Serunya Road Trip Bersama Keluarga


road trip bersama keluarga

Road Trip Bersama Keluarga

Serunya road trip saya alami sejak masih kecil. Ketika itu kami masih tinggal di provinsi paling barat Indonesia. Banda Aceh.

Bapak sering mengajak kami road trip dengan mobil keluarga. Paling sering sih ke Sumatra Utara. Tapi pernah juga ke Sumatra Barat.

Pernah juga road trip sekeluarga dari Medan sampai sampai ke Jawa Tengah. Seru!

Dari sekian kali road trip bersama keluarga, ada dua yang sangat berkesan bagi saya. Keduanya terjadi di Sumatra ketika saya masih SD.

 

Rumah Misterius di Gunung Seulawah

Secara sederhana, road trip adalah melakukan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan sendiri. Bukan dengan bus, kereta api, atau mobil travel.

Dalam sebuah road trip, mobil kami mogok di kawasan Gunung Seulawah. Tahun itu, masih biasa melihat harimau atau binatang hutan lainnya jika melintas di jalan berkelok-kelok ini.

Untungnya ketika itu kami konvoi dengan tiga mobil. Kebayang kalau cuma kami sekeluarga.

Tak jauh dari tempat kami berhenti ada sebuah rumah dengan atap runcing tinggi. Jendalanya besar-besar. Halamannya luas. Di sekelilingnya banyak pohon tinggi-tinggi. Tapi tak terlihat rumah lain di sekitarnya.

road trip bersama keluarga
Road trip seru bersama keluarga.

Dalam bayangan saya, seperti rumah horor saja. Rumah misterius. Memang horor atau hanya imajinasi saya, entahlah. Tapi penampilan rumah itu masih terekam jelas di benak saya.

 
Kemalaman di Jalan

Kemalaman di perjalanan sebenarnya hal biasa ya jika melakukan road trip. Kalau pakai kereta api atau bus kita bisa mengira-ngira jam berapa tiba tujuan. Apalagi kereta api yang jadwalnya lebih ketat.

Berbeda jika melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Lebih-lebih kalau tujuannya buat berlibur. Waktu tempuh yang 8 jam, misalnya bisa mulur jadi 24 jam.

Penyebabnya apa lagi kalau bukan belok sana belok sini, mampir sana mampir sini. Hehe….

Tapi itulah serunya road trip.

Nah, suatu hari kami kemalaman. Sopir juga sudah kelelahan. Akhirnya, ortu memutuskan untuk mencari penginapan di Lhokseumawe. Bertanya-tanya di kedai dan pada orang lewat, di mana ada penginapan.

Saya sudah setengah tidur ketika mobil gujlak-gujluk melewati jalan berbatu. Ada warga yang memberitahu letak penginapan tapi lokasinya bukan di jalan utama. Ke sanalah kami pergi.

Legaaa … rasanya ketika dari kegelapan malam akhirnya menemukan bangunan bertuliskan “hotel”. Dan bangunan itu terang!

Habis gelap terbitlah terang deh! Hehe….

road trip dengan keluarga
Menginap di hotel saat road trip.


Persiapan Road Trip

Sekarang, dengan gadget di genggaman tangan, road trip bisa jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dengan gadget, kita bisa mudah melakukan hal-hal berikut ini.

1. Itinerary

Meskipun bisa mampir sana-sini sejuka hati, menyusun itinerary tetap perlu. Itinerary alias tujuan perjalanan membuat perjalanan kita lebih terarah.

Biaya yang dibutuhkan juga bisa diperkirakan. Nggak lucu kan kalau kehabisan biaya di perjalanan.

Untuk menentukan itinerary ini kita bisa googling atau bertanya di grup-grup traveler.

Paling enaknya dari road trip ini adalah kita bebas menentukan mau ke mana saja. Termasuk ke tempat-tempat menarik yang tidak terjangkau oleh kendaraan umum.

Tahun lalu saya ke ke Yogyakarta pakai kereta api. Selama di sana pun mengandalkan kendaraan umum.

Enak sih karena nggak repot. Tapi kurang puas karena susah menjangkau candi-candi. Juga nggak bisa berlama-lama. Repot kalau sampai kemalaman di tempat yang susah kendaraannya.

Kalau road trip, masalah seperti itu bisa diminimalkan. Bisa lebih puas juga menjelajah tempat-tempat yang menarik.

 

2. Hotel

Kalau itinerary sudah jelas, menentukan tempat menginap saat road trip juga lebih gampang. Tinggal buka aplikasi Traveloka dan bisa langsung cari hotel. Sesuaikan saja dengan anggaran yang tersedia.  

Sekarang saya selalu booking hotel dulu sebelum tiba di lokasi. Rasanya lebih tenang, lebih nyaman. Setelah lelah di perjalanan, ada tempat yang dituju buat beristirahat dan mandi.

Jadi nggak perlu ada kejadian bingung mau nginep di mana setelah tiba di tempat. Apalagi kalau kemalaman di jalan karena kebanyakan mampir sana mampir sini.

road trip seru bersama keluarga
Salah satu keunggulan road trip adalah bisa puas menjelajah.

 

3. Wisata Kuliner

Bepergian jauh tapi nggak nyicipin makanan lokal atau makanan yang sedang hits di lokasi tujuan? Nggak nyesel, nih?

Lewat aplikasi di ponsel pun kita bisa mencari tempat makan yang enak dan khas. Harga makanannya pun bisa kita lhat di aplikasi. Boleh dong sekalian berwisata kuliner.

Supaya road trip bersama keluarga lebih menyenangkan, pastikan juga yang ini ya:

  • Semua anggota keluarga yang akan ikut road trip dalam kondisi sehat.  
  • Bawa bekal makanan dan minuman (terutama air putih) untuk di perjalanan.
  • Bawa obat-obatan darurat, tisu basah dan kering, hand sanitizer.
  • Bawa uang secukupnya dalma bentuk tunai dan digital (e-wallet). Sekarang warung-warung pun banyak yang menerima pembayaran digital.
  • Sediakan kantong kresek khusus buat sampah di mobil. Road trip untuk menikmati keindahan alam, bukan untuk mengotorinya. 

Selamat road trip, ya!

Salam,

TR

17 comments

  1. Road trip bareng keluarga memang sangat seru, saling bercerita dan tertawa bersama didalam mobil. Capek tinggal istirahat aja atau tinggal pilih hotel

    ReplyDelete
  2. Nah kalimat terakhir ini yang penting, sediakan kantong plastik buat sampah :D. Kenangan masa kecil memang sulit dilupakan ya mbak, berntung kita memiliki kenangan Indah bareng keluarga. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, alhamdulillah. Sekarang tugas kita ngasih kenangan indah dalam diri anak-anak :)

      Delete
  3. wuah aku udah lama nggak road trip. padahal kangen
    lagi ada nenek yg sepuh di rumah, jadi nggak bisa kemana-mana
    tapi kami enjoy kok di rumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di mana pun yang penting tetep enjoy dan sehat :)

      Delete
  4. Kemana aja kalau sama keluarga pasti seru ya mbak. Apalagi perginya diwaktu yang tepat. Pasti makin menyenangkan. Gak kepikiran kerjaan dan tumpukan tugas yang menanti diselesikan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kepikiran kerjaan :D Haduuuh....itu enak banget. Tapi terakhir kali jalan-jalan sama keluarga, kerjaan mengikutiku :D

      Delete
  5. Seru banget bisa road trip bareng keluarga kayak gini ya. Bikin ittinerary juga bisa dibuat fleksibel, sesuai keinginan dan ketahanan fisik masing-masing anggota keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Capek ya tinggal milipir istirahat :) Nggak perlu nunggu tiba di tujuan akhir :)

      Delete
  6. Seru banget, pengen nanti sama keluarga road trip juga, semoga semua segera berakhir dan bisa mewujudkannya. Dengan adanya aplikasi makin mudah cari akomodasi jika kemaleman

    ReplyDelete
  7. Kalau dilakukan bersama keluarga pasti bakalan seru banget ya kak, Selain media senang senang juga untuk memperkuat ikatan kebersamaan dan kehangatan antar anggota keluarga sih

    ReplyDelete
  8. Jadi kangen road trip bareng keluarga. Memang seru bisa jalan-jalan ke daerah yang belum pernah dikunjungin ya, Teh

    ReplyDelete
  9. Itinerary ini penting banget, termasuk booking hotel dengan mudah via smartphone. Saat pandemi ini, aku dan keluarga lebih memilih untuk jalan bareng naik motor saja di sekitar perumahan... ada banyak sawah yang nyaman di mata, hijau dimana mana.

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)