Labuan Bajo, Indahnya Alam Indonesia

Pernah nggak ngerasa sumpek dengan rutinitas sehari-hari? Kerja, lembur, deadline, macet …. Gitu terus tiap hari.
Buka media sosial … rasanya malah makin sumpek gara-gara ngeliat banyak netizen ngegas, nge-bully sana-sini, dan hoax bertebaran di mana-mana.
Kalau udah begitu, paling enak sih detox! Menyingkir dulu dari keriuhan media sosial dan pergi berlibur.

Wisata Alam

Kalau mau ngedetox, liburannya jangan ke mal. Jangan juga wisata kuliner ke kafe-kafe kekinian atau ke coffee shop.
Coba deh mainnya jauhan dikit. Pergi berlibur ke alam bebas atau ke lokasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam.
Kalau bicara “keindahan alam” tentunya satu paket dengan kebersihannya dong ya.

Udara yang bersih, pepohonan yang menghijau subur, dan gemercik air bisa menyuntikkan energi positif ke dalam diri. Lahir batin rasanya seperti di-recharge.
Ke gunung atau ke pantai nih?
Terserah. Ke gunung boleh, ke pantai boleh, ke hutan boleh, ke danau boleh …. Bebas aja. Mau ke pantai sekaligus ke gunung juga boleh.
Memangnya ada yang begitu?
Ada, dong. Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menawarkan dua macam keindahan itu sekaligus.

Traveling ke Labuan Bajo

Kota yang terletak di Pulau Flores ini merupakan sebuah kota nelayan. Tapi selain memiliki pantai dan laut yang indah, Labuan Bajo juga memiliki perbukitan yang indah.
Komplet, ya. Kita bisa menikmati keindahan laut, juga bisa hiking ke bukit.

Dari atas bukit, pemandangannya luar biasa indah. Hamparan laut lepas dan pulau-pulau kecil di sekitar.
Bisalah sambil ngebayangin gimana rasanya jadi Cristiano Ronaldo yang bisa beli pulau untuk milik pribadi. Hehe….
Tapi nggak perlu jadi Ronaldo dulu buat bisa menginap di villa di Labuan Bajo. Sebagai tempat wisata, Labuan Bajo sudah memiliki cukup banyak penginapan kok.
Nginep mana lagi di Labuan Bajo yang tempatnya asik dan bisa jadi cerita seru?
Baiknya sih, sebelum berangkat ke Labuan Bajo, booking kamar hotel atau villa dulu secara online. Kalau sudah pasti dapat kamar di sana kan lebih tenang.
Tapiii … kalau sudah di Labuan Bajo, jangan diam di kamar saja ya. Banyak tempat wisata alam yang sayang banget kalau nggak didatangi.

Tempat Wisata Favorit

Berikut ini beberapa tempat wisata favorit di Labuan Bajo.

1. Pulau Komodo

Bisa dibilang, kalau ke Labuan Bajo wajib banget ke Pulau Komodo. Di pulau ini terdapat binatang purba, yaitu komodo.
Komodo ini nggak ada di tempat lain di dunia ini. Adanya hanya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca
Foto: Traveloka.

Populasi komodo pun nggak terlalu banyak, sekitar 2.000 ekor saja. Karena komodo itu termasuk hewan buas (hidung mereka tajam sekali mencium bau darah), patuhi aturan yang ada.
Babang-babang ranger komodo juga akan membantu supaya para pengunjung tetap aman.

2. Pulau Rinca

Di pulau ini juga ada komodo, tapi nggak sebanyak yang di Pulau Komodo.
Di Pulau Rinca ini ada Gunung Ora, tingginya 670 mdpl. Beminat mendaki gunung ini dan menikmati keindahan alam dari atasnya?

3.  Pulau Kanawa

Pantai di Pulau Kanawa ini berpasir putih yang bersih. Air lautnya pun sangat jernih.
Pemandangan bawah lautnya yang indah bisa dinikmati tanpa perlu menyelam.

4. Pulau Padar

Pulau yang berbukit-bukit ini ditumbuhi banyak pepohonan hijau. Setelah hiking, pengunjung akan melihat pemandangan laut yang sangat indah.
Foto: Traveloka

5. Pantai Pink (Pink Beach)

Kalau biasanya pasir pantai berwarna putih, maka pasir pantai yang ini berwarna pink.
Warna ini muncul dari pasir putih yang bercampur serpihan cangkang dan invertebrata berwarna merah.

Nggak cuma bisa menikmati keindahan pantai. Di lautnya pun pengunjung bisa melakukan aktivitas diving atau snorkeling.
Foto: Traveloka

Indahnya Alam Indonesia

Alam Indonesia ini sungguh indah. Berwisata alam seperti ke Labuan Bajo ini bagus untuk menumbuhkan cinta tanah air, untuk menebalkan rasa syukur, serta untuk me-recharge energi.
Traveling ke Labuan Bajo pasti akan jadi pengalaman menarik.

2 comments

  1. Wishlist tahun depan nih labuan bajo. Semoga terlaksana, pengn bgt main ke pantai pink. Huhu

    ReplyDelete
  2. memang tmpt ni sungguh indah..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf, link hidup di kolom komentar dan broken link akan dihapus :)