaknya dilema bakul onlen mantengin sering mantengin hape. Apalagi sebelum lebaran kemarin.

    ReplyDelete
  24. Saya juga salah satu dari sekian manusia yang sering mengalami mata sepet 🤣
    Kerjaan liatin terus layar laptop, belum lagi suka main game sama lihat-lihat chat di beberapa grup Line membuat saya betah liat layar HP. Alhasil mata sepet setiap saat pasti dialami 😅
    Setelah baca artikel ini, sepertinya saya yakin ingin coba pakai Insto Dry Eyes biar aktivitas saya tidak terganggu dengan mata sepet bin kering 😁
    Terima kasih Bu Eno ❤️

    ReplyDelete
  25. Sedia selalu insto karena jarak rumah ke kantor lumayan jauh, mata perih karena asap, debu, belum lagi sengatan matahari.Alhamdulillah insto sangat membantu sekali untuk mengembalikan mata menjadi fresh.
    Dan saya baru tau faktor usia juga penyebab mata kering
    Terima kasih infonya bu eno atas ilmunya

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum mbak Eno..
    Kalau lagi hamil bisa ngk ya pakai insto?
    Anyway harus beli nih untuk suami krn sering banget berlama2 depan komputer kalau lagi ngerjain program.
    Makasih atas infonya yaa mbak eno...

    Salam kenal dr Gorontalo..
    Saya juga ering mantengin status mbam eno di fb..

    ReplyDelete
  27. Itu saya banget, 1 sampai 10, kecuali kelipatan 3. Masalahnya... saya tuh suka ngeri kalau mesti tetesin obat ke bola mata gitu. Taku perih. Insto bikin perih mata nggak sih? Oya, tetesinnya ke bagian putih atau bagian hitam, Mbak?

    ReplyDelete
  28. Saya hari Minggu kemarin muter-muter kawasan candi Prambanan. Saya membayangkan si Bandung Bondowoso kerja larut bersama pasukannya, mengangkat batu-batu tanpa pengaman kacamata,wuihhh...
    Apa kagak merah itu matanya, apa kagak berubah ntu matanya jadi mata panda....
    Saya aja yang berdomisili sekitaran Prambanan dimana banyak dilewati truk-truk pasir,kalo pas di belakangnya,beuh...itu debu-debu mengapa terbang ke arah saya, serasa minta foto dan tandatangan ke saya aja...
    Mata kita kan jadi perih kadang,ngucek2 ,jadi merah perih. Tapi dulu kalo sakit mata tinggal ke apotek beli obat tetes mata insto , sudah beres deh. Tapi ya tetap dijaga aset kita ini. Tetap pakai kacamata biar gak kena debu gak perlu njulidin truk pasir atau sopirnya, di hadang pak sopir baru tahu rasa...

    ReplyDelete
  29. Mata dapat diibaratkan dengan kaca jendela. Dibandingkan anggota tubuh kita yang lainnya, mata adalah satu2nya organ 'rapuh' yang terekspos secara langsung (ketika mayoritas organ kita yang lain bukan hanya dilindungi oleh kulit namun juga dilindungi tulang/ rangka). Namanya jendela tentu lebih rapuh daripada tembok rumah (tembok untuk mengibaratkan kulit) tapi kita sering sepele dengan kondisi jendela rumah. Sometimes dibiarkan berdebu, bahkan sampai ada noda permanen atau pecah karena tidak pernah dirawat, akhirnya kita tidak bisa melihat keluar jendela dengan maksimal, begitupun dengan mata yang tidak dirawat dengan baik tentu akan membuat kinerjanya menurun dan mengganggu kita. Semoga artikel blog ini bisa sedikit membukakan mata para pembaca agar lebih menjaga kesehatan mata juga 😊

    ReplyDelete
  30. Aku pengen coba ah pake Insto. Aku kerja di pabrik gula merah. Udaranya yang panas karena kompor yang menyala itu membuat keringat menetes mengenai mata. Perihnya pake banget. Pulang kerja mata langsung merah banget. Sangat mengganggu saat membantu Namiera mengerjakan pr. Mata ngerjap terus karena perih. Semoga Insto bisa membantu masalah mataku. Terima kasih mbak Eno. Membantu banget.

    ReplyDelete
  31. Kalo aku memang pengaruh kb, Teh. Mata suka gajebo ��
    Nah, yang cukup sering make instro justru paksu. Beliau kan teknikal service tuh, kerjanya keliling dari satu kandang ke kandang lain, nyupir kiri kanan, naik turun gunung dan menjelajah daerah2 yang gak aspalan, alhasil debu luar biasa tuh. salah satu bukti cintaku padanya yaitu nyelipin instro di slim bag-nya trus kudu wanti-wanti tuh, supaya dipake kalo mata sudah perih.
    Ada lagi fans insto: Mamaku, Teh. Karena faktor U ya, mata beliau suka merah dan perih. Kalo udah gitu pasti selalu ngabarin, "Tolong bawain obat mata kayakk kemarin-kemarin." obag mata yang kayak kmrn2 ya insto itu. Hihi, alhmdulillah cukup mengobati mata merah beliau.
    Itu sih ceritaku, Teh ��

    ReplyDelete
  32. Waaah info yang sangat bermanfaat teeh. Pada awalnya saya cuma tau insto ini untuk sakit mata aja. Naah setelah baca ini kudi dicoba sediain insto ni solusi mata kering, sepet, pedih. Apalagi sekarang pastinya ga lepas dari gadget n mantengin laptop. Resep manjur ya gini. Makasih info tipsnya teh.

    ReplyDelete
  33. Entah kenapa, baca yang ini jadi ingat pak suami. Suami kan kerja di pertambangan, otomatis debu ada di mana-mana. Pulang kerja sering dengan mata merah. Apalagi udara di kalimantan ini super duper panas. Sudah panas, berdebu lagi. Alhamdulillah komplit ��. Selama ini ga kepikiran buat kasih apa-apa, cuma di rendam (dicuci) pakai air bersih. Perlu dicoba tips dari teteh. Siapa tau dengan setetea dua tetes insto, terbitlah selembar dua lembar uang tambahan belanja buat istri ����

    ReplyDelete
  34. Tulisannya mewakili (karena saya senang baca buku, ngelola lapak online dan juga belajar di beberapa grup WA makanya mata perlu dijaga tuk menatap layarnya,hihii)

    Pernah merasakan gejala mata kering tersebut, dan coba pakai insto terasa adem, mata jadi CLING! ��

    Berbicara tentang kesehatan mata, karena saya minus dan pernah periksa ke polimata lalu dokter bilang salah satu mata ada yang kurang berfungsi dengan baik, duh nyeredet hate dengarnya, sedih

    Dari sini saya memaknai bahwa salah satu bentuk Mensyukuri nikmat penglihatan ini adalah dengan menjaganya sebaik mungkin.

    Hatur nuhun Teh atas pengingat ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)