Jenis Makanan Berserat Tinggi

 

jenis makanan berserat tinggi

Pasti udah tau dong kalau tubuh kita sangat membutuhkan serat. Terutama sistem pencernaan kita, nih. Konsumsi makanan tinggi serat bagus untuk mencegah timbuhnya bermacam-macam penyakit. Selain itu, makanan berserat tinggi juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan.

Sebenarnya tidak sulit memperoleh makanan yang mengandung serat tinggi. Di sekitar kita ada banyak, kok. Sumber serat alami tersebut bisa kita konsumsi setiap hari.

Lantas apa aja nih makanan yang mengandung banyak serat?

 
Makanan Berserat Tinggi di Sekitar Kita

Sebuah penelitian mengatakan bahwa wanita dewasa memerlukan serat minimal 30 gr setiap hari. Sedangkan laki-laki membutuhkan serat sekitar 38 gr per hariJumlah kecukupan serat tersebut dapat dipenuhi dalam beberapa kali makan.

Berikut ini jenis makanan tinggi serat yang digolongkan berdasarkan jenisnya.

1. Buah-buahan tinggi serat

buah-buahan berserat tinggi
Buah-buahan segar untuk konsumsi harian.

Sebenarnya, semua jenis buah mengandung serat. Hanya saja kadarnya berbeda-beda. Ada beberapa jenis buah yang kandungan seratnya tergolong tinggi. Namun, ada pula buah yang kandungan seratnya rendah. 

Buah-buahan bisa dinikmati dengan berbagai cara, seperti dapat dibaca dalam 5 Cara Asyik Mengonsumsi Buah.

Beberapa jenis buah yang mengandung tinggi serat adalah sebagai berikut.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak baik. Kandungan serat pada alpukat pun lumayan tinggi, sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat.

Apel

Dari sebutir buah apel berukuran sedang, kita bisa mendapat serat sebanyak kurang lebih  4,4 gr.

Apel sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan membantu memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh.

Pir

Pir termasuk makanan tinggi serat. Sebuah pir berukuran sedang memiliki kandungan 5,5 gr serat.

Mengonsumsi buah pir juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah beri

Buah beri termasuk buah yang mempunyai serat yang tinggi. Termasuk dalam kelompok buah beri ini adalah stroberi, raspberi, blackberry, dan blueberry. Dalam 100 gr raspberi, misalnya, terdapat 6,5 gr serat.

Pisang

Pisang merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kandungan serat pada pisang pin cukup tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang memiliki serat sekitar 3,1 gr.

 

2. Sayuran Tinggi Serat

sayur-mayur
Sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat.

Sama seperti buah-buahan, sayur-sayuran pun menjadi sumber serat untuk untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Berikut ini beberapa macam sayuran yang terhitung makanan tinggi serat.

Brokoli

Dalam 100 gr sayur hijau ini kita bisa mendapatkan 2,6 gr serat. Sayur brokoli bisa dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi capcay atau ditumis.

Wortel

Sayuran berupa umbi berwarna oranye ini memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat. Dalam 100 gram wortel terkandung 3,4 gr serat.

Daun Kale

Daun kale dianggap sebagai salah satu sayur yang paling bagus untuk kesehatan ini. Kandungan seratnya kale sekitar 3,6 gr dalam 100 gr kale.

Bayam

Bayam memiliki kandungan 2,2 gr serat dalam setiap 100 gr. Mengolah bayam untuk dijadikan menu harian pun gampang.

Daun bayam bisa dimasak berkuah (bening atau bersantan) dan ditumis. Dijadikan bahan gado-gado, pecel, atau lotek pun nikmat.

 
3. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan pun termasuk makanan tinggi serat. Berikut ini beberapa macam kacang yang tertinggi seratnya.

Kacang merah

Kacang merah mempunyai serat yang lumayan tinggi, yakni sekitar 7 gram per 100 gram.

Untuk mengonsumsinya, kacang merah bisa dimasak berkuah bersama wortel. Bisa pula dijadikan es kacang merah atau puding.

Kacang almond

Kandungan seratnya sebanyak 3,5 gr per 23gr kacang almond. Kandungan serat yang lumayan tinggi ini dapat mencukupi kebutuhan serat harian pada tubuh.

 

4. Makanan pokok tinggi serat

Makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat juga mempunyai kandungan seratBerikut ini beberapa jenis makanan pokok yang kaya akan serat.

Oat

Oat adalah makanan pokok yang pas untuk Teman-teman yang sedang melakukan diet. Kandungan serat pada oat pun cukup tinggi, yaitu 0,6 gr serat dalam 100 gr oat.

Beras merah

Beras merah memiliki serat lebih banyak daripada beras putih. Dalam 100 gr beras merah terkandung 1,8 gr serat.

Jika sedang melakukan diet tinggi serat, nasi dari beras merah sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pokok.

makanan pokok
Makanan pokok juga bisa menjadi sumber serat.

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat tinggi, sistem pencernaan akan lebih sehat. Daya tahan tubuh pun akan meningkat.

Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin serta menerapkan pola hidup sehat. Tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, juga tidak bergadang.

Kesehatan sangat berharga. Sejatinya, menjaga kesehatan lebih mudah, lebih murah, dan lebih menyenangkan daripada mengibati penyakit yang terlanjur menempel di tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat. Stay safe. Stay healthy.

37 comments

  1. Paling suka sayur bayam murah meriah dan ternyata salah satu buah yang tinggi serat

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget artikelnya untuk aku yang sering lalai makan sayur ini, padahal tubuhku membutuhkannya :)

    ReplyDelete
  3. Aku waktu itu nemu daun kale di pasar tradisional. Coba kutumis aja deh, soalnya engga tahu dimasak apa...hehe...Mayan sih, agak keras daunnya. Perlu sih kita makanan berserat supaya pencernaan sehat...

    ReplyDelete
  4. Kadang aku jadiin jus alpukat sebagai pengganti makan malam kalau waktunya udah kelewat dan kalopun makan, ya masa nanti bobonya sambil kekenyangan. Kandungan serat dan lemak baik di alpukat cukup bikin kenyang.

    ReplyDelete
  5. Sampai saat ini, saya masih belajar untuk mencuci otak anak-anakku dengan makanan diatas mbak retno. Agak ekstrem ya bahasa mencuci otak, hahaha. Ya memang, karena mumpung masih kecil, sedari dini harus diisi dengan kata-kata yang bisa connect terus saat mereka beranjak besar. Tak henti-hentinya aku selalu sounding kemereka "Yuk, makan buah dan sayur biar sehat, tubuh sehat jadi anak yang aktif produktif" Tapi masih saja kadang mereka menolak makan, duh. Semakin membuat saya tertantang ini mbak untuk menyediakan nutrisi mereka, gemes kan jadinya. Duh malah curcol saya ya mbak, maapkeun yes

    ReplyDelete
  6. ternyata sumber serat nggak hanya buah dan sayur ya mbak
    tapi juga bisa makanan pokok juga seperti oat dan beras merah

    ReplyDelete
  7. Beberapa sayur yuni masih mau. Buah juga nggak masalah. Kalau kacang-kacangan tu, es kacang merah tu paling nikmat... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Apalagi es kacabg merahnya dicampur alpukat, kelapa muda, nyam nyam rasanya.

      Delete
  8. Sepertinya masih sulit bagi mulut saya menerima kehadiran brokoli. Masih seperti benda luar angkasa yang masuk ke mulut. Huhuhu
    Padahal bermanfaat ya untuk tubuh kita

    ReplyDelete
  9. Sayaa suka pisaaang, kalau di rumah makan disediain pisang gratis pasti tetap ambil atau di rumah kadang-kadang beli pisang satu tandan untuk cemilan hehe

    ReplyDelete
  10. Pisang oh pisang. Aku suka sekali dengam dirimu 😍

    Pantesan bisa bikin kenyang, ternyata kaya serat ya. Ah gak salah pilih nih aku

    ReplyDelete
  11. Buah pir ini yang selalu menemani makan siang saya di kantor. Saya suka buah pir karena rasanya yang tidak terlalu manis. Dan ternyata kandungan seratnya juta tinggi ya

    ReplyDelete
  12. Memang pencernaan terasa lebih ringan kalau konsumsi banyak serat. Apalagi kalau konsumsi sayur mentah, wah, makin enteng rasanya karena kerja organ jadi ringan. Kalau beras merah di rumah saya cuma saya yg doyan, anak, suami tetep dicampur beras putih.

    ReplyDelete
  13. Memang ya mbak beras merah itu berserat tinggi makanya direkomendasikan terutama bagi yang punya penyakit gula dan darah tinggi. Tapi kalau yang gak terbiasa pasti merasa gak enak makan beras merah ini. Kata ibuku campah (gak ada rasa). makanya kadang aku campur sedikit ma beras putih.

    ReplyDelete
  14. Dua minggu ini saya males makan buah ini huhuhuh jadi pencernaan kurang bagus nih, sembelit

    ReplyDelete
  15. Baca ada bayam, jadi ingat kayaknya 2 minggu ini aku belum makan sayur bayam. Terakhir bikin olahan bayam dengan telur hehehe

    ReplyDelete
  16. Uwooo Alpukat, buah yang baru populer banget di daerahku nih Kak. Namanya alpukat kendil, buahnya gede banget dan warna dan teksturnya kayak mentega ...eh margarin.

    ReplyDelete
  17. Paling nikmat memang menikmati buah kaya serat di atas menjadi salad sehat, krn selain sehat jg mengandung banyak serat shg pencernaan jg lancar. Plus, ditambah kacang2an jg enak :3 ku sendiri sdg belajar ingin membiasakan makan dengan beras merah

    ReplyDelete
  18. Sayuran nih kayaknya yang sedang absen beberapa hari ini. Lama nggak sempat masak. Padahal, sekedar bikin sup sayur sebenarnya bisa. Cukup sop aja deh satu. Sisanya lauk bisa beli. hehe

    ReplyDelete
  19. Sayur, buah, kacang-kacangan emang punya serat tinggi. baik bagi kesehatn tubuh terutama kesehatan sistem pencernaan. Apalagi pepaya, kalau susah pup pasti deh disuruh makan pepaya sama mama dulu waktu kecil. Sampai sekarang juga masih gitu. ^^

    ReplyDelete
  20. Saya mendadak mengernyitkan dahi, baru tahu ada yang namanya Daun Kale. Btw itu bentuknya seperti daun apa ya? Kepo.

    ReplyDelete
  21. Perlunya tubuh kita memperoleh gizi yang baik. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat tinggi. Tubuh akan lebih sehat dan terjauhkan dari berbagai jenis penyakit

    ReplyDelete
  22. Setuju semuanya bagusss! Saya paling suka makan oat buat kasih asupan serat karena efeknya instan banget, langsung bersih perutnya xixixi.

    ReplyDelete
  23. Hooo.. pantesan ada murobbiku share daun kale, katanya banyak vitamine. karena gak pernah liat, jadi kayak aneh aja itu daun bisa dimasak. Kayak apa ya rasanya

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillaaaaah ^^

    Semua buah kesukaaanku ada dalam daftar diatas; pisang, pir dan apel.

    Jadi gak perlu drama gak suka buha deh ketika tubuh serat 😉

    ReplyDelete
  25. Sayur dan buah mah engga lepas sih ada di menu sehari-hari. Memang bikin lancar bab dan perut rasanya ringan aja deh.

    ReplyDelete
  26. Nyimak satu persatu makanan berserat ini, eh ada bayam yang masuk juga. Langsung tunjuk tangan, soalnya menu hari ini tumis bayam 😍. Kuy cukupi kebutuhan serat untuk tubuh

    ReplyDelete
  27. Hmm baca artikelnya Mba Eno saya jadi kenalan nih sama sayur daun kale, mirip-mirip selada ya bentuk daun dan warnanya. Cuma kl selada berwarna hijau muda. Jadi tambah semangat deh mengonsumsi makanan kaya serat.

    ReplyDelete
  28. Trims sharingnya mba. Ternyata kacang merah kaya serat yaaa. Wah besok saya otw deh beli es teller untuk memperbaiki gizi saya yang sepertinya kurang konsumsi serat.

    ReplyDelete
  29. Bayam dan pisang itu favoritku. Selain murah dan mudah didapatkan, ternyata kandungan seratnya juga tinggi ya. Trima kasih utk sharingnya ini

    ReplyDelete
  30. Yang pasti, jangan pernah lupakan untuk mengkonsumsi makanan berserat setiap hari. Dari daftar ini kan banyak tuh pilihannya, bisa dibuat bergantian setiap harinya dan cari yang mana yang mudah didapatkan saja.

    ReplyDelete
  31. bener banget suka oat karena serat tingginya bikin kenyang sampai siang hari, cocok nih buat orang yang diet. Wortel dan brokoli juga bagus hehe

    ReplyDelete
  32. Pas ngeliat list daun kali langsung nge-googling, sepertinya saya belum pernah makan daun kale (mirip sawi keriting sih, tapi kayaknya beda ya?) atau di kalimantan gak ada yang nanam ini, eh ntar dicari ah

    ReplyDelete
  33. serat emang jenis makanan yang ngga boleh dilupakan dalam komosisi makan kita ya kak, pasti bagus untuk pencernaan supaya tetap lancar

    ReplyDelete
  34. Pantesan anak bayi tuh suka dikasih makan pisang sebagai makanan pertama setelah ASI ternyata emang kaya nutrisi termasuk serat tinggi yang bagus untuk pencernaan.

    ReplyDelete
  35. Salah satu resolusi tahun ini adalah mengganti beras putih dengan beras merah, karena lebih kaya serat, seperti yang diinfokan disini.

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi dulu ya karena banyaknya spam. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari tulisan di blog ini :)