Insto Dry Eyes, Atasi Masalah Mata Kering


insto dry eyes atasi masalah mata kering
Insto Dry Eyes, Atasi Masalah Mata Kering  -- Salah satu tantangan bagi freelancer adalah kesiapan untuk menyambar job. Deadline-nya pun bisa sangat mepet. Akibatnya, mata perih dan mata lelah karena siang malam berkutat di depan laptop. Mesti selalu sedia Insto Dry Eyes untuk mengatasi masalah mata kering ini.

Roro Jonggrang vs Mata Kering


“Mbaaak, lagi lowong kan? Ada naskah 80 halaman yang mesti diedit. Bisa kan?” Begitu bunyi pesan WA dari seorang teman.
“Oke. Seminggu, ya.”
“Kelamaan! Besok selesai bisa, Mbak?”
Ebuset! Ngedit 80 halaman cuma dikasih waktu satu hari?
“Besok tengah malam deh. Honor dua kali lipat.”
Nah ini! Sambar! “Oke.”
Segera setelah kata oke itu, naskah yang harus diedit pun meluncur ke email saya. Semua pekerjaan lain langsung disingkirkan demi proyek Roro Jonggrang ini.
Tau legenda Roro Jonggrang, kan? Legenda tersebut melekat pada keberadaan Candi Prambanan di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Roro Jonggrang adalah putri dari Kerajaan Boko yang meminta Pangeran Bandung Bondowoso membuat sumur jalatunda dan membangun 1000 candi dalam waktu satu malam.
Karena Pangeran Bandung Bondowoso itu sakti, meski begadang memimpin para makhluk halus membangun 1000 candi, pasti nggak sampai mengalami mata sepet karena kurang tidur. Hehe….
Beda sama saya. Kejar deadline di depan laptop selama dua hari dua malam sukses membuat mata pegel dan perih. Sepet luar biasa.

Seperti pernah saya tulis dalam Deadline Lomba, Hindari Saat Terakhir, saya nggak suka mepet-mepet deadline karena risikonya besar. Tapi begitulah. Ada saat-saat ketika deadline memang sangat mepet.
mata lelah, mata perih, mata sepet
Instastory saya 4 bulan lalu. Mata lelah dan kering vs mata segar dan lembap.

Penyebab Mata Kering

Terlalu lama menatap layar laptop seperti yang saya alami itu hanya merupakan salah satu penyebab mata kering.
Kalau sedang kejar deadline begitu, manalah saya ingat untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali.
Yang ada, selama berjam-jam saya fokuuuus terus ke layar laptop agar tak ada huruf dan titik koma yang luput dari perhatian. Sering kali malah sampai lupa berkedip saking fokusnya.
Penyebab lainnya apa lagi?

Ternyata banyak, Saudara-saudara.  
penyebab mata kering
Penyebab masalah mata kering.


1. Terlalu lama menatap layar gadget.

Tentu aja nih, yang dimaksud adalah layar gadget yang sedang on. Kalau menatap gadget mati sih nggak apa-apa. Hehe…. Pekerja online mesti lebih memperhatikan kondisi mata, nih.

2. Terlalu lama menonton televisi.

Kalau sudah menonton acara TV favorit, pasti enggan beranjak kan? Jangankan beranjak dari depan TV. Berkedip aja kadang lupa saking asyiknya menonton. Nggak aneh kalau kemudian mata terasa lelah dan perih.

3. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

Berada di ruangan ber-AC memang terasa nyaman. Tapi, terlalu lama di ruangan berpendingin udara ternyata bisa bikin mata jadi kering.

4. Perubahan hormon.

Ternyata perempuan lebih besar kemungkinan mengalami kekeringan pada mata. Terutama perempuan yang sedang hamil, menggunakan pil KB, atau sudah menopause.

5. Usia.

Orang yang berusia lanjut lebih besar kemungkinannya mengalami masalah mata.

6. Penyakit dan konsumsi obat.

Penyakit tertentu seperti diabetes, lupus, HIV, dan bell’s palsy membuat kemampuan kelenjar mata memproduksi air mata jadi berkurang, lho. Akibatnya, mata jadi lebih cepat kering. Demikina pula dengan konsumsi obat-obatan tertentu.

7. Faktor lingkungan.

Angin, debu, asap (asap kendaraan, asap rokok, dsb), panas matahari, dan cuaca kering juga bisa membuat mata sepet dan perih.

8. Terlalu lama menyetir.

Saat menyetir mobil atau motor, kita tentu harus berfokus pada lalu lintas. Saking fokusnya, kita kadang sampai lupa berkedip.

Cahaya lampu yang menyilaukan pada malam hari dan cahaya terang di siang hari pun ikut menyebabkan mata menjadi kering.  

9. Belajar dan membaca dalam jangka waktu lama tanpa jeda.

Tekun belajar memang baik untuk mempersiapkan masa depan yang cerah ceria. Tapi terus-menerus belajar dan membaca akan berpengaruh pada kondisi mata. Beri kesempatan mata untuk beristirahat, ya.

10. Penggunaan hair dryer.

Kalau harus buru-buru mengeringkan rambut, biasanya kita pakai hair dryer. Angin yang hangat dan kering dari hair dryer bisa bikin mata perih dan terasa sepet karena air mata menguap.

Dari faktor-faktor tersebut, ada yang tidak bisa kita kendalikan, yaitu usia, hormon, dan penyakit.
Tapi faktor-faktor lainnya sebenarnya bisa kita kendalikan kok. Misalnya, menatap foto gebetan gadget lama-lama, apalagi sampai lupa berkedip kan nggak baik untuk kesehatan mata. Jadi, kita kurangi dong intensitasnya.
Kalaupun nggak bisa mengurangi frekuensi kencan dengan laptop dan gadget, usahakan untuk sering berkedip dan mengistirahatkan mata dari layar gadget setiap 20 menit sekali. Nggak usah lama-lama durasinya, cukup 20 detik.
Waktu istirahat singkat itu kita pakai untuk melihat ke objek yang berjarak jauh (sekitar 6-7 meter cukup)
Simpel ya padahal, tapi sering lupa aja. Kayaknya perlu rame-rame noyor kepala sendiri, nih.

Mata Kering dan Gejalanya

laptop dan kesehatan mata
Fokus kerja, kesehatan mata harus tetap dijaga.

Beraktivitas di dalam ruangan atau di luar ruangan sama-sama berisiko mengalami mata kering. Kalau tahu gejala-gejalanya, kita bisa cepat mengatasinya.
Sebenarnya gampang kok mengenali gejala-gejalanya. Cuma mungkin selama ini kita mengabaikannya.
Gejala-gejala mata mengalami kekeringan adalah:
1. Mata sepet.
2. Mata pegel.
3. Mata perih.
Sepet, pegel, perih. Duh, mirip banget rasanya dengan perasaan hati ketika melihat ada perempuan lain keganjenan ngedeketin laki-laki yang kita cintai. Ngeganggu dan nggak enak banget rasanya.
Coba inget-inget, deh. Pernah nggak mengalami mata terasa seperti itu?

Solusi Mata Kering

Kalau mata sudah memberikan gejala-gejala sepet, pegel, dan perih, jangan diabaikan. Mengucek-ngucek mata jelas bukan solusi. Yang ada malah mata makin perih.
Untuk mengatasinya, segera teteskan Insto Dry Eyes. Nggak perlu banyak-banyak. Cukup 1-2 tetes saja pada setiap mata yang kering.
Insto Dry Eyes ini mengandung hydroxypropyl methylcellulose yang berfungsi untuk menyegarkan dan memberi efek pelumas pada mata seperti halnya air mata.
Nggak pakai lama, mata yang tadi terasa kering akan kembali segar dan lembap.

insto dry eyes atasi masalah mata kering
Insto Dry Eyes untuk mengatasi masalah mata yang kering.

Insto Dry Eyes ini berkode lingkaran biru tua dengan garis hitam. Artinya, obat tetes mata ini bisa dibeli bebas di apotek dan toko-toko meskipun termasuk obat keras. Namun, penggunaannya harus sesuai peraturan.
Obat tetes mata ini tidak boleh digunakan secara rutin untuk jangka panjang. Jadi, cuma boleh kita pakai ketika sedang mengalami gejala mata kering aja. Kalau gejala itu sudah hilang, ya jangan dipakai lagi.
Oya, kalau kemasannya udah dibuka, jangan digunakan lagi setelah satu bulan ya.
Itu sebabnya kemasan obat tetes mata produksi Combiphar ini mungil saja, hanya 7,5 mililiter. Kemasan kecil ini juga membuat Insto Dry Eyes praktis dibawa-bawa.

Proyek Selesai, Mata Kering Teratasi

Proyek Roro Jonggrang yang saya tangani selesai satu jam sebelum deadline.
Tapi saya tahu, itu bukan proyek Roro Jonggrang yang terakhir. Besok-besok pasti akan ada lagi. Selama honor memuaskan, saya sih ayo-ayo aja.
Kemungkinan mata perih, pegal, dan sepet akibat sekian jam nonstop di depan laptop saya antisipasi dengan banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan asam lemak omega 3, menyediakan Insto Dry Eyes, serta istirahat 20 detik setiap 20 menit. Dengan begitu, masalah mata kering teratasi. Bye Mata Kering!

insto dry eyes atasi masalah mata kering
Cegah dan segera atasi masalah mata kering.

   

Salam,

Triani Retno A

Previous
« Prev Post

Related Posts

Insto Dry Eyes, Atasi Masalah Mata Kering
4/ 5
Oleh

6 comments:

  1. Aku juga suka menantap foto mantan sambil berjam-jam. Akang Keanu Reevee nu brewokan tea.
    Ini komentar tapi semacam pengumuman juga.

    ReplyDelete
  2. Sebagai orang yg tiap hari pakai gawai baik di rumah atau di kantor kyknya saya butuh bngt pakai insto mbak

    ReplyDelete
  3. Mata kering disebabkan terlalu lama lihat mantan hehe

    ReplyDelete
  4. Memang bagi yang sering menatao layar laptop, perlu banget insto kaya gini

    ReplyDelete
  5. Huwaaa aku juga punya mata kering ini Teh
    ntar mau berburu Insto ahhh

    ReplyDelete
  6. Lah kok ternyata hair dryer juga bisa bikin mata kering. Untung ga pernah pake hair dryer, secara rambut cuma seupil 😅

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, komentar dengan link hidup dan broken link akan saya hapus :)