Dapur MomaLiza, Makan Enak Gak Pake Mahal


Dapur MomaLiza, Makan Enak Gak Pake Mahal


Dapur MomaLiza, Makan Enak Gak Pake Mahal

Dua bulan ini, di lini masa FB saya berseliweran dua produk dari Dapur MomaLiza. Paru ungkep dan goreng garem. Katanya, ini menu yang bikin makan enak gak pake mahal.

Eh bentar. Goreng garem? Apaan sih itu? Garem digoreng atau gimana? Eh tapi masa garem digoreng sih? Ada yang bingung dan bertanya-tanya gitu juga? Sini, toss dulu sama saya.

Bagi saya yang menetap di Bandung, nama “goreng garem” bukan sesuatu yang familier. Garam kok digoreng!

Kalau cari produksi rumahan yang rasanya mantap dan gluten free, bisa cobain DekNino Brownies yang  atau Nenasz Cookies 


Dapur Momaliza

Liza. Itu nama orang yang bertanggung jawab atas rasa penasaran saya pada goreng garem.

Bulan Juli 2020, paru ungkep meluncur keluar dari Dapur MomaLiza. Disusul oleh goreng garem pada bulan Agustus 2020. Lengkap dengan tagline “Solusi Makan Enak Gak Pake Mahal”.

Dua jenis makanan ini sebenarnya favorit anak-anaknya. Karena itulah dia yakin untuk memasarkan produk kuliner ini secara luas.

Dan nggak pake lama, dua jenis makanan ini kabarnya bikin para pelanggannya histeris dan gagal diet!

Dapur MomaLiza, Makan Enak Gak Pake Mahal
Paru Ungkep ala Dapur MomaLiza

Masa sih? Daripada penasaran, akhirnya saya order paru ungkep dan goreng garem original dari Dapur MomaLiza.

 

Paru Ungkep

Paru ungkep seberat 250 gram ini saya beli seharga Rp30.000. Dapat harga promo, alhamdulillah. Harga normalnya Rp 38.000.

Warna kuning kunyit bercampur serpihan merah dari cabai mewarnai paru-paru sapi yang diiris tipis. Ada wangi manis tercium samar-samar, bersembunyi di balik aroma aneka bumbu yang terserap sempurna.

Ada dua cara untuk menikmati paru ungkep ini. Bersama keluarga atau abisin sendiri aja diem-diem. Hehe….

Pertama, digoreng. Terserah mau garing atau cukup sekadar kenalan bentar sama minyak goreng panas.

Kedua, dimakan begitu saja. Boleh dihangatkan dulu kalau mau. Saya memilih cara kedua ini. Lumayan, ngirit minyak goreng. Hehehe…

Dapur MomaLiza Makan Enak Gak Pake Mahal
Bumbu meresap sempurna ke dalam paru sapi yang diiris tipis.

Irisan tipisnya ketika diungkep membuat bumbu-bumbunya meresap ke setiap serat paru. Empuk, guriiih, dan ada sedikit rasa manis. Dominan rasa gurihnya. Pedesnya terasa malu-malu memperkaya rasa.

Kata Liza sih, paru ungkep ini nggak pakai MSG. Berarti rasa gurihnya murni keluar dari bumbu-bumbu dan paru-paru sapi yang diiris tipis-tipis.

Bikin gagal diet? Hm…. Relatif, sih. Saya sendiri penganut paham makan secukupnya aja. Dengan lauk seenak ini pun porsi nasi saya ya segitu aja.

Kan paru ungkep lebihnya bisa disimpan di kulkas dan dihangatkan buat makan berikutnya. Di dalam freezer paru ungkep ini bisa bertahan satu bulan (dengan catatan listrik stabil ya).

Pengen bolu untuk hidangan penutup? Cobain Siliwangi Bolu Kukus khas Bogor dan Lapis Cilembu khas Sumedang, deh. Kan seru tuh. Ada Bogor, Bekasi, dan Sumedang 😀

 

Goreng Garem

Naaaah….sekarang giliran si goreng garem. Goreng garem ini ternyata bawang merah goreng. Di Bekasi disebutnya goreng garem. Jadi clear ya, bukan garem yang digoreng!

Kebetulan banget pas saya pesan itu sedang ada promo. Satu bungkus goreng garem original kemasan 100 gram saya beli seharga Rp20.000. Normalnya Rp25.000.

Dapur MomaLiza
Goreng garem khas Bekasi produk Dapur MomaLiza

Asiknya lagi, saya dapat bonus sebungkus goreng garem terasi. Katanya sih ini varian baru yang sedang dimatangkan untuk launching. Saya dikasih kesempatan buat icip-icip. Alhamdulillah.

Sebenarnya ada satu varian lagi, goreng garem teri (Rp30.000). Tapi kemarin itu sedang nggak ada stok.

Gimana rasanya pertemuan saya dengan goreng garem, makanan khas Bekasi yang bikin penasaran ini?

Dari penampilan, goreng garem ori dan goreng garem terasi terlihat berbeda. Seperti si kembar Santi dan Sinta yang warna kulitnya tak sama (iya, itu iklan jadul banget memang).

 

1. Goreng Garem Ori

Goreng garem ori ini berwarna cokelat cerah. Tapi sepertinya orang lebih sering menyebutnya kuning keemasan, deh.

Irisan bawangnya kecil mungil. Tampak garing dan renyah. Kalau kemasannya diguncang halus, terdengar bunyi krecek-krecek kricil-kricik. Khas makanan yang kering.

Goreng Garem
Goreng garem original.

Aroma gurih bawang goreng langsung berhamburan keluar ketika kemasannya dibuka. Bikin nggak sabar mencicipinya.

Kriuk. Kriuk. Goreng garem ori Dapur MomaLiza ini beneran garing dan renyah. Garingnya enak. Nggak seperti senyum garing mantan ketika nggak sengaja ketemu di suatu acara.

Lidah langsung disapa oleh rasa gurih, pedas, semriwing khas bawang merah, dan tentunya… rasa asin. Helo, jangan lupa. Makanan ini bernama goreng garem! Wajar aja rasanya asin.

Kalau kata orang Jawa, goreng garem ini nglawuhi. Enak dijadikan lauk dan bisa bikin porsi makan bertambah. Ditaburkan  di nasi, terutama nasi hangat, lalu hap! Nyam, nyam!

 

2. Goreng Garem Terasi

Dari segi tampilan, goreng garem terasi ini seperti sodara kembar si ori yang kebanyakan berjemur. Warnanya lebih gelap eksotis. Sepertinya pemakaian terasi ikut bertanggung jawab pada warna ini.

Goreng Garem Dapur MomaLiza
Dua varian goreng garem dari Dapur MomaLiza.

Pada varian terasi ini irisan bawangnya lebih besar dan tampak lebih berminyak.

Nggak pake basa-basi lagi aroma terasi udang yang tajam langsung menyergap penciuman.

Rasa terasi pun begitu mudah dikenali ketika goreng garem ini mendarat di lidah. Bercampur dengan rasa pedas dan asin.

Meski teksturnya berminyak, goreng  garem terasi ini masih cukup renyah. Nggak serenyah yang ori sih, tapi masih ada krenyes-krenyesnya.

Goreng garam terasi ini meninggalkan rasa bawang yang lebih kuat di lidah.

Sedikit catatan dari saya:

  • Kalau suka yang “mbawang”, varian terasi bisa jadi pilihan karena rasa bawang merahnya lebih kuat.
  • Goreng garem ini cocok untuk ditaburkan pada berbagai makanan sepert bakso tahu kuah atau ayam bakar.
  • Goreng garem ini selain nglawuhi, dicemilin juga enak.
  • Kalau usiamu sudah di atas 40 tahun, jangan banyak-banyak ngemilnya. Bisa bikin kepala pusing (ingat, rasanya asin), juga bisa memancing keributan dengan orang rumah. Ya gimana nggak ribut. Goreng garem baru beli kok udah abis aja.

 

Makan enak gak pake mahal
Yuuuuk ... makan enak nggak pake mahal.

Soooo…, berminat menghidangkan paru ungkep dan goreng garem ini untuk keluarga? Langsung aja ke IG dapurmomaliza atau WA 0857-1010-0257.

Buktikan sendiri kebenaran tagline Solusi Makan Enak Gak Pake Mahal yang diusung oleh Dapur Momaliza.


Salam,

Triani Retno A

14 comments

  1. Duh postingan Mba Eno kali ini sukses bikin para pembaca ngiler deh hehe... Jadi bisa makan enak gak pake mahal ya di Dapur Moma Liza, makan paru ungkep sama goreng garemnya tinggal lalapi selada atau mentimun wuihhh endul

    ReplyDelete
  2. ya ampun, ngiler sama parunyaaaaa.. Hihi. Eh aku juga sempet ketipu nih namanya, ternyata goreng garem itu bawang goreng yaaaa.. Keliatan renyah kripi banget nih bawang gorengnyaaaa

    ReplyDelete
  3. Langsung perut aku krucuk-krucuk bayangin nasi anget sama paru ituuu haha

    ReplyDelete
  4. pas banget lagi lembur, berasa pengen makan, terus lihat ini waduh jadi laper. ka saya suka banget sama paru ya ampun lihat ini auto basah lidahnya pengen banget. keliatan banget nikmatnya duuuhh mauuu

    ReplyDelete
  5. Aku malah baru tau produk Dapur MomaLIza nih, ternyata ada pru ungkepnya ya, enak banget kalau mau nyobain praktis gak usah masak ya, tinggal digoreng aja. Aku suka banget bawang goreng buat makan

    ReplyDelete
  6. Paru ungkep dan goreng garam? unik banget ya mom, penasaran bgt pengen cobain. Ini bisa order di gofood gitu kah?

    ReplyDelete
  7. duh ini menggoda banget, nggak pakai msg udah gitu harganya juga oke ya aku, soalnya paru ungkep di tempatku harganya lumayan dengan ukuran yang sama

    ReplyDelete
  8. Yak untung diterangkan, aku pas wal-awal masih ngernyitin dahi, apakah ini garam yang digoreng? hahaha
    Ternyaata bawang goreng.
    btw, paru ungkep itu menggiurkan euy, aku dulu gak suka paru, pas nyobain paru goreng jadi suka olahan paru.

    ReplyDelete
  9. aku ngiler banget sama paru nya teh. lumayan nih buat stok di rumah saat ga masak :)

    ReplyDelete
  10. Ngilernyaaa..pas laper baca ini dan liat paru ungkep sama bawang goreng. Ya ampun saya sendiri suka nyetok bawang goreng loh di rumah..

    ReplyDelete
  11. Dagingnya mengingatkan aku dengan HokBen. Bener-bener makan enak nggak pake mahal ini sih. 😋

    ReplyDelete
  12. Sudah bisa kupastikan akan habis nasi 2 bakul kalau lauknya sama paru ungkep karena saya diapain pun tetap enak

    ReplyDelete
  13. Duh kalo makan pake paru ungkep sama goreng garem langsung lupa berat badan nih hahah...nasinya anget apalagi...

    ReplyDelete
  14. Walah,cus nanya lah ke nomer tersebut,secara,paksu doyan banget sama bawang goreng,ealah yang terasi itu bikin penasaran nih.

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)